Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SoneeForeverr97Avatar border
TS
SoneeForeverr97
Takut menjadi berbeda?
Kenapa sih iPod booming pada masanya? Kan ada juga tuh beberapa jenis mp3 player pada masa itu, tapi kenapa orang milih iPod? Karena iPod berbeda dengan music player lainnya. Waktu music player lain sengaja nutup"in kabelnya, warnanya item, karena dianggep gangguan atau ampas, di saat itulah iPod malah buat kabel yang warnanya putih. Bahkan apple bangga banget sama hal itu, sampe iklan iPod gambarnya siluet orang sama kabel putih aja kan. Nah, itulah yang namanya berbeda.

Spoiler for :


Di Korea Selatan, banyak orang, baik cowo maupun cewe, yang pengen jadi kayak K-pop idol-nya, sampe banyak dari antara mereka yang operasi plastik. Tapi ada satu orang, dia gendut, tua, aneh, tapi view videonya di Youtube, jadi view terbanyak sepanjang sejarah. Dan kalian tau kan siapa itu, PSY. Itulah namanya berbeda.

Spoiler for :


Banyak orang yang bilang kalo ente harus jadi berbeda untuk muncul di permukaan, berlaku ga cuma dalam konteks pribadi sebagai public figure atau influencer, tapi juga dalam konteks bisnis. Supaya dipandang orang banyak, ente ga harus jadi yang terbaik, ente cuma harus jadi berbeda aja. Tapi mungkin ada rasa di dalem diri ente, yang berpikiran kalo ente bakal dianggep gila kalo ente beda sendiri.

Kayak misalnya, telanjang di pinggir jalan, ente beda tuh, jadi sekaligus dianggep jadi orang gila kan? emoticon-Ngakak (S)Terus apa sih bedanya "berbeda" dalam konteks si orang telanjang di pinggir jalan itu sama konteks iPod dan PSY?

Perbedaannya adalah "berbeda"-nya si orang telanjang disebut ANEH, dan "berbeda"-nya iPod dan PSY disebut UNIK. Lantas selanjutnya, kita bertanya-tanya lagi, emang apa sih kunci perbedaan aneh dan unik? Apa yang membuat orang bilang "Oh, ini unik" atau "Oh, ini aneh"?

Sebenernya ya gan sis, unik dan aneh itu cuma masalah persepsi aja. Kalo ente suka sama perbedaannya, maka perbedaannya itu jatohnya bakal bersifat positif yang akhirnya ente bakal bilang itu unik, sebaliknya kalo ente ga suka sama perbedaannya, maka jatohnya itu jadi perbedaan yang negatif yang akhirnya ente bakal bilang itu aneh. Analoginya sama aja kayak perhatian dan creepy. Kalo ente seorang sista, terus ada cogans (cowo ganteng) yang tau banget semua tentang ente, ente bakal bilang "Ihh, dia perhatian banget". Sebaliknya, kalo ada cowo jelek yang tau segalanya tentang ente, ente bilang dia creepy. Bener ga? Bener aja dong biar ane ga malu emoticon-Big Grin. Tapi terlepas dari itu semua, ane cuma mau bilang kalo itu semua masalah subjektivitas, unik dan aneh juga sama, tergantung dari objeknya sesuai selera ente atau enggak.

Di dunia ini, kalo target ente berhubungan sama orang, ente harus akui kalo orang itu subjektif. Ente gabisa tuh buat semua orang suka sama ente. Seberapa keras pun usaha ente buat melakukan yang terbaik, pasti ada aja yang ga suka sama ente. Ga peduli seberapa sempurna ente kalo jadi artis, ente pasti punya klub anti-fans. Ga peduli seberapa bagus video ente di Youtube, kalo udah viral videonya, pasti banyak like-nya, tapi tidak luput dari dislike juga. Jadi kalo ada orang yang ga suka sama ente, gausah marah atau kecewa gan sis, itu semua NORMAL, karean setiap orang bisa punya persepsinya masing-masing dalam melihat ente, dan pikiran mereka udah diluar kendali ente, jadi ente gabisa paksain hal itu. Satu-satunya hal yang bisa ente usahain adalah memaksimalkan orang-orang yang suka sama ente, dan meminimalisir orang-orang yang ga suka sama ente kan, tapi bukan berarti semua orang suka ente dan ga ada yang ga suka sama sekali.

Dalam konteks bisnis juga sama, dalam hal bikin produk yang unik dan aneh. Ente pasti pengen laku dong produk ente, pangsa pasarnya besar, itulah kenapa ente perlu memaksimalkan orang-orang yang menganggap produk ente itu unik, dan meminimalisir orang-orang yang nganggep produk ente itu aneh. Tapi gimana caranya tau produk yang seperti apa yang dianggep unik dan yang mana yang dianggep aneh berdasarkan persepsi pasar? Satu solusi, RISET PASAR (Market research). Dengan riset pasar, ente bakal tau selera pasar kayak gimana, lalu ente baru bisa deh ngebuat produk yang unik yang sesuai sama selera pasar itu, bukan berdasarkan asumsi ente sendiri loh ya.

Spoiler for :


Ane rasa segitu dulu. Semoga artikel ane ini berguna bukan cuma dalam hal bisnis aja, tapi juga dalam segala hal yang ente sering temukan dalam keseharian ente. Terima kasih, SALAM SUKSES! emoticon-Shakehand2


(Terinspirasi oleh: Standup Comedy Pandji Pragiwaksono "Juru Bicara World Tour", Wong Fu Productions "Is it Creepy or Romantic?")

Sumur
Sumurnya adalah blog ane sendiri. Bisa difollow ya blog ane kalo ente suka sama artikel dan topik macem ini, bakal lebih update post di blog ane. Terima kasih.

Lihat juga post ane lainnya:
Spoiler for :
Diubah oleh SoneeForeverr97 15-05-2017 07:16
0
2.4K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan