alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Kecewa Dengan Niagahoster. Aset Digital Lenyap Begitu Saja.
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58b5439c642eb68d3f8b456e/kecewa-dengan-niagahoster-aset-digital-lenyap-begitu-saja

Kecewa Dengan Niagahoster. Aset Digital Lenyap Begitu Saja.

Saat ini aset tidak hanya berupa fisik namun juga bisa berupa digital. Memiliki sebuah website saat ini sudah seakan menjadi keharusan bagi setiap bisnis yang dijalankan. Sebuah artikel dengan jumlah pengunjung yang banyak saat ini menjadi lebih penting daripada jumlah orang yang masuk ke toko anda. Dari pengunjung inilah mengapa sebuah website bisa dikatakan sebuah aset, karena dari pengunjung akan menjadi transaksi.

Saya memilih Niagahoster.co.id sebagai hosting saya dan ketiga domain saya yaitu fitnestips.com , livitcatering.com, dan fitme.co.id/website. Pada awalnya pelayanannya bagus. Jarang sekali berlangganan hosting di Niagahoster lalu servernya down. Justru hampir tidak pernah. Kalau ada masalah pun respon dengan tiket sangat cepat. Paling tidak ini hal positif dari Niagahoster emoticon-Smilie


Kecewa Dengan Niagahoster. Aset Digital Lenyap Begitu Saja.
Gambar 1. Akun hosting aktif

Kecewa Dengan Niagahoster. Aset Digital Lenyap Begitu Saja.
Gambar 2. Kedua domain lainnya.

Berikut kronologis kekecewaan saya akan Niagahoster.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

---------------

Patut disesalkan ketika saya menuntut kompensasi dari aset saya yang hilang Niaga menolak untuk melakukan ganti rugi dengan merujuk pada TOS yang dibuatnya. Padahal ini merupakan kesalahan sebuah sistem pembayaran bukan sistem crash atau pelanggaran keamanan yang saya lakukan. Yang berarti kesalahan ini dilakukan secara sadar dan hanya menimpa saya saja.

FYI, saya membangun fitnestips dari 2014 dimana sudah ada ratusan artikel dan saya membeli theme dengan harga yang tidak murah karena custom.

Disini saya hanya mengutarakan betapa kecewanya saya dengan Niagahoster dan tidak lagi menuntut kompensasi apapun. Saya hanya meminta akses kembali pada website saya mengingat hal tersebut penting bagi saya. Bagi anda sebelum membeli rumah hosting, baca terlebih dahulu TOS secara lengkap apa saja garansi yang diberikan. Lebih baik membayar lebih mahal daripada layanan yang tidak pasti.

Salam.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Tidak ada backupnya gan? Kalau kejadian kayak bgni sih bisa dituntut gan. Kejar trs.. blowup di forum lainnya jg, klu perlu di grup2 fb.
Quote:


Di TOS mereka ada statement yang bilang kehilangan data di jamin enggak ?
kalok enggak ada ya gak bisa nuntut . pas order pasti kan di minta centang setuju sama tos yang dibuat

lagipula backup web itu hal yang penting . sederhana , tapi sering di sepelekan dan bingung pas bener bener butuh emoticon-Malu (S)
atoooowwww..mungkin email providernya yg telaaaaaattttt kirim atau ...telatttt nerimaaa inboxnya emoticon-Wow
Quote:


Gak ada, tapi kehilangan data yang tidak ditanggung itu adalah seperti karena adanya system crash. Namun dikasus saya ini hosting dihapus secara sengaja karena dianggap belum membayar. Beda loh, dari statementnya
Risiko punya aset digital bisa hilang lenyap begitu saja dalam sekejap emoticon-Nohope

Tapi berani banget ya si vendor menghapus begitu saja dalam waktu yang relatif sebentar, biasanya suka ada term waktu yang cukup lama dari akun tsb di suspend hingga dihapuskan emoticon-Frown
ng... bukti pembayarannya?
follow up terus gan jgn sampe lepas, mereka melanggar TOS yg mereka buat sendiri.
Kalau terlambat bayar, konfirmasi pembayarannya ke Niagahoster.co.id seperti apa...? apa harus konvirmasi via emai latau apa...?
Tidak ada respon dari pihak Niaga Hoster ?

Mereka ada loh di Kaskus emoticon-Big Grin

Ngeri, ente nekat banget bro ngebangun aset website dari tahun 2014 tanpa backup data satu pun !

Lucu memang, ente sendiri mengatakan itu aset berharga, tapi ente gk melakukan yang namanya backup, padahal fitur backup itu mudah banget tinggal beberapa klik saja.

Pelajaran penting untuk semua.

Saya sendiri selalu lakukan Backup 1x dalam 1 Hari, bahkan setiap kali saya melakukan perubahan besar pada blog saya, termasuk update dan post artikel baru.

Seperti kata ente, Blog saya adalah Aset Digital saya emoticon-Smilie
Mereka bisa ngasih buktinya gak gan kalo emang hosting udah expired sebelum ente konfirmasi pembayaran? Dan pas hosting di suspend khan harusnya ente juga tau, soalnya biasanya di member areanya juga ada. Kurang komunikasi sama pihak hostingnya aja ini gan. Coba deh ditanyain lagi detailnya gimana kok masa aktif yang mereka bilang sama yang ada di profile ente beda. Pasti ada jalan keluarnya.

Kalo pengalaman ane pake Niagahoster sih gak ada masalah. Mereka juga bakal bantu kalo misal ada masalah. Jadi mending dikomunikasiin lagi aja gan. Kalo perlu lewat telp biar enak juga ngomongnya
Quote:


Terserah TS di mau backup atau ngga, mau dia claim itu data penting atau ngga.
Pada dasarnya disini TS komplain datanya dihapus padahal belum waktunya.
Keep discussion in context.
Quote:


Iya, justru keputusan untuk ngebackup sendiri atau tidak itu ada di tangan kita sendiri sebagai pemilik website, termasuk TS. Mungkin TS baru menyadari bahwa Website adalah Asset Digital sejak mengalami musibah itu, saya turut prihatin.

Saya lihat Website TS (Domian) ketika saya akses isinya kosong, saya paham rasanya gimana ngebangun semua dari awal lagi, sepertinya TS memang tidak memiliki backup sama sekali.

Dan benar, NiagaHoster aneh sekali langsung Terminate begitu saja tanpa menunggu tenggang waktu tertentu. Dan itu kesalahan sistem billing mereka.

Mestinya ini didiskusikan lebih lanjut, kasihan TS, biasanya perwakilan NiagaHoster aktif di Kaskus, tapi Thread ini luput dari pemanatauan mereka.

Bukankah seharusnya meski akun cPanel diterminate, Backup masih tersedia di Remote Server (NAS/SAN) ?

Ini perlu dipertanyakan bagaimana sistem backup di NiagaHoster.

Saya bersukur gk hosting disana, saya lebih memilih Provider yang ngasih fitur Time Machine Backup menggunakan R1Soft Backup.

Backup memang kewajiban Hoster, bahkan lebih tinggi daripada kewajiban pemilik Website, kenapa ?, karena Backup adalah termasuk dari layanan Hosting.

Salah satu faktor saya memilih layanan web hosting adalah tanggungjawab mereka terhadap backup data, ini penting sekali. Karena ada web hosting yang bertanggungjawab dengan menyimpan Backup kita di server khusus yang terpisah menggunakan R1Soft Backup, selain juga menyimpan Backup Data kita NAS.

Justru Backup itu harusnya termasuk mencover kemungkinan akun cPanel yang secara tidak sengaja diterminate, tapi ini ?
Diubah oleh luxm4n
Quote:


di cpanel kalau sudah di terminate berarti sudah ke hapus.
Kalau cuma mati doank websitenya tapi datanya masih ada, namanya suspend.

Quote:


System backup tiap provider beda2, pada umumnya mereka memang menyediakan backup tapi untuk internal usage.
Jadi kalau kita mau restore itu, basicaly kita under mercy mereka.

Ingat, mereka itu penyedia jasa hosting, kita cuma nyewa tempat untuk naruh file disana.
Nyewa tempat itu tidak selalu include system backup.

and baru kali ini denger time machine backup, ini khan product apple. Product apple mah jarang banget dipake buat server. Mahal emoticon-Hammer
Dan lagian time machine backup ditujukan untuk end consumer, bukan server grade emoticon-Hammer

Quote:


Btw background saya kebetulan tukang ketik program di mac, yang juga kebetulan punya, resell & handle server grade shared hosting sampai cloud engine. Jadi kebetulan sedikit tahu aturan maennya data centrenya & minta tolong jangan dibikin pusing sama jargon2 kerennya agan emoticon-linux2

And back to basic, basically TS disini complaint data di servernya hilang padahal belum waktunya.
Ga da urusan TS sudah backup itu file atau belum emoticon-linux2
Quote:


Saya tau kali gan emoticon-Big Grin


Quote:


Jangan salah, ada Web Hosting yang bertanggungjawab penuh pada Backup, bukan untuk keperluan internal, tapi sebagai Additional Service !

"Time Machine Backup" itu bahasa marketing gan, aslinya pakai R1Soft Backup, begini nih SS-nya:

Kecewa Dengan Niagahoster. Aset Digital Lenyap Begitu Saja.

Jadi itu Additional Sevice yang sudah include di paket hosting, gratis (bukan layanan tambahan yg mesti bayar lagi), bahkan untuk paket termurahnya 15rb/bulan saja dapat fitur itu.

Backup System itu bukan untuk Internal, mereka punya Backup Internal sendiri Daily Backup yang disimpan di NAS. Jadi ada 2x Backup, di R1Soft Backup, dan juga untuk kebutuhan internal backup mereka dan ini sama-sama daily backup.

Fitur ini disimpan di Server khusus, jadi jika Akun cPanel tidak sengaja Terminate, Backup masih aman, Daily Backup (Full, bukan Incremental) dan disimpan selama 2 Minggu di server tersebut sampai nanti mulai dari awal lagi Daily Backup.

Jadi Fitur "Time Machine Backup" ini untuk kita, kita bisa restore secara full atau beberapa file saja yang ingin kita restore, handle sendiri, gk perlu kontak support emoticon-Big Grin

Baru tau ya ?, senang bisa berbagi, keep calm ya bro emoticon-Big Grin

Oh ya, saya sudah chat tadi dengan technical support dari provider hosting yg saya pakai, dan saya kasih link thread ini, jawaban mereka "kami bertanggungjawab penuh jika kesalahannya ada di sisi sistem kami, dan backup tetap ada meski akun cPanel terminated sekalipun"


Jadi, di thread ini problemnya kenapa NiagaHoster kok terminate akun client sampe ke backup-backupnya, kejam banget emoticon-Big Grin

Quote:


Terserahlah gan emoticon-Big Grin

Saya cuma share saja, dan saya sudah jelaskan kan ?


Intinya, kita harus jeli, memilih provider web hosting yg ngasih backup cuma buat internal doang dan sifatnya "untung-untungan", ciri khasnya: "Backup diminta by request".

Karena ada provider web hosting shared yang ngasih layanan backup bukan untuk internal, tapi untuk user emoticon-Big Grin

BTW, background ane memang di IT gan, dan sempat bisnis hosting juga emoticon-Big Grin
Diubah oleh luxm4n
Quote:


cieh jargon baru gan "Time Machine Backup", bahasa marketing emoticon-Wakaka
Looks, kalo lo pinter, lo ngga bakal hosting dengan keyword shared hosting, cpanel...
saran gw mampir dulu ke forum programmer biar ngerti dilemma shared hosting dan peruntukkan untuk user model apa emoticon-Big Grin

gw udah handle server cost ribuan dollar per bulan, ini masi ngajarin system backup server belasan ribu per month emoticon-Wakaka
Quote:


Loh kok nyolot ?

yang ane maksud kan itu label yg diberikan provider web hosting tersebut, bukan produknya apple, karena provider hosting tersebut pakai R1Soft Backup yg mereka kasih label "Time Machine Backup", paham gk gan ?

gk perlu show off juga lah bro, ane gk peduli juga, ente bohong juga ane gk tau emoticon-Big Grin

ini tujuan diskusinya buat apa sih ?

kok malah ngejudge ane gitu ?, diskusi tuh buat cari ilmu gan, bukan buat ngejatuhin orang !

saya ngerti lah shared hosting itu gimana dan diperuntukan untuk user model apa.

dari awal, ane udh ngerasa ada yg aneh dengan lawan dikusi ane ini emoticon-Big Grin


Wah Pic Profilnya anime, ane maklum dah emoticon-Big Grin


yg kita bicarakan adalah Sistem Backup pada layanan Shared Hosting dan tanggungjawab mereka pada masalah macam ini yg kesalahan ada di sistem mereka, liat judul thread ini kan ?

Kecewa Dengan Niagahoster. Aset Digital Lenyap Begitu Saja.

tau itu logo R1Soft Backup ?

kalo gagal paham bilang dong gan emoticon-Big Grin

saya udh bilang kalo di provider lain ada backup yg gk cuma untuk kebutuhan internal, dan minta backup by request saja, karena itu lepas tanggungjawab namanya, ada provider yang menjadikan backup sebagai layanan dan itu ada hak client untuk manage, dan untuk kasus macam ini, mereka siap restore backup kalau terjadi kesalahan sistem yg menyebabkan account cpanel client diterminate.

kok malah show off gk karuan gitu ?

topic di thread ini adalah niagaHoster yang terminate account cpanel tapi gk bertanggungjawab, backup pun lenyap juga. Provider berkualitas gk bakal kayak gitu.

sedangkan ada provider web hosting yg meskipun account cpanel ditermintate, backup masih ada di server khusus.


Sudah ya, ane unsusbscribe nih thread, soalnya ane gk suka diskusi dengan orang sombong "menolak kebenaran dan meremehkan orang lain", gk ada untungnya, ente ada kepentingan apa sama pihak niagaHoster ? emoticon-Big Grin

Ane cuma share doang jadi diperpanjang gini, biasanya yg model begini masih bocah, minimal mentalnya yg masih bocah.


Kalo ngereply/ngomong gk bisa baik-baik, mending diam aja, case closed emoticon-Big Grin
Diubah oleh luxm4n
Quote:


Ngomong realita dibilang show off emoticon-Wkwkwk
selagi situ masi nanya kunci jawaban sama pihak hosting, wa udah sering ngurus server deployment ke cloud server emoticon-Nohope

Wa dah bilang diawal kita discuss kenapa pihak hosting menghapus file TS, ini malah merembet kenapa TS tidak backup lah emoticon-Nohope
ini TS udah puyeng kena kasus hosting hilang. Sekarang TS dapet bonus debat kita disini emoticon-Hammer
sorry ya TS emoticon-Angkat Beer

discuss kenapa TS ngga backup wa rasa tamat disini aja ya, kalau mau lanjut discuss server2an kita ke forum programmer aja emoticon-Ngacir
Quote:


udah sering ketemu orang kayak gini, ilmu ketinggian sampai gitu kelakuannya.
Quote:


yeah whatever, "time machine backup" emoticon-Ngacir
Halaman 1 dari 2
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di