alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5893e69d98e31b321d8b456b/sejarah-sosis
icon-hot-thread
Sejarah Sosis
Kata sosis berasal dari kata dalam bahasa Latin “Salsus”, yang berarti diasinkan atau diawetkan. Jaman dahulu, dimana mesin pendingin belum ditemukan untuk mengawetkan daging, maka pembuatan sosis menjadi salah satu alternatif.Bila kita mendengar kata sosis, mungkin kita sudah terbayang bentuk yg panjang dan bulat.. yup, gak salah, pengertian simple dan umum itu hampir sama dengan yg dikemukakan oleh Bpk Soeparno, Sosis merupakan salah satu produk olahan daging yang dibuat dari daging yang dicacah, dibumbui serta dibungkus dalam casing menjadi bentuk silinder yang simetris (Soeparno,1994).

Sejarah Sosis

Sosis adalah Olahan daging yg dicacah, dibumbui dan dibungkus ?, untuk apa ?, repot repot sampe sebegitunya, anyak unyuk gedubrakan bikin makanan gak jelas. kurang kerjaan aja. Toh daging yang dibumbuipun sudah menghasilkan rasa yg enak kok. aneh banget.

Ternyata awal pemikiran dari pembuatan sosis ini adalah untuk persiapan paceklik, persiapan musim dingin dan agar daging pada saat kuantitas yang banyak bisa disimpan lebih lama.

Sejarah
Seperti sosis yang dalam bahasa latinnnya adalah "salsus" yang artinya adalah diawetkan. menurut catatan sejarah, yaitu dokumen yunani 500 SM, bangsa sumaria (Irak) sekitar 300 SM, adalah bangsa yang pertama kali membuat sosis. Mereka mempunyai ide ini dikarenakan untuk mempersiapkan masa paceklik dan musim dingin yang berkepanjangan, maka dari itu makanan berlebih terutama daging yang mereka punya bisa diawetkan. Dengan pemikiran seperti itulah maka sosis yang notabene makanan siap saji ini tercipta.

Ternyata orang yunani kuno pun sudah mengenal sosis, walaupun waktu itu bukan sosis, tapi orya, dari kisah odyssey karangan homerus yang hidup 29 atau 28 abad yang laluorang yunani kemudian dikalahkan orang romawi bangsa penakluk ini pun sangan menyukai sosis. mereka menyebutnya salsus (artinya di asin) dari itulah asalnya kata sausage dalam bahasa inggris saucijs dalam bahasa belanda.

Kumpeni membawa saucjis ke indonesia,dan melafalkanya "sosis". di erpoa mulanya sosis dibuat besar besar, bisa lebih besar dari lengan orang dewasa. kemudian mereka membuat sosis dari berbagai ukuran, ada yang dibuat dari daging sapi, babi , unggas, ikan dan sebagainua ada yang dicamputi tepung, sereal, dan sebagainya. rempah rempahnya dan cara mengolahnya berbeda beda . sosis nya dijual mentah, ada yang direbus dulu

karena banya macamnya sosis pun diberi nama ada yang berdasarkan tempat asalnya , ada pula berdasarkan bentuk bahan dan cara memasaknya. frankfurter adalah sosis aasap yang mulai diperkenalkan di frankfurt, jerman , wiener adalah salah satu sosis yang mulai di wina austria dan bologna berasa dari kota sama di italia, salami sosis yang buat di asami.

Sosis Berdasarkan Cara Memasaknya
Untuk hari ini, sosis sudah sangat mendunia, salah satu contohnya adalah negara Jerman. Dinegara ini sosis menjadi bahan makanan pokok yang setiap hari dimakan. Lebih dari 1200 jenis sosis ada disana, berikut ini adalah jenis jenis sosis,
berdasarkan cara memasaknya :
- Cooked Sausage, dibuat dari daging segar yang dimasak / direbus. Sosis ini biasanya dimakan segera setelah dimasak atau apabila disimpan maka dipanaskan sebelum dimakan. Contoh sosis jenis ini adalah sosis Veal, Braunschweiger.
- Cooked Smoked Sausages, mirip Cooked Sausage, tetapi setelah direbus maka sosis diasap atau diasap baru kemudian direbus. Sosis jenis ini dapat dimakan panas atau dingin, tetapi disimpan dilemari pendingin, Contohnya Wiener, Kielbasa atau Bologna.
- Fresh Sausage, dibuat dari daging yang belum mengalami pelayuan. Sosis jenis ini harus didinginkan dan dimasak sebelum dimakan. Contohnya Fresh Beef sausage
- Fresh Smoke Sausage adalah Fresh Sausage yang diasap. Sosis ini juga harus didinginkan dan dimasak sebelum dimakan. Contohnya Mettwurst.
- Dry sausage, adalah Fresh sausage yang dikeringkan.Sosis jenis ini biasanya dimakan dalam kondisi dingin dan didiamkan dalam jangka waktu lama.

Dan dengan berjalannya waktu, sosis sudah sangat termodifikasi sekali dengan daerah setempat, dimulai dengan rasanya yg disesuaikan, bentuk, texture, bahkan sudah ada sosis yang bahan baku dari kacangan, tahu, tempe dll, sosis vege sepertinya.

Sumber :
https://heartframe.wordpress.com/tag...sejarah-sosis/
http://menulezatsosis.blogspot.co.id...rah-sosis.html
http://ilmuakses.blogspot.co.id/2014...ula-sosis.html
pokonya sosis itu besar dan panjang emoticon-army
bawah ane suka ngemut sosisnya atas ane emoticon-Cool
Soami takut isteri ya emoticon-Wow
napa yah, kalo liat sosis ane slalu ingat gilanya film sausage party. emoticon-Hammer2
ada yg udh prnh nntn? emoticon-Leh Uga
Bawah ane suka ngemut sosis atas ane emoticon-Leh Uga
ayo mpeng kita lanjut cari kang cendol emoticon-Ngacir emoticon-Traveller
Atas ane hunter sosis berdaki...
Tinggal lep...
Tinggal lep...
Tinggal lep...
emoticon-Ngakak
tinggal lep ... emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By luthfiyedu20
napa yah, kalo liat sosis ane slalu ingat gilanya film sausage party. emoticon-Hammer2
ada yg udh prnh nntn? emoticon-Leh Uga


Sosis + roti =...
Pelem ngaco itu emoticon-Najis
Quote:Original Posted By gobadchan


Sosis + roti =...
Pelem ngaco itu emoticon-Najis


emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
selamat bre udh nntn.
we're something called as cartoon .-Mr.gum a.k.a Stephen Hawking. emoticon-Hammer2
ane ga demen sosis bray
bentar bentar, ane jadiin HT dulu deh emoticon-Ngacir
di hap bre emoticon-Ngakak
jadi laper nih liat gambarnya doang padahal, sosis bakar
mana nih yg laen, ane habisin loh pejwannya emoticon-Cool
ah sepii..
balik lagi nungguin tebak skor deh emoticon-Traveller
woohh ada sejarahnya yak umz emoticon-Matabelo
Sejarah visang ada gak bre? emoticon-Leh Uga


ayo mpeng kita lanjut cari kang barcen emoticon-Ngacir emoticon-Traveller
makan sosis jadi bisa main bola kaya andik gak
gak doyan bree
korban Tusbol ke sebelah

GEMBOKED!!
×