alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58cd00b0162ec20a3e8b456c/10-pertanyaan-yang-sering-diajukan-saat-pelatihan-perencanaan-keuangan
Inspiratif 
10 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Pelatihan Perencanaan Keuangan
10 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Pelatihan Perencanaan Keuangan

Apa saja 10 pertanyaan yang sering diajukan saat pelatihan keuangan untuk keluarga dan individu? Finansialku akan membahas mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan pada saat pelatihan keuangan.

10 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Pelatihan Perencanaan Keuangan

Pertanyaan yang Diajukan saat Pelatihan Keuangan

Masalah keuangan yang semakin hari semakin pelik, akan membuat orang untuk mengikuti sebuah pelatihan keuangan. Pelatihan keuangan ini sudah menjadi kebutuhan. Banyak orang ingin tahu apa tips dan trik dalam menghadapi masalah keuangan yang sering mereka hadapi. Berikut merupakan 10 pertanyaan yang sering diajukan saat pelatihan keuangan untuk keluarga dan individu, yaitu di antaranya:

#1 Manakah yang harus saya bayar terlebih dahulu, utang dengan bunga tertinggi atau utang dengan nilai tanggungan rendah?

Quote:Menurut Dave Ramsey pada bukunya yang berjudul “The Total Money Makeover,” dari kedua utang tersebut, yang harus dibayar terlebih dahulu adalah yang nilai tanggungannya kecil. Kenapa begitu? Membayar utang dengan nilai tanggungan kecil dulu akan memberi efek psikologis yang baik pada pelakunya. Mereka akan lebih mudah melakukan setiap tahap pembayaran utang tanpa merasa terbebani, karena harus membayar utang dengan nilai bunga tinggi terlebih dahulu.

#2 Mana yang harus dipilih, asuransi seumur hidup atau asuransi berjangka?

Quote:Sebelum menentukan mana yang terbaik, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu asuransi seumur hidup dan asuransi berjangka.

  1. Asuransi seumur hidup merupakan asuransi yang memberi perlindungan kepada pemegang polis asuransi selama seumur hidup. Asuransi jenis ini menanggung semua kebutuhan yang akan dihadapi seumur hidup seperti dana pendidikan dan pensiun. Karena yang ditanggung adalah kebutuhan keuangan seumur hidup, premi yang harus dibayarkan pemegang polis cukup besar. Uang asuransinya akan dikumpulkan dan diakumulasi selama pemegang polis hidup.
  2. Asuransi berjangka hanya menyediakan perlindungan dalam jangka waktu tertentu bergantung pada kesepakatan pihak asuransi dan pemegang polis. Premi yang dibayarkan pun lebih rendah, karena nilai tanggungannya tidak sebesar asuransi seumur hidup.

Dari kedua asuransi di atas, sebaiknya Anda memilih asuransi berjangka. Saat anak-anak dewasa dan tidak kuliah lagi, kebutuhan asuransi kita tidak terlalu mendesak. Daripada menyimpan sejumlah uang dalam jangka waktu panjang tetapi belum tentu kita gunakan nantinya. Lebih baik Anda memilih asuransi berjangka yang dana tunainya tersedia dan bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu dan sesuai kebutuhan.

10 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Pelatihan Perencanaan Keuangan

#3 Haruskah saya melunasi semua utang sebelum mulai berinvestasi?

Quote:Jawaban dari pertanyaan tersebut sangat mudah. Jika kita memiliki dana dan kesempatan untuk berinvestasi, lakukan hal tersebut selagi kita mampu. Meskipun utang kita belum lunas, kemungkinan untuk mendapat keuntungan dari investasi yang dilakukan dapat membantu kita melunasi utang-utang yang ada. Akan tetapi, Anda harus tetap memprioritaskan pembayaran utang terlebih dahulu agar bunga utang tidak menjadi semakin besar.
10 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Pelatihan Perencanaan Keuangan

#4 Di manakah saya dapat menginvestasikan dana darurat?

Quote:Pertanyaan di atas banyak sekali ditanyakan orang pada pelatihan keuangan. Jawabannya sangat pasti. Dana darurat tidak seharusnya diinvestasikan. Bagaimanapun sulitnya kondisi keuangan, dana tersebut harus senantiasa tersedia dan bisa dicairkan dengan mudah. Karena tidak ada satu orang pun yang dapat memprediksi nasib mereka di masa datang. Dana darurat bisa menjadi satu-satunya solusi saat kita membutuhkan uang dalam waktu cepat.

#5 Apakah saya masih bisa berinvestasi dengan emas?

Quote:Tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi. Selama Anda masih berpenghasilan tetap dan memiliki kondisi keuangan yang baik, investasi dalam bentuk apapun sah-sah saja. Investasi emas tidak perlu dalam bentuk saham atau emas batangan. Investasi tersebut bisa dalam bentuk perhiasan sederhana atau tabungan emas yang ada di Pegadaian. Harga emas yang stabil akan meminimalisasi kerugian dan membuat investasi cukup menguntungkan.

#6 Bagaimana cara menyimpan dana pendidikan yang tepat?

Quote:Gunakan asuransi pendidikan. Pembayaran premi asuransi pendidikan bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Rentang waktu pencairan dana pendidikan juga kita yang tentukan. Asuransi ini seperti menabung. Bedanya, jika tabungan dapat diambil sewaktu-waktu, asuransi pendidikan hanya cair dalam waktu tertentu saja.
10 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Pelatihan Perencanaan Keuangan

#7 Apakah akibatnya jika kita tidak membayar pajak atau melaporkan SPT tahunan?

Quote:Dikutip langsung dari Dirjen Pajak, berikut merupakan akibat yang harus Anda tanggung jika tidak membayar pajak:

  1. Dikenakan sanksi administrasi berupa bunga 2% per bulan dari pajak yang terlambat disetorkan.
  2. Dikenakan sanksi administrasi berupa denda Rp100 ribu untuk SPT Tahunan yang terlambat/tidak disampaikan.
  3. Jika sengaja tak menyampaikan SPT Tahunan dan mengakibatkan kerugian negara, dipidana penjara minimal enam bulan dan maksimal enam tahun. Serta denda paling sedikit dua kali dan maksimal 4 kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.


#8 Berapa banyak kartu kredit yang bisa dimiliki?

Quote:Banyak atau sedikit, tergantung kebijaksanaan Anda dalam mengatur keuangan. Tapi sebelum memilih akan membuat kartu kredit atau tidak, jawablah pertanyaan berikut ini, Apakah kartu kredit benar-benar dibutuhkan?

#9 Berapa besar tabungan pensiun yang harus disimpan?

Quote:Idealnya, Anda harus menyisihkan 20% dari pendapatan setiap bulan untuk disimpan sebagai dana pensiun. Jika belum mampu, Anda dapat membuat asuransi pensiun yang premi dan jangka waktu pembayarannya bisa disesuaikan.

#10 Bagaimana cara menentukan anggaran pengeluaran setiap bulan?

Quote:Jawaban pertanyaan ini sangat mudah. Alokasikan 50% dari pendapatan Anda setiap bulan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk tabungan, dan 20% untuk dana darurat.

Keputusan Tetap Ditangan Anda

Itulah 10 pertanyaan yang sering diajukan saat pelatihan keuangan untuk keluarga dan individu. Keputusan tetap berada di tangan Anda. Jangan sampai memilih keputusan yang salah sehingga mengakibatkan kerugian untuk Anda. Semoga bermanfaat.


Menurut Anda, kapan saat yang tepat untuk mengatur keuangan keluarga Anda? Berikan jawaban pada kolom yang sudah disediakan di bawah ini, terima kasih.
emoticon-Jempol emoticon-Toast


Sumber:
10 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Pelatihan Keuangan untuk Keluarga dan Individu

Baca Juga:
Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Asuransi Jiwa?
Bisakah Seorang Pensiunan Berinvestasi Reksa Dana?
Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan


10 Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Pelatihan Perencanaan Keuangan

Tentang Finansialku:
Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
Website: Finansialku.com
Facebook: @Finansialku
Twitter: @Finansialku
Google+: +Finansialku