alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c80bc41ee5df57428b4569/serial-edukasi-nuklir-mitos-mitos-seputar-radiasi-nuklir
icon-hot-thread
MITOS-MITOS SEPUTAR RADIASI NUKLIR
Spoiler for Quote:

Spoiler for Pendahuluan:


Spoiler for Mitos 1: Radiasi Itu BERBAHAYA:


Spoiler for Mitos 2: Radiasi Latar Berbeda Dengan Radiasi Nuklir:


Spoiler for Mitos 3: PLTN memancarkan radiasi berbahaya ke lingkungan:


Spoiler for Mitos 4: Radiasi bisa mengakibatkan mutasi genetik:


Spoiler for Mitos 5: Radiasi Bisa Mengakibatkan Kanker:


Spoiler for Mitos 6: Radiasi Dapat Menyebabkan Kemandulan:


Spoiler for Mitos 7: Radiasi bisa ‘menempel’ di materi:


Spoiler for Khatimah:


Spoiler for P.S.:


Spoiler for Referensi:


yang penting ngebangun PLTN nya yang jauh dari pemukiman bre, biar orang2 ga pada takutemoticon-Cool
nice info gan...
ane baru tau klo pisang ada radiasinya
Udah stereotip yang sangat melekat di masyarakat padalan keren juga kalo bisa jadi mutan macam film xmen emoticon-Big Grin
mitos lainnya = energi nuklir cuma buat listrik dan bom

gwa pernah denger konon energi nuklir bisa dipake buat pertanian dan sinar x....?
Quote:Original Posted By 442tactician
mitos lainnya = energi nuklir cuma buat listrik dan bom

gwa pernah denger konon energi nuklir bisa dipake buat pertanian dan sinar x....?


Ya emang gan emoticon-Leh Uga
X ray kan memanfaatkan sifat radioaktif. Kalau pertanian, itu dipakai buat bikin varietas rekayasa genetik.
Quote:Original Posted By dic.thorium
Demikian pula di Chernobyl. Kecelakaan PLTN terparah (dengan korban paling mentok 50 orang) ini memancarkan radiasi ke area sekitar kota Pripyat bahkan Belarusia. Namun, lagi-lagi, tidak ditemukan bukti apapun bahwa radiasi dari material nuklir yang lepas ke lingkungan itu mengakibatkan perubahan genetik pada orang-orang yang terkena paparan. Sekitar 500 ribu orang dikerahkan untuk membersihkan sisa-sisa kecelakaan Chernobyl, yang konsekuensinya membuat para pekerja itu menerima dosis radiasi yang lebih tinggi daripada publik secara umum. Walau begitu, tidak ditemukan adanya defek genetik pada mereka dan keturunannya.


Kalau kasus ini gimana gan? https://www.kaskus.co.id/thread/5763...yawan-pabrik/1 Hoax? Atau memang paparan radiasinya jauh lebih tinggi?

Quote:Original Posted By dic.thorium
Ada ratusan hal yang mungkin membuat tubuh kita menyerap dosis radisi lebih tinggi daripada PLTN. Terbang pakai pesawat dari Jakarta ke Dubai, pemeriksaan organ dalam pakai sinar-X, pemeriksaan tubuh pakai CT-Scan, jadi pramugari/a, jadi pilot, bahkan merokok. Ya, perokok, apalagi perokok berat, paru-parunya menerima dosis radiasi ribuan kali lebih tinggi daripada pekerja di PLTN. Substansi rokok mengandung unsur polonium-210 dan timbal-210, keduanya memancarkan radiasi alfa yang merusak sel-sel di organ dalam, seperti paru-paru Wajarlah perokok sering sekali kena kanker paru-paru.


Kalau buat perokok estimasinya gimana gan? Misal orang merokok sebungkus tiap hari, bisakah diperkirakan seberapa besar paparan radiasinya? Kalo kaitannya dengan kemandulan dari merokok gimana gan? Apa radiasinya bisa sampe ke 'anu'? Atau ada mekanisme lain?

Quote:Original Posted By dic.thorium
Radiasi alfa merupakan partikel hidrogen dengan nomor atom 2 dan nomor massa 4. Radiasi beta merupakan elektron.


helium?
Quote:Original Posted By henryfek0k


Kalau kasus ini gimana gan? https://www.kaskus.co.id/thread/5763...yawan-pabrik/1 Hoax? Atau memang paparan radiasinya jauh lebih tinggi?



Kalau buat perokok estimasinya gimana gan? Misal orang merokok sebungkus tiap hari, bisakah diperkirakan seberapa besar paparan radiasinya? Kalo kaitannya dengan kemandulan dari merokok gimana gan? Apa radiasinya bisa sampe ke 'anu'? Atau ada mekanisme lain?



helium?


Betul, dosis radiasinya sangat tinggi, sehingga menyebabkan kanker. Radium itu pemancar alfa, kalau tertelan dalam jumlah besar ya bahaya sekali.

Perokok satu pak tiap hari akan menerima radiasi di paru-paru senilai 12 mSv/tahun. Tapi karena ini radiasi alfa, dari polonium-210, maka dosis ekivalennya adalah 240 mSv/tahun.
Quote:Original Posted By dic.thorium


Betul, dosis radiasinya sangat tinggi, sehingga menyebabkan kanker. Radium itu pemancar alfa, kalau tertelan dalam jumlah besar ya bahaya sekali.

Perokok satu pak tiap hari akan menerima radiasi di paru-paru senilai 12 mSv/tahun. Tapi karena ini radiasi alfa, dari polonium-210, maka dosis ekivalennya adalah 240 mSv/tahun.


Berarti kira2 yang 5 bungkus sehari (kaya dosen ane yang ngajar mata kuliah fisika modern - sekarang beliau berhenti merokok) dampak biologisnya sudah mulai nampak ya?

Ane kok gagal paham masalah mSv ini gan, apa harus diukur pake alat? Ga bisa pake itung2an stoikiometri gitu? Misal dalam tuh rokok ada berapa partikel Po-210 sehingga berapa banyak partikel alfa yang dipancarkan.
gan kan ada kacamata anti radiasi , tapi radiasi di lingkungan sekitar itu rendah. terus fungsi kacamata radiasi itu buat apa
Quote:Original Posted By henryfek0k


Berarti kira2 yang 5 bungkus sehari (kaya dosen ane yang ngajar mata kuliah fisika modern - sekarang beliau berhenti merokok) dampak biologisnya sudah mulai nampak ya?

Ane kok gagal paham masalah mSv ini gan, apa harus diukur pake alat? Ga bisa pake itung2an stoikiometri gitu? Misal dalam tuh rokok ada berapa partikel Po-210 sehingga berapa banyak partikel alfa yang dipancarkan.


mungkin saja, tapi karena di paru-paru. agak sulit juga ditentukan kalau bukan via CT-scan atau Roentgen.

diukur dari intensitas radiasi, lalu dikonversi ke dosis.
Quote:Original Posted By gostura1
gan kan ada kacamata anti radiasi , tapi radiasi di lingkungan sekitar itu rendah. terus fungsi kacamata radiasi itu buat apa


radiasi yang dimaksud bukan radiasi gamma, tapi radiasi spektrum lain. biasanya ultraviolet.
Quote:Original Posted By dic.thorium


mungkin saja, tapi karena di paru-paru. agak sulit juga ditentukan kalau bukan via CT-scan atau Roentgen.

diukur dari intensitas radiasi, lalu dikonversi ke dosis.


Maksud ane gini. Taruhlah K-40 pada pisang 1 ppm (ane ngarang). Dari situ kan kita bisa itu kalo kita makan 1kg pisang berarti sekitar 1,505 x 10e22 partikel K-40 masuk ke dalam tubuh. So, jika K-40 memancarkan positron....
Apakah terpancar 1,505 x 10e22 partikel positron dari aktivitas makan pisang tersebut? Jika tidak, faktor apa yang menyebabkan jumlah partikel positron yang dipancarkan berbeda dengan jumlah K-40 yang masuk? Apakah data tersebut berkaitan dengan pengukuran intensitas radiasi?
Quote:Original Posted By henryfek0k


Maksud ane gini. Taruhlah K-40 pada pisang 1 ppm (ane ngarang). Dari situ kan kita bisa itu kalo kita makan 1kg pisang berarti sekitar 1,505 x 10e22 partikel K-40 masuk ke dalam tubuh. So, jika K-40 memancarkan positron....
Apakah terpancar 1,505 x 10e22 partikel positron dari aktivitas makan pisang tersebut? Jika tidak, faktor apa yang menyebabkan jumlah partikel positron yang dipancarkan berbeda dengan jumlah K-40 yang masuk? Apakah data tersebut berkaitan dengan pengukuran intensitas radiasi?


tidak begitu. dari sekian banyak partikel, hanya sedikit yang meluruh dan memancarkan radiasi alfa (bukan positron). K-40 memiliki waktu paruh sangat panjang, 1,251 milyar tahun. sehingga, dari waktu segitu, hanya setengahnya yang meluruh. jadi K-40 yang memancarkan radiasi akibat peluruhan sedikit sekali.
Quote:Original Posted By dic.thorium


tidak begitu. dari sekian banyak partikel, hanya sedikit yang meluruh dan memancarkan radiasi alfa (bukan positron). K-40 memiliki waktu paruh sangat panjang, 1,251 milyar tahun. sehingga, dari waktu segitu, hanya setengahnya yang meluruh. jadi K-40 yang memancarkan radiasi akibat peluruhan sedikit sekali.


Wah, kenapa googling cuma nemunya K-40 beta decay, contohnya UNY dan Harvard. Ada referensi tentang pemancaran alpha dari K-40?

Bentar gan, pemancaran beta termasuk radiasi nuklir apa ga? Elektron kan tidak di inti atom, atau nuklir ga harus berkaitan dengan inti atom? Semua aktivitas radioaktif adalah nuklir? Puyeng ane emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By henryfek0k


Wah, kenapa googling cuma nemunya K-40 beta decay, contohnya UNY dan Harvard. Ada referensi tentang pemancaran alpha dari K-40?

Bentar gan, pemancaran beta termasuk radiasi nuklir apa ga? Elektron kan tidak di inti atom, atau nuklir ga harus berkaitan dengan inti atom? Semua aktivitas radioaktif adalah nuklir? Puyeng ane emoticon-Big Grin


oh iya sori, ternyata memang beta. saya salah ingat.

ya, itu termasuk radiasi nuklir. bentuknya memang elektron, tapi asalnya dari inti atom. bukan dari kulit.
Quote:Original Posted By dic.thorium


oh iya sori, ternyata memang beta. saya salah ingat.

ya, itu termasuk radiasi nuklir. bentuknya memang elektron, tapi asalnya dari inti atom. bukan dari kulit.


Nah gan ane tambah puyeng. Kalo di kimia SMA pembahasannya cuma proton, neutron sama elektron. Kalo rombongannya positron atau yang bentuk elektron tapi di inti itu ceritanya gimana?
ini lebih ngeri dari bom atom kan ?? emoticon-Takut
Tapi kalo radiasi pas lagi jalanin Kemoterapi itu gimana gan?
Ni TSnya keknya kuliah di tek.nuklir yah. Threadnya kece pakai dapus. Cek kolor gan cendol gak pake radiasi emoticon-Cendol Gan emoticon-Keep Posting Gan

Yup ane setuju dengan beberapa poin agan, intinya kita sudah terlalu ditakut2in dengan kehadiran nuklir karena film-film holywood dan berita lebay di chernobyl sama fukushima (padahal Amerika yg produksi film-film holywood banyak juga pake teknologi nuklir emoticon-Leh Uga)
Selama penggunaannya tepat dan safetynya joss sih ane rasa teknologi nuklir termasuk yang aman dan luar biasa manfaatnya. emoticon-Recommended Seller

Ane gembok dulu page one dari kaum sumbu pendek emoticon-Hansip