alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587d8d6f54c07adb298b456e/mengenal-desa-oymyakon-dengan-suhunya--712c
Hepi 
MENGENAL DESA OYMYAKON DENGAN SUHUNYA -71.2°C
MENGENAL DESA OYMYAKON DENGAN SUHUNYA -71.2°C
Kita semestinya patut bersyukur karena tinggal di Indonesia, negara beriklim tropis yang meski terdapat beberapa daerah bersuhu dingin namun masih memungkinkan kita untuk beraktifitas dengan normal. Setiap orang pasti pernah mengalami kedinginan hingga tubuhnya menggigil saat berada di suatu tempat seperti di puncak gunung atau dataran tinggi. Jika tempat itu masih berada di Indonesia, suhunya tentu masih berada dalam batas wajar.
Tapi, pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya tinggal atau berada di suatu tempat yang bersuhu ekstrim, bahkan hingga mencapai minus puluhan derajat celcius? Di Russia terdapat sebuah desa terdingin di dunia bernama Oymyakon yang suhu terendahnya bisa mencapai -71.2C. Seperti apa kehidupan di sana? Yuk, simak selengkapnya!

1. Oymyakon, ‘air tidak beku’ yang membeku
Spoiler for Open:

Awalnya pada tahun 1920 dan 1930an, kawasan ini hanya sebagai tempat persinggahan para penggembala rusa yang akan memberi minum binatang ternak mereka dari sumber air panas. Namun pemerintah Soviet kemudian menjadikan desa ini tempat tinggal permanen sebagai upaya untuk mengurangi populasi para nomaden. Kini desa Oymyakon telah ditinggali oleh sekitar 500 penduduk. Ironisnya, kata Oymyakon memiliki arti “air yang tidak beku” karena tidak jauh dari desa terdapat sumber mata air panas, padahal jelas-jelas kawasan ini adalah kawasan beku dengan temperaturnya yang sangat rendah.

2. Dijuluki sebagai ‘Pole of Cold’
Spoiler for Open:

Monumen ‘Pole of Cold’ sebagai penanda bahwa desa ini pernah mengalami suhu -71.2C
Desa ini terletak sekitar 750 meter di atas permukaan laut. Panjang waktu dalam sehari bervariasi mulai dari 3 sampai 21 jam di bulan Desember. Pada bulan Januari suhu rata-rata di Oymyakon bisa mencapai -50C. Sedangkan sebelumnya, desa ini tercatat pernah mengalami suhu extrem mencapai -71.2C. Suhu ini merupakan suhu terendah dan terdingin yang pernah dialami suatu daerah yang ditinggali oleh manusia di bumi serta suhu terendah di belahan bumi bagian Utara. Tak heran jika Oymyakon sering dijuluki sebagai ‘Pole of Cold’.

3. Tidak ada tanaman yang tumbuh, tapi tidak ada warga yang kekurangan gizi

Spoiler for Open:

Dengan rendahnya suhu udara di desa Oymyakon, sehingga tidak memungkinkan adanya tumbuhan yang dapat bertahan hidup di kawasan ini. Warga desa tidap pernah memakan sayuran dan buah-buahan, mereka hanya mengkonsumsi daging rusa dan kuda sebagai makanan sehari-hari. Namun meski begitu, tidak ada satupun warga yang mengidap malnutrisi. Menurut dokter, hal ini dikarenakan susu dari binatang ternak yang dikonsumsi, mengandung begitu banyak micronutrient sehingga menghindarkan mereka dari ancaman malnutrisi.

4. Sekolah di desa ini hanya libur jika….
Spoiler for Open:

Masyarakat di sini seperti sudah terbiasa dengan suhu ekstrim yang menyelimuti desanya. Tidak seperti negara lain yang hanya karena salju yang datang tiba-tiba bisa menghentikan berbagai macam aktivitas, sekolah di Oymyakon hanya tutup jika temperatur jatuh hingga dibawah -52C. Wow, bayangkan saja bagaimana rasanya harus fokus belajar ditengah suhu extrem dan tubuh diselimuti udara dingin.

5. Hanya ada satu toko dalam satu desa
Spoiler for Open:

Kebanyakan rumah di Oymyakon masih membakar arang dan kayu untuk menghangatkan udara. Ketika pengiriman arang sedang terganggu, pembangkit listrik akan mulai membakar kayu. Saat bahan bakar habis, maka listrik di seluruh penjuru desa akan mati selama 5 jam dan pipa-pipa membeku kemudian retak. Tidak sedikit bangunan yang masih memiliki toilet di bagian luar meski sudah ada beberapa fasilitas modern yang tersedia di desa. Di dalam kawasan yang ditinggali penduduk sekitar 500 jiwa ini hanya memiliki satu toko yang menyediakan kebutuhan mendasar para penduduk di seluruh penjuru desa. Sedangkan penduduk lokal rata-rata bekerja sebagai peternak rusa, pemburu, dan penangkap ikan.

6. Butuh waktu 3 hari untuk menguburkan mayat
Spoiler for Open:

Masalah lainnya yang ditimbulkan karena suhu yang membeku adalah saat menguburkan mayat. Tidak seperti negara lain pada umumnya yang hanya membutuhkan waktu sebentar, di Oymyakon menghabiskan waktu sekitar 3 hari hanya untuk menggali lubang kuburan. Pertama-tama tanah harus dicairkan agar dapat digali, yaitu dengan cara menyalakan api unggun selama beberapa jam. Arang yang panas kemudian ditekan setelah itu menggali lubang yang agak dalam. Proses ini dilakukan selama beberapa hari sampai lubang cukup untuk dimasuki peti mati.

7. Dan masih banyak permasalahan lainnya
Spoiler for Open:

Selain beberapa masalah di atas, masih ada masalah-masalah lain yang harus dihadapi warga yang menetap di desa ini. Beberapa di antaranya adalah, tinta pulpen yang membeku sehingga orang-orang seringkali kesulitan untuk menulis, kacamata yang membeku di wajah, baterai-baterai mudah kehabisan daya. Yang lebih merepotkan lagi adalah, penduduk tidak pernah mematikan mesin mobilnya karena mereka takut akan kesulitan untuk menyalakannya kembali. Dan jika kamu datang kemari jangan harap handphonemu akan berfungsi karena meski sinyal dapat mencapai desa ini, namun handphonemu tidak akan bisa bekerja di suhu sedingin ini.

Beberapa perusahaan travel menyediakan paket tour ke Oymyakon agar pengunjung dapat merasakan sensasi beraktifitas dalam kondisi beku. Tertarik untuk mencoba?
emoticon-Takut
wah bisa bangkrut kalo jualan kulkas disini emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By karentalid
MENGENAL DESA OYMYAKON DENGAN SUHUNYA -71.2°C

Selain beberapa masalah di atas, masih ada masalah-masalah lain yang harus dihadapi warga yang menetap di desa ini. Beberapa di antaranya adalah, tinta pulpen yang membeku sehingga orang-orang seringkali kesulitan untuk menulis, kacamata yang membeku di wajah, baterai-baterai mudah kehabisan daya. Yang lebih merepotkan lagi adalah, penduduk tidak pernah mematikan mesin mobilnya karena mereka takut akan kesulitan untuk menyalakannya kembali. Dan jika kamu datang kemari jangan harap handphonemu akan berfungsi karena meski sinyal dapat mencapai desa ini, namun handphonemu tidak akan bisa bekerja di suhu sedingin ini.

Dagang bensin eceran laku x yak emoticon-Big Grin
anying masih ada yg hidup . kaya gimana itu ya tekanan udaranya ckckck
info keren nih
pekerjaan mereka apaan tuh gan?emoticon-EEK!
kalau jual es krim ga usah pake kulkas....cukup ditaruh begitu saja ga akan mencair es krimnya emoticon-EEK!
tambahin fotonya gan..foto bagaimana kehidupan mereka shari hari
beuh klo pipis lsg beku tuh si joni ngeriii emoticon-Takut (S)
kalo gini bawaanya pengen meluk bini trus dahemoticon-Wowcantik
pgn ke sono
Ane buka kulkas aja kedinginan apalagi kesana gannnn emoticon-Takut
Waaaaaaaaa... gak perlu kulkas lagi kali taaa emoticon-Matabelo
jadi ngebayangin melakukan aktivitas dengan suhu yang extrimemoticon-Mewek
Hmm...

MENGENAL DESA OYMYAKON DENGAN SUHUNYA -71.2°C
Setelah ane tela'ah dg bijaksana, bijaksini dan bijaksitu...

Gak tau kenapa yang ane bayangin kalo ane mau kencing dipinggir jalan di balik pohon, buka celana langsung mengkerut, pas air kencing keluar jadi es batu, bunyinya bukan lagi cuuuuuurrr...... tapi klontang-klontang.
emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut

macam apaan itu suhu minus banyak... mager tiap saat itu mahemoticon-Malu
jualan sari jahe laku nih, ama kopi emoticon-Recommended Seller
jual es cendol laku ga ya?
dilihat dari gambarnya saja sudah ekstrim.... semuanya serba beku.... ane sih ga mau ksana walaupun di bayarin.... emoticon-Ngakak
ah,,, katanya disitu kan ngga ada tumbuhan yg hidup ya gan?
trus sapi, rusa, sama kuda makan apaan yak? emoticon-Nohope
wasem,beku amat ya om?