alexa-tracking

Tips memelihara dan merawat kucing

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c7f6542e04c876788b4567/tips-memelihara-dan-merawat-kucing
Thumbs up 
Tips memelihara dan merawat kucing
Kucing adalah hewan yang sangat menggemaskan dan cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Namun, sebelum memutuskan untuk memeliharanya, kalian wajib tahu bagaimana cara merawat kucing yang benar. Berikut beberapa tips merawat kucing peliharaan:
1. Anak kucing membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar dibanding kucing dewasa. Meskipun ia membutuhkan lebih banyak nutrisi, itu bukan berarti kamu harus memberikannya makan berlebihan. Setelah 5-6 minggu, berikan makanan secara rutin 4 kali setiap hari.

2. Jangan berikan makanan anjing untuk kucing! (yaiyalah :v) Makanan anjing tidak mengandung taurin, yaitu nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk mencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur.

3. Setelah 8-10 bulan, kamu bisa membiasakannya untuk makan makanan rumah seperti nasi dan susu. Kebiasaan ini harus Anda lakukan sejak dini. Lagipula, memberi makan nasi dan susu tidak menghabiskan biaya yang banyak dibanding dengan memberikan makanan khusus kucing yang dijual di toko.

4. Tidak perlu memandikan kucing secara teratur. Ketika bulu kucing mulai berbau, kamu bisa memandikannya dengan air dingin. Hindari air panas, karena dapat merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing.

5. Sikat bulu kucing secara rutin. Hal ini dapat menghilangkan rambut mati, kuman dan bakteri pada bulu.

6. Pergi keluar dan bermain dengannya. Kegiatan fisik membantu pertumbuhan dan perkembangan anak kucing dengan baik. sehingga kucing kamu akan tumbuh dengan sehat dan makan menggemaskan, deh ! emoticon-Big Grin

7. Ajarkan kebiasaan hidup sehari-hari. Kamu bisa mulai mengajarkan beberapa kebiasaan baik pada kucing seperti pergi ke toilet, makan, dan tempat tidur.

8. Bersikap tegas pada perilaku buruknya. Kamu harus bersikap tegas pada perilaku buruk yang ia tunjukkan. Dengan begitu, ia akan mengerti mana yang baik dan buruk.

9. Vaksinasi. Vaksinasi wajib dilakukan secara rutin untuk menghindari virus dan penyakit. Untuk itu, segera berkonsultasilah dengan dokter hewan.

10. Merawat kebersihan tubuhnya. Kamu harus rajin mencuci gigi, telinga, dan kuku kucing. Bagian - bagian ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri lho. Jika dibiarkan kotor, hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada kucing.

Bukan hanya manusia yang butuh perawatan khusus. Hewan peliharaan juga membutuhkan hal yang sama. Jadi, jagalah kebersihan kucing Anda secara rutin. Semoga thread ini bermanfaat ya ! Thanks for reading ^^Tips memelihara dan merawat kucing
kucing di kasi nasi dan susu ?
kucing ga bisa mengolah karbohidrat, mereka butuhnya protein dan lemak.
susu jg ga asal, kucing ga tawar laktosa.
rada ngawur jg ini trit
Reply to njebles's post
image-url-apps
Quote:


Kucingku bisa dikasih nasi, kata siapa ga bisa ngolah karbohidrat? Sekarang udah lebih dari setahun usianya dan tetep hidup sehat. Nasi ga masalah, kadang teori tu suka ga bener. Kata dokter kucing baru boleh dikasih makan setelah usia 2 bulan, nyatanya dikasih sejak usia 2 Minggu ga masalah, justru kalau dikasih susu doang jd kurang gizi
KASKUS Ads
Quote:


Kucing di kasih nasi?
Kedepannya jangan dikasih nasi lagi.
Ginjal kucing bekerja terlalu berat kl di kasih karbohidrat terlalu banyak, efeknya akan terasa setelah dy menginjak usia tua.

Kata dokter kucing baru bisa di kasih makan usia 2bln kan?
Itu emang bener, tp kamu nanya ga makanan apa yg boleh atau ngga ke dokternya?
Pasti ngga kan? emoticon-Big Grin

Coba kasih daging ayam rebus di suir2 atau bisa dicampur ikan tongkol rebus di blender campur minyak ikan.
Selang seling sama makanan kering yg dijual di toko.

1minggu 2 atau 3x kasih kuning telur yg udah di rebus.

Susu jg ga boleh sembarangan, harus susu yg ga ada laktosa.
Susu khusus kucing atau susu merk bear brand aja yg boleh.


Harus lebih banyak tanya2 lagi ke dokter mba, atau cari info di google sama forum kaskus.
image-url-apps
Saya nanya Lo mbak sama dokternya katanya cuma susu doang, ga boleh sama sekali dikasih makan jenis APAPUN. itu dokter di Bekasi. Akhirnya mati kucingnya. Kemudian setahun kemudian saya rawat bayi kucing, dan tanya ke dokter yg dijogja, boleh dikasih makan. Bisa makan kaleng atau ayam Jadi intinya dokter itu suka beda opini.
Kalau susu saya tau ga boleh mengandung laktosa karena saya juga sudah search. Dari ibu saya muda juga sudah pelihara kucing dan makan nasi. Tapi bisa sampai tua usianya. Kenapa y kok bisa hidup sampai tua? Padahal makan nasi.
×