CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI: Klarifikasi ke Ahok Tidak Menjadi Keharusan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/582112e1a2c06eb5778b456f/mui-klarifikasi-ke-ahok-tidak-menjadi-keharusan

MUI: Klarifikasi ke Ahok Tidak Menjadi Keharusan

Jakarta - Politikus PDIP Hamka Haq menyinggung putusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang langsung 'memvonis' Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersalah melakukan penistaan agama tanpa melakukan klarifikasi. Apa respons MUI?

Wakil Ketua MUI Pusat Zainut Tauhid mengatakan, dalam mekanisme penetapan fatwa MUI membentuk tim. Keanggotaannya terdiri dari komisi atau gabungan dari beberapa komisi, tergantung cakupan masalahnya.

Terkait kasus kontroversi pidato Ahok yang dianggap telah menistakan agama, lanjut Zainut, MUI telah membentuk tim yang keanggotaannya melibatkan banyak komisi. Masalah ini dinilai serius, sehingga banyak komisi yang dilibatkan.

"Tim telah bekerja sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan," kata Zainut saat dihubungi detikcom lewat telepon, Senin (7/11/2016).

"Persoalan apakan harus mekakukan tabayyun (klarifikasi) kepada pihak terlapor itu tidak menjadi keharusan sepanjang data pendukungnya sudah cukup kuat. Beberapa putusan fatwa misalnya, fatwa tentang Gafatar, fatwa tentang Lia Eden, fatwa tentang Al Qiyadah al-Islamiyah dan masih banyak fatwa yang serupa yang lainnya, semua itu kami tidak memanggil terlapor. Jadi sudah ada yurisprudendinya. Dan oleh penegak hukum diakui kedudukannya," sambung Zainut memaparkan.

Baca juga: Singgung Fatwa MUI, Hamka Haq: Seharusnya Ahok Dipanggil Dulu, Jangan Sepihak

Zainut mengingatkan agar pihak-pihak lain sebaiknya tidak usah sibuk mengurusi rumah tangga MUI. Keputusan yang sudah menjadi ketetapan MUI harus dihormati.

"Secara hukum dan moral MUI siap mempertanggungjawabkan kepada umat dan negara," ucapnya.

http://news.detik.com/berita/d-33397...jadi-keharusan

Klo KPK sering di anggap lembaga superbody....klo MUI, MahaBody....Tidak ada lembaga lain yang bisa mengawasi...Buat Fatwa Sendiri, Nggak perlu manggil2 orang yang terkait, Gak Pernah salah....Bisa Punya Hak mengkafirkan orang....Laporan keuangan tidak bisa diaudit...Mantap !!

Diubah oleh torajanx23
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 6
Standar janda dong

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Saya tidak biisa membayangakan kalo mereka diserahkan kuasa untuk memnghukum seseorang secara UU.
Uedannn,... gimana bisa menghukum seseorang tanpa mengundang dan mendengar keterangan terdakwa?
JESSICA aja dinyatakan bersalah setelah melakukan hampir 38 kali persidangan .....emoticon-Big Grin
emoticon-Big Grin

Sebegitu parahnya kah ormas ini?
Diubah oleh garpu09
Quote:


jadi selama ini konsep tabayyun ternyata ga diperlukan toh emoticon-Bingung

Berarti dasar hukum tertinggi negara kita itu fatwa ya pak kiai? Bukan pancasila ya pak. Oo bgituemoticon-Wakaka
Waduh kacau

Ane MUI: Klarifikasi ke Ahok Tidak Menjadi Keharusan sama ormas satu ini..
Diubah oleh TempeMAFIA
Hati2 klo berurusan dengan MUI....bisa2 langsung muncul tuh Fatwa Haram....Khawatir aja klo tiba2 MUI buat Fatwa Presiden RI harus di pilih dari Habib2....hahaha....kira2 si sumbu pendek mau dengerin gak tuh?
cuman ngasih stempel "penista" gag perlu konpirmasi ybs
itu hak priveledge mui
Asal tau aja lah emoticon-Traveller
ternyata pasukan teroris ahok berkumpul semua di sini emoticon-Big Grin

dia yang bacot kenapa MUI yang harus minta klarifikasi ke ahok logika yang aneh emoticon-Big Grin
Yah, memang begitulah MUI. Ada yang tau persyaratan dan proses penerimaan anggota MUI ?
Quote:


ane dah tau dari dulu emoticon-Big Grin
MUI kan bukan memvonis bersalah berdasarkan hukum pidana ya...tapi berdasarkan dalil dalil agama. Kalau pake klarifikasi malah aneh
Quote:


Counternya nasbung tingkatan paling rendah nih, gobloknya akut....

Hamka Haq, Anggota Dewan Pertimbangan MUI yang menyarankan Ahok harusnya di panggil untuk klarifikasi....

Klo ente goblok, mah diem aja gih di pojokkan....

Quote:


Baru tau ane mbah. Kalau mui punya hak privilege
Quote:


justru ente pasukan teroris dunia maya yang cacat logika emoticon-Big Grin

kalau begitu kenapa ibu ibu di bali tidak di mintakan konfirmasinya juga emoticon-Big Grin

ente merasa pintar padahal kebalikannya emoticon-Big Grin
MUI, PLEASE KELUARIN FATWA JUGA DOONK BUAT SI BIBIB..


Mui indonesia saat ini penuh kepentingan duit hahahahaha ketuanya mantan uanjengnya si kebo hahahaha
lia eden, gafatar disamain dgn ahox

gimana sih logikanya, jelas2 ahox sbg pemimpin masak levelnya disamain sama gafatar. jauh bos, org awam aja bs ngerti

apakah karenadia cina kafit otomotis hak2 dia dihormati sbg pemimpin, dinasehati dgn baik. dan tabayyun gugur begitu saja?

bau2fatwa pesanan dan dipaksakan
MUI emang ngawur gan.

Oreo yang ada stempel halal nya aja bisa mengandung formalin emoticon-Big Grin


harusnya Fatwa ini di pengadilan lah MUI sebagai saksi ahli meskipun ini konteks nya agama.

karna banyak juga kan tokoh islam yg nggak sependapat dg MUI emoticon-Big Grin


Quote:


jadi tabayyun itu cuma berdasar pendapat sepihak? cmiiw
Halaman 1 dari 6
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di