alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58edf4cd31e2e6121a8b4569/selalu-muncul-dalam-pernikahan-adat-apa-sih-filosofi-roti-buaya-dalam-adat-betawi

Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?

WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast


Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?
Pernikahan memang digolongkan sebagai salah satu momentum paling sakral seumur hidup. Setiap orang pasti mendambakan prosesi pernikahan yang berlangsung sekali seumur hidup, tidak lebih. Karena itu memang mayoritas orang-orang mempersiapkan pernikahannya secara matang. Baik dari segi mental dan finansialnya.

Ngomongin tentang pernikahan tentu ada satu hal yang menarik. Dalam tiap prosesi pernikahan memang ada suatu prosesi yang menarik baik secara adat maupun modern. Pernikahan secara adat memang cukup sarat akan hal-hal yang berbau filosofis yang tentu diimplementasikan dengan barang atau hal tertentu.

Misalnya tradisi pernikahan tradisional khas masyarakat Betawi yang kini memang masih banyak digunakan sebagai prosesi pernikahan yang sakral. Satu hal yang menarik perhatian kita yaitu adanya roti buaya yang dijadikan salah satu barang dari serangkaian seserahan dari mempelai pria untuk mempelai wanita. Tapi apa kamu paham mengenai filosofi roti buaya tersebut?

Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?
Mungkin sebagian dari kita yang memang tidak mendalami adat Betawi akan sedikit bingung dengan kehadiran roti buaya dalam prosesi pernikahan. Apalagi selama ini memang buaya sering dikonotasikan negatif, contohnya sebagai perumpamaan seorang lelaki yang sering berganti-ganti pasangan. Lalu untuk apa simbol tersebut tidak pernah absen dalam setiap pernikahan adat Betawi?

Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?
Rupanya selama ini memang ada pergeseran makna mengenai buaya tersebut. Selama ini yang berkembang di masyarakat adalah buaya merupakan simbol yang buruk dalam soal hubungan, apalagi ini menyangkut kesetiaan. Kebalikannya, ternyata buaya merupakan hewan yang paling setia pada pasangan. Buaya hanya kimpoi sekali seumur hidupnya. Selain itu, buaya jantan ternyata memiliki kemampuan yang tinggi dalam melindungi pasangan serta para telurnya dari ancaman predator.

Tidak hanya sampai di situ, penggunaan roti dalam merepresentasikan buaya ternyata juga memiliki makna tersendiri. Simbol roti juga dianggap sebagai simbol ekonomi dan kemapanan. Sehingga secara keseluruhan, simbol roti buaya merupakan sebuah harapan akan terciptanya kesetiaan dan masa depan yang lebih baik bagi kedua mempelai.

Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?
Namun ternyata ada sedikit perubahan mengenai esensi dari roti buaya tersebut. Kalau pada pernikahan adat Betawi zaman dulu, roti buaya tersebut memang sengaja dibuat sekeras mungkin. Karena memang tujuan pembuatan roti ini memang bukan untuk dimakan. Melainkan untuk diletakkan di atas lemari hingga membusuk dan berbelatung. Hal itu memang menyimbolkan sepasang suami istri yang setia dan hanya bisa dipisahkan saat maut datang.

Namun sekarang, roti buaya tersebut tidak lagi disimpan hingga membusuk. Melainkan dibagikan kepada para tamu undangan seusai acara. Hal ini memang memiliki tujuan yaitu agar si tamu lajang yang diberikan potongan-potongan roti buaya tersebut dapat segera menyusul ke jenjang pernikahan. Hal itu juga untuk menghindari sifat membuang-buang makanan atau mubazir.


Keberadaan roti buaya memang menjadi satu hal yang tidak bisa disepelekan bagi pernikahan adat Betawi. Bagi sebagian orang roti buaya hanyalah simbol, namun bagi masyarakat Betawi, roti buaya merupakan sebuah harapan untuk kedua mempelai dalam mengarungi biduk rumah tangga.

Sumber: YuKepo

Rate, Comment and Cendol are Appreciated
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Roti! Tew!
Menjanjikan, kekenyangan......emoticon-Cool
penuh makna, hebat juga ini buaya emoticon-Big Grin
asal jangan buaya putih emoticon-Takut
Semoga gue dan Ariel Tatum seperti sepasang buaya, sejodoh hingga akhir hayat..amin
emoticon-Cool
kok itu org2 pada berani dket2 sama buaya om? emoticon-Frown
yg penting jgn jd buaya duarat yah brook




-rockabye
itu yg ngawali siapa sih gan ???
bang benyamin ye gan ??
selain buaya juga sering pake roti kepiting gan
Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?
Diubah oleh oramgutan
Penuh makna yah
Roti buaya Yah.emoticon-Leh Uga
Btw bawah ane buaya juga tuh
Buaya, Pak Aya mana?
Asal jangan air mata buaya.emoticon-Ngakakemoticon-Takut
kece bre. besok kaya gitu ahhh
sebenernya udah tau sih bro, dari temen gue keturunan betawi, cuma doi jelasinya sambil teriak teriak...... hiks
Diubah oleh akulator
Ohh itu toh artinya.. gue yang tadinya ngga tau, sekarang jadi tau...
biar cowok nya gak jd buaya kali, mungkin


Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?
Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?
Buaya itu lambang keperkasaan..
Selalu Muncul dalam Pernikahan Adat, Apa Sih Filosofi Roti Buaya dalam Adat Betawi?

Buaya itu setia bry..
Hehehe
Serasa I AM LEGEND bray emoticon-Cool
Kalo buaya buntung
Asal jangan buaya buntung aja.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di