- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
Refund Bukalapak Bermasalah


TS
epJay
Refund Bukalapak Bermasalah
Spoiler for spoiler:
Ane ingin menyampaikan keluhan ane terkait transaksi ane di Bukalapak yang berujung refund dana pembelian yang tidak dikirim ke saldo bukadompet ane.
Kronolgis kejadian ialah seperti berikut,
Ane membeli Samsung Galaxy S6 Edge via bukalapak app, seperti biasanya ane pun membayar transaksi tersebut melalui transfer via ATM, dan dana sudah di terima bukalapak pada tgl 28 Januari 2017 pkl 20.47, dengan nomor transaksi 170350527934.
Pada aplikasi juga tertulis informasi terkait pengembalian dana (refund) jika barang tidak dikirim pelapak sampai dengan 31 Januari 2017 pkl 23.59
Sehari kemudian, tgl 29 Januari 2017, ane dapat sms dari nomor tak dikenal, memberikan link mencurigakan, cekorderSENSOR, cekpesananbukalapk.com, dll
Kurang lebih ada 2 nomor yang mebghubungi saya via sms, saya coba klik link tersebut ternyata muncul tampilan yang menyerupai home bukalapak, tp berisi kolom untuk diisi, yaitu user, password, email dan nomor telepon, karena ane curiga maka tidak ane isi, ane abaikan begitu saja.
Ane buka aplikasi bukalapak, ternyata pelapak mengirimkan pesan yg isinya dia sudah mengirim link via sms untuk cek orderan, yang ane heran, darimana pelapak bisa tau nomor hp ane, ane merasa privacy di bukalapak tidak terjaga dengan baik kalau demikian.
Selain mengirimkan sms, nomor nomor peniputersebut juga menghubungi ane via WA, meminta ane untuk segera cek orderan di website palsu tersebut. Dengan sedikit memaksa bahwa orderan sudah dikirim tp untuk memastikannya kita harus ngecek via link mencurigakan itu.
Lagi lagi ane gak ikutin permintaan si penipu, ane makin yakin kalau ini penipuan, alhasil ane menunggu saja dana ane direfund setelah pelapak tidak mengirimkan barang, sesuai dengan informasi dari bukalapak, bila pelapak tidak mengirimkan barang hingga 31 Januari 2017, maka dana akan direfund ke saldo bukadompet.
Tanggal 1 Februari 2017, ane belum mendapatkan dana refund ke saldo bukadompet ane, ane pikir mungkin lagi proses, dan ane tunggu selama 1 x 24 jam.
Tanggal 2 Februari 2017, ane juga belum mendapatkan dana refund di saldo bukadompet ane, ane mulai heran, biasanya ketika transaksi batal, dana bisa segera dikembalikan, tapi tidak dengan transaksi 170350527934
Ane cek di aplikasi dan juga website ternyata status transaksi ane belum berubah, dari dibayar menjadi dikembalikan
Ane mulai hubungi bukalapak via email ke [email]cs@SENSOR[/email]
Kemudian direspon untuk melakukan pengaduan ke link website bukalapak untuk pengaduan atau semacamnya,
Ane ikuti prosedurnya, ane isi kolom pengaduan dan data yang mereka minta.
Sekarang, sampai hari ini tanggal 3 Februari 2017, refund di saldo bukadompet saya juga belum diterima, jangan kan dana refund, kejelasan mengenai transaksi ini juga tidak ada, tidak ada informasi dari tim bukalapak, baik dari email mau pun telpon/sms.
Lantas uang saya ini kemana? Diteruskan ke pelapak/penipu, tidak.
Dikebalikan ke saya/buyer, juga tidak.
Mohon segera diproses pengembalian dananya, karena jumlah nominal yang tidak sedikit, saya mengalami kerugian baik dana mau pun waktu.
Saya sangat kecewa dengan bukalapak karena kejadian ini, transaksi dengan penipu, nomor hp bocor ke penipu, membuat potensi pembeli yg tidak waspada tertipu, dana yang tidak kunjung dikembalikan, hingga status transaksi yang tidak jelas.
Ini ialah pengalaman buruk saya selama bertransaksi online. Apakah bukalapak sudah tidak lagi aman dan terpercaya?
Saya tidak tahu harus mengadu kemana lagi, karena baik via email, mau pun website resminya pun, keluhan saya tidak ditanggapi.
Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak, baik untuk para pembeli, mau pun bukalapak.
Kronolgis kejadian ialah seperti berikut,
Ane membeli Samsung Galaxy S6 Edge via bukalapak app, seperti biasanya ane pun membayar transaksi tersebut melalui transfer via ATM, dan dana sudah di terima bukalapak pada tgl 28 Januari 2017 pkl 20.47, dengan nomor transaksi 170350527934.
Pada aplikasi juga tertulis informasi terkait pengembalian dana (refund) jika barang tidak dikirim pelapak sampai dengan 31 Januari 2017 pkl 23.59
Sehari kemudian, tgl 29 Januari 2017, ane dapat sms dari nomor tak dikenal, memberikan link mencurigakan, cekorderSENSOR, cekpesananbukalapk.com, dll
Kurang lebih ada 2 nomor yang mebghubungi saya via sms, saya coba klik link tersebut ternyata muncul tampilan yang menyerupai home bukalapak, tp berisi kolom untuk diisi, yaitu user, password, email dan nomor telepon, karena ane curiga maka tidak ane isi, ane abaikan begitu saja.
Ane buka aplikasi bukalapak, ternyata pelapak mengirimkan pesan yg isinya dia sudah mengirim link via sms untuk cek orderan, yang ane heran, darimana pelapak bisa tau nomor hp ane, ane merasa privacy di bukalapak tidak terjaga dengan baik kalau demikian.
Selain mengirimkan sms, nomor nomor peniputersebut juga menghubungi ane via WA, meminta ane untuk segera cek orderan di website palsu tersebut. Dengan sedikit memaksa bahwa orderan sudah dikirim tp untuk memastikannya kita harus ngecek via link mencurigakan itu.
Lagi lagi ane gak ikutin permintaan si penipu, ane makin yakin kalau ini penipuan, alhasil ane menunggu saja dana ane direfund setelah pelapak tidak mengirimkan barang, sesuai dengan informasi dari bukalapak, bila pelapak tidak mengirimkan barang hingga 31 Januari 2017, maka dana akan direfund ke saldo bukadompet.
Tanggal 1 Februari 2017, ane belum mendapatkan dana refund ke saldo bukadompet ane, ane pikir mungkin lagi proses, dan ane tunggu selama 1 x 24 jam.
Tanggal 2 Februari 2017, ane juga belum mendapatkan dana refund di saldo bukadompet ane, ane mulai heran, biasanya ketika transaksi batal, dana bisa segera dikembalikan, tapi tidak dengan transaksi 170350527934
Ane cek di aplikasi dan juga website ternyata status transaksi ane belum berubah, dari dibayar menjadi dikembalikan
Ane mulai hubungi bukalapak via email ke [email]cs@SENSOR[/email]
Kemudian direspon untuk melakukan pengaduan ke link website bukalapak untuk pengaduan atau semacamnya,
Ane ikuti prosedurnya, ane isi kolom pengaduan dan data yang mereka minta.
Sekarang, sampai hari ini tanggal 3 Februari 2017, refund di saldo bukadompet saya juga belum diterima, jangan kan dana refund, kejelasan mengenai transaksi ini juga tidak ada, tidak ada informasi dari tim bukalapak, baik dari email mau pun telpon/sms.
Lantas uang saya ini kemana? Diteruskan ke pelapak/penipu, tidak.
Dikebalikan ke saya/buyer, juga tidak.
Mohon segera diproses pengembalian dananya, karena jumlah nominal yang tidak sedikit, saya mengalami kerugian baik dana mau pun waktu.
Saya sangat kecewa dengan bukalapak karena kejadian ini, transaksi dengan penipu, nomor hp bocor ke penipu, membuat potensi pembeli yg tidak waspada tertipu, dana yang tidak kunjung dikembalikan, hingga status transaksi yang tidak jelas.
Ini ialah pengalaman buruk saya selama bertransaksi online. Apakah bukalapak sudah tidak lagi aman dan terpercaya?
Saya tidak tahu harus mengadu kemana lagi, karena baik via email, mau pun website resminya pun, keluhan saya tidak ditanggapi.
Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak, baik untuk para pembeli, mau pun bukalapak.
UPDATE :
Alhamdulillah akhirnya dana sudah dapat dicairkan ke rekening ane.
Terima kasih atas bantuan dan informasinya warga kaskus sekalian

Diubah oleh epJay 03-02-2017 09:39
0
7.3K
Kutip
22
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan