alexa-tracking

Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5882954cc0cb1757668b4569/kenapa-tidak-terjadi-gerhana-bulan-dan-gerhana-matahari-setiap-bulan
Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?
Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

Gerhana Bulan dan Matahari

sebelum masuk ke bahasan, proses gerhana terjadi apabila

- sinar matahari yang menuju ke bulan untuk dipantulkan terhalang oleh bumi (sehingga terjadi gerhana bulan saat bulan purnama.. catatan: gerhana bulan hanya terjadi saat bulan purnama saja).

- atau sinar matahari yang dilihat dari bumi terhalang oleh bulan (gerhana matahari).

Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?
posisi umbra dan penumbra saat gerhana bulan

pada terjadinya gerhana ada bayang-bayang inti (sempurna) yang berada di bagian tengah sangat gelap seperti bentuk kerucut yang disebut umbra.

pada bagian lain juga akan terbentuk daerah bayang-bayang kabur yang disebut penumbra.

sederhananya baik gerhana matahari maupun bulan biisa terjadi sebab adanya gerakan bulan mengorbit/ memutari bumi dalam bentuk elips sehingga ketika gerakan tersebut memblok sinar matahari ke bumi terjadilah gerhana matahari .. saat lain dalam gerakan berputarnya gantian sinar matahari yang ke bulan yang kena blok bumi hingga terjadi gerhana bulan.

Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

nah masalahnya .. ternyata setiap bulan ada 2 X posisi matahari, bumi dan bulan sejajar, yaitu pada posisi 1 dan 5.

posisi 1 ialah saat bulan baru/ bulan mati dimana saat malam bulan nyaris tak nampak dari bumi (ini bukan gerhana) sebab saat itu yang mendapat cahaya matahari adalah far side of the moon sedangkan bagian yang selalu menghadap ke bumi enggak terkena cahaya.

sdangkan posisi 5 adalah saat bulan purnama ketika bagian bulan yang selalu menghadap ke bumi mendapat cahaya full dari matahari sehingga terlihat bulat sempurna dari bumi.

kalau begitu mengapa saat bumi, bulan dan matahari sejajar tidak terjadi gerhana, kan seharusnya tiap bulan terjadi 2 X gerhana, 1 gerhana matahari dan 1 gerhana bulan.

Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

jawabannya sebenarnya cukup sedehana, gerhana tidak terjadi setiap bulan karena orbit bulan mengelilingi bumi enggak elips lurus tapi ada kemiringan 5 derajat.

gara gara kemiringan orbit bulan tersebutlah maka jarang terjadi kesejajaran sempurna antara bumi, bulan dan matahari.

meskipun begitu gerhana bisa terjadi 4 X hingga 7 X dalam setahun, beberapa adalah gerhana matahari dan beberapa yang lain adalah gerhana bulan yang bisa dilihat hanya dari lokasi tertentu.

sebagai info tambahan gerhana matahari berlansung lebih singkat daripada gerhana bulan, gerhana bulan bisa berlangsung sampai 3 jam lebih sedangkan gerhana matahari berlangsung kurang dari 10 menit .dikarenakan ukuran bulan lebih kecil dari bumi, sehingga akan lebih cepat keluar dari bayang-bayang bulan.

dari:

https://spektrumku.wordpress.com/200...ri-atau-bulan/

http://earthsky.org/space/why-isnt-t...very-full-moon

http://www.softilmu.com/2015/10/Peng...na-Adalah.html



emoticon-Ngacir
Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

Berbagai Jenis Gerhana Matahari dan Bulan

MACAM MACAM GERHANA DAN PROSES TERJADINYA
Secara garis besar gerhana terbagi menjadi 2, yaitu gerhana matahari dan gerhana bulan.

Gerhana Marahari:

Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

1. Gerhana Matahari Total
Gerhana ini terjadi ketika sinar matahari yang menuju bumi terhalang sepenuhnya oleh bayang-bayang bulan. Pada saat itu kedudukan bumi, bulan dan matahari berada pada satu garis lurus. Kondisi seperti ini pastinya sangat jarang terjadi. Mungkin seseorang hanya dapat menyaksikan gerhana ini sekali dalam hidupnya. Walaupun jarang terjadi, jangan memaksakan diri melihat gerhana ini dengan mata telanjang. Karena hal itu sangat berbahaya. Kita bisa melihatnya dengan pengamanan alat khusus ataupun melalui rekaman.

2. Gerhana Matahari Sebagian
Gerhana matahari sebagian terjadi sinar matahari menuju bumi tertutupi oleh bayang-bayang penumbra bulan. Saat gerhana ini berlangsung, akan terlihat sebagian dari cakram matahari tertutup oleh cakram bulan.

3. Gerhana Matahari Cincin
Gerhana ini terjadi ketika bumi mengalami lanjutan umbra bulan yaitu ketika bulan berada pada titik terjauh dari bumi. Gerhana ini dapat ditandai dengan adanya garis cahaya membentuk lingkaran cincin yang memiliki lubang hitam ditengahnya.

4. Gerhana matahari hibrida
Gerhana hibrida bergerak antara gerhana total dan cincin. Saat titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.

Gerhana Bulan:

Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

1. Gerhana Bulan Total
Gerhana bulan total terjadi terjadi jika bulan tepat berada pada bayangan umbra bumi. ketika hanya sebagian bulan yang masuk ke umbra, maka yang terjadi adalah gerhana sebagian. Saat ini terjadi, bulan terlihat seperti sabit tebal yang kemudian menipis seiring dengan semakin banyaknya bagian bulan yang masuk ke umbra bumi. Menjelang gerhana bulan total terjadi, yaitu ketika sebagian besar bulan sudah masuk ke umbra bumi, bagian umbra yang tadinya gelap akan tampak memerah. Begitu pula ketika bulan sudah masuk seluruhnya ke dalam umbra, bulan juga akan tampak memerah dan bukannya gelap total. Warna kemerahan tersebut berasal dari cahaya Matahari yang masih diteruskan oleh atmosfer Bumi. Atmosfer Bumi menyebabkan langit siang hari menjadi biru dan langit fajar/senja menjadi merah karena efek hamburan Rayleigh. Ketika fajar/senja lintasan cahaya Matahari di atmosfer lebih besar karena posisi matahari hampir sejajar dengan horizon. Pada saat itu, cahaya biru dari matahari dihamburkan oleh partikel di atmosfer, sedangkan cahaya merah diteruskan. Akibatnya hanya cahaya merah saja yang terlihat.

2. Gerhana Bulan Sebagian
Gerhana bulan sebagian terjadi jika sebagian bulan berada pada bayangan umbra bumi dan sebagian lagi berada pada penumbra bumi. Pada saat ini terjadi permukaaan bulan akan terlihat gelap dan memerah, sedangkan sebagian lagi akan tampak normal.


3. Gerhana Bulan Penumbra
Gerhana bulan penumbra terjadi ketika bulan tepat berada di bayangan penumbra bumi. Pada saat itu, bulan hanya akan tampak berkurang kecemerlangannya atau sedikit redup dari biasanya. Perubahan ini biasanya sulit dideteksi dengan mata dan hanya bisa diukur dengan alat khusus.

artikel pics asli lengkap di http://www.softilmu.com/2015/10/Peng...na-Adalah.html



emoticon-Ngacir

Jadwal Gerhana Tahun 2017

Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

Jadwal Gerhana Tahun 2017

Fenomena Gerhana merupakan fenomena astronomis yang paling banyak diminati oleh masyarakat seluruh dunia, karena keindahannya baik gerhana bulan/gerhana matahari. Bahkan banyak para pemburu gerhana matahari khususnya mengejar gerhana setiap tahunnya diberbagai belahan dunia yang dilintasinya agar tidak kelewatan untuk menyaksikan fenomena yang indah ini. Dinamisnya pergerakan objek langit membuat fenomena gerhana ini bisa dipredisiki jauh-jauh hari sebelum peristiwa itu terjadi. Berikut kami tampilkan jadwal gerhana baik Matahari/Bulan ditahun 2017, simak ulasannya :


- 10-11 Februari 2017, Gerhana Bulan Panumbra

Gerhana Bulan Panumbra terjadi apabila Bulan melintasi bayang-bayang bumi bagian samar (Panumbra), gerhana jenis merupakan gerhana tak kasat mata karena sulit dibedakan dengan Bulan Purnama biasa. Disimpulkan gerhana bulan jenis ini kurang diminati oleh masyarakat karena sulit teramati secara kasat mata, namun perbedaannya yaitu Bulan Purnama akan sedikit lebih redup saja.

Pada tanggal 11 Februari 2017 akan terjadi gerhana bulan panumbra fenomena ini akan teramati jelas prosesnya dari awal-akhir dinegara-negara Amerika Latin, Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia Barat. Untuk negara-negara Amerika Utara akan menyaksikan diproses akhir gerhana bulan panumbra, sedangkan wilayah Asia Selatan, dan sebagian Asia Tenggara bisa menyaksikan hanya diproses fase awal gerhana bulan panumbra sebelum Bulan tenggelam diarah barat, di Indonesia tempat terbaik menyaksikan gerhana bulan berada diujung bagian barat seperti pulau Sumatera.

- 26 Februari 2017, Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin terjadi dimana ketika Matahari - Bulan - Bumi berada pada garis lurus sejajar namun saat Cincin Bulan berada pada jarak terjauhnya dengan bumi (apogee), akibatnya bayangan gelap bulan/umbra tidak sampai ke bumi hanya bayang terusannya aja (antumbra). Sehingga cakram bulan tidak menutupi keseluruhan penampang matahari hanya sebagiannya aja akibatnya Matahari akan terlihat seperti cincin api.

Untuk Gerhana Matahari Cincin yang terjadi 26 Februari 2017 nanti akan melintasi 2 Benua Amerika & Afrika namun hanya di negara tertentu saja yang akan dilintasi garis cincinnya antara lain di negara Chile, Argentina, Angola, Zambia, dan DR Kongo sedangkan gerhana matahari sebagian bisa disaksikan dibeberapa negara-negara lain seperti di Amerika Latin, Afrika Tengah & Selatan. Puncak Gerhana Matahari Cincin ini sangat singkat sekali dimana pada fase puncaknya hanya sekitar 44 detik saja. Gerhana Matahari ini tidak bisa disaksikan dari Indonesia.

Kenapa tidak Terjadi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari setiap Bulan ?

- 7-8 Agustus 2017, Gerhana Bulan Sebagian (25%)

Gerhana Bulan Sebagian terjadi dimana dalam orbitnya Bulan masuk kedalam sebagian bayang-bayang gelap bumi (Umbra), sehingga jika diamati dari Bumi sebagian dari permukaan Bulan akan nampak gelap tak terlihat bulat utuh seperti purnama biasanya.

Pada 7-8 Agustus nanti gerhana bulan sebagian akan terjadi dengan intensitas 25% , Bulan saat gerhana akan masuk kedalam bayang-bayang inti bumi (umbra) sampai 25% saja tidak total. Dimana saat puncak gerhana bulan sebagian nanti kita akan melihat permukaan Bulan akan tertutupi bayangan bumi sampai 25%. Gerhana Bulan Sebagian ini akan teramati dibeberapa belahan dunia antara lain Afrika, Timur Tengah, Asia Barat, Asia Selatan, Asia Timur, Australia, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Untuk Indonesia sendiri akan menyaksikan gerhana bulan sebagian pada tanggal 8 Agustus 2017 lepas tengah malam berikut waktu terjadinya:

Indonesia Barat

Kontak Awal : 00.22 WIB
Puncak (25%) : 01.20 WIB
Kontak Akhir : 02.18 WIB

Indonesia Tengah

Kontak Awal : 01.22 WITA
Puncak (25%) : 02.20 WITA
Kontak Akhir : 03.18 WITA

Indonesia Timur

Kontak Awal : 02.22 WIT
Puncak (25%) : 03.20 WIT
Kontak Akhir : 04.18 WIT

- 21 Agustus 2017, Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total terjadi apabila Matahari- Bulan - Bumi berada pada garis lurus dan Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi (Perigee). Sehingga bayang-bayang umbra dari bulan sampai ke bumi dan mengahalangi sinar cahaya matahari untuk beberapa menit saja.

Gerhana Matahari Total 21 Agutus 2017 sangat eklusif karena melintasi satu negara saja yakni Amerika Serikat (USA), dimana lintasan Total gerhana matahari ini akan memotong dibagian tengah negara adidaya ini bahkan gerhana total 2017 ini dijuluki "The Greatest Eclipse". Jalur totalitas gerhana matahari akan melintasi negara bagian Amerika Serikat antara lain di Oregon, Idaho, Wyoming, Nebraska, Kansas, Misoouri, Iowa, Illionis, Kentucky, Teenese, Atlanta, dan South Carolina sedangkan gerhana matahari sebagian bisa disaksikan disebagian besar USA, Kanada, Mexico, Panama, dan Amerika Latin Utara. Puncak gerhana matahari total ini akan mencapai waktu sampai 2 menit 40 detik saja. Gerhana Matahari ini tidak terlihat di indonesia

Kesimpulan:


- Tahun 2017 akan terjadi 4 gerhana antara lain 2 gerhana matahari, 2 gerhana bulan

- Indonesia hanya bisa menyaksikan 1 gerhana saja tahun 2017 yakni Gerhana Bulan Sebagian pada tanggal 8 Agustus 2017.

- Gerhana Bulan Panumbra merupakan gerhana tak kasat mata karena sulit dibedakan dengan bulan purnama biasa.

- Gerhana Matahari Total 21 Agustus 2017 dijuluki "The Greatest Eclipse" dikarenakan negara Amerika Serikat merupakan negara satu-satunya saja yang dilalui jalur totalitas.

artikel pics asli di http://astronomiinfo.blogspot.co.id/...ahun-2017.html



emoticon-Ngacir