alexa-tracking

8 rahasia kesehatan mulut dan gigi yang wajib semua orang tau

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58edc7691cbfaa31028b4567/8-rahasia-kesehatan-mulut-dan-gigi-yang-wajib-semua-orang-tau
icon-hot-thread
8 rahasia kesehatan mulut dan gigi yang wajib semua orang tau
Hai agan dan sista..

emoticon-Hai

Udah pada tau belom kalo kesehatan mulut dan gigi itu jadi salah satu faktor penunjang untuk kita agar terlihat lebih cantik dan sehat. Jangan salah, mulut dan gigi yang sehat bisa bikin kita keliatan cantik atau malah sebaliknya loh. Kalo mulut kita sehat, gigi kita kuat, udah pasti penampilan kita juga keliatan lebih segar. Beda kalo gigi kita lagi sakit, muka juga bawaannya pengen cemberut mulu karena nahan sakit. emoticon-Mad

Maka dari itu, kita harus pandai-pandai ngerawat gigi biar gigi kita ga sakit dan keliatan jelek hihiiii. Tau kan gimana rasanya sakit gigi atau sariawan?? Beuh, mau makan enak susah. Jangankan makan deh, minum aja rasanya ada yang cenat cenut celentang celentung didalem mulut. emoticon-Cape d... (S)

Tapi jangan khawatir gan/sist, sekarang ini banyak cara supaya kita bisa ngerawat mulut dan gigi kita supaya tetep sehat. Asalkan rajin, dijamin gigi kita bakal tetep sehat dan kuat. Mau tau apa aja cara-caranya? Yuk lanjut baca kebawah. emoticon-Wowcantik


1. Hindari makanan yang masih panas atau terlalu dingin

Spoiler for :


Makan makanan panas itu enak, apalagi pas lagi hujan. Minum es itu segerr banget kalo cuaca lagi terik kayak di Jakarta. Tapi taukah agan kalo suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dalam makanan atau minuman bisa merusak tingkat sensitivitas mulut dan gigi bahkan sampe bisa membuat retak pada struktur gigi, dan bisa menimbulkan luka di mulut. Bila hal itu sudah terjadi, bakteri akan mudah masuk dalam struktur gigi dan mulut lalu menyebabkan sakit gigi atau bahkan menambah kerusakan gigi terutama pada warna putih di gigi. Makanya, sebelum makanan atau minuman masuk ke dalam mulut, pastikan terlebih dahulu bahwa makanan atau minuman tersebut gak terlalu panas maupun terlalu dingin.


2. Hindari makanan manis

Spoiler for :


Tau kan kalo di dalam mulut kita, tinggal bakteri yang sedang membangun bahtera rumah tangga? Hahhah. Tau gak gan/sist kalo bakteri dalam mulut itu sangat menyukai makanan manis atau yang mengandung gula. Untuk itu mengurangi volume makanan manis dalam mulut sangatlah jitu untuk menjaga agar bakteri dalam mulut gak semakin berkembang.


3. Mengunyah permen karet

Spoiler for :


Permen karet yang biasa kita kunyah buat iseng atau karna suka, ternyata bisa berfungsi sebagai senam otot mulut. Selain itu juga, ternyata mengunyah permen dapat merangsang air liur dalam mulut semakin meningkat. Dengan demikian kuantitas air liur yang meningkat tersebut dapat membersihkan partikel asam sisa makanan dalam tubuh sehingga akan merawat gigi agar tetap putih, sehat dan juga tidak berlubang. Tapi, yang perlu diingat adalah kunyahlah permen karet yang tidak mengandung banyak gula.


4. Banyak Makan Buah-Buahan Segar

Spoiler for :


Makan buah itu bagus buat kesehatan tubuh kita, termasuk buat gigi. Karena ternyata serat dalam buah-buahan segar dapat membantu menghilangkan kotoran dan sisa-sisa makan yang menempel pada gigi. Untuk itu, semakin kita sering makan buah-buahan yang segar maka kesehatan gigi akan semakin terjaga pula.


5. Rutin menggosok gigi

Spoiler for :


Menggosok gigi adalah cara termudah buat merawat gigi kita gan, setiap hari kita harus menggosok gigi kita minimal 3 kali supaya gigi kita tetep putih dan sehat. Gosok gigi sangat dianjurkan terutama sebelum tidur, supaya sisa makanan yang nyangkut di gigi gak semakin nambah dan mutusin perkembangan bakteri yang memakan sisa makanan tersebut. Pemilihan pasta gigi juga mempengaruhi kesehatan gigi loh gan, makanya waktu pilih pasta gigi cari yang emang bener-bener bagus buat ngerawat gigi.

Kalo di keluarga ane udah dari dulu pakenya Enzim, karena kebetulan kita sekeluarga lebih suka pasta gigi yang gak ada busanya alias bebas detergen dan juga punya kandungan yang bisa jaga keseimbangan alami rongga mulut sekaligus ngembaliin fungsi air ludah (saliva). Dengan pake pasta gigi Enzim ini, kualitas dan fungsi air liur dapat terjaga sehingga dapat membuat gigi tetap sehat dan mulut segar sepanjang hari.


6. Gunakan benang gigi

Spoiler for :


Cara yang satu ini mungkin jarang ada orang yang pake. Tapi buat informasi nih gan, kalo benang gigi itu bisa membersihkan sisa makanan yang terselip diantara sela-sela gigi. Tapi, penggunaannya juga harus hati-hati karena benangnya punya resiko melukai email gigi, dimana luka yang ditimbulkan akan memancing bakteri timbul dan menyebabkan bau mulut.


7. Berkumur

Spoiler for :


Setelah gosok gigi, ada baiknya kita juga kumur-kumur supaya mulut tetep seger. Berkumur bisa menjaga kesehatan gigi atau gigi berlubang. Berkumur 2 kali sehari sudah cukup untuk menghancurkan kuman penyebab plak gigi. Untuk kesehatan mulut dan gigi, berkumurlah dengan mouthwash tanpa alkohol dan tanpa antiseptik.

Mouthwash tanpa alkohol akan menjaga supaya mulut gak kering, juga meminimalisir munculnya noda cokelat pada gigi. Nah, kalo yang tanpa antiseptik berfungsi untuk menyeimbangkan keseimbangan ekosistem bakteri dan mencegah bakteri jahat berkembang biak lebih banyak dalam mulut kita.


8. Rutin periksa ke dokter

Spoiler for :


Yang satu ini gak perlu dilakukan tiap hari wkwk. Memeriksakan kesehatan gigi dan mulut kita ke dokter emang penting, supaya gigi kita bisa terjaga dan terawat secara medis. Datanglah ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, dokter akan memberikan perawatan untuk gigi kita agar tetap putih dan sehat.

Begitulah kurang lebih tips-tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan merawat gigi sebaik mungkin. Minimal gosok gigi 3 kali sehari itu harus! Jangan males ngerawat gigi, karena gigi adalah salah satu organ penting juga bagi manusia, coba kalo giginya sakit, menderitanya kaya apa tau, makan minum jadi keganggu deh. So, yuk kita sama-sama rawat gigi kita supaya tetep sehat.
Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:



pke listerin brook




-rockabye
KASKUS Ads
image-url-apps
ane waktu sunat ngeri ngeri sedep..
image-url-apps
ane udah gosok gigi tiap hari.
tapi kalo kumur2 jarang emoticon-Big Grin
image-url-apps
makan buah sama rajin sikat gigi bray emoticon-Big Grin
image-url-apps
rajin sikat gigi donk kayak ane emoticon-Cool
image-url-apps
ane mah cuma gosok gigi sama kumur2 palingemoticon-Embarrassment
image-url-apps
yg terakhir saran yg mahal gan
image-url-apps
kalo semua orang tau bukan rahasia lagi dong bro
pake listerine ato abothyl waktu lagi sariawan gan greget
image-url-apps
buat gosok gigi emang bagusnya pake pasta gigi tanpa detergen kok. lebih aman.
ciri2 pasta gigi bebas detergen itu yg gda busanya waktu gosok gigi, contohnya pasta gigi enzim, pasta gigi bagus tapi sayang kurang dikenal sm masyarakat sekarang.
merawat gigi n kebersihan mulut emang penting gan emoticon-Big Grin
image-url-apps
biar gigi putih... #cliing
dan mulut wangi.. #HAAAAHHH
image-url-apps
rahasia ane adalah gosok gigi pake enzim fresh mint..
aduh jd ngiklan, maaaap.. emoticon-Hammer
tapi emang bener kok bagus. emoticon-Ngacir
kata nya rahasia, tapi semua Org wajib tau.
macam mana ... emoticon-Bingung
image-url-apps
Ane bisa dibilang gak pernah ke dokter gigi neh
Hehehe malu
image-url-apps
Quote:


intinya lo baca gag?-_-
image-url-apps
Quote:


sama gan, ane orangnya anti mainstream

ane juga lebih suka pasta gigi yg gag ada busanya

kalo gda busa berarti ni pasta gigi bebas detergen..

enzim banget sih emang kalo ngomongin bebas detergen.

emoticon-Traveller
Quote:

kalo penting kenapa harus disimpen sendiri, mending dishare emoticon-Smilie
Quote:
tapi gosok gigi pernah kan gan emoticon-Leh Uga

×