CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
LANSIA JUGA BUTUH REFRESHING! 5 REFERENSI WISATA INI BISA JADI PILIHANNYA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5909289b582b2e58468b4569/lansia-juga-butuh-refreshing-5-referensi-wisata-ini-bisa-jadi-pilihannya

LANSIA JUGA BUTUH REFRESHING! 5 REFERENSI WISATA INI BISA JADI PILIHANNYA

LANSIA JUGA BUTUH REFRESHING! 5 REFERENSI WISATA INI BISA JADI PILIHANNYA
wisata dengan orang berusia tua via prosehat.com


Kamu masih punya kakek nenek atau orang tua sendiri yang usianya terbilang sudah lanjut? Terkadang kita ragu dan bingung untuk mengajak mereka plesiran, ujung-ujungnya gak jadi lagi, gak jadi lagi. Memang untuk lansia (lanjut usia) ada hal-hal yang harus diperhitungkan mengingat kondisi fisik mereka yang tidak seprima anak muda. Jadilah kita yang harus lebih peka dalam menentukan lokasi untuk berlibur agar liburan benar-benar terasa menyenangkan baik bagi kita maupun mereka.

Sebelum membahas lokasi-lokasi yang bisa menjadi pilihan tujuan wisata bersama lansia, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pergi plesiran bersama mereka. Apa saja?

1.Komunikasikan Segala Hal Bersama Mereka
Komunikasi menjadi kunci penting segala hal, termasuk untuk kamu yang merencanakan liburan dengan orang berusia tua. Sebelum memutuskan segala hal seperti tempat tujuan dan tempat menginap, kamu harus mendiskusikannya terlebih dahulu. Hal ini karena biasanya mereka yang sudah berusia lebih tua punya pemikiran tentang hal-hal yang mungkin tidak sesuai dengan persepsi kita. Pemahaman inilah yang harus di ketahui agar tidak terjadi kesalahan dalam mengambil langkah.

2. Buatlah Jadwal Perjalanan yang Tidak Padat
Ingat, kalian bukan pergi dengan teman sebaya yang bisa diajak pergi kemana saja. Mereka yang sudah berusia tua punya keterbatasan fisik sehingga jangan sampai mereka kelelahan. Jangan membuat jadwal untuk mulai pergi terlalu pagi serta pulang terlalu malam. Hindari juga berpergian dengan jarak yang terlalu jauh antara satu tempat dan lainnya yang memaksa mereka duduk terlalu lama tanpa peregangan otot. Satu hal lagi, buatlah durasi di satu tempat wisata yang lebih lama dari umumnya. Biarkan mereka menikmati setiap tempat yang dituju dengan santai agar refreshing yang menjadi tujuan benar-benar tercapai.

3. Ada Baiknya, Pilih Tempat Wisata yang Sudah Pernah Kalian Kunjungi
Memilih tempat wisata yang sudah pernah dikunjungi tentu akan membuat kita tidak perlu meraba-raba tentang kondisinya, dengan begitu, kalian bisa lebih leluasa membuat rencana. Sudah mengetahui kondisi tempat wisata yang dituju juga akan memberikan informasi untuk hal-hal yang lebih detil seperti ketersediaan toilet, kondisi jalan, keamanan, kepadatan kunjungan, dan hal sebagainya.

4. Sebelum Pergi, Cek Kesehatan Mereka Ke Dokter
Sama seperti bayi, mereka yang sudah berusia lanjut juga ada baiknya di cek terlebih dahulu sebelum berpergian. Pastikan mereka dalam kondisi baik dan diizinkan dokter untuk pergi. Meskipun mereka tampak sehat-sehat saja, tetapi lebih baik menyiapkan diri di awal, sekaligus kamu bisa konsultasi akan persiapan-persiapan khusus yang mungkin dibutuhkan seperti obat dan sebagainya.

5. Jika Perlu, Gunakan Jasa Asuransi Perjalanan
Kalian mungkin suka mengabaikan asuransi untuk perjalanan jika traveling sendiri atau bersama teman. Tetapi bedakan jika pergi dengan lansia. Minimalkan resiko-resiko yang tidak kita harapkan itu sekaligus juga membuat perjalanan bisa lebih tenang.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan, dan sekarang mari kita bahas tempat-tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk plesiran bersama lansia. Tak meski sama persis, kamu bisa pergi ke tempat yang cukup serupa yang ada di kota tujuan.


1. Kampoeng Batik Kauman, Pakalongan

Biasanya, orang-orang tua suka dengan hal-hal berbau budaya bukan? Apalagi batik yang cukup akrab dengan mereka. Nah, kalau kalian berencana liburan ke Kota Pekalongan, Kampung Batik Kauman bisa menjadi pilihan.

LANSIA JUGA BUTUH REFRESHING! 5 REFERENSI WISATA INI BISA JADI PILIHANNYA
Salah satu gerbang area Kampoeng Batik Kauman via google.co.id/maps

Lokasinya berada di pusat kota, tak jauh dari alun-alun kota dan Masjid Jami Kauman. Karena sangat strategis, mengunjungi Kampoeng wisata ini tidak akan menyulitkan.

Pengembangan kawasan Kampung Kauman menjadi kawasan wisata sudah dikelola dengan baik sehingga Kampoeng Batik Kauman Pekalongan ini juga terpilih sebagai kampung wisata terbaik tingkat nasional tahun 2015 lalu. Dengan penobatan Pekalongan sebagai kota kretif dunia UNESCO juga membuat Kauman terus berbenah untuk menyambut wisatawan.

LANSIA JUGA BUTUH REFRESHING! 5 REFERENSI WISATA INI BISA JADI PILIHANNYA
Melihat langsung pembuatan batik di Kauman via beritadaerah.co.id

Kamu dan orang tua, bisa mengunjungi rumah-rumah batik yang ada disana sekaligus belajar dan mengenal proses pembuatan batik khas. Kamu juga bisa memborong hasil karya batik lokal dan menghadiahkan kepada orang tua yang kamu bawa. Dijamin, tidak hanya membuat mereka bernostalgia, tetapi juga membuat mereka merasa bahagia.

Sebenarnya, selain Kauman, ada kampung wisata batik lainnya di Pekalongan seperti Pesindon dan Kemplong dimana kesemuanya bisa menjadi pilihan. Begitupun kamu yang tidak berlibur di Pekalongan, bisa memilih sentra atau kampung kerajinan khas dari kota yang kamu singgahi.


2. Kebun Bunga Tomohon


Udara bersih dan warna-warni bunga adalah salah satu hal yang mampu membuat tubuh lebih segar. Kedua hal itu bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi taman bunga. Ya, karena di kebun bunga, selain kesegaran dari oksigen yang dihasilkan tanaman, juga membuat segar bagi pandangan mata. Hal ini akan semakin baik lagi bagi mereka yang berusia lanjut karena mereka butuh lebih banyak udara segar agar kesehatan mereka terjaga.

Nah, bagi kamu yang mau plesir bersama manula, Taman atau kebun Bunga adalah salah satu pilihan yang cocok. Di Indonesia sendiri ada beberapa taman bunga yang terkenal seperti Taman Bunga Nusantara di kawasan Puncak Cianjur atau Taman Selecta di Malang. Tapi tahukah kamu bahwa di Sulawesi Utara juga punya hal yang serupa dengan Taman Bunga?

Tersebutlah nama Tomohon, kota yang berjuluk kota bunga ini memang sudah populer sebagai pusat budidaya tanaman hias berbunga. Bahkan setiap tahunnya kini diadakan Festival Bunga yang menjadi daya tarik wisatanya.

LANSIA JUGA BUTUH REFRESHING! 5 REFERENSI WISATA INI BISA JADI PILIHANNYA
Kebun Bunga di Tomohon via datdut.com

Tak cuma Festival Bunga, Tomohon juga punya taman atau kebun Bunga. Berada hanya sekitar 22 km dari ibukota provinsi di Kota Manado, Tomohon memiliki lahan luas untuk perkebunan bunga. Mekarnya hektaran bunga akan membuat segar mata, ditambah manis lagi karena pemandangan ini dilatari dengan lanskap gunung yang menjulang kokoh. Selain itu, tentu saja cuaca di sana sangat sejuk khas daerah dataran tinggi yang ditunjang juga dengan kesegaran udara yang memanjakan tubuh. Hanya saja mungkin persiapkan pakaian tebal bagi kaum manula agar tubuh tidak mengalami penurunan suhu yang ekstrim.


3. Kotagede Yogyakarta

Nuansa budaya yang kental lagi-lagi pasti menarik perhatian kaum tua. Mereka bisa berwisata sekaligus bernostalgia. Hal ini cukup baik setidaknya untuk mengasah daya ingat mereka.

Kamu yang tengah berlibur, bisa memilih berbagai lokasi wisata berbasis budaya yang ada di kota tujuan. Seperti jika kamu tengah ada di Jogja, Kotagede adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk didatangi bersama kaum manula.

Kotagede merupakan satu kawasan kecamatan yang mempunyai segudang sejarah budaya yang sangat kental baik berupa bangunan maupun kehidupan sosial. Beberapa objek bangunan sejarah yang populer dikunjungi wisatawan ialah seperti Komplek Makam Pendiri Kerajaan, Masjid Kotagede, Sisa Reruntuhan Benteng, rumah-rumah tradisional, hingga Toponim, sebuah perkampungan dengan kekayaan struktur kota kuno yang masih terjaga.

LANSIA JUGA BUTUH REFRESHING! 5 REFERENSI WISATA INI BISA JADI PILIHANNYA
Salah satu sudut Kotagede via blog.gogonesia.com

Tak hanya itu, satu lagi yang bisa dieksplore di Kotagede ialah kerajinan peraknya. Di sana, terdapat pusat pengrajin perak termasuk untuk kamu yang mau membelinya sebagai buah tangan.

Karena nuansa tuanya yang sangat khas inilah, rasanya Kotagede sangat pantas dijadikan pilihan lokasi liburan bersama kaum manula.


4. Kebun Teh Pangalengan

Jangankan orang usia tua, kita yang muda juga pasti suka dengan hamparan kebun teh. Apalagi untuk bernarsis ria, nampaknya kebun teh adalah latar foto yang sangat menarik.

Berwisata ke kebun teh bersama lansia menjadi salah satu pilihan yang cocok. Udaranya yang segar agar menjadi pembangkit semangat kesehatan di paru-paru mereka. Hijaunya daun teh yang membentang luas juga akan memberikan vitamin bagi mata yang juga akan berpengaruh pada kesehatan. Nuansa tenang nan jauh dari kebisingan menjadi terapi sendiri untuk pendengaran mereka. Hingga hembusan angin segar khas dataran tinggi akan merangsang indera raba mereka. Akhirnya kesemua itu akan berpengaruh kepada otak dan rasa bahagia mereka.

Banyak memang tempat wisata berbasis kebun teh di Indonesia terutama Jawa dan Sumatera. Seperti kebun teh yang ada di Pangalengan, Kabupaten Bandung ini juga menjadi salah satu yang populer. Biasanya kebun teh pangalengan ini dikenal dengan nama Kebun Teh Malabar.

LANSIA JUGA BUTUH REFRESHING! 5 REFERENSI WISATA INI BISA JADI PILIHANNYA
Pemandangan Kebun Teh Malabar Pangalengan

Kebun Teh yang sudah ada sejak zaman kolonial ini merupakan peninggalan Boscha, tokoh Belanda yang terkenal di Tanah Priangan. Ia membuka perkebunan teh sejak tahun 1896 dan hingga kini masih terjaga serta memberikan kontribusi besar bagi dunia perkebunan teh Jawa Barat.

Selain perkebunan teh, peninggalan Boscha juga bisa ditemukan disana seperti bekas kediamannya yang sangat kental dengan nuansa arsitektur kolonial serta pemakamannya.


5. Wisata Barang Antik Jalan Surabaya, Jakarta

Tak bisa atau tak memungkinkan membawa lansia pergi keluar kota? Jangan khawatir, kamu masih bisa berwisata di dalam kota dengan nuansa khas liburan yang cocok bagi mereka, para Lansia. Berwisata di kawasan pasar barang antik adalah jawabannya. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta bisa menuju Jalan Surabaya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Beragam barang-barang antik di era abad pertengahan bisa dengan mudah kamu temukan disini. Barang-barang antik ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Mengenang masa-masa anak-anak hingga muda akan membuat pikiran mereka lebih fresh.

LANSIA JUGA BUTUH REFRESHING! 5 REFERENSI WISATA INI BISA JADI PILIHANNYA
Pasar Antik Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta via life.viva.co.id

Pasar barang antik di Jalan Surabaya ini sendiri sudah ada bahkan sejak tahun 1960. Kini ratusan penjaja barang antik berjajar di sepanjang setengah kilo jalan surabaya. Karena keunikannya ini, tidak hanya masyarakat Jakarta yang datang, tetapi juga dari kota lain bahkan dari luar negeri. Biasanya mereka sengaja datang untuk menemukan benda-benda tertentu, dan mungkin saja orang tua yang kalian ajak juga bisa menemukan hal-hal yang menarik bagi mereka.

Itu jika kamu di jakarta, sedangkan jika kamu di Bandung, Pasar Antik Cikapundung adalah lokasinya. Di Kota Solo pun ada yaitu dikenal dengan nama Pasar Triwindu serta di Jogjakarta yaitu di Pasar Klithikan.

SUMBER
Mending ajak ke Arab jon
hrs dikasih daun muda sekel bahenol semlohayy
Rencananya mau ane ajak ntn wayang orang gan emoticon-Cool
yee cck jg tuch bwt lansia emoticon-Big Grin
msh muda mah ccknye wsta lendir blehh emoticon-Ngakak (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
klo lansia banyakin minum kalsium. supaya dengkul gak kopong.. emoticon-Hansip
bawa ke mekkah
emoticon-Cool

























emoticon-Frown
Makasi infonya ya cu
emoticon-Cool
Mbah mau jalan jalan karang
emoticon-Leh Uga
biar kek lansia emoticon-Traveller
biasa nya cucu itu salah satu refresing nya
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
emoticon-Wow Asiknya rame rame breh emoticon-Cool
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
fisik lansia tp jiwa tetep muda emoticon-Cool
kalo nenek ane refreshingnya maen ketimezone gan emoticon-Cool
Biar ga kesepian ya gan.
ga perlu jalan jauh, yang deket aja udah seneng kok emoticon-Angel


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di