CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5874851994786813278b4567/tips-belajar-surfing-part-2

Tips Belajar Surfing part 2

Yaaakk.. kita masuk ke kelas 2 buat belajar surfiing😀
Disini lebih banyak dibahas detil posisi posisi saat berada diatas surfboard.

How to paddle
– Saat kita berada diatas board, usahakan bahu tidak menempel pada board, tapi diangkat dikit, gunakan otot punggung tengah untuk menahannya, dengan cara seperti ini memudahkan pangkal bahu melakukan gerakan paddle yang memutar.
– Pertahankan posisi saat ujung board atau nose udah nongol kira kira satu jengkal pada shortboard, dan dua jengkal pada longboard. Kalau kaki lewat dari panjang board itu nggak masalah.
– Gerakan tangan pada saat paddle ini mirip waktu kita melakukan gerakan gaya bebas saat berenang, dan ketika posisi telapak berada di bawah, usahakan masuk sedikit kebawah board agar tenaga dorongan makin maknyoss..
Paddle menghabiskan 90% bagian dari surfing itu sendiri, berguna saat kita harus nyamperin ‘line up’, ngejar ombak, kabur dari set gede.. pokoknya paddle adalah basic yang harus benar benar dikuasai. Makanya, jangan males untuk paddle. Untuk para cityboys n girls yang cuma surfing sebulan sekali, itu juga udah bagus, biasanya paling bermasalah di paddle ini, karena menuntut kerja otot khusus yang kalo nggak dilatih ya kendor lagi plus stamina menurun.. jangan kuatir, kita akalin dengan ukuran papan yang lebih besar aja, nggak harus lebih panjang, tapi lebih lebar dan tebal.. mudah mudahan bisa menolong beberapa persen



Duduk di papan
ah masa duduk doang harus belajar? Eits.. jangan salah, dari pengalaman ngajarin teman teman, yang paling tricky setelah paddle dengan benar adalah : duduk.
ya, untuk duduk itu, kita harus bisa menempatkan berat tubuh di tengah surfboard, nggak condong ke depan atau ke belakang. Untuk koreksi kiri dan kanan, gunakan pinggulmu, kurang lebih mirip saat naik motor, jangan di lawan dengan kaku. Duduk ini gunanya supaya nggak pegel telungkup mulu saat nunggu ombak, juga berguna untuk memutar posisi papan dengan gerakan cepat dibantu kaki.

Tips Belajar Surfing part 2

Duckdive
Dari namanya aja udah kebayang gerakannya ya.. mirip bebek yang nyelem🙂
Duckdive ini gunanya untuk menghindari terjangan ombak dari depan, karena ombak nggak mungkin kita lawan secara berhadapan, tapi bisa dihindari dari bawah. Gerakan duckdive ini memanfaatkan tenaga memutar dari ombak, sehingga saat nose board kita menusuk ke bawah, kita mendapat energi yang mengangkat board kita keatas saat kaki menendang grip.
Secara bertahap gerakan duckdive:
– Pegang rail boardmu di posisi dada kurang lebih.
– Tekan kebawah seperti gerakan push up saat ombak berjarak kurang lebih 2-3 meter di depanmu.
– Siap siap tendang grip saat kamu ngerasa ombak lewat diatasmu, rasanya boardmu seperti mau diputar kedepan, saat itulah kita memanfaatkan energi memutar tersebut.
Tips:
– jangan sampai badan kita menempel dengan board saat berada di bawah ombak, kasih jarak sejengkal supaya energinya bisa lewat.
– kalau suka ngerasa licin saat menggenggam rail, gosokan wax kebagian yang dipegang juga, it helps alot!

Tips Belajar Surfing part 2

Take off
Take off adalah moment ngambil ombak dari posisi tiduran ke berdiri untuk berikutnya masuk ke ‘riding’. Untuk bisa take off, terlebih dahulu kita harus bisa baca ombak. Bagian ombak yang wajib di incer adalah bagian yang powernya paling besar, kelihatan dari posisi yang paling berdiri. Kalau sudah pecah posisinya adalah antara yang sudah jadi buih putih dengan yang belum pecah. Posisi ini harus pas banget, karena kalau kita terlalu dalam bisa ketiban buih, susah berdirinya, kalau terlalu jauh powernya belum kebentuk, yang ada ombaknya lewat aja dibawah tanpa membawa surfboard kita.

Step by step:
– Nah, kalau posisi udah pas, kita harus menyesuaikan kecepatan kita dengan ombak, dengan cara paddle searah arah ombak. Untuk obak cepat ya paddle nya harus cepat kalo nggak mau nose nancep. – – Begitu berasa board kita sedikit terdorong langsung berdiri dan tempatkan kaki belakang pas di grip, lutut belakang menekuk kearah depan, badan condong kedepan dengan posisi kepala nggak melewati lutut depan.
– Usahakan stabil, tangan yang didepan ‘tunjuk’ kearah mana kamu mau papanmu mengarah, sedangkan tangan belakang juga di rentangkan sebagai ‘balance stick’ untuk menjaga keseimbangan saat berdiri.

Tips Belajar Surfing part 2
Naah segini dulu yang dibahas kali ini, next kita masuk ke jenis pantai, jenis ombak dan baca situasi di point🙂

Tonton juga video-video surfing kami di YouTube Channel Wet Traveler : klik disini

Wet Traveler adalah :

Gemala Hanafiah
Instagram : @g_hanafiah
Twitter : @g_hanafiah
Blog : www.gemala.me

Muljadi Pinneng Sulungbudi
Instagram : @pinneng
Twitter : @pinneng

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wet.traveler
Harga sewa papan surfingnya berapa ya emoticon-Bingung (S)


Quote:

Tergantung lokasinya, tapi sebaiknya kalau baru belajar sewa sama yg ngajarinnya juga. Karena kan belum tau kondisinya
sist kalau cimaja sama pantai pasir putih nya sawarna lebih bagusan mana tuh. pengen banget bisa surfing teman di sawarna lifeguard nya mau ngajarin tapi takut hehehee
Diubah oleh kreditmurah000
Kalo ada yg mau belajar surfing ane ikut dong.......
Untuk belajar surfing emang boardnya harus beda-beda ya gansis? Ane mau belajar nih emoticon-Malu (S)
wahh wet traveller.ane juga baru" belajar surfing,asli ketagihan nih.kalo ada yg mau ke cimaja boleh nih bareng"
Quote:


garansinya uang kembali ada gak yaTips Belajar Surfing part 2
Kalau gratis ntapemoticon-Traveller
ane ngga bisa berenang gan emoticon-Ngacir
Pengen belajar surfing di cimaja tp ga ada mentoringnya...
Quote:


Rekomen tmpt enak belajar surf daerah mana ya Gan di Indonesia apa cuma Bali aja yg friendly pantainya sma di sukabumi enak mana ya?
Wow. Belum HT juga
ane uda beberapa kali surfing setelah diajarin sekali...
Menurut ane, yg paling susah dari surfing yaitu paddling.. yak paddling...

mau nangkep ombak? paddlenya harus kenceng. Kalo ngga, nose-dive atau lewat deh ombaknya. Keseimbangan kanan dan kiri juga rada susah, tapi bisa diakalin dengan menggunakan long board yg sedikit lebar.

Yg paling fun dari surfing yaitu kalo uda bisa pop up dan berdiri... emoticon-Big Grin rasanya gimana gituu.... Waktu pertama diajarin sih masih gampang karena instrukturnya yg baca ombak dan bantu dorong, kita tinggal berdiri ajah... setelah ditinggal sendiri baru deh berasa tantangannya..

Tip ane aja yah, kalo mo belajar di daerah kuta, gak usah ikut surfing school macem Oddys*y, dll.. cukup datangin aja mas2 yg sewain papan surfing trus nego belajar surfingnya. Kenapa? karena di surfing school biayanya jauh lebih mahal dan belajarnya ramean bisa 1 instruktur 4 yg diajarin... Bisa juga private, tapi lebih mahal lagi. Usahain 1 instruktur 1 yg belajar biar lebih fokus.
mau nanya gan. ane belom pernah surfing, kira kira untuk surfing pertamakali harus pake instructor gak sih? atau nanti bisa autodidak? karna lumayan gan untuk instructornya aja 200k di kuta hehhee
Wah, makasih banyak gan atas tambahan infonya. Sangat bermanfaat buat ane nihh .Ditunggu thread thread selanjutnya.

Cendol meluncurrrr emoticon-Toast emoticon-Toast
semoga ak bisa surfing brsama pasangan ku kelak


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di