alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Di Indonesia Ini 4 Suku ini di Takuti Karena Makan Manusia!
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5918bfa4ddd7709f338b4567/di-indonesia-ini-4-suku-ini-di-takuti-karena-makan-manusia

Di Indonesia Ini 4 Suku ini di Takuti Karena Makan Manusia!

Ane cuma iseng aja menulis threat ini sekedar menambah wawasan kita, kalo threat seperti ini sudah ada sebelumnya mohon maaf, bukan maksud repost.

Apakah kanibalisme di Nusantara ada atau pernah ada?
Catatan sejarah mencatat beberapa suku-suku asli di Nusantara ada dan pernah melakukan ritual kanibalisme.


Di Indonesia ini cuma 4 suku yang paling di takuti karena makan manusia:

1. Suku Korowai di Papua

Di Indonesia Ini 4 Suku ini di Takuti Karena Makan Manusia!

Suku yang mendiami dataran rendah di sebelah selatan Papua ini, hidup di sepanjang aliran sungai dan rawa-rawa. Suku Korowai juga seperti suku-suku di Papua kebanyakan, hidup nomaden atau berpindah-pindah tempat serta mengandalkan hidupnya dari alam. Karena daerahnya yang cukup subur, menjadikan mereka harus sering berperang dengan suku lain.

Dalam berperang, mereka kerap menggunakan racun pada anak panah dan mata tombak yang kebanyakan mereka buat dari tulang berulang. Kebiasaan mereka saat memakan daging manusia bukan secara sembarangan, tetapi karena korban kerap melakukan pelanggaran adat, kemudian ditangkap dan diadili setelah diputuskan bersalah maka korban akan di ritualkan dan dimakan bersama-sama. Keberadaan mereka masih ada hingga saat ini.

2. Suku Dayak Punan di Kalimantan

Di Indonesia Ini 4 Suku ini di Takuti Karena Makan Manusia!

Walaupun sebagian besar dari suku mereka sudah hidup secara modern, tapi berdasarkan cerita masa lalu bahwa nenek moyang mereka dulu tidak tabu untuk memakan daging manusia, sampai pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1970an melarang suku mereka untuk turun langsung ke lapangan.

Suku Dayak Punan hidup di daerah kalimantan Barat, kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, hidup di sepanjang aliran sungai dan sering berpindah-pindah tempat. Dahulu mereka sangat jago dalam berperang dan selalu menebas kepala musuhnya, hingga dikenal istilah "Ngayau". Dari riset terkini, ternyata suku punan yang primitif masih ada dan terlihat di goa-goa pedalaman rimba hutan di Kalimantan.

3. Suku Tolai di Papua

Di Indonesia Ini 4 Suku ini di Takuti Karena Makan Manusia!

Walaupun sebagian besar suku mereka hidup di Papua New Guinea, tapi ada sebagian kecil yang hidup di perbatasan Papua wilayah Indonesia. Mereka diketahui melakukan kanibalisme ketika warga suku Tolai modern meminta maaf kepada pemerintah Papua New Guinea atas pembunuhan dan praktik kanibalisme yang dilakukan oleh nenek moyang mereka kepada misionaris Inggris pada abad ke 19 dan pada tahun 1978 mereka membunuh menteri dan tiga orang guru dari negara Fiji, yang kemudian dimasak dan dimakan beramai-ramai.

4. Suku Batak di Sumatera

Di Indonesia Ini 4 Suku ini di Takuti Karena Makan Manusia!

Ternyata ritual kanibalisme telah terdokumentasi dengan baik di kalangan orang Batak, melalui cerita turun-temurun dari nenek moyang mereka, yang bertujuan untuk memperkuat tondi (jiwa) si pemakan daging manusia tersebut. Secara khusus, darah, jantung, telapak tangan, dan telapak kaki dianggap sebagai kaya tondi.

Tetapi setelah pemerintah kolonial Belanda menduduki wilayah ini, mereka melarang keras praktek kanibalisme yang sudah dilakukan oleh suku Batak sejak dahulu. Sehingga sejak tahun 1816, perilaku ini sudah jarang dilakukan oleh suku Batak.


Kegiatan kanibalisme yang telah dilakukan suku-suku di atas sudah banyak terkikis dan ditinggalkan karena pengaruh dari masuknya beberapa agama ke wilayah ini yaitu agama Islam, Kristen, Hindu, dan Budha yang mengajarkan nilai-nilai moral.

Itulah beberapa suku kanibal di Indonesia, walaupun menurut catatan sejarah, bahwa 75 persen suku di nusantara adalah kanibalisme pada zaman dulu, tetapi kini mereka telah punah atau meninggalkan kebiasaan lamanya, yaitu memakan daging manusia.

Diubah oleh kaskus.support16
Halaman 1 dari 17
emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please
penasaran ane rasa daging manusia itu kaya apa yak emoticon-Hammer2
Quote:


Sebaiknya jangan di coba gan emoticon-Wakaka
Quote:


katanya ada manis manisnya gitu gan emoticon-Big Grin
Masih ada hubungannya, sehubungan suku Batak adalah salah satu suku yang sangat ditakuti, dan pada saat penjajahanpun daerah Batak (Tapanuli) adalah salah satu daerah terkuat yang paling susah ditaklukan Belanda!
Banyak tentera Belanda yang di makan oleh orang Batak emoticon-Big Grin

Lima daerah Terkuat di Indonesia yang Paling Susah Ditaklukkan Belanda Selama Penjajahan:

Sejak sekolah kita selalu membaca sejarah yang mengatakan bahwa Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun. Namun, secara fakta hal itu tidak pernah terjadi. Indonesia memiliki banyak sekali wilayah dari Sabang dari Merauke. Menyatukan semua wilayah itu sebagai kawasan jajahan harus dilalui Belanda selama 3 abad lebih sebelum akhirnya menguasai secara penuh di 30-an tahun terakhir.

Meski kawasan di pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan telah dikuasai oleh Belanda. Beberapa daerah seperti Aceh, Nias, Bali hingga Kalimantan Tengah baru dikalahkan Belanda memasuki abad ke-20. Berikut lima daerah terkuat di Indonesia yang susah sekali ditaklukkan oleh Belanda di masa lalu.

1. Aceh (1914)

Belanda baru mampu menguasai kawasan Aceh pada tahun 1912 atau 33 tahun menjelang negeri ini akhirnya menyatakan proklamasi. Belanda sulit sekali masuk dan menguasai Aceh karena wilayah ini memiliki pemimpin yang sangat hebat. kekuatan militer Aceh yang dibantu oleh banyak masyarakat sipil membuat Belanda harus kerja ekstra selama terjadi perang.

Setidaknya selama 41 tahun, Perang Aceh pecah dan membuat Belanda haru mengeluarkan banyak sekali pasukan dan senjata. Aceh baru bisa dikuasai oleh Belanda pada tahun 1914 secara menyeluruh. Pasca perang terjadi, warga di sekitaran Aceh masih melakukan perlawanan secara sporadis hingga Jepang mengambil Alih kekuasaan Belanda di Tanah Air pada tahun 1942.

2. Nias (1914)

Suku Nias adalah salah satu suku yang dikenal dengan budaya bertarungnya. Jauh sebelum Belanda akhirnya masuk dan membuat kekacauan, masyarakat Nias sudah terbiasa berperang. Saat Belanda mulai memasuki kawasan Nias, mereka diserang habis-habisan oleh para petarung dari Nias yang memang selalu waspada dengan pendatang yang mencurigakan.


Sejak Belanda kembali datang di tahun 1825 di Nias, mereka baru bisa menguasai pulau ini secara sempurna pada tahun 1914. Selama 90 tahun, Belanda berjuang dengan sekuat tenaga hingga mengerahkan banyak sekali pasukan untuk membuat masyarakat di Nias keok dan menyerah dengan sepenuhnya.

3. Bali (1908)

Belanda baru menguasai wilayah Bali secara utuh pada tahun 1908. Sebelumnya Belanda selalu kesulitan karena mendapatkan perlawanan yang sangat serius dari kerajaan-kerajaan yang ada di Pulau Dewata itu. Semua niat buruk dan curang yang direncanakan oleh Belanda akhirnya diberangus hingga membuat mereka semakin kalang kabut.

Perang yang berjalan sejak 1846 baru selesai 62 tahun kemudian. Pasukan dari kerajaan di Bali mulai lemah dan tidak bisa menghadapi serangan dari pasukan Belanda yang jumlahnya sangat besar. Kerajaan-kerajaan di Bali akhirnya menyerah karena tidak memiliki lagi daya untuk melawan Belanda yang kian keji.

4. Tapanuli (1907)

Kawasan Sumatra adalah kawasan paling susah ditembus oleh Belanda di masa penjajahan. Sebelum Belanda akhirnya menaklukkan Aceh di tahun 1914, kawasan Tapanuli yang saat itu masih dikuasai oleh Kerajaan Batak diserang habis-habisan oleh Belanda yang sudah mulai terobsesi menguasai semua kawasan Sumatra secara utuh.

Perang dengan Kerajaan Batak terjadi pada tahun 1878 dan berakhir dengan kekalahan Raja Sisingamangaraja XII di tahun 1907. Setelah raja yang melawan Belanda dengan gagah berani gugur, kawasan Tapanuli dan sekitarnya secara otomatis menjadi daerah kekuasaan Belanda secara resmi.


5. Jambi (1904)

Jambi yang saat itu dikuasai oleh Kesultanan Jambi mulai dimasuki Belanda pada tahun 1833. Belanda ingin menguasai kawasan Jambi karena daerah ini kaya akan produksi rempah seperti Lada yang saat itu banyak sekali diekspor ke berbagai wilayah Eropa dengan harga yang cukup mahal.

Berbekal banyaknya pasukan dan juga senjata, Belanda baru mampu menguasai kawasan Jambi setelah 71 tahun. Selama puluhan tahun itu, rakyat Jambi yang dibantu oleh pasukan dari Kerajaan Jambi. Memasuki periode raja Thaha Syaifuddin bin Muhammad, Kesultanan Jambi memasuki masa kehancuran.
Quote:


Ane juga ga tau rasanya seperti apa, tapi mungkin kakek nya kakek ane jaman dahulu tau rasanya seperti apa.
Kalo orang Batak menyebut kakek dengan sebutan Opung.
Orang Batak salah satu suku yang sudah bertobat dan tidak lagi makan manusia, jadi ga perlu takut sama orang Batak, ga makan orang lagi kok emoticon-Big Grin
ane cuma tau yang papua sih, tapi selain itu ada ya. serem juga. padahal ga ada faedahnya makan daging manusia
Quote:


Satu lagi gan ritual orang Batak dalam pembuatan tongkat sakti yang disebut Tunggal Panaluan,
Cara pembuatannya, menurut cerita nenek moyang ane, orang di rawat seperti anak sendiri, dibesarkan, lalu setelah cukup waktunya orang tersebut dikorbankan, darahnya pakai untuk mencuci tongkat yang akan diisi kesaktian tersebut, lalu dagingnya dimakan.

Jadi faedahnya mungkin itu gan, khusus untuk suku Batak, kalo suku papua mungkin yang orang papua lebih tahu.
Quote:



Hiks... Ane masi ga paham faedahnya gan,maaf ya gan.
Tapi makasi lho infonya.
Quote:


Santai gan, orang batak skrg sudah modern kok, sudah ga melakukan ritual2 spt itu lagi.
Tapi bisa jadi masih ada yg melakukannya secara diam-diam. emoticon-Takut
Quote:


Yang jelas bukan agan kan ? #takut
Quote:


Ya iyalah emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Kalok ane makan goreng pisang sama minum kopi+rokok.. bangun pagi pas bgt nih.. emoticon-Leh Uga
lebih ngeri pagar.makan tanaman emoticon-Takut
Makan manusia?
Lebih serem yang makan temen
dimasak dan dimakan beramai-ramai emoticon-Busa
ngeri betul
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


kalo dapetnye sayap...asem gan
Quote:


itu sudah emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 17


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di