KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Aturan UU jika Ahok tersangka, mundur atau parpol tarik dukungan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58215b2f5c7798d17e8b456a/aturan-uu-jika-ahok-tersangka-mundur-atau-parpol-tarik-dukungan

Aturan UU jika Ahok tersangka, mundur atau parpol tarik dukungan

Aturan UU jika Ahok tersangka, mundur atau parpol tarik dukungan

Merdeka.com - Pilkada serentak 2017 akan digelar pada 15 Februari tahun depan. Para pasangan calon kepala daerah pun sejak kini sudah melakukan sosialisasi dan kampanye demi meraih simpati masyarakat di daerah masing-masing.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian dalam Pilkada tahun ini yakni di DKI Jakarta. Pemilihan gubernur ibu kota Indonesia itu menjadi sorotan karena calon incumbent, Basuki T Purnama ( Ahok) terseret kasus dugaan penistaan agama di Bareskrim Mabes Polri.

Lalu bagaimana jika nanti Ahok ditetapkan sebagai tersangka?

Menurut pasal 88 ayat 1 PKPU 9/2015, calon kepala daerah yang sudah ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU dapat dibatalkan pencalonannya jika Pasangan Calon terbukti melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, sebelum hari pemungutan suara.

Merujuk pada aturan itu, maka Ahok masih bisa ikut kontestasi Pilgub DKI meski nantinya ditetapkan sebagai tersangka. Sebab, harus ada keputusan yang sudah inkracht dari pengadilan dalam pengusutan kasusnya.

Bagaimana jika calon kepala daerah mengundurkan diri?

Menurut Pasal 191 ayat (1) UU 6/2016 tentang revisi kedua UU 8/2015 ayat 1 menyebutkan, larangan pasangan calon yang sudah ditetapkan mengundurkan diri, namun sekaligus juga menjadi pasal yang mengatur mekanisme pengunduran diri. Dalam pasal tersebut disebutkan jika pasangan calon yang sudah ditetapkan mengundurkan diri, maka dipidana dengan pidana penjara paling singkat 24 bulan dan paling lama 60 bulan dan denda paling sedikit Rp 25 M dan paling banyak Rp 50 M.

Partai NasDem sebagai partai pendukung Ahok menyatakan akan menarik dukungan jika mantan Bupati Belitung Timur itu dinyatakan bersalah. Lalu bagaimana dengan aturan dalam UU Pilkada dengan kasus ini?

Ayat (2) pasal 191 dalam UU Pilkada menyebutkan, jika parpol dan atau gabungan parpol dengan sengaja menarik pasangan calonnya yang sudah ditetapkan KPU maka pimpinan Parpol dipidana dengan pidana penjara paling singkat 24 bulan dan paling lama 60 bulan dan denda paling sedikit Rp 25 miliar dan paling banyak Rp 50 miliar.

https://www.merdeka.com/politik/atur...-dukungan.html

Mundur, atau tarik dukungan?

Ahoker pasti tegang nih...
menurut gw ahok kemungkinan menang dari segi teknik, mengingat 'buas'nya teknik pemenangan team kampanye di jaman internet akhir2 ini..
Polling
20 Suara
apakah aturan UU soal tersangka ahok dlm pilkada masih relevan? 
Diubah oleh V4P
Halaman 1 dari 2
Oh, bagaimana jika.....

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh cirice
buruan dah dijadiin tersangka emoticon-Leh Uga
Diubah oleh nadinekaiser
ahok jelas tersangka.

biar seluruh rakyat Indonesia dapat efek jera....
panastaik serbu....
Akibat bacot yg gak terkontrol jadi runyam emoticon-Ngakak
hahhahaha 24 sampai 60 bulan??


dibawah 5 tahun...





sia sia 10M
ayo katanya bakal diperiksa live macam sidang neng jes
Quote:


ahok itu sudah tersangka... dalam hati sanubari kecilnya ahok cieee hehehe emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:


bisa berapa ronde tuh emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


katanya mo bawa 1000 pasukan jin ...eh pengacara...


gw nyumbang deh satu... FARHAT ABBAS buat pengacara AHOK emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh FBR_Online
Nunggu gelar perkara atau sidang selesai aja yah. Jangan berangan-angan nanti malah

Aturan UU jika Ahok tersangka, mundur atau parpol tarik dukungan

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Quote:


bakal kayak cinta fitri sampe sesion ramadhan. eh malah lebih lama lagi, sampe lebaran kuda
Quote:


apa sih yang diperjuangkan gubernur jakarta ini?

FREEDOM OF SPEECH?

BANJIR JAKARTA? itu urusan lo hok bukan congor & soal korupsi digedein....
Kpk leha2 dong hok...
Diubah oleh GODLESS
tenang bray
ahok aman kok
ahok pasti menang braaayyy... emoticon-Traveller
nasbung dan haters bakalan gagal crottt
tinggal tunggu waktu saja
emoticon-Ngakak

sambil berharap harap cemas emoticon-Big Grin
Bibib musti jadi tumbal, harus bibib dulu yang dipenjara karena penistaan Quran dan hadits

Supaya tekanan ke ahok makin kuat
Quote:


nah, itulah delusi hehehe...pengiringan opini publik yang jelas banget...

Indonesia memang masih kampungan dalam hal ini...

Quote:


thats it!!!! klo posisi sekarang, stgh saksi bilang bersalah, stgh saksi bilang ga bersalah. Kemungkinan besar ahok bakal lepas.

Tapi kalau ada orang lain yg melakukan kesalahan sama mirip ahok, kemudian dipenjara, pasti bisa jadi referensi.
Fix ahok bakalan dibui demi keutuhan nkri...

Keluar dari bui,siap-siap jadi dubes di jerman gantiin si kumis...
Quote:


pengacara ahok farhat abbas?

setuju lah. agamis sekali!!!
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di