alexa-tracking

Tips Memilih Sebuah Nama Domain yang Tepat untuk Situs

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5862620298e31b15438b4573/tips-memilih-sebuah-nama-domain-yang-tepat-untuk-situs
Inspiratif 
Tips Memilih Sebuah Nama Domain yang Tepat untuk Situs
Bagi kalian blogger pemula yang akan memulai untuk ngeblog, Memilih Sebuah Nama Domain yang Tepat untuk Situs adalah langkah penting yang harus dilakukan. Memiliki nama domain unik merupakan sesuatu yang diinginkan para blogger karena menjadi identitas situs atau bisa juga menjadi personal branding.

Eits tunggu dulu. Sebelum menentukan nama domain, Apa sih pengertian dari domain itu? berikut adalah pengertian domain yang saya kutip dari wikipedia bahasa indonesia.

” Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. ”

Tips Memilih Sebuah Nama Domain untuk Situs

1. Pilih Nama Domain sesuai dengan Nama anda atau Brand anda

Bila anda akan membuat sebuah website dengan tujuan mempromosikan brand anda, akan lebih baik bila memilih nama domain sesuai dengan tujuan yang akan dipromosikan. Misal, Anda ingin menjual Tahu Ikan Tuna maka nama domain yang tepat untuk brand anda adalah tahuikantuna.com atau jualtahuikantuna.com atau bisa juga yang berkaitan dengan brand anda.

Sebaiknya, menentukan atau riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain yang tepat untuk brand. Hal ini bertujuan untuk mendatangkan trafik organik ke situs anda. Usahakan nama domain yang dipilih mengandung nama brand anda. Menggunakan Google Keyword Planner merupakan langkah yang tepat bila ingin riset kata kunci yang bagus untuk website kita.

Dan jika anda ingin membuat website personal atau blog pribadi, saya menyarankan untuk mengguakan nama anda di dalam domain. Agar memiliki personal branding hehe…

2. Pilihlah Nama Domain yang Mudah Diingat

Pilihlah nama domain yang mudah dilafalkan, dimengerti, dan mudah diingat. Ketika orang yang berkunjung ke situs kita dan pada saat itu ia mengingat nama domain situs yang ia kunjungi, maka anda sukses menerapkan sebuah nama domain yang mudah diingat. Sebaliknya, menggunakan nama domain yang sulit diingat, membuat pengunjung sulit untuk mengingat nama situs yang akan ia kunjungi lagi.

3. Menggunakan TLD (Top Level Domain)

.com adalah ekstensi domain yang sangat mudah diingat orang. MIsalnya bila ada domain yang ber niche sama, maka orang melakukan searching situs yang berekstensi .com terlebih dahulu. Untuk mengecek ketersediaan nama domain silahkan kunjungi Domains Bot untuk lebih lanjut.

4. Hindari Penggunaan Karakter yang Tidak Perlu

Bila sangat mendesak, anda boleh menggunakan nama domain yang ada karakternya. Tapi, untuk masalah mengenai SEO, menurut saya situs yang menggunakan nama domain dan terdapat karakter yang tidak perlu didalamnya sangat tidak baik untuk SEO. Bila ingin menggunakan, saya sarankan untuk menggunakan tanda (-) bila dalam kondisi sangat mendesak.

Kondisi mendesak seperti apa? Ya suatu kondisi dimana nama domain yang akan kamu gunakan telah ada sebelumnya atau memang brand anda mengandung tanda atau karakter tertentu.

5. Jangan Menggunakan Nama Domain yang Telah Ada

Menggunakan nama domain yang telah ada merupakan suatu kesalahan yang besar. Contoh nama domain yang telah ada atau menjadi brand produk ternama adalah Google, Microsoft, Amazon, dll karena anda akan dituntut karena brand anda mirip dengan merek dagang tersebut. Dendanya bisa milliaran rupiah lo kawan. Jadi, teliti lah sebelum menentukan nama domain. Apakah nama domain yang anda pilih telah menjadi merek dagang atau tidak.

6. Belilah Domain di Registrar yang Terpercaya

Membeli domain pada tempat sembarangan adalah langkah yang keliru. Bisa jadi domain yang anda beli tidak terdapat whois guard gratis atau setting DNS bila anda tidak bisa setting sendiri. Belilah domain di tempat yang terpercaya yakni saya sangat sarankan adalah di Namecheap. Untuk membeli domain yang melayani pembayaran melalui transfer bank lokal, saya menyarankan untuk membeli di EramediaNet. Di EramediaNet anda bisa membeli domain dan hosting dengan pembayaran melalui Pulsa juga lho.

Setelah membaca artikel mengenai Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Situs, semoga anda bisa menentukan nama domain yang cocok untuk situs. Bila ada saran atau sanggahan dapat anda sampaikan melalui komentar ya.