alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/589a92e3d44f9f63278b456b/netizen-indonesia-minat-baca-rendah-tapi-paling-cerewet-di-dunia
Poll: mana kebiasaan anda meReply, sebagai netizen?
REPLY AJA tanpa baca detail 0% (0 votes)
REPLY sesudah baca detail 36% (4 votes)
BACA SAJA tanpa reply 55% (6 votes)
BACA DAN REPLY 9% (1 votes)
..........(tidak baca dan tidak reply) 0% (0 votes)
Netizen Indonesia, Minat Baca Rendah Tapi Paling Cerewet di Dunia!
Saya sudah bertahun-tahun jadi pegiat literasi, dan sudah keliling ke berbagai daerah di Indonesia untuk kampanyekan budaya baca.

Terakhir saya juga pernah menjangkau di wilayah perbatasan laut China Selatan, tepatnya di daerah Kepualauan Anambas di wilayah Tarempa dan Palmatak.

Saat itu awalnya penduduk disana khususnya anak-anak dari beberapa data, disebutkan jika minat bacanya rendah, namun begitu kami sediakan buku-buku bacaan yang sesuai dengan minat mereka, secara mengejutkan justru baru beberapa hari buku yang kami bawa habis dipinjam anak-anak disana.

Bahkan yang membuat saya “terharu”, begitu antusiasnya minat baca anak-anak disana, sampai-sampai beberapa orang tua, datang ke basecamp saya dengan anak-anak mereka yang menangis dan kemudian memarahi saya karena anak mereka tidak kebagian buku.

Saat itu saya beranggapan bahwa sebenarnya minat baca anak-anak disana sangat tinggi, namun masalahnya terletak pada kurangnya fasilitas buku-buku, yang disesuaikan dengan minat para siswa sehingga ada kesan bahwa minat baca mereka rendah.

Sekarang, setelah saya beberapa lama tidak terjun langsung ke lapangan, dan memang saya fokus untuk berjuang melalui tulisan di duniaperpustakaan.com, saya agak terkejut ketika kemarin membaca tulisan dari seorang netizen, yang membuat tulisan dengan menyatakan “Minat Baca Rendah tapi Cerewet Banget!”

Kemudian saya juga sudah membuat tulisan di portal duniaperpustakaan.com yang saya kelola, untuk menelusuri kebenaran atas informasi yang netizen sebutkan itu.


Netizen Indonesia, Minat Baca Rendah Tapi Paling Cerewet di Dunia!

Netizen tersebut memunculkan beberapa data dengan menyebutkanya sebagai berikut,

“Menurut UNESCO, minat baca orang Indonesia hanya 0,001! Indonesia berada di urutan ke-2 dari bawah dalam hal keliterasian dunia, di bawah Botswana.

Tapi lebih dari 60 juta penduduk Indonesia punya gadget, yang menjadikan Indonesia urutan ke-5 terbanyak dalam hal kepemilikan smartphone.

Namun yang menarik, meski minat baca rendah, tapi dalam hal “kecerewetan” di sosial media, penduduk Indonesia berada di urutan ke-5 sebagai negara paling cerewet di dunia. Sedangkan Jakarta adalah kota paling cerewet di dunia maya karena setiap detik ada 15 tweet.

Dari data dan fakta diatas, anda bisa membayangkan, Tidak suka baca tapi bisa jadi penduduk paling cerewet? Jadi jangan heran jika negara Indonesia menjadi konsumen yang empuk untuk info provokasi, hoax dan Fitnah!

Apakah anda termasuk konsumen dari info-info hoax tersebut, atau justru yang paling sering like dan share hoax tersebut?”

Dari tulisan tersebut diatas, mari kita buktikan, apakah data-data yang disebut diatas hoax, fitnah, atau hanya karangan tanpa dasar yang jelas?

Terkait dengan penyebutan bahwa “Indonesia berada di urutan ke-2 dari bawah dalam hal keliterasian dunia, di bawah Botswana.”

Pada bulan Agustus 2016 yang lalu, saya juga sudah mempublikasikan terkait data tersebut melalui tulisan di duniaperpustakaan.com berjudul “Miris! Minat Baca Indonesia Diurutan ke 60 dari 61 Negara!“. Pemberitaan tersebut kami kutip dari sumber terpercaya.


Netizen Indonesia, Minat Baca Rendah Tapi Paling Cerewet di Dunia!

Dan terkait dengan data bahwa Jakarta adalah kota dengan jumlah tweet terbanyak di dunia itu juga benar adanya. Data tersebut diambil dari semiocast.com, dimana website tersebut memang mendata terkait aktivitas sosial media termasuk twitter. Berikut ini datanya,

Dengan melihat data dan fakta tersebut diatas, saya memang tidak bisa memastikan bahwa penyebab dari banyaknya HOAX, dan diperparah dengan banyaknya perilaku netizen Indonesia yang begitu mudah share berita hoax, diakibatkan karena minat baca mereka rendah.

Namun saya hanya berpesan, dari data yang ada tersebut diatas, harusnya sudah saatnya kita semua bercermin, jika memang buku yang kita baca sedikit yang itu bisa diartikan ilmu kita belum banyak, mohon dalam berbicara di internet itu haruslah lebih berhati-hati.

Kondisi netizen kita hari ini, lihatlah lihat FAKTA di timline facebook atau twitter anda, begitu mudah mereka like share dan tulisan tanpa cek dan ricek kebenaranya.

Asal beritanya menjelek-jelekan kelompok atau tokoh lain yang dibencinya, maka tanpa perlu cek kebenaranya, mereka langsung like dan share disertai dengan umpatan dan kalimat provokasi.

Ironisnya lagi, terkadang itu dilakukan oleh mereka-mereka yang katanya orang terpelajar dan berilmu.

Bisa dibayangkan bagaimana dengan mereka-mereka yang sudah ilmunya masih minim, malas baca buku, malas menelusuri benar tidaknya informasi, sudah pasti mereka akan asal like dan share informasi yang belum tentu benar, provokasi, dan memecahbelah NKRI.

Ingatlah pepatah lama bahwa, Tong Kosong Nyaring Bunyinya. Atau pepatah lain juga sudah kita BACA dan pelajari sejak SD tentang Ilmu Padi, Semakin Banyak ISInya, semakin MERUNDUK, yang bisa diartikan bahwa semakin banyak ilmu seseorang, biasanya mereka semakin merendah dan merasa semakin banyak ilmu yang belum DIBACA [diketahui].

Saya juga menekankan bahwa, “cerewet” di sosial media saya pikir tidak saya persoalkan selama “kecerewetanya” itu dengan menyebarkan informasi yang BENAR dan bermanfaat, serta bisa dipertanggungjawabkan dunia akhirat, dengan bahasa yang santun dan dengan akhlaq yang baik.

Namun jika sampai “kecerewetan” netizen Indonesia didominasi oleh kecerewetan yang NEGATIF, apakah kita tidak malu jadi tertawaan dan hinaan bangsa lain dengan sebutan, “SUDAH MINAT BACA BUKU RENDAH, TAPI PALING CEREWET DI DUNIA!” **

http://aribicara.blogdetik.com/2017/...181.1486524322

Sebenarnya bukannya netizen kita Kurang baca, tapi cerewet tapi :
1.Biasanya satu netizen itu pegang beberapa akun.Orangnya itu2 aja terkesan jarang baca.
2.Boro2 bisa baca yang ada seperti di bawah ini :
Netizen Indonesia, Minat Baca Rendah Tapi Paling Cerewet di Dunia!
bisanya juga cuma baca nggak disimak,balas seadanya dan CEREWET...itu pasti
soalnya hanya netizen di Indonesia, yang bisa dibayar Nasi Bungkus untuk setiap kali postingan Twitwar,... panasbung khan cari makan lewat sono..
Quote:Original Posted By radarutama
soalnya hanya netizen di Indonesia, yang bisa dibayar Nasi Bungkus untuk setiap kali postingan Twitwar,... panasbung khan cari makan lewat sono..


panasbung siapa bro? sekarang sudah 2017 presiden amrik juga sudah trump bukan obama.

jadul lo bro hahaha coba hirup udara segar di luar
Quote:Original Posted By radarutama
soalnya hanya netizen di Indonesia, yang bisa dibayar Nasi Bungkus untuk setiap kali postingan Twitwar,... panasbung khan cari makan lewat sono..


curhat pengalaman pribadi ya om....? kwkkwkwwkwk,




ssstttt.... kagak boleh marah, kalau marah berarti bener....kwkwkwkkw
i dont read what i signemoticon-shakehand
Quote:Original Posted By jfun790
i dont read what i signemoticon-shakehand


yang penting sign aja, cerewet no satu emoticon-No Hope
[/quote]Netizen Indonesia, Minat Baca Rendah Tapi Paling Cerewet di Dunia!
[/quote]

Njir....
yah kita tau sendiri yg demen bwt viral darmn emoticon-Ngakak (S)
itu karena sifat sosial orang indonesia masih kental bray, mangkanya ampir disemua medsos orang kita jadi nyampah, punya sendal baru ajah kan diupdate biar keluarga skalian pamer ke temen2 emoticon-Big Grin
kebanyakan netijen kita kemakan hoax
asal baca terus ditelan mentah2 tanpa cek dan ricek.
tapi seenggaknya baca-baca pengetahuan sekarang bisa lewat internet yakan. halah temen saya juga gapernah baca penhetahuan sih, tiap ada waktu lenggang buka bbm doangan emoticon-Ngakak
ane ga mainan twitter, yang doyan ngecuit cuma alay sama si mantan emoticon-Ngacir
kapan maju nih Indo? kelihatannya malah mundur.

emoticon-Traveller
nasbung wajib baca nih, emoticon-Leh Uga
Bukan nastaik saja yang tidak baca berita, nasbungtaik juga kadang kadang
artike TS bagus.....

tapi alangkah lebih baik ga perlu nambah2 nastak nasbung klo memang mo netral,
dan klo memang tujuan ente murni bagi2 ilmu + nambah wawasan........emoticon-Smilie




emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Bawah ane gak kalah cerewet kyk emak" emoticon-Takut
ngeri amat ya presentasi minat bacanya ..
karena kecederungan orang sekarang pegangnya hp apa ya TS ?.
gue dulu sering baca koran (alm. paman gue langganan soal.nya emoticon-Hammer (S) ) tapi sekarang gue sering baca berita ya hp , jarang beli buku juga ..
emoticon-Ultah



Netizen yah.. Ngga heran kok.. emoticon-Traveller