smart.moneyAvatar border
TS
MOD
smart.money
Strategi Bikin Kampanye Pemasaran Jadi Efektif (1)


Membicarakan perihal pemasaran, saat ini banyak buku beredar yang membahas mengenai pemasaran itu sendiri. Dari banyak buku tersebut, banyak yang menyarankan agar pemilik bisnis untuk langsung melakukan pemasaran secara daring (online).

“Padahal tak semua konsumen (cocok). Makanya dalam Marketing 4.0 yang menjadi konsentrasi kami adalah bergerak dari tradisional ke digital. Aktivasi offline (luring) masih dibutuhkan meski sudah masuk ke online,” kata Chief Knowledge Officer MarkPlus, Inc. Iwan Setiawan.

Sayangnya, saat masuk ke dunia digital, para pemasar dihadapkan berbagai dilema, seperti urusan pengalaman. “Pengalaman di dunia daring dan luring berbeda. Hebatnya, merek tak tahu apakah konsumennya di dunia daring dan luring adalah orang yang sama,” katanya.

Karenanya, pemasar harus melakukan alignment terhadap beberapa hal sebelum memadukan daring dengan luring. Pertama, integrated experience. Seperti diketahui, customer journey sudah berubah dari 4A menjadi 5A.

Saat ini, customer journey terdiri dari Aware, Appeal, Ask, Act, Advocates. “Dan, tiap tahapan bisa terjadi secara daring atau luring,” kata Iwan. Jadi, seorang konsumen bisa aware terhadap sebuah merek secara online, misalnya melalui YouTube.

Akhirnya, ia tertarik dan bertanya pada toko tradisional sehingga tahapan berlangsung secara luring. Selanjutnya, ia membeli produk secara luring. Terakhir, ia mengadvokasi produk tersebut secara daring kembali.

Integrasi selanjutnya adalah pada Metrics. Di sini, pemasar bisa menggunakan acuan yang sama, yaitu Purchase Action Ratio (PAR) dan Brand Advocacy Ratio (BAR). Ketiga, Integrated strategies.

“Kita lihat hambatan ada di tahapan mana. Apakah ada di aware ke appeal, atau appeal ke ask, atau yang lain,” kata Iwan.

Setelah melakukan integrasi terhadap tiga hal itu, maka merek harus menjadi manusia. Artinya, jika mereka melakukan kesalahan, maka merek tidak boleh ragu meminta maaf pada konsumen. Untuk itu, ada enam cara yang perlu diperhatikan.

Berlanjut ke bagian kedua untuk melihat caranya.

Sumber : http://smart-money.co/bisnis/strateg...jadi-efektif-1



tata604Avatar border
tata604 memberi reputasi
1
438
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan