adeztya14Avatar border
TS
adeztya14
Menelusuri Perjalanan 50 Tahun AMG


Usia 50 tahun bukan waktu yang sebentar bagi sebuah divisi yang awalnya hanya memproduksi mobil kencang dari merek Mercedes-Benz. Merupakan singkatan dari Aufrecht and Melcher, Großaspach, nama AMG itu diambil dari nama pendirinyayakni Erhard Melcher dan Hans Werner Aufrecht serta Großaspach pada 1967.

Awalnya mereka bekerja di perusahaan pembuat mobil Mercedes-Benz. Kecintaannya dengan dunia otomotif membuat mereka terpicu untuk membangun mesin Mercedes-Benz 300SE agar bisa turun diajang balap Championship Touring Car Jerman pada 1965.

Demi kebutuhan balap itu, Mercedes-Benz 300SE yang semula menggunakan mesin bertenaga 170 dk, mereka tingkatkan tenaganya hingga 238 dk. Nasib baik pun berada dipihaknya, dikemudikan pembalap bernama Manfred Schiek, Mercedes-Benz 300SE itu pun mampu memenangi ajang balap tersebut.

Melihat kepiawaiannya dalam melakukan tuning mesin yang digunakan di jalan atau di trek, akhirnya mereka pun dibanjiri pesanan. Pada akhirnya mereka memutuskan untuk melepaskan pekerjaan mereka di Mercedes-Benz dan mendirikan sebuah bengkel di Burgstall, Jerman.

AMG pun masih berdiri. Proyek pertama yang mereka lakukan adalah meningkatkan performa Mersedes-Benz 300SEL dengan kapasitas 6.300 cc pada 1968. Butuh 3 tahun untuk meningkatkan performa mobil itu, hingga pada 1971 terlahirlah Mercedes-Benz 300SEL bermesin 6.300 cc dengan tenaga semula 247 dk menjadi 428 dk. Mobil itu akhirnya digunakan untuk balap di Spa-Francorchamps 24 Hours, Belgia dan meraih prestasi.

Semakin besarnya bisnis mereka, mendorong untuk pindah ke tempat yang lebih mendukung. Hingga rumah tuning AMG berada Affalterbach, Jerman pada 1976 sampai saat ini.

Pertengahan 1984, AMG kembali menggucang dunia otomotif dengan menghadirkan E-Class W124 bermesin V8 5.600 cc yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 385 dk diperuntukan di jalan raya. Mobil itu mampu menuntas akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 5 detik dan kecepatan maksimal 305 km/jam. Hingga mesin itu dijuluki ‘The Hammer’ karena mampu mengalahkan supercar di masanya.

Pada 1990, hubungan antara Mercedes-Benz dan AMG menjadi lebih harmonis, karena mereka menjalin kerja sama tak hanya soal mesin tuning, tapi hingga desain eksterior dan interior. Hasil kerja sama itu membuahkan karya pertamanya Mercedes-Benz W202 C36 AMG yang lahir di 1993.

Di 2001, Mercedes-Benz dan AMG pun menghadirkan teknologi mesin yang digunakan untuk balap grand prix, yaitu teknologi supercharger pada mesin 5.400 cc V8.

Mesin itu digunakan Mercedes-Benz E55 AMG sedan pada 2002. Dengan menggunakan mesin itu, Mercedes-Benz E55 AMG mampu menandingi Ferrari F40 dengan kecepatan tertinggi hingga 321 km/jam.

Sampai akhirnya, pada 2005 AMG menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Daimler-AG sehingga diberi nama Mercedes-AMG. Mobil pertama yang dibuat Mercedes-AMG setelah menjadi anak perusahaan yakni SLS AMG. Mobil ini cukup fenomenal, selain menjadi mobil pertama yang benar-benar dibuat oleh AMG, mobil ini juga dipercaya menjadi safety car di ajang balap Formula 1.

Dalam ajang motorsport, pada 2011 dibuatlah SLS AMG GT3. Selanjutnya diikuti peluncuran Mercedes-AMG GT pada 2014. Setahun berikutnya, Mercedes-AMG pun meluncurkan seri 43 untuk mendapatkan pasar yang lebih luas.

Perusahaan yang berpusat di Affalterbach, Jerman ini mulai 1 Oktober 2013 sampai saat ini dipimpin oleh Tobias Moers. Dengan filosofi ‘One Man One Engine’, perusahaan ini sampai 2016 sudah memproduksi 99.235 unit atau mengalami pertumbuhan sekitar 44,1 persen. Angka ini melonjak lebih dari tiga kali lipat dari 2013.

Bahkan tidak hanya fokus pada seri 63 yang populer dengan mesin V8-nya, tapi seri 45 dan seri 43 yang membuat perusahaan ini semakin memperluas pasarnya di dunia. Saat ini, penjualan terbesar AMG ada di Amerika Serikat, Jerman dan Cina.


Bagaimana Mobil AMG Dibuat?

Slogan One Man - One Engine, adalah ciri khas dari mobil-mobil Mercedes-AMG. Ini menjadi penanda bahwa mobil ini benar-benar eksklusif dan berbeda kasta dengan mobil Mercedes-Benz lainnya.

Pabrik perakitan mesin AMG terbesar ada di Affalterbach, Jerman. Selain engine plant, Affalterbach juga jadi markas dari AMG GmbH. Di tempat ini, menjadi rumah desain sekaligus pengembangan dari semua unit Mercedes-AMG. Tapi tahukah Anda, Affalterbach hanya merakit mesin V8. Sementara mesin konfigurasi 4 silinder dirakit di Kölleda, dan mesin V12 dirakit di Mannheim, Jerman.

Meski terlihat tradisional, proses perakitan mesin AMG ternyata juga melibatkan teknologi canggih. Yang paling mencolok adalah penggunaan scanner dalam setiap proses perakitan. Setiap engine builder harus memindai komponen yang ingin dipasang. Bahkan alat seperti torque wrench tidak bisa diaktifkan sebelum di scan terlebih dulu.

Yang menarik, jika hasil scan tersebut dicetak, akan menghasilkan sekitar 40 lembar informasi. Contohnya detail tentang komponen, waktu pengerjaan, urutan pengerjaan dan lain sebagainya.

Sekarang beralih ke proses perakitan. Awalnya, para engine builder mendapatkan sebuah engine block. Kemudian mereka beranjak ke berbagai station untuk melengkapi komponen engine block tersebut, hingga menjadi satu unit mesin utuh. Berikut adalah urutan proses perakitan mesin V8 AMG yang dilakukan di Affalterbach.

Spoiler for One Man - One Engine:

Proses Perakitan Mesin AMG

Start
Engine builder memasang engine block pada sebuah assembly jig

Step 1
- Pemasangan main bearing pada crankcase
- Pemasangan crankshaft

Step 2
- Pemasangan piston ke setang piston
- Pemasangan setang piston ke cranckshaft

Step 3
- Pemasangan bottom crankcase cover
- Pemasangan sprocket cam
- Pemasangan cylinder head gasket

Step 4
- Pemasangan klep ke cylinder head
- Pemasangan camshaft
- Pemasangan cylinder head assembly ke engine block Pemasangan cam chain

Step 5
- Pemasangan injektor
- Pemasangan cylinder head cover
- Pemasangan intake manifold
- Pemasangan intake manifold cover

Finish
Pemasangan emblem nama engine builder di intake manifold cover

Begitulah ceritanya gan... emoticon-Jempol

SUMUR
1| 2|

0
1.1K
6
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan