alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58fdf756582b2ed03a8b4569/sejarah-crayon
- Sejarah CRAYON -
- Sejarah CRAYON -

Agan & Aganwati pasti tau krayon kan, pas jaman TK & SD pasti punya nih. Tapi tau ga sejarah krayon itu apa????

Nah disini ane akan jelasin secara singkat aja mengenai sejarah krayon, biar nambah pengetahuan.

Maaf yah kalo ane repost. COz ane cek blum ada tuh...

- Sejarah CRAYON -

Sejarah krayon banyak versinya, mengingat banyak negara memiliki versi penemuan mereka sendiri.

Tapi krayon udah digunain sejak zaman prasejarah saat manusia mencampur lilin lebah alami dengan pigmen warna untuk membuat krayon primitif. Pasta lilin lebah dan pigmen warna pertama kali dilelehkan untuk kemudian digunakan pada media batu atau kayu. Mereka juga mengukir gambar pada lilin cair yang belum mengeras untuk membuat lukisan encaustic yang menonjol di antara orang Mesir, Romawi, dan Yunani kuno. Selain itu, minyak biji rami dan resin damar juga digunakan sebagai pengganti lilin lebah.
Di wilayah kut-kut, Asia Tenggara, juga ditemukan penggunaan krayon primitif dalam seni. Seni ini melibatkan berbagai teknik seperti sgraffito di mana berbagai lapisan warna diterapkan pada permukaan basah. Kemudian menggunakan krayon, sisi figur digores untuk menandai garis batas gambar.

Di temat lain, teknik lilin Punisia adalah metode populer pewarnaan yang dilakukan dengan merebus lilin lebah dalam air garam dan disaring untuk menghilangkan kotoran. Natrium bikarbonat lantas ditambahkan ke larutan untuk mengubah konsistensi menjadi seperti sabun. Pasta ini kemudian dibilas dengan air hangat dan dibiarkan kering. Pigmen warna dan zat lain seperti minyak dan kuning telur ditambahkan ke pasta untuk menghasilkan substansi seperti cat. Bentuk seni seperti ini berkembang pesat di jaman Romawi kuno.
Sedangkan krayon modern berkembang pada akhir abad ke-18, Eropa memiliki krayon yang merupakan campuran arang dan minyak. Warna yang dihasilkan sebagian besar adalah hitam karena efek arang. Pada saat itu, krayon dibuat berbentuk silinder panjang sehingga bisa dengan mudah dipegang tangan. Berbagai pigmen warna kemudian ditambahkan untuk mengganti arang. Di kemudian hari, disadari bahwa lilin merupakan pengganti yang lebih baik untuk minyak karena melekat pada medium gambar dengan lebih sempurna.

Pada akhir abad ke-19, Peekskill Chemical Company, NY (didirikan oleh Joseph W. Binney) dijalankan oleh Edwin Binney (anaknya). Sebagian besar produk perusahaan berupa karbon hitam untuk ban mobil dan oksida besi merah yang kemudian digunakan sebagai pigmen warna.

Pada tahun 1885, Edwin dan keponakannya C. Harold Smith mendirikan perusahaan Binney & Smith yang berkecimpung di daerah baru seperti membuat semir sepatu dan tinta cetak. Pada tahun 1900, mereka mulai membuat pensil sabak untuk kebutuhan sekolah. Ini adalah awal dari perjalanan mereka ke dunia seni.

Pada tahun 1902, Alice Binney, seorang guru sekolah, menyarankan kepada suaminya Edwin bahwa membuat krayon murah lebih baik daripada mengimpor pensil warna yang berharga mahal. Pensil juga mengandung karbon hitam yang beracun untuk anak-anak. Ide ini bersambut, Binney bereksperimen mengganti arang dengan lilin parafin. Berbagai pigmen warna juga diperkenalkan untuk menciptakan warna krayon berbeda. Semua ini menjadi pendorong lahirnya produsen krayon terkenal, Crayola, di tahun 1903. Alice mengusulkan nama Crayola dengan menggabungkan kata Prancis ‘craie’ (yang berarti kapur) dan ‘ola’ (yang berarti berminyak). Produk crayon merek Crayola pertama dijual dalam kemasan nikel. Satu kotak nikel hanya berisi delapan crayon yang warnanya berbeda-beda. Jadi, dalam satu boks hanya terdiri dari 8 warna krayon, yaitu hitam, biru, coklat, hijau, orange, ungu, merah, dan kuning.

- Sejarah CRAYON -

Pada tahun 1920, Crayola memperkenalkan Perma Pressed, krayon yang ditujukan khusus untuk seniman. Crayola tak terbentung dengan mengeluarkan krayon 64 warna yang dilengkapi dengan rautan dan populer di kalangan anak-anak.

Pada tahun 1958, Crayola mengambil alih perusahaan lain yang berhubungan dengan seni, seperti Cosmic Crayon Company, Inggris, dan Canada Crayon Company. Pada tahun 2003, mereka merayakan ulang tahun ke-100 dan memiliki 120 warna indah pada krayon mereka.
Crayola terus menawarkan ide-ide inovatif seperti krayon yang bisa dicuci, krayon yang bisa dipuntir, krayon beraroma, krayon perak, krayon berwarna batu permata, krayon berubah warna dan krayon berkilau (glittery crayon).

- Sejarah CRAYON -

Sekarang banyak banget merek krayon di pasaran, bahkan udah ada penghapus untuk krayon, apabila salah menggambar or mewarnai.

Sekian penjelasan ane ttg sejarah krayon.

Jangan lupa komen, rate emoticon-Rate 5 Star , dan kalo berkenan kasih cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L) yah, coz masi abu2 nih. Hehehehehe...

Sumber:
https://www.amazine.co/39067/sejarah-krayon-dari-jaman-primitif-hingga-crayola/
http://universitysmartblog.blogspot.co.id/2014/12/sejarah-krayon.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Crayon


kirain
kirain crayon sinchan gan
Temennya pastel ini, gan.. emoticon-Cool
crayon itu warna warni ya bre


kaya hidup ane emoticon-Cool emoticon-Cool
Ilmu yg bermanfa'aat gan
Ane kasih dah
emoticon-Toast n emoticon-Rate 5 Star
yah bukan crayon shinchan emoticon-Embarrassment
oh gitu














emoticon-Cool
Krayon emoticon-Big Grin
jadi flashback 11 taon lalu emoticon-Big Grin
Kirain tadi crayon sinchan bree emoticon-Ngakak
dan sekarang crayon dialih fungsikan jadi diy lipstick sama para beauty blogger emoticon-Ngakak (S)
ternyata begitu... thanks infonya gan... emoticon-thumbsup
ternyata crayola yang pertama. cuma ane pernahnya nyoba crayola yang kalo dipake mewarnai putih putihnya masih keliatan. kalo merek lain kan ketutup tuh. crayola ama carandace mahal mana gan? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By makanjajanjalan
ninggal dulu ah


ninggal jejak d hati aku cyin...

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
wah trnyta crayon ad sjrhnye jg baru tau ane blehh emoticon-Big Grin
crayon aja punya sejarah, masa kamu engga?emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By lilo45
ninggal jejak d hati aku cyin...

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga


emooh. ekim dolo emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By makanjajanjalan


emooh. ekim dolo emoticon-Leh Uga


Ekim teyus...k marih aja g mau...

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By lilo45
Ekim teyus...k marih aja g mau...

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2


belom waktunyah libur oom.
teh es om ini kejang nih

Aku gembok ya kakak
Quote:Original Posted By makanjajanjalan


belom waktunyah libur oom.
teh es om ini kejang nih

Aku gembok ya kakak


Sial keduluan gembok...

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
×