alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e5d2341854f7c4598b456b/memilih-pacaran-atau-menikah
MEMILIH PACARAN ATAU MENIKAH
Menghindari Zina dengan Menikah

MEMILIH PACARAN ATAU MENIKAH

Seiring dengan perkembangan zaman, pacaran seakan sudah dianggap budaya bagi anak muda. Tak sedikit juga di antara mereka yang terjerembap pada zina. Padahal, hal tersebut secara tegas sudah dilarang dalam Alquran.

Salah satu cara untuk menghindari dosa besar tersebut adalah dengan menyegerakan menikah. Saat anak muda tersebut tidak mampu untuk menahan hawa nafsunya, bahkan menikah menjadi wajib baginya.

"Saya cuma mau bilang pada anak muda, 'Jangan takut nikah bro, itu lebih baik dari pada berzina bro',"

Apa sebab pacaran dan zina terus meningkat kasusnya?

Sebab yang pertama itu iman anak muda itu lemah. Imannya itu lemah karena memang kondisi anak muda itu jauh dari agama. Artinya, dia tidak paham agama, tidak belajar agama. Banyak anak muda yang tidak bisa baca Alquran dan banyak anak muda yang meninggalkan shalat. Apalagi, Allah sudah menggambarkan dalam surah Maryam ayat 59. Di situ Allah mengatakan bahwa setelah generasi para nabi, itu akan ada generasi yang jelek, generasi yang rusak.

Dua cirinya, kata Allah, yaitu meninggalkan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya. Dan gejala itu sudah ada di zaman sekarang, khususnya anak muda. Paling susah shalat dan paling mudah memperturutkan hawa nafsu.

Kalau dia sudah meninggalkan shalat, berarti imannya sangat lemah. Ketika dia jauh dari agama, maka dia juga akan belajar yang lain. Karena, prinsipnya hati itu akan terisi dengan sesuatu, apakah itu ingat Allah atau ingat kepada selain Allah.

Ketika ingat Allah, dia akan kuat ketaatannya kepada Allah. Ketika dia ingat pada selain Allah, maka dia akan berkorban kepada selain Allah. Karena itu, ketika diikat oleh nafsu, dia akan memperturutkan hawa nafsu tersebut sehingga tingkat pacaran dan zina semakin meningkat. Itu yang pertama.

Kedua, banyak orang tua yang memandang anaknya, walaupun di usia di atas 20 tahun, masih dianggap anak-anak. Akhirnya, karena imannya lemah dan tidak bisa menjaga syahwat, dan dia juga dilarang menikah sebelum 18-19 tahun sebagaimana undang-undang, bisa kita bayangkan. Sementara, syahwatnya semakin meningkat dengan makanan-makanan yang proteinnya tinggi, terjadilah kasus pacaran dan perzinaan yang juga terus meningkat.

Ketiga adalah karena lingkungan. Ternyata pacaran dianggap sebagai hal yang wajar dan hal yang biasa. Bahkan, sekarang kalau anak belum pacaran dianggap jadul, dianggap ketinggalan zaman. Itulah yang terjadi. Apalagi, kalau kita lihat sinetron, semua mengarahkan ke sana. Maka sempurnalah ketika terjadi peningkatan pacaran dan berzina.

Apakah anak muda modern sekarang takut untuk menikah?


Bukan hanya karena takut menikah, melainkan karena banyak faktor. Pertama adalah anak muda sekarang ini menganggap bahwa yang disebut dengan mapan itu kalau mereka sudah bekerja dan punya penghasilan. Sementara, rata-rata yang pacaran atau zina itu masih kuliah dan selesai kuliah rata-rata usia 23-24 tahun kalau sekolahnya normal. Maka, di masa-masa yang sangat panjang tersebut, membuat mereka berpikir bahwa menikah adalah uang. Makanya banyak orang yang menunda-nunda pernikahan dengan alasan tidak mempunyai uang.

Padahal, dalam agama Islam itu sangat dimudahkan, lebih dimudahkan untuk menyelamatkan iman dan menyelamatkan nafsu. Tapi, sekarang itu yang menjadi trennya ukuran mapan dan tidak mapannya seberapa banyak dia mempunyai finansial.

Apa keutamaan menikah bagi para pemuda?


Keutamaan menikah bagi pemuda sudah jelas dalam sabda Rasulullah SAW, "Wahai pemuda, jika kalian sudah sanggup, maka menikahlah. Karena itu lebih menundukkan pandangan dan menjaga syahwat."

Intinya yang dimaksud dengan "menundukkan pandangan" akan membuat penyakit-penyakit yang muncul di masyarakat sekitar tersebut akan turun. Tapi, cewek-cewek saja sekarang sudah banyak yang berani menggoda cowok, lihat saja.

salah satu alasan menunda nikah adalah modal. Modal apakah yang paling utama?


Kalau zaman sekarang menurut saya, iya. Saya pernah mengobrol dengan mahasiswa dan anak muda. Mereka tidak menikah karena alasan tidak mempunyai uang atau tidak mempunyai penghasilan tetap. Atau kalau mempunyai penghasilan tetap pun belumlah gede.

Padahal, dalam agama sudah dikatakan kan, "Jangan takut miskin." Dan Allah telah mengatakan, Nahnu Narzukuhum Wa Iyakum, yang artinya kamilah yang memberikan rezeki anak dan istrimu. Dan Allah akan membuat kamu kaya kalau alasannya adalah finansial.

Tapi, yang paling utama dalam menikah jelas keimanan dulu dan mental dia untuk berumah tangga. Baru setelah itu memang finasial. Tapi, kan juga harus dipahami dulu, kadang-kadang ada mereka yang sebenarnya sudah kuat secara mental dan orang tuanya juga mampu secara harta. Tapi, mengapa mereka enggak disegerakan menyelamatkan moral anaknya dengan cara menikahkannya? Setelah itu, orang tua bisa memberikan modalnya untuk berdagang ataupun berbisnis gitu kan? Sampai dia mapan baru lepas, seharusnya begitu orang tua. Orang tua mencari duit itu untuk siapa? Untuk anak dan istrinya kan?

Ilmu agama bab apa yang perlu diperdalam sebelum menikah?


Yang jelas adalah ilmu tentang Allah dulu. Kalau seseorang sudah mengenal Allah, dia tidak akan takut dan tidak minder dalam hidupnya. Dia juga akan punya kekuatan dan keyakinan yang mantap bahwa rezeki dari Allah. Kalau dia berbuat benar dan menjaga ketaatannya kepada Allah, Allah akan menjaganya. Itu yang pertama.

Setelah itu, ilmu tentang kerumahtanggaan. Itu penting untuk modal. Kan kebanyakan sekarang orang saya rasa mereka juga tidak pernah membaca buku-buku tentang bagaimana cara Rasul dan sahabatnya berumah tangga. Begitu menjelang pernikahan, bingung mereka akhirnya. Banyak pengantin baru yang di awalnya banyak yang bermasalah karena tidak mempelajari bagaimana berumah tangga, bagaimana Rasul itu hidup bersama istrinya dan sebagainya.


Bagaimana menyiapkan mental menuju jenjang pernikahan?


Ya mau enggak mau mereka harus mulai mengkaji ilmu agama. Dia kuatkan ketaatannya kepada Allah sehingga menemukan kemantapan hati. Dan itu mental kawan, iya kan? Karena di belakang mereka nantinya pasti ada Allah. Selama ini orang menganggap kalau menikah itu akan sendirian sehingga banyak orang takut di situ. Padahal, nanti juga ada saudara-saudaranya yang akan membantu mereka.


Ada pencerahan buat anak-anak muda?


Saya hanya ingin mengatakan kepada anak muda bahwa sunah Rasulullah itu tidak ada yang merusak umatnya, termasuk pernikahan. Kalau dia menikah dengan niat yang benar, dengan kekuatan dan keimanan yang tulus, insya Allah, Allah akan memudahkan. Di situ dia harus bisa memberikan sebuah solusi untuk membangun rumah tangga yang baik. Artinya, saya cuma mau bilang pada anak muda, "Jangan takut nikah bro, itu lebih baik daripada berzina bro."

Tetapi, masalah berzina bukan hanya persoalan anak muda juga. Orang tuanya juga harus dikondisikan. Kadang-kadang orang tuanya juga enggak mau anaknya nikah muda. Dia lebih mementingkan kemapanan anaknya ketimbang anaknya berbuat dosa besar. Karena, selama ini pemahaman orang tua juga lemah dari agama, seolah dianggap zina itu bukan dosa besar. Orang tua sangat penting di sini karena kewajiban orang tua adalah menikahkan anaknya.
SETELAH AGAN BACA TULISAN ANE DIATAS, AGAN MASIH MAU PACARAN ATAU SEGERA MENIKAH, KALAU ADA MASALAH KENAPA SAMPAI MENUNDA PERNIKAHAN COBA KITA DISKUSIKAN

emoticon-Wow
kenala saya pak Kyai , mertua terlalu ngatur dan matre banget, emoticon-Sorry , kira-kira solusi nya apa ya
Quote:Original Posted By playmedia.bogor
kenala saya pak Kyai , mertua terlalu ngatur dan matre banget, emoticon-Sorry , kira-kira solusi nya apa ya


kalau pendapat saya gan, calon istrimu gimana ?? kalau dia juga matre, cari cewek lain gan,,, hidup bukan hanya cari yang melulu
jangan berzina, karena mudharat nya bukan hanya untuk penzina tapi untuk semua .....emoticon-Request
Menikah saja gan, yang penting calon takut Tuhan.
kalo sudah mapan ya segera menikah, emoticon-Cool
emoticon-Imlek
menikah gan, tapi sayang ane belon ada calon emoticon-Mewek
Pengennya sih ya nikah, modalin ane buat nikah sini gan emoticon-Big Grin
nikah dulu baru pacaran, rasa rasa ga cocok yaudah cere emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By bigbadvoodoo
nikah dulu baru pacaran, rasa rasa ga cocok yaudah cere emoticon-Leh Uga
Pengalaman pribadi ya gan??emoticon-Big Grin

×