alexa-tracking

Punya Banyak Manfaat, Mulai Biasakan Membaca

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58aa3456529a45ae2f8b4592/punya-banyak-manfaat-mulai-biasakan-membaca
Punya Banyak Manfaat, Mulai Biasakan Membaca
Punya Banyak Manfaat, Mulai Biasakan Membaca

Pepatah bilang, buku adalah jendela dunia. Sayangnya, minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah, dari 61 negara, Indonesia menempati peringkat 60 di dunia. Padahal, membaca buku punya segudang banyak.

Membaca bisa membuka wawasan untuk menerima berbagai hal atau informasi baru. Selain itu, juga akan menambah pengetahuan karena banyak informasi mengenai berbagai hal yang bisa kamu serap, seperti ilmu ekonomi, sosial, budaya, politik dan sebagainya.

Buku juga merupakan sumber inspirasi yang bisa memberimu ide-ide segar serta mampu merangsang mental untuk bekerja secara optimal agar otak makin cerdas dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik dan benar serta mencegah Alzheimer dan Demensia.

Melalui buku, kamu juga bisa perbendaharaan kosa kata. Jadi kamu bisa lebih percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Kamu juga bisa mengasah kemampuan berbahasa asing melalui buku-buku berbahasa asing. Kosa katamu juga akan semakin kaya.

Membaca juga menjadi kegiatan penyegaran yang murah. Misalnya membaca komik-komik atau novel. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa membaca dapat menekan perkembangan hormon stres. Hal penting lainnya, dengan membaca kamu bisa memilah berita bohong (hoax).

Di era digital, informasi dapat menyebar dengan cepat. Jadi, kamu harus pintar memilah informasi yang masuk. Salah satunya dengan memperkaya pengetahuan diri lewat membaca. Membaca juga bisa mengasah daya imaginasi dan membuatmu menjadi orang kreatif.

Daya ingat juga bisa meningkat dengan membaca. Karena kegiatan ini akan melatihmu mengingat, berkonsentrasi dan berpikir maksimal dibanding menonton TV atau mendengarkan radio. Meningkatnya konsentrasi tentu akan membuat kegiatan sehari-harimu lebih mudah selesai.

Daya analisis juga akan meningkat dengan membaca. Karena, otak akan dipacu lebih kritis melakukan analisis kala sedang membaca. Hal ini akan membantumu memecahkan permasalahan. Penurunan kognitif juga bisa dicegah dengan membaca.

Orang yang rajin baca buku 32% lebih lambat mengalami penurunan kognitif. Membaca juga bisa memcepat kurus karena bisa membuatmu lupa ngemil yang bikin mudah gemuk. Baca buku juga akan meningkatkan kemampuan memahami perasaan orang lain dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang-orang di sekitar kita.

Kamu juga bisa mengenal berbagai karakteristik manusia dengan baca buku sehingga lebih mudah menentukan bersikap di tempat dan lingkungan baru. Kreativitas juga turut meningkat bila kamu senang membaca.

Membaca juga bisa menjadi ajang mencari memotivasi. Sebab, banyak buku berisi pengalaman hidup tokoh-tokoh sukses yang memang berjuang dari bawah hingga sukses.

Bagaimana menurutmu?

Sumber : http://smart-money.co/lifestyle/puny...asakan-membaca