CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Penipuan Jual-Beli Online
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58d494d3c0cb178d018b456b/penipuan-jual-beli-online

Penipuan Jual-Beli Online

Assalamu'alaikum wr.wb.

Ane mau menceritakan sedikit pengalaman ane nih gan mengenai jual-beli online, ane udah menjadi korban penipuan jual-beli online melalui salah satu website jual-beli online. Pasti agan sebagai pembaca bertanya-tanya mengapa bisa menjadi korban penipuan, apa website yang terdapat oknum penipu tersebut, lalu barang apa yang ane beli dan jumlahnya berapa.

Jadi ceritanya kaya begini gan,

Ane lagi nyari kamera mirrorless, karena emang ane suka ngambil gambar ya walau ane kaga begitu paham dengan dunia fotografi. Ada salah satu web yang menurut ane menarik nih gan, mengapa? karena penjual memasang harga lebih rendah dari penjual lain *maklum mahasiswa nih gan* akhirnya ane coba untuk menginvite pin yang tertera pada profile tersebut. Setelah ane di acc ama tu seller, lalu terus ane langsung menanyakan kamera tersebut. Ternyata kamera tersebut barang ready stock, dan sebelum ane bertanya ane udah dikit tau tentang kamera tersebut jadi kaga terlalu banyak nanya soal kamera. ane langsung nanya gimane kalo mau beli tu kamera, setelah si penjual memberitahu harganya dan di bayarkan melalui transfer bank B*I serta tidak ada biaya tambahan apa pun akhirnya ane pun deal.

Lalu penjual memberikan No. Rek A/n Gio Suryadi 0444-01-001826-536 dan meminta segera di transfer sebesar 7.700.000. Jika sudah Transfer maka akan langsung di berikan nomor resi, itulah yang penjual katakan. Penjual mengatakan barang dikirim 2-3 hari sampai, akhirnya ane minta jaminan ktp gan karena pembelian tidak melalui rekber dan CoD.

Akhirya ane menuju ATM untuk melanjutkan transaksi, setelah ane kirim bukti transfer ke penjual kaga lama penjual tersebut meminta nomor T-s*l dengan alasan untuk menghubungi ane. Tiba-tiba si penjual pun meminta dana untuk jaminan, setelah 15 menit akan di kembalikan katanya. Disitu ane baru nyadar gan bahwa sebenarnya seller kaga bener-bener jual tu kamera, ternyata si penjual adalah seorang penipu.

Ane meminta agar uang di refund, namun penjual tetap meminta uang tambahan tersebut dengan alasan untuk asuransi. Setelah ane ngotot untuk tidak memberikan uang tersebut ternyata si penjual kabur dan ktp yang di berikan pun bukan ktp asli melainkan ktp palsu.

Buat agan agan yang akan melakukan transaksi melalui website, ane nyaranin lebih baik CoD atau melalui rekber. Karena kalo agan kaga tahu maka anda bisa menjadi korban penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab kaya ane gan. Sekian informasi yang dapat ane berikan, semoga bermanfaat untuk agan agan sekalian.

Penipuan Jual-Beli Online

Wassalamu'alaikum wr. wb.


Halaman 1 dari 2
Bertambah lg jml org yg suka menikmati uang haram. Dikira berkah & membawa ketenangan hidup apa ya. Buat ts, makanya jgn mau transaksi kl bayarnya transfer langsung, apalagi jml besar. Jebakan penipu2 di dunia online kan selalu sama, hrg yg lebih murah drpd pasaran.
oh come on...

ktpnya aja udah keliatan editan.

also, bukti transfer mana?
Iya gan bener tu, maklum gan mahasiswa liat yang murmer jadi pengen :v
Quote:


nih gan bukti trf ane

Penipuan Jual-Beli Online

Penipuan Jual-Beli Online
Itu KTP asalnya/dapatnya dari mana...? dari si penjual...? emoticon-Big Grin
Ane udah malas kalo ketemu pedagang yang ngumbar KTP... ane mau belanja barang... dia kira ane kerja di dinas kependudukan yang mau ngecek KTP...emoticon-Big Grin
Quote:


iya gan ane dapet dari seller, ya maklum kan namanya jaminan ane mintanya KTP deh gan :v
jaminan tatap muka aja ttp nipu baik yg reputable,
lbh baik hrg mhl lgs ke toko drpd urusan brg ghaib,cr yg bs komplain zaman skrg serba aneh
Quote:


nipu gimana tuh gan? ya iyasih emang mending langsung ke toko resminya, tp karena ane mahasiswa jadi duangnya seret gan :v
Mahasiswa versi ane itu bukan cuma musti ngirit, tapi musti cerdasemoticon-Angkat Beer
Quote:


Quote dlu.
Jangan sedih buat TS.
Ane kasih ijo2 biar ga sedih.
Lain kali belanja online lewat rekber ya.
Quote:


Iya gan sekarang ane jadi paham emoticon-thumbsup
Quote:


Makasih ya gan buat ijo ijo nyaemoticon-Embarrassment
Iya lain kali ane belanja online lewat rekber gan emoticon-thumbsup
ktp nya aja font nama nya beda gaan
lain kali hati hati, mau apapun harus pake perantara
Post ini telah dihapus
Quote:


iya gan ane ga ngeh waktu itu kalo ktpnya editanemoticon-Frown
Katanya Mahasiswa, KOK BODOH ??
minta bukti kok ktp
tinggal google juga dapet

masih mending minta foto barang + nama
setidaknya dia punya barangnya

emoticon-Leh Uga
Masih ada aja kena ketipu thn 2017 jumlahnya 7juta lagi.... Hadeeehhhhhh.
jadinya 7,7 jt apa 2,7 jt brooo ???
Kok beda yg di tulis di thread ama bukti transfer emoticon-Bingung (S)

Btw lain kali ati2 gan dalam berbelanja online jaman skarang mah foto bisa aja di edit apalagi nyomot foto ktp orang di google buanyaaaaaaakkkkk amat coy

Gpp jadiin pengalaman ente aja anggep aja amal siapa tau nanti di ganti yang lebih dari yg Maha Kuasa.

Jgn lupa share jg k tmn2 ente biar gk banyak orang yg kena tipu dalam berbelanja online. Jgn terlalu kebawa nafsu atau gara2 ngeliat barang murah jadi malah kena tipu ujung2nya emoticon-Hammer2
Wntw dapet seller dri website?
Website apa?
Skrg
Uda ada tokopedia,
Ada bukapalak
Masih aja
Direct tramsfer

Klo soal duit mah
Jangan gampang percaya
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di