alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58cc9451dc06bdaa5b8b456c/share-kumpulan-fakta-sejarah-yang-dibelokan-pada-buku-pelajaran-sekolah
Peringatan! 
[Share] Kumpulan fakta sejarah yang dibelokan pada buku pelajaran sekolah
~ | ~ WELCOME TO MY THREAD ~ | ~


ternyata penulisan sejarah di buku pelajaran sekolah tergantung siapa penguasa

sayangnya di era sekarang, penguasa sudah sering berganti-ganti tetapi penulisan sejarah malah jarang direvisi emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Entah apa karena pengaruh penguasa lama masih kuat emoticon-Big Grin, atau emang orang dikbud nya yg males ngerevisi emoticon-Busa




Langsung saja kita share Penulisan Sejarah yang dibelokan sekaligus sanggahannya


1. Integrasi Timor Timur 1975
[Share] Kumpulan fakta sejarah yang dibelokan pada buku pelajaran sekolah
Quote:Integrasi Timor Timur dilatarbelakangi oleh karena keinginan rakyat timor untuk bergabung dengan indonesia setelah merdeka dari portugis.
NOPE! emoticon-Big Grin Setelah revolusi bunga di portugis, rakyat jajahan portugis di asia dan afrika terpecah jadi beberapa fraksi. Rakyat timor portugis terpecah menjadi tiga fraksi besar : APODETI (pro integrasi), UDT (pro kolonial), dan FRETILIN (pro merdeka 100%). Suara paling besar terdapat pada kubu FRETILIN sedangkan yang paling sedikit UDT emoticon-Big Grin Sedangkan APODETI ternyata adalah bikinan Intel Indonesia emoticon-Big Grin (Ali Murtopo). Kenapa pemerintah indonesia menginginkan integrasi?? karena takut jika FRETILIN memerdekakan Timor Timur maka, negara tersebut dikhawatirkan akan berwujud sosialis/kiri. Maka suharto pun diberikan sinyal kuning oleh Auzzhit dan Mamarika emoticon-Big Grin Lalu lahir lah operasi seroja emoticon-Big Grin
Spoiler for pendapat kaskuser lain ::


2. Berdirinya ASEAN

[Share] Kumpulan fakta sejarah yang dibelokan pada buku pelajaran sekolah
Quote:Latar belakang berdirinya ASEAN adalah karena persamaan nasib negara asia tenggara yang sama-sama pernah dijajah (koloni).
BRUAKAKAKAKA emoticon-Ngakak cuma anak TK & SD yg bisa dibodohi sama logika kayak gini. emoticon-Big Grin Lah Terus Thailand gimana?? pernah dikolonisasi?? kenapa bisa ikut ASEAN hayo..?? emoticon-Big Grin Lah terus kenapa pas awal2 berdiri negaranya cuma 5, vietnam, laos, kamboja, myanmar enggak sekalian ikut?? emang nggak dianggap asia tenggara?emoticon-Big Grinemoticon-Ngakak (S)

Ternyata entah kenapa ada fakta yg disembunyikan buat orang indonesia emoticon-Bingung (S) ASEAN merupakan asosiasi kerjasama mutual ekonomi. Kalo sudah menyangkut "kerjasama ekonomi" sudah pasti pikiran kita menuju kepada Perang Dingin emoticon-Big Grin: Barat (Marshall Plan) versus Timur (Ekonomi sosialis). Setelah Bung Karno dilengserkan, maka Indonesia bersama Thai, Malaysia, Filipin, dan Singapur membentuk kerjasama ekonomi untuk membentengi dari komunisme. Ya sudah pasti kerjasama ekonomi kapitalisme emoticon-Big Grin

Terjawab kan, kenapa dulu vietnam, laos, kamboja, birma enggak langsung ikut? emoticon-Big Grinemoticon-Ngakak (S) baru ikut setelah perang dingin bubar. Kalau Brunei mah beda, nunggu doi merdeka dulu emoticon-Malu (S) Gitu2 kok alasannya dibilang "sama-sama pernah dijajah" emoticon-Ngakak (S)

source?? bukunya Jusuf Wanandi : Shade of Gray Orde Baru, en.wikipedia, dan lain lain
Spoiler for menurut kaskuser lain:


3. Penggagas dan Lahirnya Pancasila
[Share] Kumpulan fakta sejarah yang dibelokan pada buku pelajaran sekolah
Quote:Muhammad Yamin penggagas (tunggal) pancasila.
ah elah mainstream bener. emoticon-Big Grin setelah reformasi orang udah banyak tau kalo bung karno penggagas pancasila. Tapi coba deh ngerjain soal ulangan sejarah : Siapa penggagas pancasila? jawabnya : a. Sukarno, kalo gurunya kolot pasti jawabannya langsung disalahin emoticon-Ngakak (S)

Penggagas Pancasila adalah Ir. Sukarno. Kenapa? banyak argumen2 yg berdasar pada pidato Bung Karno pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, sebelumnya Bung Karno memiliki konsep Trisila : Sosio demokrasi, sosionasionalisme, dan ketuhanan yang maha esa. Lalu ditambah 'gotong-royong' menjadi catursila, terakhir jadilah Pancasila.

sumur : buku2 tentang sukarno, Peter Kasenda

Lalu siapakah Muhammad Yamin?? Jujur gw belum baca banyak ttg. Muh Yamin emoticon-Big Grin Tapi ada yg nulis kalo beliau itu tokoh radikal.
Spoiler for menurut kaskuser lain ::

4. Serangan Umum Satu Maret
[Share] Kumpulan fakta sejarah yang dibelokan pada buku pelajaran sekolah
Quote: Serangan umum 1 maret dicetuskan oleh Letkol Suharto
Not really emoticon-Big Grin banyak literatur sanggahan yang mengatakan pencetus sebenarnya ialah Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Letkol suharto ialah komandan lapangan. Tapi ada sumber nyeleneh yg bilang ketika serangan sudah tet dilakukan, suharto datang ke TKP terlambat karena sedang makan soto di solo emoticon-Ngakak (S)

sumber? banyak emoticon-Big Grin salah satunya edisi eksklusif TEMPO : Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
Yang agak aneh, anak SD dulu wajib disuruh nonton Janur Kuning & beli buku bergambar tentang SU 1 maret seharga Rp.3000 perak
Spoiler for pendapat kaskuser lain ::


kalau agan2 nemu yang lain, monggo dishare di mari :emoticon-Recommended Seller
yaa mau gimana lg bray, history is always written by the winners so winner takes all emoticon-Embarrassment, deal with it emoticon-Shakehand2 emoticon-Wakaka
jdi intinya semua sejarah yg tertulis di buku cuma propaganda orba yg ditunggangi sama mamarika?
Saya lebih suka ekonomi gan. Sejarah indonesia cuma tau garis besarnya. Apalagi timor2 setau saya timor2 merdeka karna dibantu australia, gak tau sebabnya. Kalau ASEAN saya inget negara2 anggotanya ikut suzuki cup. Pancasila itu udah tau sukarno yang bikin, teks kalimatnya dulu juga panjang panjang, tp akhirnya dipersingkat.
nanya, kenapa pas jaman Sukarno, Papua yg jaraknya lebih jauh dr Timtim mau diintegrasiin ama Sukarno tp Timtim yg jaraknya lebih deket ketimbang Timtim baru diintegrasiin pas jaman Suharto ? apa Sukarno gak ada niat jg utk integrasiin Timtim atw gimana ?
1. Coba saya lengkapi, yang jadi problem kan kenapa Apodeti, UDT, Kota dan Trabalhista akhirnya membentuk Anti Communist Movement disana?
Sejarahnya ini panjang. Awalnya Fretilin dan UDT itu sebenarnya berkoalisi untuk mempersiapkan pemindahan kekuasaan dari Portugal 2 Maret 1975. Mereka sepakat untuk melakukan negosiasi dengan Portugis. Awalnya memang terjadi secara damai.

Semua pemindahan kekuasaan secara damai akan dilakukan 29 Mei 1975, tapi UDT malah keluar dari Fretilin. UDT mengatakan bahwa Fretilin mengancam stabilitas politik. Alasan mereka tidak begitu jelas, sampai akhirnya menerima advice dari Portugis, Indonesia, dan Australia untuk kembali melakukan pertemuan di Macau.
Pertemuan di Macau 26-28 Juni 1975, Fretilin malah menyataan tidak datang. Sehingga pemindahan kekuasaan tidak jadi dilakukan karena absennya Fretilin.

Sementara itu, Kondisi di Timor Leste bertambah panas, Setelah pecahnya koalisi Fretilin-UDT, Fretili membentuk Revolutionary Brigades yang bertujuan untuk memenangkan Pemilu Oktober 1976. Awal Juni ribuan refugees datang ke Timor Barat untuk melarikan diri dari serangan Fretilin. 12 Juni, Indonesia membangun 120 km jalan ke Timor Leste.
PAda 4 Juli 1975, pemimpin UDT de Cruz menyatakan dia tidak akan menolak untuk bergabung dengan RI apabila rakyat Timor menghendaki demikian. Sampai akhirnya terjadi perang sipil bersenjata antara Fretilin-UDT.
Awal Agustus, Ali Murtopo dan El Tari, melakukan pertemuan dengan pimpinan UDT bahwa mereka akan mengikuti jalan politik yang sesuai dengan kepentingan Indonesia.

11 Agustus 1975, UDT melakukan serangan ke radio station, airport, dan beberapa gedung dan menyerukan kemerdekaan untuk Timor Leste dan menahan anggota Fretilin. Tetapi, Portugal menolak deklarasi UDT tersebut. Sampai 22 Agustus dilakukan counter-offensive oleh Fretilin terhadap semua pangkalan militer Portugal di sana. Portugal akhirnya kolaps dan bergabung dengan Fretilin. Semakin lama militer UDT pun terkikis akibat serangan dari Fretilin. Indonesia meminta Portugal untuk tidak menolak take over Timor Leste ke Indonesia. Portugal sendiri sebenarnya tidak mampu mengendalikan situasi di Timor Leste karena kabinet krisis di sana. Lalu terbentuklah Anti Communist Movement(MAC) yang dibentuk dari partai2 diluar Fretilin dengan bantuan Indonesia.

28 November 1975, Fretilin menyatakan kemerdekaan Timor Leste, sementara MAC mendeklarasian Timor Leste bagian dari Indonesia sehari sesudahnya.

Dan ini bagian yang terpenting,
Yang menyebabkan Indonesia dianggap ilegal menganeksasi Timor Leste adalah karena Portugal tidak mau mengakui/menolak take over Indonesia terhadap Timor Leste, padahal 7 Desember 1975 Portugal sendiri menyatakan kepada PBB bahwa Portugal tidak mampu restore peace dan melakukan decolonization process pada saat itu.
Serta, pemerintah Orba pada saat itu tidak melakukan referendum atau self-determination thdp rakyat Timor(sesuai hukum internasonal), melainkan malah menggunakan hukum lokal (MPR) untuk mengintegrasikan Timor Leste ke RI

Sumber;
Indonesian take over of East Timor
Robert Lawless

2. Latar Belakang berdirinya ASEAN. Menurut saya lebih baik baca mengenai ASEAN atau Bangkok Declaration 8 Agustus 1967. Dari situ bisa disimpulkan sendiri juga. Hehe
http://agreement.asean.org/media/dow...0117154159.pdf

3. Lima Dasar pada awalnya digagas oleh Moh Yamin pada 29 Mei 1945. Walaupun akhirnya disempurnakan oleh Sukarno dengan Pancasila pada 1 Juni 1945. Yang menamakan Pancasila sendiri adalah temannya Sukarno yang seorang ahli Bahasa (anonim).
Quote:Original Posted By dragonroar
nanya, kenapa pas jaman Sukarno, Papua yg jaraknya lebih jauh dr Timtim mau diintegrasiin ama Sukarno tp Timtim yg jaraknya lebih deket ketimbang Timtim baru diintegrasiin pas jaman Suharto ? apa Sukarno gak ada niat jg utk integrasiin Timtim atw gimana ?


Karena Irian Barat saat itu adalah bagian dari HIndia Belanda yang berdasarkan perjanjian KMB, akan dilakukan diskusi2 untuk memasukan Irian Barat ke dalam wilayah Indonesia. Sukarno sendiri menyatakan bahwa wilayah Indonesia adalah bekas wilayah Hindia Belanda dari Sabang-Merauke.

Sementara masalah apakah Indonesia zaman Sukarno tdk mengintegrasikan Timor Leste.
Tahun 1961, Sukarno mengatakan kepada Dr.Salazar bahwa

For its part the government of Indonesia has declared that it maintains friendly relations with Portugal and has no claim to Portuguese Timor, which has never been part of the Dutch East Indies and therefore is not the same status as West Irian (West New Guinea)

Artinya Pemerintahh Indonesia ingin memaintain hubungan dengan Portugal dan tidak punya klaim terhadap Portugis Timor, yang tidak pernah menjadi bagian dari Hindia Belanda dan tidak memiliki status yang sama dengan Irian Barat.

Sumber;
Portuguese Timor: An Indonesian Dilemma
Donald E. Weatherbee

Bases of Indonesia's Claim to West New Guinea
L.P Singh
Quote:Original Posted By pancawara.neptu

3. Lima Dasar pada awalnya digagas oleh Moh Yamin pada 29 Mei 1945. Walaupun akhirnya disempurnakan oleh Sukarno dengan Pancasila pada 1 Juni 1945. Yang menamakan Pancasila sendiri adalah temannya Sukarno yang seorang ahli Bahasa (anonim).


yang ini dapet rujukan dari mana?
Quote:Original Posted By permberontak98


yang ini dapet rujukan dari mana?


Di Wikipedia juga ada.
Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, PJ Suwarno
hal 12
Quote:Original Posted By pancawara.neptu


Karena Irian Barat saat itu adalah bagian dari HIndia Belanda yang berdasarkan perjanjian KMB, akan dilakukan diskusi2 untuk memasukan Irian Barat ke dalam wilayah Indonesia. Sukarno sendiri menyatakan bahwa wilayah Indonesia adalah bekas wilayah Hindia Belanda dari Sabang-Merauke.

Sementara masalah apakah Indonesia zaman Sukarno tdk mengintegrasikan Timor Leste.
Tahun 1961, Sukarno mengatakan kepada Dr.Salazar bahwa

For its part the government of Indonesia has declared that it maintains friendly relations with Portugal and has no claim to Portuguese Timor, which has never been part of the Dutch East Indies and therefore is not the same status as West Irian (West New Guinea)

Artinya Pemerintahh Indonesia ingin memaintain hubungan dengan Portugal dan tidak punya klaim terhadap Portugis Timor, yang tidak pernah menjadi bagian dari Hindia Belanda dan tidak memiliki status yang sama dengan Irian Barat.

Sumber;
Portuguese Timor: An Indonesian Dilemma
Donald E. Weatherbee

Bases of Indonesia's Claim to West New Guinea
L.P Singh


Kalo Sarawak kok Sukarno mau ambil jg ya
pdhl jajahan Inggris lho, bukan Belanda
Apa krn Inggris bloknya berseberangan ya (Inggris blok kanan, Sukarno blok kiri)
Tp kl Porto bisa diterima, berarti pas Cold War, Porto blok kiri donk ?
Serangan umum 1 maret itu gagasan Letkol Wiliater Hutagalung sama Jendral Soedirman gan,awalnya dengan dibentuk divisi II yg diketuai Gatot Subroto sama divisi III sama Bambang Sugeng gunanya untuk mempersiapkan jaringan gerilya di Jawa saat Agresi militer 2 emoticon-Big Grin

Letkol Wiliater Hutagalung yang pada waktu itu juga menjabat sebagai penasihat Gubernur Militer III menyampaikan gagasan yang telah disetujui oleh Soedirman, dan kemudian dibahas bersama-sama yaitu:

1.Serangan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Divisi III, yang melibatkan Wehrkreise I, II dan III,
2.Mengerahkan seluruh potensi militer dan sipil di bawah Gubernur Militer III,
3.Mengadakan serangan spektakuler terhadap satu kota besar di wilayah Divisi III,
4.Harus berkoordinasi dengan Divisi II agar memperoleh efek lebih besar,
5.Serangan tersebut harus diketahui dunia internasional

Setelah dilakukan pembahasan yang mendalam, grand design yang diajukan oleh Hutagalung disetujui, dan khusus mengenai "serangan spektakuler" terhadap satu kota besar, komandan Divisi III Bambang Sugeng bersikukuh, klo yang harus diserang secara spektakuler adalah Yogyakarta.

Tiga alasan penting yang dikemukakan Bambang Sugeng untuk memilih Yogyakarta sebagai sasaran utama adalah:


1.Yogyakarta adalah Ibukota RI, sehingga bila dapat direbut walau hanya untuk beberapa jam, akan berpengaruh besar terhadap perjuangan Indonesia melawan Belanda.
2.Keberadaan banyak wartawan asing di Hotel Merdeka Yogyakarta, serta masih adanya anggota delegasi UNCI (KTN) serta pengamat militer dari PBB.
3.Langsung di bawah wilayah Divisi III sehingga tidak perlu persetujuan panglima lain dan semua pasukan memahami dan menguasai situasi/daerah operasi.

nah serangan umum 1 Maret itu dikasih komandan lapangan, dibawah Letnan Kolonel Suharto, Komandan Brigade 10 daerah Wehrkreise III, setelah terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By pancawara.neptu


Di Wikipedia juga ada.
Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, PJ Suwarno
hal 12


Pancasila bikinan Soekarno sendiri gan,dia yg namain dia yg gagasin sila2nya emoticon-Big Grin

ada dibuku biografi ( emoticon-Embarrassment ) 'Soekarno : Penyambung Lidah Rakyat' karya cindy adams emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By avantichsan

Pancasila bikinan Soekarno sendiri gan,dia yg namain dia yg gagasin sila2nya emoticon-Big Grin

ada dibuku geografi 'Soekarno : Penyambung Lidah Rakyat' karya cindy adams emoticon-Big Grin

Geografi atau biografi? emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By shinhikarugenji

Geografi atau biografi? emoticon-Ngakak (S)


etdeh galiat keyboard pas ngetik emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By avantichsan
Serangan umum 1 maret itu gagasan Letkol Wiliater Hutagalung sama Jendral Soedirman gan,awalnya dengan dibentuk divisi II yg diketuai Gatot Subroto sama divisi III sama Bambang Sugeng gunanya untuk mempersiapkan jaringan gerilya di Jawa saat Agresi militer 2 emoticon-Big Grin

Letkol Wiliater Hutagalung yang pada waktu itu juga menjabat sebagai penasihat Gubernur Militer III menyampaikan gagasan yang telah disetujui oleh Soedirman, dan kemudian dibahas bersama-sama yaitu:

1.Serangan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Divisi III, yang melibatkan Wehrkreise I, II dan III,
2.Mengerahkan seluruh potensi militer dan sipil di bawah Gubernur Militer III,
3.Mengadakan serangan spektakuler terhadap satu kota besar di wilayah Divisi III,
4.Harus berkoordinasi dengan Divisi II agar memperoleh efek lebih besar,
5.Serangan tersebut harus diketahui dunia internasional

Setelah dilakukan pembahasan yang mendalam, grand design yang diajukan oleh Hutagalung disetujui, dan khusus mengenai "serangan spektakuler" terhadap satu kota besar, komandan Divisi III Bambang Sugeng bersikukuh, klo yang harus diserang secara spektakuler adalah Yogyakarta.

Tiga alasan penting yang dikemukakan Bambang Sugeng untuk memilih Yogyakarta sebagai sasaran utama adalah:


1.Yogyakarta adalah Ibukota RI, sehingga bila dapat direbut walau hanya untuk beberapa jam, akan berpengaruh besar terhadap perjuangan Indonesia melawan Belanda.
2.Keberadaan banyak wartawan asing di Hotel Merdeka Yogyakarta, serta masih adanya anggota delegasi UNCI (KTN) serta pengamat militer dari PBB.
3.Langsung di bawah wilayah Divisi III sehingga tidak perlu persetujuan panglima lain dan semua pasukan memahami dan menguasai situasi/daerah operasi.

nah serangan umum 1 Maret itu dikasih komandan lapangan, dibawah Letnan Kolonel Suharto, Komandan Brigade 10 daerah Wehrkreise III, setelah terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX emoticon-thumbsup



Pancasila bikinan Soekarno sendiri gan,dia yg namain dia yg gagasin sila2nya emoticon-Big Grin

ada dibuku biografi ( emoticon-Embarrassment ) 'Soekarno : Penyambung Lidah Rakyat' karya cindy adams emoticon-Big Grin

Rumusan Pancasila banyak gan, Ada rumusannya Moh. Yamin, Ada rumusannya Dr. Soepomo.
Tapi yang dipakai akhirnya punyanya Sukarno.

Ya, sejarah bisa bermacam2 Versi cerita sih.
Quote:Original Posted By pancawara.neptu

Rumusan Pancasila banyak gan, Ada rumusannya Moh. Yamin, Ada rumusannya Dr. Soepomo.
Tapi yang dipakai akhirnya punyanya Sukarno.

Ya, sejarah bisa bermacam2 Versi cerita sih.


tapi hanya "rumusan" Soekarno yg pakai nama PANCASILA gan emoticon-Embarrassment

rumusan Muh.Yamin sama Soepomo hanya rangkaian pelengkap sebelum landasan Soekarno aja emoticon-Embarrassment

bisa dibilang Muh Yamin sama Soepomo turut andil rumusin landasan dasar negara tapi gk dijabarkan kyk soekarno yg detail dalam Trisila sama Ekasila

lagipula unsur Marhaenisme dan gotong royong juga atas nama Soekarno gan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By dragonroar


Kalo Sarawak kok Sukarno mau ambil jg ya
pdhl jajahan Inggris lho, bukan Belanda
Apa krn Inggris bloknya berseberangan ya (Inggris blok kanan, Sukarno blok kiri)
Tp kl Porto bisa diterima, berarti pas Cold War, Porto blok kiri donk ?



Bukan ceritanya beda.
Pas itu, Sukarno, Diosdado, dan Tunku Abdul Rahman ingin membentuk Konfederasi Maphilindo. Konfederasi Malaya-Indonesia-Filipina.
Saat Itu Federasi Malaya hanya semenanjung Malaya, Sarawak, Sabah dan Brunei belum termasuk Di dalamnya.

Nah, Inggris tiba2 menawarkan Federasi Malaysia, yaitu Malaya dan Sarawak serta Sabah Di dalamnya.
Sukarno menganggap ini ancaman bagi Maphilindo karena Sukarno sendiri tidak diajak berunding mengenai Sarawak dan Sabah Itu.

Walaupun selanjutnya, Di Manila Accord memang ada aturan self-determination bagi Sarawak dan Sabah untuk bergabung dengan Malaya melalui referendum.
Tapi Sukarno sudah terlanjur melakukan Konfrontasi ke Malaysia saat itu
Quote:Original Posted By avantichsan


tapi hanya "rumusan" Soekarno yg pakai nama PANCASILA gan emoticon-Embarrassment

rumusan Muh.Yamin sama Soepomo hanya rangkaian pelengkap sebelum landasan Soekarno aja emoticon-Embarrassment

bisa dibilang Muh Yamin sama Soepomo turut andil rumusin landasan dasar negara tapi gk dijabarkan kyk soekarno yg detail dalam Trisila sama Ekasila

lagipula unsur Marhaenisme dan gotong royong juga atas nama Soekarno gan emoticon-Embarrassment


Ini saya setuju.
Ya berarti penggagas Pancasila bukan hanya Sukarno dong.
Karena butir2 Landasan negara Dari Supomo dan Yamin juga ada 5 butir dan isinya mirip2 dengan milik Sukarno.
Quote:Original Posted By pancawara.neptu


Ini saya setuju.
Ya berarti penggagas Pancasila bukan hanya Sukarno dong.
Karena butir2 Landasan negara Dari Supomo dan Yamin juga ada 5 butir dan isinya mirip2 dengan milik Sukarno.


IMHO penggagas Pancasila HANYA Soekarno gan karna hanya dia yg timbul pemikiran kyk gitu

but..... walaupun soekarno gk gagasin landasanya pun tetap akan ada dasar negara tapiiiiii namanya bukan Pancasila gan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By avantichsan


IMHO penggagas Pancasila HANYA Soekarno gan karna hanya dia yg timbul pemikiran kyk gitu

but..... walaupun soekarno gk gagasin landasanya pun tetap akan ada dasar negara tapiiiiii namanya bukan Pancasila gan emoticon-Embarrassment


Pidato Sukarno 1 Juni 1945.:

Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.

Manusia yang dibilang Sukarno adalah ahli bahasa tsb adalah Muhammad Yamin yang duduk Di sebelahnya.
Quote:Original Posted By pancawara.neptu


Pidato Sukarno 1 Juni 1945.:

Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.

Manusia yang dibilang Sukarno adalah ahli bahasa tsb adalah Muhammad Yamin yang duduk Di sebelahnya.


nah saya bilang tadi gan point saya Pancasila cuma akan ada dengan adanya pidato Soekarno tadi

kenapa? karena dia yg ngumpulin semua dasar2 yg udh dijelasin pas rapat 1 dan 2 BPUPKI,dan dia runut lebih detail lagi landasannya daripada yg lain.

makanya saya bilang WALAUPUN Soekarno gk ngusulin sila2 dia,bakal tetap ada dasar negara tapi bukan PANCASILA emoticon-Embarrassment