alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bb864732e2e60a128b4569/ajaib-gan-koran-di-jepang-ini-bisa-tumbuh-jadi-pohon
Ajaib Gan! Koran Di Jepang Ini Bisa Tumbuh Jadi Pohon
Negara jepang selalu membuat terobosan-terobosan baru yang unik dan bermanfaat. Kali ini Jepang kembali membuat sesuatu yang tidak pernah terpikir oleh Negara lain sebelumnya, yaitu sebuah Koran yang ramah lingkungan.


Adalah Manichi, Koran yang diterbitkan pertama kalinya pada tanggal 4 Mei 2015, bertepatan dengan “Hari Hijau” di Jepang, oleh salah satu perusahaan surat kabar nasional terkenal di Jepang, The Manichi Newspaper. Koran ini terbit dua kali dalam sehari dan diklaim dapat membantu program penghijauan serta mengurangi sampah karena dapat ditanam menjadi pohon.


Ajaib Gan! Koran Di Jepang Ini Bisa Tumbuh Jadi Pohon

Di Indonesia biasanya Koran bekas banyak dijadikan sebagai kertas pembungkus makanan, pembungkus paket maupun barang lainnya. Bahkan, ada juga orang yang membuangnya di tempat sampah begitu saja. Tapi Koran Manichi berbeda dari koran lainnya, Koran ini adalah “Koran Hijau”, yang berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat karna dapat didaur ulang menjadi tanama


Koran Manichi terbuat dari campuran kertas daur ulang, air dan bibit bunga atau tanaman. Koran ini bahkan sangat mudah untuk dibuat dirumah. Ketika selesai dibaca, Koran Manichi jangan dibuang, lebih baik koran tersebut disobek menjadi potongan kertas kertas kecil, kemudian disiram dengan air dan ditanam di tanah.


Tunggulah dalam beberapa minggu, anda akan dibuat takjub mendapati potongan kertas koran tersebut telah berubah menjadi tanaman atau pun bunga.

Ide yang sangat brilian ini mulanya digagas oleh Dentsu Inc, salah satu biro iklan terbesar diJepang yang bekerja sama dengan perusahaan The Manicihi Newspaper.
Koran Manichi merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk melindungi lingkungan, setelah sebelumnya mereka aktif melakukan kampanye donasi untuk orang-orang yang menderita kehausan karena kekurangan air. Perusahaan Manichi ini tidak hanya bertindak melalui informasi, tetapi juga dengan mencarikan solusi dari isu-isu global yang terjadi di seluruh dunia.

Ajaib Gan! Koran Di Jepang Ini Bisa Tumbuh Jadi Pohon

Program surat kabar hijau ini terbilang sangat sukses, hingga dapat dicetak lebih dari empat juta eksemplar di seluruh jepang dan memperoleh pendapatan sekitar 80 juta yen atau setara sekitar 9,5 Milyar rupiah.


Perusahaan surat kabar ikut melibatkan sekolah sekolah di jepang dengan memakai kertas Manichi, agar dapat meningkatkan kesadaran anak-anak tentang berbagai isu lingkungan dan mengajarkan kepada mereka akan pentingnya proses daur ulang.


Mendaur ulang kertas ternyata dapat mengurangi emisi gas C02 atau Gas Rumah Kaca penyebab pemanasan global, yang sebagian besar berasal dari pembuangan limbah tradisinal.

Melihat keberhasilan Koran Manichi di Jepang, baik dari segi penghasilan dan tujuan memelihara lingkungan, sudah selayaknya perusahaan perusahaan surat kabar di Indonesia juga mencontohnya dan turut memberikan kontribusi dalam hal upaya mewujudkan Negara Indonesia yang lebih sehat dan bersih.

Kalo Di Indonesia Korannya Bisa DiRongsokin Kok, Jadi Ga Merusak Lingkungan Juga emoticon-Jempol

SUMBER
klo cetak disini bisa jadi hutan baru tuh,, kebiasaan kita yg hoby buang sampah sembarangan menbantu buat ecosistem baru,, nanti ada slogan ayo buang dimana saja,,, hehehe
Inilah yang dibutuhkan indonesia emoticon-Cool
wih keren, tp sampah di indo kebyakan plastik kayanya
wow keren semoga aja cepet ada disni jadi nanti keman mana seger emoticon-Jempol
Berasa ripus emoticon-Bingung
ane ga yakin kalo diterapin di Indo bisa sukses. emoticon-Hansip
udh kaya maenan sd emoticon-Big Grin
masalahnya klo sistem ini diterapkan di indonesia, trs mau ditanam dimana ? emoticon-Bingung

jakarta aja uda rapet ama gedung2 emoticon-Hammer2
Widih keren
emoticon-Matabelo
Wah bagus ya bisa gtu, ramah lingkungan dong tuh
keren gan..
lebih keren lg kalo disiram jd uang.. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Harlequinz
masalahnya klo sistem ini diterapkan di indonesia, trs mau ditanam dimana ? emoticon-Bingung

jakarta aja uda rapet ama gedung2 emoticon-Hammer2


gedungnya digusur dulu baru bisa gan emoticon-Hammer2
Cari lahan yg g kepakai misal kalijodo emoticon-Hammer2
keren bgt gan
Duhh.. kalo sehari aja tuh koran diterbitkan sejuta eksemplar, dalam beberapa beberapa bulan kemudian bakal tumbuh ratusan juta tanaman baru tuh... keren euyy..emoticon-Cool
Hmm...

Ajaib Gan! Koran Di Jepang Ini Bisa Tumbuh Jadi Pohon
Setelah ditela'ah dg bijak disertai budi pekerti yg luhur serta filosofi tepo seliro...

da aku mah apa atuh, cuma selembar koran bekas buat bungkus gorengan
keren sekali ini.... mau tanam tinggal sobek koran terus di siram ke pot yang ada tanah.... emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Idenya sungguh luar biasa di sini mah demo mulu
Keren emoticon-Matabelo
waaa manstab emoticon-Matabelo
tp gambarnya ga muncul gan wkwk wkwk

Btw, mampir Gaan emoticon-Hai
Mari Mengenal Safety Products!