alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58d5bdbda09a39e2118b4568/menteri-lhk-indonesia-kaya-potensi-energi-terbarukan
Menteri LHK: Indonesia Kaya Potensi Energi Terbarukan
Menteri LHK: Indonesia Kaya Potensi Energi TerbarukanQuote: Indonesia memiliki 199 spot sumber potensi energi panas bumi (geothermal) sebagai bagian dari energi terbarukan. Tercatat sumber energi panas bumi itu terdiri dari 48 spot di hutan konservasi, 56 titik di hutan lindung dan 50 spot di hutan produksi sedang dan area penggunaan lain 145 spot dengan potensi mencapai 28.617 Megawatt (MW).
youtube-thumbnail

Hal tersebut, diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, di sela-sela rangkaian peringatan Hari Hutan Internasional bertema Hutan dan Energi di Jakarta, Selasa (21/3).

"Indonesia memiliki cukup banyak sumber energi terbarukan (renewable energy)," kata Siti Nurbaya.

Paling tidak, lanjutnya, terdapat 8 sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan, yakni biofuel, biomassa, panas Bumi atau geothermal, air, angin, matahari, gelombang laut dan pasang surut.

"Namun, sebanyak 90 persen energi di Indonesia masih menggunakan energi berbahan fosil seperti batubara, minyak bumi, dan gas alam. Sisanya, kurang dari 10 persen yang memanfaatkan sumber energi terbarukan," jelas Siti Nurbaya.

Dari 8 jenis sumber energi tersebut, kata Siti Nurbaya, semuanya terkait langsung dengan keberadaan hutan dan lingkungan hidup. Untuk itu, KLHK tengah mengkaji kawasan hutan produksi yang dapat digunakan sebagai areal hutan tanaman dengan jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai sumber energi biofuel dan biomassa.

"Sejumlah tumbuhan yang dibudidayakan diantaranya eucalyptus, sengon, nyamplung, akasia, kaliandra dan kemiri," ucapnya.

Untuk lokasi geothermal antara lain di Telaga bodas, Kamojang, Batang Gadis, Kerinci Seblat, Halimun Salak, Ciremai, Rinjani dan Bogani Nawarta Bone.

Menteri LHK menambahkan, hutan berfungsi sebagai sistem penyangga kehidupan, menjaga siklus hidrologi yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup, untuk itu peran hutan perlu dilestarikan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui resolusi Nomor 67/200 Tahun 2012 telah menetapkan tanggal 21 Maret sebagai Hari Hutan Internasional (HHI). KLHK selaku kementerian paling terkait di Indonesia, telah menginisiasi peringatan HHI mulai tahun 2014. Serangkaian kegiatan dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran publik tentang pentingnya keberadaan semua jenis hutan dan pohon di luar hutan.

Tema peringatan HHI 2017 juga bermakna fungsi hutan sebagai sumber energi pemanas, bahan bakar nabati cair dan peneduh yang dapat mengurangi kebutuhan energi.

Menteri LHK mengungkapkan, ada 4 pesan yang ingin disampaikan melalui peringatan HHI 2017 ini. Pertama, hutan bisa menjadi sumber dari energi terbarukan. Saat ini 50 persen energi dunia masih didukung oleh kayu. Kedua, hutan sebagai sumber ekonomi hijau bagi masyarakat.

"Hasil hutan turut menentukan perkembangan ekonomi global. Sekitar 883 juta orang bekerja di sektor kehutanan yang terkait dengan energi," ujarnya.

Selain itu, kehutanan diproyeksikan memiliki peranan yang semakin penting di dalam perkembangan ekonomi pedesaan. Pesan ketiga, bagaimana mengoptimalkan kehidupan di area perkotaan.

"Intinya adalah bagaimana kita mempromosikan penanaman kayu di lingkungan perkotaan," ucapnya.

Food and Agriculture Organization (FAO) memperkirakan apabila pohon ditanam di perkotaan akan menghemat energi dan bisa menurunkan temperatur sekitarnya. Semakin banyak pohon ditanam, udara menjadi semakin sejuk sehingga mengurangi penggunaan air conditioner (AC).

Yang terakhir adalah sebagai upaya mitigasi perubahan iklim dengan pemanfaatan hasil dan pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

"Dimana kita mulai mengurangi penggunaan energi fosil, dan beralih ke sumber energi baru dan terbarukan," ujarnya. Beri taku satu permintaan
Menteri LHK: Indonesia Kaya Potensi Energi Terbarukan
Spoiler for Menteri Siti Nurbaya Kaji Program Hutan Tanaman Energi:

Quote:Menutup rangkaian acara #HariHutanInternasional, final lomba dongeng untuk anak juga telah selesai dilaksanakan.
Lomba dongeng ini, menghasilkan 10 finalis dari 60 peserta. Dari lomba dongeng ini, banyak yang terkesima, karena anak-anak ini mampu menceritakan dengan lancar bagaimana hutan menjadi sumber energi masa depan.Menteri LHK: Indonesia Kaya Potensi Energi Terbarukan
Salah satu peserta, bahkan mampu bercerita tentang, pengolahan limbah kayu hingga menjadi energi biomassa. Menceritakan proses lengkapnya, dengan gaya berdongeng.
Dari sini kita bisa belajar, generasi penerus Indonesia, telah memiliki kesadaran untuk mendukung Indonesia yang memiliki ketahanan energi, dan menggunakan energi terbarukan secara bijaksana, dengan tetap menjaga kawasan hutan.
Selamat Hari Hutan Internasional dan Hari Air Dunia. Jaga hutan, jaga air jaga manusia. #fb https://www.facebook.com/HumasKemenLHK/photos/pcb.1161763677284680/1161763257284722/?type=3&theater
Spoiler for Dalang cilik asal Semarang memberi warna berbeda diantara peserta lomba dongeng anak HHI 2017. Banyak pesan yang dituturkan oleh para pendongeng anak ini; hutan, lingkungan dan energi bagi kelangsungan hidup manusia di masa depan. --Hari Hutan Internasional 2017--:

Hari Hutan Internasional "Hutan Kita Energi Kita"

youtube-thumbnail
pret hutan tambah gundul

hewan dilindungi banyak dijualbelikan

kemana aja ni menteri?
energy alternative hampir semua negara bisa buat dan miliki. ga baik buat usaha dan koorporasi emoticon-Ngakak
Belom dihitung Energi dari Nastak dan Nasbung dimarih konon katanya bila digabung bisa menghasilkan 18 juta megawatt emoticon-Cool
Quote:Original Posted By raja.kibul
Belom dihitung Energi dari Nastak dan Nasbung dimarih konon katanya bila digabung bisa menghasilkan 18 juta megawatt emoticon-Cool


wah ini tepat sekali gan,.. Kalo energi nastak dan nasbung bersatu luar biasa sekali
emoticon-Wow
Sayangnya energi nya cuma di abisin buat perang pendapat soal cagub dan capres doang
emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By arbibjakarta
youtube-thumbnail


dek tasya SEGER banget emoticon-Malu
Hutan kebakaran mulu. penebangan dimana-mana emoticon-Marah
Tapi blm dimanfaatkan dgn.baik.. coba cek kota2 yg dapet penghargaan energi dari kementrian esdm karena sdh memanfaatkan energi terbarukan.. pasti kota yg katanya punya gubernur luar biasa kaga dapet
Teringat 3 kali ngadep men.ESDM 3 Presiden sami mawon... Dan pemerintah new hope iki pun podo wae... emoticon-Hammer

Wong energi fosil masih dipegang dia-dia juga, ya mana mau buat rakyat sejahtera.. kelompok dan individu lah yang diutamakan emoticon-Gila

Quote:Original Posted By arbibjakarta
youtube-thumbnail


tasya udah gede ya bro emoticon-Malu
sayangnya pemanfaatannya kurang emoticon-Frown
itu yg hrs di maksimalkan potensinya
Hutan kita parux dunia katanya
Hutan harus dilestarikan
tinggal gimana kita mengolahnya emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By adiswasana


dek tasya SEGER banget emoticon-Malu


Doi mirip babehnya... emoticon-Big Grin
gembok emoticon-Embarrassment
Spoiler for Hutan Kita Energi Kita: