- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing & Research
Public Relations 2.0? apakah itu?
TS
robb99
Public Relations 2.0? apakah itu?

Public Relations adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.

Dari PR ke PR 2.0
Public Relations 2.0 (PR 2.0) atau sering disebut Cyber PR adalah realisasi bahwa web mengubah segalanya, menempatkan orang-orang secara sama dalam proses pengaruh tradisional. Tiba-tiba kita diperkenalkan dengan kesempatan untuk tidak hanya menjangkau khalayak kita melalui gatekeepers, tetapi juga menggunakan saluran online di mana mereka mempublikasikan dan berbagi informasi untuk berkomunikasi secara langsung dan dengan sebenarnya.
E-PR adalah inisiatif PR yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitasnya atau disebut cyber PR. Pengertian Cyber PR sendiri berasal dari kata: E adalah electronic sama halnya dengan E sebelum kata mail atau commerce yang mengacu pada media elektronik internet. E-PR merupakan singkatan dari bahasa Inggris, yaitu Electronic Public Relations yaitu yang artinya PR yang menggunakan media internet sebagai media aktifitasnya. Di Indonesia lebih popular dengan nama Cyber Public Relations.
Sekarang, Masuk PR 2.0.
Yang hanya Anda perlu pahami, itu bukan sebuah istilah trendi yang berperan besar pada tren saat ini "Everything 2.0." Sejujurnya, keberadaannya sudah sepuluh tahun, tapi media sosial benar-benar memajukan adopsi dari sesuatu yang baru, peran lebih signifikan untuk PR.
Berikut ini bagaimana Brian Solis mendefinisikannya di tahun 90-an, tetapi masih relevan saat ini: PR 2.0 lahir melalui analisis bagaimana web dan multimedia mendefinisikan kembali PR dan komunikasi pemasaran, sementara juga membangun seperangkat alat untuk menemukan kembali bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan influencer dan orang-orang secara langsung.
Ini adalah kesempatan untuk tidak hanya bekerja dengan wartawan tradisional, tetapi juga terlibat secara langsung dengan satu set baru dari influencer yang tidak disengaja, dan juga kemampuan kita untuk berbicara dengan konsumen secara langsung (melalui forum online, grup, komunitas, dll).
Ini adalah pemahaman pasar, kebutuhan orang-orang, dan bagaimana untuk menjangkau mereka pada tingkatannya tanpa menghina setiap orang yang terlibat di dalamnya. PR akan menjadi komunikasi hibrid, penyebaran, dan pemasaran situs.
PR 2.0 sebenarnya diinspirasi oleh Web 1.0 dan saluran baru untuk mendistribusikan informasi yang diwakilinya. Ini mengubah segalanya. Ini memaksa media tradisional untuk berkembang. Ini menciptakan satu set baru dari influencer dengan mekanisme yang sama sekali berbeda untuk mengumpulkan dan berbagi informasi sementara juga mereformasi rutinitas sehari-hari dari bagaimana orang mencari berita.
PR 2.0 adalah filosofi dan praktek untuk meningkatkan kualitas kerja, mengubah permainan, dan berpartisipasi dengan orang-orang dengan cara yang lebih tepat dan cerdas. Ini bukan tentang alat situs baru. Mereka hanyalah alat yang digunakan untuk mempermudah percakapan…tapi segala hal, khususnya niat, pengetahuan, dan antusiasme, adalah unik untuk Anda.
Kegiatan Cyber Public Relations
Kegiatan PR bisa lebih fleksibel dari yang dilakukan di dunia nyata, ketika program kehumasan konvensional mengeluarkan budget hampir ratusan juta dalam sebuah perusahan besar, jika program tersebut dilakukan melalui Internet akan jauh lebih murah.
1. Publikasi
Kegiatan publikasi yang di lakukan PR dalam internet dapat dilakukan dengan jalan mengikuti mailing list-mailing list yang sesuai dengan target market perusahaan kita. Banyaklah menuliskan tulisan berupa artikel, press release mengenai perusahaan anda dalam milis tersebut. Dengan begitu seluruh anggota milis akan kena terpaan publikasi yang telah PR lakukan.
Selain mengikuti mailing list yang sesuai dengan target market perusahaan, PR juga harus secara berkesinambungan memproduksi e-newsletter kepada member website perusahaan anda. Tetapi, jangan sekali-kali melakukan spamming terhadap pengguna internet, karena dengan melakukan spamming maka kredibilitas perusahaan anda akan hancur. Karena spamming adalah kegiatan berkonotasi negatif bagi pengguna internet, spamming bisa dikatakan sebagai kegiatan yang memaksakan kehendak dalam memberikan informasi. Jalan yang paling aman adalah mengirimkan newsletter pada anggota website anda yang secara sukarela mendaftarkan alamat emailnya untuk dikirimkan informasi tentang perusahaan anda.
2. Menciptakan Berita (Media Relations)
Untuk menjaga hubungan baik dengan wartawan dapat dilakukan melalui email, jika seorang PR mempunyai database alamat email seorang wartawan akan lebih sangat mudah dalam mengirimkan siaran pres. Jika perusahaan anda mempunyai siaran pres yang butuh disampaikan dengan segera, anda tinggal sekali “click” maka siaran pres anda akan langsung sampai di meja wartawan.
Untuk tetap menjaga hubungan baik, anda bisa menyapa wartawan tersebut lewat email menanyakan kabar wartawan tersebut dan kegiatan-kegiatan yang sedang dilakukan. Malah jika anda sudah sangat akrab dengan wartawan tersebut anda dapat melakukan wawancara / konferensi dengan menggunakan Instant Messenger seperti Yahoo Messenger, ICQ, atau yang lainnya.
Sarana Kegiatan Cyber Public Relations
Menurut Agus Rusmana, sarana bagi kegiatan Cyber PR adalah sebagai berikut;
Press Releases: Dengan online PR, press release dapat terkirim langsung ke penyaji media (media outlets) pada cakupan regional, nasional maupun internasional (tergantung sasaran yang diinginkan).
Expert Articles: adalah tulisan/ artikel (disebut sebagai white papers) tentang sebuah topik yang berkaitan dengan produk perusahaan yang dibuat oleh seorang ahli (limuwan/ peneliti) tanpa menyebut merek atau produknya. Tulisan ini paling mudah diterbitkan karena tidak pernah dikategorikan sebagai iklan. Beberapa penulis minta dibayar sehingga perlu diperhitungkan sebagai biaya iklan.
Email Newsletters: merupakan gabungan isi yang informatif dan iklan ‘terselubung’ yang terkirim sebagai e-mail, atau bisa juga diperlakukan sebagai spam (surat sampah yang mengganggu). Newsletter yang bisa ditulis menggunakan format teks dan/ atau HTML ini bisa berupa artikel, informasi tentang penjualan dan promosi, berita ringkat dan survey.
Di samping kendaraan yang sudah biasa digunakan, terdapat beberapa kendaraan baru yang belum umum tapi dapat dan layak dipertimbangkan untuk digunakan sebagai kendaraan online PR yang disebut Podbloginars (podcast-blog dan webinar):
Blogs: dikenal juga sebagai “web logs,” yaitu jurnal online yang ditulis oleh eksekutif perusahaan dalam gaya informal dan bernada percakapan yang mengomunikasikan gagasan penulis tentang sebuah event dalam industri dan di lingkungan perusahaan.
Webinars: merupakan singkatan dari “Web Seminar” yang bisa ditayangkan langsung atau siaran tunda, dimuat dalam situs web, dan dapat diputar ulang oleh pengunjung situs yang berminat. Webinar menggunakan komputer dan saluran telepon untuk mengirimkan presentasi PowerPoint, demo produk atau aplikasi web, dan rekaman video.
Podcasts: merupakan strategi pemasaran online terbaru. Podcast adalah rekaman suara sebuah siaran yang dapat didownload ke iPod dan MP3/ MP4 players. Umumnya diproduksi oleh siaran radio independen, namun perusahaan besar sudah mulai menggunakannya sebagai saluran distribusi dan iklan.
Kendaraan PR ini merupakan perluasan penggunaan fasilitas online yang dianggap lebih mampu secara aktif mendekati dan menarik perhatian sasaran daripada pemuatan artikel, tulisan atau iklan dalam website yang pada umumnya sudah dibuat oleh hampir semua perusahaan saat ini. Keistimewaan dari kendaraan ini adalah sifatnya yang aktif mendekati sasaran sementara website bersifat pasif menunggu kedatangan pengunjung yang kebetulan “lewat” dan berhenti untuk ‘window shopping’.
Diubah oleh robb99 24-11-2016 10:19
0
3.9K
5
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan