CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kasus Ahok: Pertempuran China Pro Jokowi dan Amerika Pro SBY
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5820d62e5c779866418b4568/kasus-ahok-pertempuran-china-pro-jokowi-dan-amerika-pro-sby

Kasus Ahok: Pertempuran China Pro Jokowi dan Amerika Pro SBY

Kasus Ahok: Pertempuran China Pro Jokowi dan Amerika Pro SBY

Jakarta, Hanter - Kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta dan kasus penistaan agama yang diduga dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinilai merupakan pertempuran politik kekuatan Republik Rakyat China yang mendukung Presiden Joko Widodo dengan kekuatan Amerika Serikat yang mendukung politisi-politisi Indonesia pro negara Adidaya itu, seperti mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan para loyalisnya.

Informasi yang beredar, pertarungan kekuatan pro China dan pro Amerika itu berujung pada penetapan Ahok sebagai tersangka penistaan agama. Namun, disebut-sebut, kelompok pro Jokowi akan melakukan balas dendam terhadap SBY dengan menetapkan putranya Agus Edi Baskoro (Ibas) sebagai tersangka dalam berbagai kasus.

Adanya pertempuran China dan Amerika itu dinilai sangat logis. Demikian disampaikan pengamat politik Adhie M Massardie, Emrus Sihombing, dan pengamat politik dari Point Indonesia (PI) Karel Susetyo.

“Saya juga mendengar soal pertempuran dua kekuatan ini, dan saya kira ini wajar. Namun yang penting adalah kasus penistaan agama sudah sangat kuat untuk menjadikan Ahok sebagai tersangka, karena MUI sudah mengeluarkan fatwa,” ujar pengamat politik Adhie M Massardhie.

Adhie mengemukakan, 100 persen Ahok akan dijadikan tersangka, namun akan ada kelompok pro Jokowi yang mendesak agar Ibas, putra SBY dijadikan tersangka. “Ini yang saya dengar di publik,” papar mantan Jubir Presiden Gus Dur ini.

Menurut Karel, spekulasi adanya dukungan China terhadap Ahok dan Amerika kepada SBY bisa saja beredar. Tapi kalau secara logika, Amerika mendukung SBY lalu apa kekuatan yang dimiliki SBY? Saat ini SBY sudah bukan lagi kepala negara.

“Soal pertempuran itu memang beredar di ranah publik, namun saya tidak tahu siapa yang menghembuskan spekulasi itu. Yang jelas saat ini banyak disinformasi yang diinformasikan. Masyarakat dan pemerintah harus hati-hati dan memilah informasi yang beredar," tegasnya.

Sebelumnya, mantan ketua MPR Amien Rais mengatakan, Pilkada menjadi perebutan dua negara adidaya, yaitu antara Amerika Serikat dan Republik Rakyat China. "Amerika ternyata tidak mau Indonesia menjadi subordinat China," tegas Amien beberapa waktu lalu.

Menurut Amien, anasir China sudah banyak masuk ke Indonesia dengan berbagai cover di antaranya sebagai wisatawan. "Tapi, CIA juga sudah banyak masuk ke Indonesia," bebernya.


Berlebihan


Lebih lanjut Emrus Sihombing, yang juga dosen Ilmu Politik Universitas Pelita Harapan (UPH), mengatakan, bangsa Indonesia selalu bergantung kepada luar negeri karena masih belum mandiri. Baik ekonomi dan politik selalu tergantung dalam luar negeri. Karena dalan proses sosial hubungan saling mempengaruhi pasti terjadi, apalagi bagi negara maju seperti Amerika dan China.

"Sesuatu yang terjadi di negara tertentu tidak lepas dari kepentingan negara-negara lain. Karena bagaimana pun kepentingan manusia saling berpengaruh. Begitu pun dalam dinamika politik internasional," jelasnya.

Saat ditanya soal Ahok dan Ibas bakal jadi tersangka, Emrus hanya mengemukakan, ”dalam dunia politik semua bisa saja terjadi, kita tunggu saja. Namun kasus penistaan ini jangan sampai membuat negeri ini jadi rusuh.”

Sementara itu pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jazuli Abdillah mengatakan, terlalu berlebihan jika mengaitkan kasus Ahok dengan adanya pertarungan negara besar antara China dan Amerika. Memang tidak dipungkiri naiknya Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta didukung oleh konglomerat China. "Makanya bisa saja kebijakannya memihak pada China," tegasnya.

Jadi Ahok tidak menjadi tersangka? "Nah itu yang ditunggu dari independesi aparat penegak hukum. Karena aparat hukum juga ada stigma diintervensi kebijakan dan proses dalam pengadaan peralatan. Disini aparat hukum diuji apakah berpihak pada publik atau konglomerat," jelasnya.

Menurut Jazuli, sebagai pejabat publik tidak hanya positif di satu sisi sementara sisi lainnya negatif. Diantaranya seorang pemimpin iti harus santun baik dalam tingkah laku, perkataan dan perbuatannya karena akan menjadi panutan masyarakat lainnya. Menjadi pemimpin tidak bisa dilihat hanya dari satu sisi tapi sisi lainnya juga.

http://nasional.harianterbit.com/nas...merika-Pro-SBY

Spoiler for :


Spoiler for :


Amerika atau China bray? emoticon-Genit
Diubah oleh ibrahimsina3
Halaman 1 dari 5
Trit apaan kali nehhemoticon-Cape d...
ga peduli isinya
fokus ke mulussnya dulu
kalo bisa muluss yg tionghoa di tambahin gan emoticon-Genit

dan catetan buat ts
jangan pake kata china
pakelah kata tionghoa utk menyebut orangnya
kata tiongkok untuk menyebut negaranya
emoticon-shakehand
emoticon-I Love Indonesia
Tambahin info anunya gan
emoticon-Toast
Quote:


info ape? emoticon-Big Grin
mulus belum memenuhi alat bukti, harap ditambah lagi,, mumpung tengah malam
apa bedanya dgn konspirasi wahyudi ?

mikir lurus2 aja dah emoticon-Traveller
Mulusnya ditambahkan, beritanya dikurangin, kalo bisa mulus aja semua.
emoticon-Ngakak (S)
konspirasi mulus harus di perbanyak untuk ke dua belah pihak dg materi yg lebih bahenol..
mengingat menimbang dan memutusken krn ini sudah malam..
mulusnya ditambah gan biar panastak ama panasbung jadi lebih adem
Ga peduli gw sih beritanyaa paan yg penting mulus lebih dr standar bp

Tp gpp munpung uda tgh malem

emoticon-Leh Uga
Sesama Asia mesti bersatu

Kita kan Dah tau reputasi amrik belakangan ini dan sedari duLu nya
Diubah oleh nubijunior
hidup TRIUMMPPPHHHHH

eh ? sopo tuh??
mulusnya bagi indon ya malu2 kucing aja deh

china bejek, barat longgar??
pilih mana??
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

longgar karena baik asia memang ukuran standar mini
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Quote:


Cum inside emoticon-thumbsup
Ameri...Chi..nose.. aja.

emoticon-Ngakak
Cina wakil blok imur vs Umrika wakil blok barat..

ahh dua2nya sama ajah...11-12 lah
Duh kalau mulusnya kaya gitu, binggung juga sih gan, 2 2 oke punya. emoticon-Jempol emoticon-Jempol
rusia aja deh atau jerman ke emoticon-Traveller
Bukannŭa arab?
Quote:

trit full mulustrasi yang penuh konspirasi dan belum terinfeksi mulestrasi dan rawan kena inspeksi emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di