alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bc4cd6a09a3980018b4567/ospek-jurusan
OSPEK JURUSAN
OSPEK JURUSAN

Ya, maba seringkali dicekoki dengan hal ini.
Jujur saja, ini adalah salah satu alasan mengapa saya pindah dari kampus pertama saya.
Namun setelah osjur aku berdialog dengan diriku sendiri.

Tanya: T, Jawab: J

T: "Untuk apasih ada osjur?"
J: "Untuk mengakrabkan mereka para maba, mengenalkan dengan kakak tingkat, dan juga untuk mengenalkan pada mereka kehidupan jurusan"

Waow mulia sekali tujuannya, ehh tapi pada pelaksanaannya kok hmmm....

T: "Lah ini osjur kan pengenalan, harusnya kan banyak seneng2, tapi kenapa membebankan cukup banyak tugas ke mereka?"
J: "Iya mereka kan harus kenal sesama angkatan, makanya dikasi tugas bareng"

T: "Lah itu napa ada tugas pribadinya?"
J: "Ya untuk mereka juga kan, kan tugas pribadinya bikin buku angkatan, bikin buku dosen, minta ttd kating, itu biar mereka kenal sama katingnya"

Sungguh mulia panitia disini, bener-bener sangat tahu kebutuhan juniornya :3

T: "Eh kok ada komdis sih, dateng telat dimarah, ga buat tugas dimarah?"
J: "Iya itu untuk kedisiplinan mereka, juga kita mau mereka menghormati acara yg kita buat untuk mereka"

Wkwkwkwkkk disini nih, lu sendiri emg udah disiplin? Lu dateng kuliah jam berapa su? Kuliah lese jam 9, lu dateng 8.45 kan?
Tugas juga, emg itu tugas dari dosen lu beneran buat sendiri? H-1 copas, atau kerjain asal2an juga kan?
Menghormati acara yg kita buat?? Lu yg buat acara, lu yang marah sendiri, maba ga pernah minta diospek!

T: "Kadang ada fase dimana semua dimarah padahal yang ga salah juga, itu maksudnya apa?"
J: "Untuk kebersamaan donk, satu salah semua salah, biar semua saling mengingatkan"

HAHAHAHAHA!
Woi, kebersamaan ya bukan berarti menentang asas keadilan donk :v
Demi keadilan berdasarkan ketuhanan yang maha esa (kayak hakim bacain putusan aja :3)
Ibarat gini yaa, ada satu orang nerobos lampu merah, yakali semua pengguna jalan ditilang :v
Terus misal ada kasus pembunuhan, masa semua pengunjung sidang diputus bersalah, yakalee :v

T: "Kadang dimarah gajelas, diteriakin di depan muka, itu buat apa?"
J: "Ya itu untuk melatih mental mereka"

Ini adalah hal terbodoh yang pernah gw percaya (yaa dulu gw ngaku bego, sekarang serah lu nilai)
Mental apa sih?
Mental ngelawan siapa?
Mental jadi pembangkang?
Lu sendiri udah punya mental yg kuat belom?
Dipanggil dosen minggat, disuruh maju kedepan presentasi alasannya segunung, katanya menguatkan mental, lu sendiri gimana? :v :v :v

Dan akhirnya J pun membacakan nota pembelaannya
J: "YANG KITA MAU SUPAYA MEREKA SOLID"

wkwkwk solid ndasmu, iya solid sampe 2 bulan setelah osjur, besok ada masalah cewek aja berantem, pecah deh tu
tunggu aja smt 5 nanti ketika tawaran kp, magang, kerja mulai datang, noh ospek sebenernya!
silahkan ngomong solid kalo duit udah datang :v

Haha, gausah ditanggapi serius, ini cuma tulisan dari seorang mahasiswa pemalas yang males diospek dan anti senioritas
Saya pun pernah ditolak masuk himpunan gegara ga ikut osjur, wkwkwkk akhirnya dimasukin juga, hampir gw daftar organisasi sebelah yg banyak faedahnya :v
Cuma curhat kok, cocok tulisan saya amburadul :v
Freedom of speech kan :v
Yang pasti tentang solid, kompak, disiplin tadi gw tekankan itu hanya untuk perguruan tinggi sipil, untuk sekolah2 angkatan bersenjata tentu punya kriteria tersendiri
Tapi jangan disamain, ya yg namanya universitas ya bukan sekolah angkatan bersenjata, seleksinya SBMPTN, bukan test kesehatan, kebugaran, dll

Tapi hal yang paling penting kenapa saya gamau bully junior saat ospek, karena saat lu dibawah mereka lu bakal malu
Gw konsul ttg penulisan ilmiah ke adik tingkat juga :v
Dan bayangin aja, adik kelas yg lu ospek dulu ternyata lulus duluan, mau taruh dimana muka lu
Dapet Faedah? Nggak laah :v :v, namanya juga tulisan ngaco :v

NB: Kaskuser noob, ga bakal pake emoji2an :v emoticon-Ngamuk
Ane ga pernah ikut ospek pas sma dan kuliah gan. Tapi pas masuk kuliah ini ada 2 ospek, yg pertama ane ga ikut karena males, toh ane tetep dapet banyak temen dari berbagai jurusan walaupun ga ngikut ospek. Tapi ane terpaksa ikut ospek jurusan krn diancam ga bakalan bisa ikut sidang skripsi kalo ga ikutemoticon-Hammer2 Ya ane waktu itu sbg maba takut dong. Tapi jujur aja ane ga pernah pro sama ospek yg disuruh bawa yg aneh2 lah, disuruh minta ttd senior lah (ini buat apaan ga penting bgtemoticon-Marah). Ospek yg kayak gitu semata mata cuma ajang buat nunjukin kalo junior itu kudu patuh sama senior
Ane kmaren ikut yang ospek universitas gan, gara" ada cewek yg sekelompok sama gua cantik.
Tapi ane males ikut yang ospek jurusan ya karena gk ada manfaatnya, kemah di tengah hutan, makan cuma dikit, itu aja temen ane sampe rebutan,Dibangunin tengah malem, dibentak".
Tapi ane dapet juga sertifikat ospek jurusan gan walaupun gk ikut
Coeg sekali gan ahahahahaha
Quote:Original Posted By direeyy
Ane ga pernah ikut ospek pas sma dan kuliah gan. Tapi pas masuk kuliah ini ada 2 ospek, yg pertama ane ga ikut karena males, toh ane tetep dapet banyak temen dari berbagai jurusan walaupun ga ngikut ospek. Tapi ane terpaksa ikut ospek jurusan krn diancam ga bakalan bisa ikut sidang skripsi kalo ga ikutemoticon-Hammer2 Ya ane waktu itu sbg maba takut dong. Tapi jujur aja ane ga pernah pro sama ospek yg disuruh bawa yg aneh2 lah, disuruh minta ttd senior lah (ini buat apaan ga penting bgtemoticon-Marah). Ospek yg kayak gitu semata mata cuma ajang buat nunjukin kalo junior itu kudu patuh sama senior


Dijamin anda merasa pernah dibohongin :v
Logika gw mah gampang :v
Kalo emang bener ga ikut osjur jadi ga bisa sidang skripsi, ngikut osjur sewaktu angkatan kita jadi panitia aja gan emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By wolviex
Ane kmaren ikut yang ospek universitas gan, gara" ada cewek yg sekelompok sama gua cantik.
Tapi ane males ikut yang ospek jurusan ya karena gk ada manfaatnya, kemah di tengah hutan, makan cuma dikit, itu aja temen ane sampe rebutan,Dibangunin tengah malem, dibentak".
Tapi ane dapet juga sertifikat ospek jurusan gan walaupun gk ikut


Sertifikat osjur kagak guna gan :v
Agan perpanjang SIM kaga bakal diminta sertifikat osjur kok emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By karmany1995
Dijamin anda merasa pernah dibohongin :v
Logika gw mah gampang :v
Kalo emang bener ga ikut osjur jadi ga bisa sidang skripsi, ngikut osjur sewaktu angkatan kita jadi panitia aja gan emoticon-Ultah


Temen ane jg ada yg begitu gan ngikut osjur pas angkatannya jadi panitia, tp kagak ngaruh apa2an tuh. Malah sertifikat yg dijanjiin pas osjur sampe sekarang ane ga dapet kan kampret udah bayar, disiksa, malah ga ada faedahnyaemoticon-Ngakak
Osjur gak papa sebenarnya asalkan tidak ada kegiatan yang aneh aneh
Apalagi kalo sampai kejadian ada korban
Peace...
http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5762712724cc9/begini-isi-aturan-baru-tentang-ospek
Quote:
Kamis, 16 Juni 2016
Begini Isi Aturan Baru Tentang Ospek
Siswa baru wajib menggunakan seragam dan atribut resmi sekolah. Hanya guru yang berhak untuk merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan dan dilarang melibatkan siswa senior (kakak kelas) dan/atau alumni sebagai penyelenggara.

Tahun ajaran baru hampir tiba. Biasanya kegiatan rutin yang dilakukan hampir di sekolah selalu diwarnai dengan kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek). Sejatinya, tujuan dilakukan ospek salah satunya adalah untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah sekaligus mengembangkan interaksi positif antarsiswa dengan warga sekolah. Sayangnya, tujuan positif kegiatan ini justru dalam pelaksanannya banyak ‘dipelintir’ sehingga makna kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini menjadi bias.

Melihat masih banyaknya ‘perpeloncoan’ yang mengarah pada tindakan kekerasan, pemerintah akhirnya menerbitkan aturan terbaru terkait dengan pelaksanaan ospek untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), termasuk sekolah pada jalur pendidikan khusus dan pendidikan kerja sama. Aturan itu dibalut dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

“Dengan berlakunya Peraturan Menteri ini, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 55 Tahun 2014 tentang Masa Orientasi Siswa Baru di Sekolah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” demikian bunyi Pasal 11 Permendikbud terbaru ini

Dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tidak lagi digunakan istilah ospek melainkan pengenalan lingkungan. Pasal 1 angka 2 mendefinisikan pengenalan lingkungan sebagai kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana, dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Dibandingkan dengan aturan sebelumnya, Permendikbud terbaru ini cukup detail mengatur beberapa poin terkait penyelenggaraan kegiatan pengenalan lingkungan.

Aturan yang resmi berlaku sejak 6 Mei 2016 lalu ini, mengatur sejumlah larangan yang wajib dipatuhi pihak sekolah selaku penyelenggara kegiatan pengenalan lingkungan. Salah satunya adalah larangan terhadap siswa baru untuk menggunakan atribut yang aneh-aneh selama pelaksanaan pengenalan lingkungan. Hal itu disebut tegas dalam Pasal 5 ayat (1) huruf f yang mengatur bahwa siswa baru wajib menggunakan seragam dan atribut resmi dari sekolah.

Lampiran III Permendikbud terbaru ini merinci jenis atribut serta aktivitas yang dilarang dalam kegiatan pengenalan lingkungan. Jenis-jenis contoh atribut yang dilarang larangan, seperti tas karung atau tas belanja plastik, kaos kaki berwarna-warni tidak simetris, aksesoris kepala yang tidak wajar, alas kaki yang tidak wajar, papan nama berbentuk rumit dan menyulitkan dalam pembuatannya, dan atribut lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran.

Sementara, contoh aktivitas yang dilarang seperti menugaskan siswa membawa suatu produk dengan merek tertentu, memakan dan meminum sisaan yang bukan milik masing-masing siswa baru, menghukum yang tidak mendidik seperti menyiramkan air dan mengarah ke kekerasan fisik, menugaskan yang tidak masuk akal seperti berbicara dengan hewan atau tumbuhan serta membawa barang yang sudah tidak diproduksi kembali, dan menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat, misal menghitung semut, gula, nasi atau aktivitas lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran.

Tak hanya itu, Permendikbud terbaru ini juga melarang kegiatan lain seperti melarang kegiatan perpeloncoan atau tindak kekerasan lain, larangan memberikan tugas berupa penggunaan atribut yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran siswa, serta larangan melakukan pungutan biaya atau bentuk pungutan lainnya.

Satu larangan penting lainnya, adalah larangan melibatkan siswa senior atau alumni sebagai penyelenggara. Namun, larangan itu tidak bersifat mutlak. Sebab, pihak sekolah dapat meminta bantuan siswa apabila ada keterbatasan jumlah guru. Akan tetapi siswa yang dapat dimintai bantuannya setidak-tidaknya mesti merupakan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau Majelis Perwakilan Kelas (MPK) maksimal dua orang per rombongan belajar atau kelas.

“Perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan hanya menjadi hak guru, dilarang melibatkan siswa senior (kakak kelas) dan/atau alumni sebagai penyelenggara,” begitu bunyi Pasal 5 ayat (1) huruf a dan b.

Selain mengatur sejumlah larangan pada tataran penyelenggaraan kegiatan pengenalan lingkungan, Permendikbud terbaru ini juga mengamanatkan sekira dua kewajiban tambahan kepada sekolah sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap orangtua atau wali siswa baru. Pertama, kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengenalan lingkungan sekolah. Kedua, hasil dari kegiatan pengenalan lingkungan wajib disampaikan kepada orang tua atau wali baik, secara tertulis atau pertemuan paling lama tujuh hari kerja setelah pengenalan lingkungan sekolah berakhir.

Dua kewajiban itu mesti diikuti dengan tambahan sejumlah syarat, yakni pihak sekolah melakukan pendataan terhadap siswa baru mengenai kedaan diri dan sosial siswa. Caranya, pihak sekolah wajib menyediakan formulir untuk diisi yang setidak-tidaknya memuat profil siswa dan orangtua atau walinya, seputar identitas, riwayat kesehatan, potensi dan bakat siswa, serta sifat dan perilaku siswa. Contoh formulirnya, dapat dilihat pada Lampiran II Permendikbud terbaru ini.

Selanjutnya, perencanaan kegiatan pengenalan lingkungan wajib disampaikan kepada orang tua atau wali saat lapor diri sebagai siswa baru. Selain itu, jangka waktu pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran dan kegiatan pengenalan itu hanya dapat dilaksanakan pada hari sekolah dan saat jam pelajaran. Namun, untuk sekolah dengan asrama, jangka waktu tiga hari pada minggu pertama dapat dikecualikan dengan syarat terlebih dahulu melaporkan kepada Dinas Pendidikan setempat dengan melampirkan rincian kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

Dalam pelaksanannya, Dinas pendidikan tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota wajib mengawasi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Jika saat pelaksanaan terjadi pelanggaran, Dinas Pendidikan wajib menghentikan kegiatan tersebut. Merujuk ketentuan Pasal 7 Permendikbud ini, sanksi yang dapat dikenakan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta guru mulai dari teguran tertulis hingga yang terparah adalah pembebasan tugas sampai dengan pemberhentian sementara atau tetap dari jabatannya.

Untuk sanksi terhadap sekolahnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau pejabat yang ditunjuk dapat memberikan sanksi rekomendasi penurunan level akreditasi, penghentian bantuan dari pemerintah, hingga rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk melakukan langkah tegas berupa penggabungan, relokasi, hingga penutupan sekolah dalam hal terjadinya pelanggaran yang berulang.

Mesti dicatat, pemberian sanksi tetap tidak menghapuskan sanksi lain yang diatur oleh ketentuan perundang-undangan terkait lainnya. Selain itu, jika terjadi perpeloncoan atau bentuk kekerasan lainnya dalam kegiatan, maka sanksi tetap mengacu pada Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan pada Satuan Pendidikan.

Selain mengatur mengenai kegiatan pengenalan lingkungan atau ospek, aturan ini juga mengatur mengenai kegiatan pengenalan anggota baru ekstrakurikuler. Dimana, sekolah wajib meminta izin secara tertulis dan mendapatkan izin tertulis dari orangtua atau wali calon peserta kegiatan pengenalan anggota baru ekstrakurikuler. Saat permintaan izin, pihak sekolah juga wajib menginformasikan rincian kegiatannya kepada orangtua atau wali.

Selain wajib menginformasikan rincian kegiatannya, pihak sekolah juga wajib membuat pemetaan dan penanganan risiko apabila terdapat risiko bagi siswa baru dalam kegiatan dan diberitahukan untuk mendapat persetujuan dari orangtua atau wali. Setidaknya, pihak sekolah wajib menugaskan dua guru untuk mendampingi pengenalan anggota baru ekstrakurikuler.
ane gak ikut ospek fakultas dapat sertifikat , jadi panitia ospek tahun depannya.
ane gak ikut organisasi, ane dirikan organisasi sendiri.
Gak ikut ospek gak bisa sidang skripsi? Pfffttt emoticon-Leh Uga
Kalo ane pas mau daftar sidang skripsi bbrp waktu lalu gak ada tuh persyaratan nunjukin sertifikat ospek.
Yg penting gak punya utang sks sm gak ada nilai E, trus bayar sekian aja udh bisa ikut sidang kok emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By alvetamra
Gak ikut ospek gak bisa sidang skripsi? Pfffttt emoticon-Leh Uga
Kalo ane pas mau daftar sidang skripsi bbrp waktu lalu gak ada tuh persyaratan nunjukin sertifikat ospek.
Yg penting gak punya utang sks sm gak ada nilai E, trus bayar sekian aja udh bisa ikut sidang kok emoticon-Big Grin


LOL yaiyalah :v
Masa mau lulus dihambat :v

ane bakal komen dengan panjang lebar, maka akan ane spoiler.
tulisan ane dapat menyebabkan diare, gangguan psikomotor, mulut kering, dan jantung berdebar, jika keluhan berlanjut hubungi dokter emoticon-Betty (S)

Spoiler for read at your own risk:
Quote:Original Posted By pabloo
Osjur gak papa sebenarnya asalkan tidak ada kegiatan yang aneh aneh
Apalagi kalo sampai kejadian ada korban
Peace...


Nah ini yg ane tekankan gan :v
Sesuai namanya dong, orientasi emoticon-Jempol
Gw miris aja ketika ngelihat osjur yg aneh2 pake dimarah laah :v