alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bcf2fdd44f9fca778b456c/ma-legalkan-penggusuran-kampung-pulo-karena-sesuai-peraturan
MA Legalkan Penggusuran Kampung Pulo karena Sesuai Peraturan
Sumur :
https://news.detik.com/berita/d-3439...suai-peraturan


Senin 06 Mar 2017, 10:11 WIB
MA Legalkan Penggusuran Kampung Pulo karena Sesuai Peraturan
Andi Saputra - detikNews

Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, yang menolak penggusuran. Alhasil, relokasi yang dilakukan Gubernur Ahok dkk pada 2015 di kawasan itu sah dan telah sesuai dengan hukum.

Kasus ini bermula saat Satpol PP Jakarta Timur mengeluarkan surat peringatan ketiga pada 6 Agustus 2015. Dalam suratnya, Pemkot Jaktim meminta warga di Kampung Pulo RT 015 RW 03, Kampung Melayu, Jakarta Timur, segera mengosongkan rumahnya karena kawasan itu akan dipulihkan kembali menjadi daerah aliran sungai. Hal itu dalam rangka mengatasi banjir di Ibu Kota dan tidak ada satu bukti warga memiliki tanah itu.

Warga tidak terima dan melakukan perlawanan. Salah satu alasannya, warga telah mendiami daerah itu secara turun-temurun, sejak 1927.
MA Legalkan Penggusuran Kampung Pulo karena Sesuai Peraturan

Tetapi perlawanan di lapangan tidak membuahkan hasil. Kawasan Kampung Pulo berhasil dinormalisasi menjadi kawasan sungai.

Warga tidak terima dan menggugat Satpol PP atas relokasi tersebut. Pada 21 Januari 2016, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan tersebut. Putusan itu dikuatkan Pengadilan Tinggi TUN Jakarta pada 1 Juni 2016.

Tidak terima atas putusan itu, 89 warga mengajukan kasasi. Tapi apa kata MA?

"Menolak permohonan kasasi warga," ujar majelis sebagaimana dilansir website MA, Senin (6/3/2017).
MA Legalkan Penggusuran Kampung Pulo karena Sesuai Peraturan

Duduk sebagai ketua majelis hakim agung Yulias, dengan anggota Is Sudaryono dan Irfan Fachruddin. Menurut MA, pengujian terhadap objek sengketa tidak lagi relevan karena pembongkaran telah dilaksanakan.

"Bahwa titik berat tuntutan para pihak adalah berkenaan dengan ganti rugi dan kesalahan tindakan pemerintah yang masih dapat diselesaikan melalui jalan lain (lembaga peradilan yang berwenang untuk itu). Penerbitan objek sengketa sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan asas-asas umum pemerintahan yang baik," putus majelis pada 13 Desember 2016.
(asp/tor)

emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
klo udah sah kan enak jadinya
Nggak oke dan nggak oche nih MA emoticon-Mad (S)
udah menduduki tanah negara, ga ada sertifikat, eh malah ngotot degan alasan udah lama tinggal disitu

emang tanah punya moyang lu? emoticon-Betty
masih bebal kaga nih warga nya

MA Legalkan Penggusuran Kampung Pulo karena Sesuai Peraturan
perumahan bekas daerah resapan di gusur juga dong hok emoticon-Wowcantik
Quote:Original Posted By sirmalvinas
udah menduduki tanah negara, ga ada sertifikat, eh malah ngotot degan alasan udah lama tinggal disitu

emang tanah punya moyang lu? emoticon-Betty


ini tanah miliknya..... bray jadi bolehemoticon-Marah
(kata sebuah suku nun jauh disana)emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By pac
Sumur :
https://news.detik.com/berita/d-3439...suai-peraturan


Senin 06 Mar 2017, 10:11 WIB
MA Legalkan Penggusuran Kampung Pulo karena Sesuai Peraturan
Andi Saputra - detikNews

Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, yang menolak penggusuran. Alhasil, relokasi yang dilakukan Gubernur Ahok dkk pada 2015 di kawasan itu sah dan telah sesuai dengan hukum.

Kasus ini bermula saat Satpol PP Jakarta Timur mengeluarkan surat peringatan ketiga pada 6 Agustus 2015. Dalam suratnya, Pemkot Jaktim meminta warga di Kampung Pulo RT 015 RW 03, Kampung Melayu, Jakarta Timur, segera mengosongkan rumahnya karena kawasan itu akan dipulihkan kembali menjadi daerah aliran sungai. Hal itu dalam rangka mengatasi banjir di Ibu Kota dan tidak ada satu bukti warga memiliki tanah itu.

Warga tidak terima dan melakukan perlawanan. Salah satu alasannya, warga telah mendiami daerah itu secara turun-temurun, sejak 1927.
MA Legalkan Penggusuran Kampung Pulo karena Sesuai Peraturan

Tetapi perlawanan di lapangan tidak membuahkan hasil. Kawasan Kampung Pulo berhasil dinormalisasi menjadi kawasan sungai.

Warga tidak terima dan menggugat Satpol PP atas relokasi tersebut. Pada 21 Januari 2016, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan tersebut. Putusan itu dikuatkan Pengadilan Tinggi TUN Jakarta pada 1 Juni 2016.

Tidak terima atas putusan itu, 89 warga mengajukan kasasi. Tapi apa kata MA?

"Menolak permohonan kasasi warga," ujar majelis sebagaimana dilansir website MA, Senin (6/3/2017).
MA Legalkan Penggusuran Kampung Pulo karena Sesuai Peraturan

Duduk sebagai ketua majelis hakim agung Yulias, dengan anggota Is Sudaryono dan Irfan Fachruddin. Menurut MA, pengujian terhadap objek sengketa tidak lagi relevan karena pembongkaran telah dilaksanakan.

"Bahwa titik berat tuntutan para pihak adalah berkenaan dengan ganti rugi dan kesalahan tindakan pemerintah yang masih dapat diselesaikan melalui jalan lain (lembaga peradilan yang berwenang untuk itu). Penerbitan objek sengketa sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan asas-asas umum pemerintahan yang baik," putus majelis pada 13 Desember 2016.
(asp/tor)

emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus


lembaganya apaan?
gusur, pindahkan ke lokasi reklamasi emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By not.secure
perumahan bekas daerah resapan di gusur juga dong hok emoticon-Wowcantik


Contohnya ?

Statusnya sudah sertifikat atau menduduki lahan negara ?

Di RTDR warnanya hijau ?
1927 sebelum kemerdekaan itu mah
Quote:Original Posted By stopmap.folio


Contohnya ?

Statusnya sudah sertifikat atau menduduki lahan negara ?

Di RTDR warnanya hijau ?


statusnya salah karna menghambat daerah resapan air emoticon-Leh Uga
Serumpet,dani,fpi dkk gimana ini? Serang Ahookkkk emoticon-Ngamuk
Quote:Original Posted By not.secure


statusnya salah karna menghambat daerah resapan air emoticon-Leh Uga


Dasar hukumnya mana ? Emang ga bisa beri listnya ya ?
Kampung pulo? Ingat eki pitung.. Tuh nasbung kemana sekarang emoticon-Big Grin
nah loe nah loe
Jadi fix ya kampung pulo sah di gusur emoticon-Big Grin
Kalo ngga ada sertifikat mau gimana lagi

Ngga ada yang bakal berani ngasi sertifikat rumah di das emoticon-Leh Uga
Kekuatan besar yg melindungi ahok ternyata MA.....
Ntar keluar lagi ma udah dibeli ahok