alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f4697554c07a83088b456a/sejarah-panjang-perang-revolusi---kemerdekaan-amerika
icon-hot-thread
SEJARAH PANJANG PERANG REVOLUSI / KEMERDEKAAN AMERIKA
SEJARAH PANJANG PERANG REVOLUSI / KEMERDEKAAN AMERIKA

Hallo kaskus dan kaskuser,
Ane bikin thread buat yang pertama nih. Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Oke langsung aja gan sist.

Siapa sih yang tidak mengenal negara adidaya Amerika Serikat (USA). Ya, negara besar tersebut juga mempunyai catatan sejarah yang panjang dulunya ya gan sist. Adanya koloni-koloni di Amerika dimulai sejak ditemukannya Benua Amerika oleh penjelajah-penjelajah asal Eropa.

SEJARAH SINGKAT
SEJARAH PANJANG PERANG REVOLUSI / KEMERDEKAAN AMERIKA

Quote:Perang ini merupakan akibat dari Revolusi Amerika Serikat. Para kolonis bangkit karena Undang-Undang Stempel 1765 yang dikeluarkan Parlemen Britania Raya tidak konstitusional. Parlemen Britania menegaskan bahwa mereka punya hak untuk memberlakukan pajak pada para kolonis. Kolonis mengklaim bahwa karena mereka penduduk Britania, perpajakan tanpa perwakilan rakyat dianggap ilegal. Kolonis Amerika Serikat membentuk Kongres Kontinental yang bersatu dan pemerintahan bayangan di setiap koloni, meski pada awalnya masih setia kepada Raja. Pemboikotan Amerika Serikat terhadap teh Britania yang terkena pajak mendorong terjadinya peristiwa Pesta Teh Boston tahun 1773, yang merupakan penghancuran muatan teh kapal Britania. London menanggapinya dengan mengakhiri pemerintahan mandiri di Massachusetts dan meletakkannya di bawah kendali pasukan Britania dengan Jenderal Thomas Gage sebagai gubernurnya. Pada bulan April 1775, Gage mengetahui bahwa persenjatan sedang dikumpulkan di Concord, dan ia mengirimkan tentara Britania untuk merampas dan menghancurkannya.

LATAR BELAKANG
Perang Kemerdekaan Amerika (1774 – 1783)
Quote:Koloni Inggris di Amerika sebagian besar orang-orang sipil dan pedagang. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang hidupnya tertekan di Inggris dan menganut agama yang dilarang oleh pemerintah Inggris. Mereka pergi ke Amerika untuk mengejar kehidupan yang lebih baik dan mencari kebebasan. Di antara perintis-perintis koloni di Amerika adalah sekelompok orang yang dikenal sebagai The Pilgrim Fathers. Mereka berangkat ke Amerika dengan kapal Mayflower dan mendarat pada tahun 1620. Sesampainya di Amerika, mereka lalu mendirikan daerah koloni yang bernama Massachusetts. Orang Amerika sekarang menganggap The Pilgrim Fathers sebagai pendiri Amerika. Para pelarian dari Amerika ini kemudian tidak lagi mengganggap diri mereka sebagai orang Inggris, meskipun secara pemerintahan mereka tetap berada di bawah Inggris. Namun, karena pemerintah Inggris kemudian mulai memperlakukan koloni di Amerika seperti juga koloni di wilayah-wilayah dunia lainnya, orang-orang yang telah menganggap dirinya sebagai rakyat Amerika ini lalu menginginkan kemerdekaan
Spoiler for Para Piligrim mendarat di Cape Cod:



AWAL MULA
Perang Tujuh Tahun (1756 – 1763)
Quote:Wilayah jajahan atau koloni Inggris di Amerika Utara terletak di sepanjang pantai timur Amerika Utara. Adapun wilayah dari pantai selatan sepanjang Sungai Mississippi (Louisiana) sampai Kanada adalah koloni Prancis. Wilayah koloni Inggris dan Prancis ini dipisahkan oleh daerah pedalaman. Pergerakan Inggris yang terus-menerus memperluas tanah jajahannya ke arah barat kemudian mulai melanggar batas jajahan Prancis (Louisiana). Hal ini memicu hubungan yang tegang antara Inggris dan Prancis yang mengarah ke peperangan. Pertempuran meletus setelah terjadi tembak-menembak antara pasukan Prancis dan pasukan koloni Inggris (warga Amerika) di dekat benteng Duquesne (Pittsburgh) yang merupakan wilayah Prancis. Dalam peperangan ini, Prancis kalah dan dibuatlah perjanjian perdamaian Paris yang isinya sebagai berikut ; Wilayah Kanada dan Louisiana di sebelah timur Mississippi diberikan kepada Inggris, sedangkan wilayah di sebelah barat Mississippi tetap menjadi milik Prancis. Prancis wajib menyerahkan semua wilayah jajahannya di India kepada Inggris. Akibat perjanjian tersebut, kondisi berbalik. Semula sebagian besar wilayah Amerika Utara dikuasai Prancis, kini beralih ke tangan Inggris.
Spoiler for Perang 7 Tahun:



AKIBAT PERANG 7 TAHUN
Quote:Setelah Perang Tujuh Tahun melawan Prancis (1756 – 1763), kas negara Inggris kosong. Untuk mengatasi krisis keuangan, Inggris memaksa Amerika untuk ikut menanggung kerugian dengan membayar pajak yang tinggi. Alasan Inggris adalah karena Perang Tujuh Tahun memberi manfaat bagi koloni di Amerika berupa perluasan daerah dan perlindungan dari serangan bangsa lain. Di samping pajak yang tinggi, Inggris juga melakukan monopoli. Hasil bumi Amerika (tembakau, gula, dan kapas) hanya boleh dijual kepada Inggris dan sebaliknya, Amerika hanya diperbolehkan membeli barang-barang kebutuhannya dari Inggris saja. Tentu saja rakyat Amerika menentang kebijakan Inggris. Monopoli perdagangan berakibat harga-harga melambung tinggi sebab Inggris dapat mempermainkan harga. Adapun mengenai pajak, rakyat Amerika mau membayar dengan syarat: Inggris harus memberi kesempatan pada warga Amerika untuk menjadi wakil rakyat di parlemen Inggris.

Tuntutan ini mereka pertegas dengan pernyataan: "No taxation without representation." Ketegangan kemudian terjadi sebab Raja Inggris, George III, berusaha memaksakan kebijakan tersebut. Semula rakyat Amerika melakukan perlawanan tidak secara nasional. Namun, kemudian Inggris mengeluarkan Undang-Undang Teh (1773). Dengan undang-undang ini, British East India Company yang mengalami surplus teh akan memperoleh keuntungan, sebab dapat menjual produknya ke Amerika dengan harga yang sangat murah. Akibatnya, para pedagang teh di Amerika bangkrut. Pada tahun 1774, berlabuhlah tiga kapal Inggris yang memuat teh untuk Amerika di Boston. Orang-orang Amerika yang merasa dirugikan oleh kedatangan teh tersebut lalu membajak kapal dengan menyamar menjadi Indian dan melemparkan teh-teh tersebut ke dalam laut. Inggris marah lalu menghukum Boston dengan serangan militer. Rakyat Amerika dari daerah koloni lainnya bersatu dan membantu Boston. Peristiwa yang dikenal sebagai Boston Tea Party ini menjadi penyebab khusus terjadinya perang kemerdekaan Amerika.
Spoiler for Boston Tea Party:



JALANNYA PERANG
Quote:
#1
Pertempuran pertama berlangsung di Lexington kemudian di Bosto
n

Inggris memerintahkan rakyat Kanada untuk membantu tentara Inggris, namun rakyat Kanada menolak. Inggris pun menyerbu Kanada dan terjadilah pertempuran di koloni paling utara tersebut. Waktu selama peperangan tersebut dimanfaatkan oleh George Washington, pimpinan tertinggi pasukan revolusioner Amerika, untuk mengatur tentaranya.
Spoiler for Battle of Lexington:

#2
Awalnya, rakyat Amerika bertempur hanya karena merasa tertindas oleh aturan-aturan Inggris. Mereka belum menyadari betul apa tujuan mereka berperang.

Tujuan menjadi terang, yaitu kemerdekaan, setelah muncul tulisan Thomas Paine pada suatu selebaran yang berjudul Common Sense. Tulisan itu diterbitkan pada tahun 1776. Dengan segera, pada tahun itu juga, rakyat Amerika menyatakan dirinya merdeka. Proklamasi kemerdekaan disusun oleh Thomas Jefferson dalam rapat Kongres di Philadelphia. Kongres ini diikuti oleh 13 negara bagian (koloni). Proklamasi ini sangat terkenal karena di dalamnya terkandung pernyataan mengenai hak-hak manusia (human right). Bagian yang menegaskan hal tersebut berbunyi sebagai berikut. "We hold these truths to be self evident, that all men are created equal, that they are endowed by their creator with certain unalienable right, that among these are life, liberty, and the pursuit of happiness ...."
Spoiler for Kongres Philadhelpia:

#3
Kongres yang merupakan gabungan wakil-wakil dari ketigabelas negara bagian kemudian mengadakan pertemuan untuk membahas bentuk negara yang diinginkan dan merancang konstitusi.

Sesuai dengan kesepakatan dalam Articles of Confederation (1777) bentuk negara Amerika adalah negara serikat dengan nama The United States of Amerika (USA).
Spoiler for Gedung Kongres:


#4
Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Amerika adalah Prancis (1778). Prancis kemudian membantu Amerika melawan Inggris dengan mengirimkan pasukan yang dipimpin Jenderal Lafayette ke Amerika.

Tindakan Prancis ini didorong oleh motivasi berikut.
1) Prancis ingin membalas dendam atas kekalahannya dalam Perang Tujuh Tahun melawan Inggris.
2) Hasil diplomasi Benjamin Franklin, tokoh perjuangan kemerdekaan Amerika.
Pada tahun 1779, Spanyol turut membantu Amerika dengan imbalan berupa pendudukan atas Gibraltar dan Florida. Berkat bantuan negara-negara yang bermusuhan dengan Inggris ini, kedudukan USA (Amerika Serikat) menjadi kuat.
Spoiler for Perang Kemerdekaan:

#5
Inggris akhirnya kalah. Jenderal Cornwallis, pimpinan tertinggi pasukan Inggris, bersama 7.000 orang tentaranya menyerah kepada Washington dan Lafayette di Yorktown pada tahun 1781.

Spoiler for Serdadu Inggris:

Untuk mengakhiri peperangan diadakan perjanjian perdamaian di Paris (1783). Isi perjanjian tersebut, antara lain, Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat.


Sekian ya agan dan sista thread dari newbie yang masih berantakan ini.
Klo ada masukan dan saran, nanti bisa dipajang di depan.
Terimakasih.
SUMBER1
SUMBER2
SUMBER3
Nebeng page one dulu
Wogh mantap gan bahas sejarah
Quote:Original Posted By wajah.kaskus
Nebeng page one dulu


Quote:Original Posted By haqqits
Wogh mantap gan bahas sejarah


Makasih ya kak, udah mau mampir emoticon-Malu
mejeng dulu ah
Quote:Original Posted By wajah.kaskus
Nebeng page one dulu

Petromax tuh bre
Quote:Original Posted By tzeng

Petromax tuh bre


Aku gak dapet ini gan emoticon-Frown
Quote:Original Posted By destrokes
Aku gak dapet ini gan emoticon-Frown

Coba di edit bs ga
mantep nih ane baca duluemoticon-nyantai
perang saudara ya gan :ceyem




Sepuluh saya amankan dari sejinah emoticon-Coblos
Quote:Original Posted By destrokes




Makasih ya kak, udah mau mampir emoticon-Malu


Jebule kelonmu yo om
Ane komen dulu ya baru baca...


SEJARAH PANJANG PERANG REVOLUSI / KEMERDEKAAN AMERIKA
Quote:Original Posted By wajah.kaskus
Nebeng page one dulu


monggo mas emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By tzeng
Coba di edit bs ga


gak bisa saiah mas emoticon-Frown

Quote:Original Posted By kucingkuncung
mantep nih ane baca dulu:nyantai


baca sampai tungtas ya gan emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By praditya.92
perang saudara ya gan :ceyem


Sepuluh saya amankan dari sejinah emoticon-Coblos


saya jgn dicoblos gan emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By haqqits
Jebule kelonmu yo om


lah emangnya siapa lg?
emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By iyusard
Ane komen dulu ya baru baca...


SEJARAH PANJANG PERANG REVOLUSI / KEMERDEKAAN AMERIKA


ini apaan dah. Ada mahos super mejeng dipekiwan
emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By destrokes
ni apaan dah. Ada mahos super mejeng dipekiwan
emoticon-Ngakak (S)


Lol... emoticon-Betty (S)

Ya begini lah bre adanya ane, ente biasa nya godain ane bre...? emoticon-Betty
mamarika yah...


disuruh komeng sama TS nya emoticon-nulisah
disuruh komen sm ts-nya emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
jadi inget pelajaran sejarah emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By Dhekazama
mamarika yah...


disuruh komeng sama TS nya :nulisah


Quote:Original Posted By the.kolesoms
disuruh komen sm ts-nya emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By beb.bek
jadi inget pelajaran sejarah emoticon-Leh Uga


- sejarah membuatmu ingat akan masa lalu, dan menuntun langkah akan masa depan -
Quote:Original Posted By destrokes
monggo mas emoticon-Embarrassment



gak bisa saiah mas emoticon-Frown



baca sampai tungtas ya gan emoticon-Embarrassment



saya jgn dicoblos gan emoticon-Embarrassment



lah emangnya siapa lg?
emoticon-Ngakak (S)



ini apaan dah. Ada mahos super mejeng dipekiwan
emoticon-Ngakak (S)


Endak kok gan saya normal emoticon-Embarrassment
gimana kalo nutup skalian emoticon-Embarrassment