KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Nanya gan, kalau tetangga kayak gini solusinya gimana ya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583600a49e74043c7a8b4568/nanya-gan-kalau-tetangga-kayak-gini-solusinya-gimana-ya

Nanya gan, kalau tetangga kayak gini solusinya gimana ya?

Jadi ada tetangga ane, bangunan rumah dia dibangun sampe mentok, sampe tanah abis bis. Udah gitu pintu rumah menghadap tanah ane (gak tahu kenapa gitu) Pas keluar pintu rumah dia, itu udah tanah ane gan, bukan daerah dia lagi. Tiap hari dia keluar masuk rumah dia lewat halaman ane, dia juga naroh ac sama beberapa benda lain milik dia di tanah ane. Nah sekarang setelah sekian lama, ane lagi mulai olah tanah ane. Posisi rumah dia emang pada dasarnya sedikit lebih rendah dari tanah ane. Pada saat ane mulai mengolah tanah, dia ngeluh kalau rumah dia kebanjiran tiap hujan akibat dari pekerjaan pengolahan tanah ane. Minta ane tanggung jawab. Mana dia marahin orang kerja ane terus dikatain nggak becus kerja. Waktu ane bilang jangan potong rumput di tanah ane pun dia ngeles bilang itu demi kenyamanan keluarga dia. Dia juga tanpa ijin bangun tangga di tanah ane dengan alasan demi kenyamanan keluarga dia biar nggak banjir. Udah gitu nggak ada hentinya mengirim sms minta masalah banjir dia diselesaikan, bahkan sampe ngancam mau dibawa ke pihak yang berwajib. Ane udah gondok gan ama nih tetangga ini. emoticon-Cape d...
Nah kalau ane bangun pagar atau tembok untuk mengikuti kemauan dia, biar air nggak masuk, dia udah nggak bisa keluar rumah kecuali dia bikin pintu baru diatas rumah dia (rumah dia nggak rata jalan gan, dibawah jalan) Ane bingung nih gan siapa yang salah? emoticon-Bingung mohon pencerahan

profile-picture
tata604 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ngolah tanah kayak mana maksudnya gan...?

Yah udah gan, kalau agan yakin itu tanah agan (ada bukti surat tanahnya, dan patok-patok batas tanah agan juga ada) agan pagarin aja tuh tanah agan... alasannya supaya air hujan dari tanah agan gak masuk ke rumah dia....
Quote:


Lagi ditimbun gan tanahnya. Surat dan patok batasnya jelas semua gan. Ane cuma nggak mau kalo ntar ane pagar terus dia berisik udah nggak bisa keluar masuk rumah, karena emang udah nggak ada jalan lagi dia.

Makasih masukannya gan.
Oh ia gan, emang depan atau samping rumah tetangga agan itu gak ada yang langsung menghadap jalan yah...? soalnya agak aneh (gak lazim) juga tuh orang kalo bikin pintu menghadap tanah tetangga...? masa akes keluar masuk rumah lewat tanah tetangga, kalau tetangga (TS) bangun rumah di tanah itu dia mau lewat mana nanti...?
Quote:


Nggak ada gan, samping kiri kanan dia udah rumah dan tanah orang lain. Ane juga bingung gan kenapa nggak mikirin kalo ntar disebelahnya dibangun asksesnya gimana, justru yang menghadap jalan itu ditutup semua gan. Makanya sekarang ane serba salah.
Ikut saran.

Pasal 406 KUHP (1) :
(1) Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum menghancurkan, merusakkan, membikin tak dapat dipakai atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Kalo bangun tembok bikin pintu dia ga bisa di pake lagi ya bisa aja agan di tuntut.
Di bicarain dulu aja gan solusi baik nya gimana sama tetangga.
Misal agan tetep bangun tembok asal tetangga juga bangun pintu baru kan sama2 enak.
Quote:



Udah pernah bicara sih gan, dia maunya minta 2-3 meter dari tanah ane, tapi ane gak mau jual. Pusing deh pokoknya emoticon-Cape d...

Makasih ya gan untuk sarannya.



Jual aja mahal2 gan emoticon-Big Grin atau sewain..
Agan tembok juga ga ada masalah. Tetangga yang lain yg disamping dia ditembok jg kan? Suruh minta aja ke tetangga lain
Quote:


Mana bisa dia tuntut gan.. kita bangun tembok khan tidak melawan hukum..kita bagun tembok di tanah kita. aspeknya tuh jelas tertulis dengan sengaja dan melawan hukum.
profile-picture
.monon. memberi reputasi
Quote:


Nah ini yg ane tunggu.
Suhu2 yg melek lain pada diem doang.
Tq masukan nya gan
kalopun di polisikan tetep agan menang toh dia kan yg ngambil lahan agan
profile-picture
Danismawardi memberi reputasi
Quote:


yg jadi masalah itu, tetangga ts yg memanfaatkan tanah ts utk kepentingan tetangganya itu. selama ts bangun di atas tanahnya, tidak akan jadi masalah. yg jadi masalah kno tetangganya bikin bangunan samoe ngepas begitu?😂

Makasih banget agan2 sekalian untuk sarannya. Spertinya in akhirnya akan semakin ribet dan harus di bawa masalahnya ke polisi, karena kemarin si tetangga itu bawa segerombolan polisi untuk ngempesin ban mobil ane, tapi sayangnya dia salah mobil. Yang dikempesin malah ban mobil orang lain. emoticon-Cape d...

Ane amat sangat bingung kenapa orang ini seperti itu, kenapa arah pintu rumah dia nggak diubah tapi dibiarkan menghadap tanah ane dan sekarang dia nyerang ane. emoticon-Cape d...
Quote:


saran dari ane yah gan..
coba ambil fhoto nya gan
kalau bisa tandain batas2 nya.
biar kita pada tau keadaan lapangannya
kalau ts ga mau ribet yan terpaksa ts wajib menjual tanah di arah pintunya.
dan coba cari informasi, apakah bangunan tetangga ts ada IMB nya.
kalau ga ada berarti TS bisa bawa ini ke rana hukum.

Quote:


Ane lagi di luar kota sampai minggu depan gan, ntar ane usahakan. Tapi kalau batas-batasnya, sesuai di sertifikat ane, tembok rumah dia udah batas terakhir tanah dia. Dia udah nggak punya tanah sisa. Letak rumah dia itu juga di bawah jalan, nggak rata jalan. Dan ane nggak mungkin jual tanah di depan rumah dia itu karena itu akses masuk ke tanah ane. Kalau soal IMB, ane kurang tahu,gan. Tapi ntar ane cari tahu. terima kasih untuk sarannya gan.

Kira-kira seperti ini gan

Nanya gan, kalau tetangga kayak gini solusinya gimana ya?
Diubah oleh Martian90
Quote:


wah.. kayaknya itu udah menyalahi aturan..
seharusnya sewaktu membangun tetangga ente harusnya sisain tanah buat jalan keluar.
gini gan.. kalau tetangga ente ada IMB nya berarti bangunan itu sah.
tapi kalau tidak ada IMB berarti bangunan itu = banguna liar.. itu setau ane.
dari pengalaman ane urus IMB, harus ada pesetujuan tetanga tetangga, baik itu lahan kosong maupun rumah tinggal.
jika salah satu tetangga keberatan atas bangunan yang ingin di bangun, imb tidak akan bisa keluar
gan tetangga ente udah trespassing kalo gitu. bisa dikenakan pidana gan, pasal 167 KUHP:

"Barang siapa memaksa masuk ke dalam rumah, ruangan atau pekarangan tertutup yang dipakai orang lain dengan melawan hukum atau berada disitu dengan melawan hukum dan atas permintaan yang berhak atau seluruhnya tidak pergi dengan segera, diancam dengan pidana penjara paling lama 9 bulan atau pidana denda paling banyak RP 4.500,00"

saran ane ente kasih tau baik2 orang itu, apabila ngga bisa ente bilang aja bakal dilaporin ke polisi karena trespassing, dan kalo bisa ente buat batas-batas tanah ente dan dia, misalnya di kasih pagar atau batas-batas lain yang jelas, dan apabila dia melanggar batas tersebut bisa ente suruh pergi ato kena pasal diatas.

jangan takut kalo ente dilaporin ke polisi gan, sepanjang yang ane liat ente ngga melakukan apapun yang melawan hukum. emoticon-Toast
profile-picture
.monon. memberi reputasi
Terima kasih untuk masukan-masukannya agan samsori dan agan appachai!
Cek imb nya gan. Letak bangunan nya aneh. Kalau gugat pidana bs pakai pasal 167 KUHP tp itu agk lemah karena salah 2 unsur dalam pasal itu tidak terpenuhi (segera meninggalkan tanah) dia kan injak tanah agan hanya sebentar trus langsung msk/keluar rmh alias cma numpang lewat. Unsur ke 2 ane gak yakin tanah agan pekarangan tertutup, takutnya pekarangan terbuka milik agan. Kalau gugat perdata agan kalah karena ada aspek sosial dalam hukum agraria, pasal 6 UUPA. Ane udh sering tanggani kasus beginian di pengadilan. Ini yg biasanya bikin org malas beli tanah mending rmh sekalian. Hehehe

Terkadang org tidak memahami bahwa menurut hukum hak atas tanah tidak sama dengan hak atas barang sehingga pemilik tanah kebanyakan kalah gugatan jika menghadapi bangunan yang SAH milik org lain.

Hak atas tanah tidak muntlak jd gak bs "semau gue" seperti hak terhadap barang.
Diubah oleh rdn5454
Quote:


nah bener nih toh tanah sah milik agan mau ampe mane jg agan menang tu
Quote:


Kira-kira solusi yang baik gimana ya gan? emoticon-Bingung

Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di