alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f5f671947868cc618b4568/bagaimana-rupa-black-hole-yang-sesungguhnya
icon-hot-thread
Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?
Quote:Gambaran berumur 39 tahun menjadi petunjuk dari apa yang didapatkan Teleskop Event Horizon : bentuk nyata dari black hole

Quote:Minggu lalu, Event Horizon Telescope (EHT) mungkin telah mendapatkan untuk pertama kalinya gambar dari black hole. Dan banyak astronom yang ingin melihat gambar itu harus mau menunggu sampai berbulan-bulan karena data gambar itu terhenti di Antartika karena dilanda musim dingin yang keras, dan berbahaya untuk pesawat. Dan membuat para astronom itu bertanya-tanya: apa yang akan kita lihat? Bagaimanakah bentuk dari black hole itu sesungguhnya?.

Baca Juga : Kartini Yang Abadi

Banyak dari kita telah melihat gambar-gambar yang mewakili bentuk dari black hole : piringan melayang raksasa dengan cincin-cincin berpusar-pusar dan bercahaya di bagian luar, dan kegelapan di bagian tengahnya. Dari yang kita ketahui dan banyak orang juga ,tidak ada apapun bahkan cahaya yang dapat lolos dari black hole. Gambar-gambar yang mewakili itu sungguh indah tetapi itu gagal menggambarkan kompleksnya kekuatan fisik dari black hole itu sendiri. Ketika dilihat dari sebuah teleskop, ternyata monster luar angkasa ini mempunyai bentuk yang menarik meski tidak bisa dilihat secara langsung ke obyek. Visualisasi yang bisa dikatakan akurat untuk pertama kalinya dibuat oleh seorang astrofisikawan Prancis bernama Jean-Pierre Luminet. Pada tahun 1978, Luminet menggunakan program komputer untuk menghitung kemunculan dari sebuah black hole, dan kemudian dengan menggunakan punch card hasil dari kalkulasi program komputer tadi dia telah melakukan hal yang sangat melelahkan karena membuat gambar itu dengan menggunakan tangannya. Hasil dari gambarnya tersebut, membentuk kesatuan titik-titik hitam kecil menjadi keindahan, berbentuk asimetris, dan membantu membuktikan bentuk black hole secara sainstis.

Quote:
Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?
Credit Jean Pierre Luminet


Baca Juga : Pengaruh Marxisme dan Darwinisme

Quote:Untuk penjelasan mengapa penggambaran dari Luminet akurat, lihat grafis dibawah dari issu Desember 2009 Scientific American.
Quote:
Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?


Quote:Baca Tulisan Terkait di Sekelumit Pandang

Psikologi Seorang Jenius
Penjelasan Fermi Paradox, Ramai Tapi Terlihat Sepi
Teori-Teori Asal-usul manusia
Thread Diskusi Kesadaran Manusia
Daftar Meteor Yang Jatuh di Indonesia


Materi tambahan dari agan EVANZKO

Quote:Original Posted By EVANZSKO


SUMBER.1

Apa itu Black Hole?

Blackhole Adalah sebuah obyek yang sangat padat (dengan kata lain, memiliki massa yang besar dalam volume yang cukup kecil) yang dengan gaya gravitasinya cukup kuat untuk mencegah cahaya atau apa pun dari melarikan diri.

Teori tentang Black Hole dilontarkan pertama kali oleh John Michell dan Pierre-Simon Laplace pada abad ke 18. Nama ” lubang hitam ” diperkenalkan oleh John Archibald Wheeler pada tahun 1967 . Nama ini menjadi istilah umum untuk semua jenis jurang maut misterius . Fisikawan dan matematikawan telah menemukan bahwa ruang dan waktu dekat lubang hitam memiliki banyak sifat yang tidak biasa . Karena itu , lubang hitam telah menjadi topik favorit bagi penulis fiksi ilmiah . Namun, lubang hitam bukanlah fiksi. Kita tidak dapat melihat lubang hitam , tetapi kita bisa mendeteksi materi jatuh ke lubang hitam dan karena tertarik oleh lubang hitam . Dengan cara ini , para astronom telah mengidentifikasi dan mengukur massa dari banyak lubang hitam di alam semesta melalui pengamatan yang cermat. Kita sekarang tahu bahwa alam semesta kita memang benar-benar diisi dengan miliaran lubang hitam .


Apakah Black Hole mengabaikan hukum gravitasi ?
Sebenarnya Black Hole mematuhi semua hukum fisika, termasuk gravitasi.
Pada tahun 1687, Isaac Newton menunjukkan bahwa semua benda di alam semesta terhubung melalui gravitasi. Namun di bumi, jika dibandingkan energi listrik, magnet, ataupun tekanan terkesan energi gravitasi adalah yang terlemah. Namun tidak seperti itu kondisi di Black Hole..
Penemuan Newton ini telah disempurnakan oleh Einstein. Beliau berkata melalui teori relativitasnya bahwa benda yang massive memiliki mampu mendistorsi ruang dan waktu secara kontinyu, nah distorsi inilah yang kita rasakan sebagai gravitasi. Jadi dengan teori inilah bisa menjadi penjelasan mengapa gravitasi Black Hole sangat besar, sampai mampu menyedot cahaya.


Teori yang dikembangkan oleh NASA

==Seberapa besarkah Black Hole?==
Besarnya lubang hitam bisa kita bayangkan dengan sebuah bola yang memiliki 2 garis horizon, ketika sudah masuk ke dalam daerah event horizon, maka sudah tidak bisa kembali. Ukuran event horizon (disebut jari-jari Schwarzschild) bisa sebesar 6 mil, kalau dibuat perbandingan, ukuran jari2 Scwarzschild bumi adalah 5mm, maksudnya disini adalah seberapa besarkah kita harus memampatkan bumi agar bisa menjadi lubang hitam. Black Hole tidak harus besar, tapi yang pasti adalah sangat padat.
Truktur Black Hole

struktur Black Hole

==Apa saja tipe Black Hole?==
Sebenarnya semua Black Hole identik, yang membedakan adalah massanya, putaran terhadap sumbunya, dan muatan listriknya. Yang mengagumkan dari Black Hole adalah ketika si doi menelan sebuah benda (benda apapun itu) maka karakteristik benda tersebut akan terhapus.
Adapun tipe Black Hole dimana semakin besar galaksi Black Hole itu berada, maka semakin besar dan massive pula Black Holenya.
Perbandingan antar Black Hole

perbandingan antar Black Hole

==Apa yang terjadi bila Black Hole salng bertabrakan?==
Sangat memungkinkan sekali terjadi tabrakan antar Black Hole, begitu mereka saling mendekat dan tidak ada yang bisa lepas dari gravitasi satu sama lain, maka mereka akan bergabung menjadi satu Black Hole. Perpaduan ini akan menghasilkan energi yang luar biasa besar, dan dapat menimbulkan riak pada ruang dan waktu, yang disebut gelombang gravitasi.


==Apakah yang ada di dalam Black Hole?==
Sampai saat ini belum ada yang tahu apa yang ada di dalam Black Hole, karena semua materi, bahkan cahaya, tidak ada yang bisa kembali dari dalam Black Hole.

Spekulasi sampai saat ini adalah adanya White Hole, yang mengeluarkan isi Black Hole melewati lubang cacing. Namun belum ada pengetahuan paten tentang ini, karena belum ada manusia yang tahu bagaiman sistem kerja Black Hole di dalam event horizon

SUMBER.1

Diatas adalahVersi ini yang gwa pegang.
Menyatakan bahwa blackhole adalah padat.
Terbentuk oleh materi yang berasal dari bintang yang telah kehabisan energy.



SUMBER.2

Black Hole atau Lubang Hitam, sebuah kata yang sangat populer 10 tahun belakangan ini terkait dengan astronomi. Saya yakin banyak dari kalian yang pernah mendengar kata ini diucapkan tetapi saya yakin pula sebagian besar dari kalian tidak terlalu paham mengenai apakah sebenarnya Black Hole itu. Banyak simpang-siur pendapat mengenai Black Hole; ada yang mengatakan ini adalah sebuah bintang mati, ini adalah area gelap yang menarik semua materi, dan lain sebagainya. Pendapat-pendapat itu tidak sepenuhnya salah tetapi jika tidak dijelaskan secara detail hanya akan menimbulkan kebingungan. Ini adalah hal yang wajar dan oleh karena itu saya akan menjelaskan Black Hole dengan kata-kata yang sederhana yang dapat dipahami oleh siapa saja. Cekidot!

Sebuah Black Hole adalah suatu area di ruang angkasa dimana gaya gravitasi begitu kuatnya sehingga tidak ada satupun materi di sekitarnya yang dapat lolos dari tarikannya. Saya mengatakan “semua materi” karena cahayapun tidak dapat lolos dari tarikan gaya gravitasi Black Hole! Itulah mengapa Black Hole tidak dapat dilihat karena sebuah obyek dikatakan visible atau dapat dilihat jika obyek tersebut memantulkan cahaya yang dapat ditangkap oleh syaraf penglihatan. Bagaimana Black Hole dapat dilihat jika alih-alih memantulkan cahaya, cahayapun juga diserap habis!


Ukuran Black Hole

Jika kita membahas mengenai sebuah obyek, maka kita tidak bisa terlepas dari ukurannya, begitupun dengan Black Hole. Black Hole ternyata terdiri dari berbagai macam ukuran; kecil, sedang, dan besar. Menurut para ilmuwan, Black Hole yang kecil hanya terdiri dari satu buah atom. Walaupun hanya terdiri dari sebuah atom, sebuah Black Hole yang terkecilpun memiliki massa yang sangat besar, yang tidak sebanding dengan ukurannya. Sebagai analogi bayangkan satu buah atom Black Hole memiliki massa sebesar massa gunung! Kebanyakan Black Hole tidak berukuran kecil. Sebagian besar Black Hole disebut dengan “Bintang Black Hole”. Sebuah Bintang Black Hole dapat memiliki massa yang sebanding dengan 20 kali lebih massa matahari! Sangat mengerikan bukan? Dalam sebuah galaksi kemungkinan terdapat banyak Black Hole, mengingat satu galaksi saja terdiri dari ratusan milyar bintang.

Black Hole Raksasa

Black Hole yang berukuran raksasa disebut dengan Supermasif. Sebuah Supermasif dapat memiliki massa yang sebanding dengan lebih dari 1 juta massa matahari! Dapatkah kamu membayangkan berapa beratnya? Massa matahari adalah dua nonillion kilogram atau kira-kira sebesar 332.946 kali massa bumi. Jadi sebuah Supermasif dapat memiliki kira-kira 330 juta kali massa bumi! Hmmm…makin tidak terbayangkan saja. Nah, berkaitan dengan Supermasif, para astronom dari seluruh dunia telah sepakat bahwa setiap galaksi besar setidaknya memiliki Supermasif di pusatnya. Supermasif di galaksi kita, Bima Sakti, dinamakan Sagitarius A memiliki massa yang setara dengan 4 juta matahari dan ukuran sebesar “bola” yang mampu menampung jutaan bumi.

Bagaimanakah terbentuknya?

Para astronom berpendapat bahwa Black Hole terkecil terbentuk bersamaan dengan terbentuknya alam semesta. Hal ini tidak lepas dari apa yang dinamakan dengan “Ketidakseimbangan Hidrostatis”. Lawan dari ketidakseimbangan hidrostatis adalah keseimbangan hidrostatis dan hal ini didefinisikan sebagai tekanan pelepasan energi bintang ke luar yang setara dengan tekanan gravitasi bintang ke dalam.Ketidakseimbangan hidrostatis terjadi ketika bahan bakar hidrogen bintang telah habis sehingga reaksi termonuklir (reaksi yang mengubah hidrogen menjadi helium) terhenti. Reaksi termonuklir terhenti berarti pelepasan energi bintang terhenti pula sedangkan tekanan gravitasi tetap ada.
Akibatnya massa bintang akan tersedot terus ke pusat bintang sehingga inti bintang akan menjadi sangat padat. Mengapa sangat padat? Karena seluruh massa materi bintang berkumpul di sana. Nah, suatu saat pusat bintang tidak akan sanggup menahan tekanan massa bintang yang terus terjadi dan bintang akan meledak.
Kamu dapat menganalogikan dengan jika kamu terus memompa balon hingga melebihi batas maksimal. Apakah yang akan terjadi? Pasti meledak bukan? Nah itu juga terjadi ketika sebuah bintang mengalami tekanan massa terus-menerus pada intinya.

SUMBER.2

KESIMPULAN SEMENTARA:
Blackhole itu padat dan memiliki wujud,yang artinya bukan merupakan suatu celah atau ruang,tetapi tidak salah jika diartikan sebagai suatu area.




cermati teks yg di bold .
Semoga ini dapat membantu menyikapi fenomena blackhole yang masih dalam ketidak pastian.
Pengamatan tentang apa,bagaimana dan terdiri dari apa blackhole sama sekali belum dapat dibuktikan.
Ini yang menyebabkan pengetahuan tentang blackhole adalah ilmu pasti yang masih dalam ketidak pastian emoticon-shakehand




Spoiler for Tambahan ilmu dari agan-agan:
Pertamax emoticon-Cool
--
mantap juga ya bisa menemukan rupa Black Hole yg sesungguhnya
kuping lu jg black hole brook




-rockabye
Dibalik Black Hole ada apaan yak? emoticon-Bingung
pokoknya item ada lubangnya
itu dudah
black hole bisa nyedot mantan ngga bre?
itu gambar dibuat manual pakai tangan ? emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By madnesscrew
Dibalik Black Hole ada apaan yak? emoticon-Bingung




Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?
Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?
Ada udang gan..
Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?

Quote:Original Posted By madnesscrew
Dibalik Black Hole ada apaan yak? emoticon-Bingung


Kagak ada yg tau gan, bahkan katanya cahaya pun tidak bisa selamat dari black hole padahal cahaya kan benda tercepat di jagat raya ini

ntaps nais inpoh bre emoticon-Jempol
yg penting jangan sampai salah lubang ke yg disemak2 emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By madnesscrew
Dibalik Black Hole ada apaan yak? emoticon-Bingung

ada misteri gan hehe

Quote:Original Posted By cctvkamarmandi
pokoknya item ada lubangnya
itu dudah

ada keindahan lain gan gak cuman itu, kekuatan yang sangat-sangat besar

Quote:Original Posted By danaraa
itu gambar dibuat manual pakai tangan ? emoticon-Matabelo


iya gan, ini salah sau contoh punch card bisa bayangin kan nitikin hasil kalkulasi komputer dengan jumlah titik sebanyak itu hehe
Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?

siapanya glory hole itu?
ngausah deket deket kesedot ntar emoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By vanselick


Kagak ada yg tau gan, bahkan katanya cahaya pun tidak bisa selamat dari black hole padahal cahaya kan benda tercepat di jagat raya ini



tercepat pun tidak bisa lari gan, makanya untuk pengambilan foto dari black hole pun sulit, hanya bisa dilihat dari tanda-tanda keberadaannya seperti cahaya yang terhisap dll gan hehe CMIIW
susah mendapatkan citra black hole..
bahkan bisa dikatakan mustahil.
dengan dimensi sebesar bintang ,partikel cahaya pun tidak bisa luput darinya.

Kadang yg bikin gwa aneh...
Kenapa saat masih berwujud bintang hidup,cahayanya bisa sampai terlihat ke tempat lain.
Sedangkan setelah mati,pertikel cahaya apapun tidak bisa lolos darinya.
Quote:Original Posted By sekelumitx


iya gan, ini salah sau contoh punch card bisa bayangin kan nitikin hasil kalkulasi komputer dengan jumlah titik sebanyak itu hehe
Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?



buset, pasti cape banget emoticon-Belo
dititikin dibagian putih itu kah ?
Quote:Original Posted By EVANZSKO
susah mendapatkan citra black hole..
bahkan bisa dikatakan mustahil.
dengan dimensi sebesar bintang ,partikel cahaya pun tidak bisa luput darinya.

Kadang yg bikin gwa aneh...
Kenapa saat masih berwujud bintang hidup,cahayanya bisa sampai terlihat ke tempat lain.
Sedangkan setelah mati,pertikel cahaya apapun tidak bisa lolos darinya.


mungkin ane cuman ngatain sebatas ane tau ya gan bisa agan nanti cari perbandingan pernyataan hehe
bintang yang mati itu kemudian jadi mampat gan sehingga dengan dimensi kecil tetapi massa sangat berat sehingga mampu menyedot benda lainnya.
Kalo dulu jaman sma katanya kan gravitasi itu prinsip kerjanya kaya gini gan, semua benda itu memiliki gravitasi karena memilki massa. Kenapa karena diumpamakan kalo ruang kita ini seperti kain gan dan kita massa kita itu ada diatasnya jadi ruang itu akan melengkung karena keberadaan kita gan. Nah karena ada benda lain yang massanya lebh besar maka tarik menarik terjadi dan yang yan lebih besar yang menang kalau black hol karena sangat besar kekuatan gravitasinya sangat melengkung sehingga dapat menarik apa saja. CMIIW
untuk pernyataan yang lebih bagus lagi coba agan search di mbah gan nanti biar jadi diskusi menarik hehe
Quote:Original Posted By sekelumitx
mungkin ane cuman ngatain sebatas ane tau ya gan bisa agan nanti cari perbandingan pernyataan hehe
bintang yang mati itu kemudian jadi mampat gan sehingga dengan dimensi kecil tetapi massa sangat berat sehingga mampu menyedot benda lainnya.
Kalo dulu jaman sma katanya kan gravitasi itu prinsip kerjanya kaya gini gan, semua benda itu memiliki gravitasi karena memilki massa. Kenapa karena diumpamakan kalo ruang kita ini seperti kain gan dan kita massa kita itu ada diatasnya jadi ruang itu akan melengkung karena keberadaan kita gan. Nah karena ada benda lain yang massanya lebh besar maka tarik menarik terjadi dan yang yan lebih besar yang menang kalau black hol karena sangat besar kekuatan gravitasinya sangat melengkung sehingga dapat menarik apa saja. CMIIW
untuk pernyataan yang lebih bagus lagi coba agan search di mbah gan nanti biar jadi diskusi menarik hehe


ok..makasi gan..👍😊
Quote:Original Posted By anti.perusuh




Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?
Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?
Ada udang gan..
Bagaimana Rupa Black Hole Yang Sesungguhnya?



Biasa udang dibalik bakwan bray bukan black hole emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By danaraa


buset, pasti cape banget emoticon-Belo
dititikin dibagian putih itu kah ?


yang bolong gan pokokknya, makanya bisa capai banget wkwk
komputer yang bolongin luminete yang nitikkin wkwk