alexa-tracking

Tips Simple Budidaya ikan Koi yang Menguntungkan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/580b87e1dcd77083548b456a/tips-simple-budidaya-ikan-koi-yang-menguntungkan
Tips Simple Budidaya ikan Koi yang Menguntungkan
Di Indonesia, ikan koi mulai populer sejak tahun 1960-an. Saat itu Presiden Sukarno diberi hadiah berbagai macam ikan koi oleh pemimpin Cina. Kemudian Presiden memberikan ikan tersebut kepada para pembudidaya ikan di Batu, Jawa Timur, untuk dikembangbiakan. Benih ini menjadi cikal bakal pengembangan koi lokal.

Meskipun kualitas koi lokal masih dipandang sebelah mata, perkembangan usaha budidaya ikan koi terus berkembang. Usaha budidaya ikan koi berkembang baik di daerah Blitar, Jawa Timur.

Dari waktu ke waktu, ikan koi lokal ini mengalami peningkatan kualitas. Pangsa pasar semakin terbuka bagi para pembudidaya dengan semakin mahal nya koi impor. Ikan koi lokal menjadi lebih bersaing dari segi harga.

Budidaya ikan koi cukup mudah dilakukan. Tahapan-tahapan nya hampir sama dengan budidaya ikan mas. Hanya saja yang menjadi krusial adalah ketersediaan bibit berkualitas. Kali ini ahmadjr akan membahas mengenai langkah-langkah budidaya ikan koi.

Memilih Indukan Untuk budidaya ikan koi


Memilih indukan memegang peranan penting dalam budidaya ikan koi. Indukan yang bagus secara genetis akan menghasilkan keturunan yang bagus, begitu kira-kira hukum umumnya. Indukan berkualitas biasanya dimiliki oleh penangkar atau para penghobi. Bila kesulitan menemukan indukan yang baik, bisa dengan jalan meminjamnya dari para penghobi.

Penghobi biasanya mengoleksi ikan koi yang berkualitas, baik untuk dipelihara sendiri maupun untuk kontes. Namun para penghobi ini rata-rata tidak memiliki keterampilan atau waktu untuk mengawinkan ikan nya. Padahal, untuk menjaga agar ikan tetap bugar salah satunya harus dikimpoikan jika telah tiba waktunya.

Di sini pembudidaya bisa kerja sama dengan pemilik ikan. Dimana pemilik diuntungkan karena ikannya bisa dikimpoikan dan pembudidaya bisa mendapatkan keturunan berkualitas. Sebagai imbalan nya, biasanya si pemilik dipersilakan memilih satu atau dua ekor ikan hasil perkimpoian.

Selain keturunan atau sifat genetis, calon indukan ikan koi harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Umur ikan sudah cukup matang, lebih dari 2 tahun
Memiliki jenis yang sama atau mendekati, misalnya kohaku dengan kohaku
Bentuk tubuh ideal, dari atas tampak seperti torpedo
Gaya berengang tenang dan seimbang
Warna cemerlang dan kontras
Sehat, gerakannya gesit tidak banyak diam di dasar kolam.
Indukan jantan dan betina telah matang gonad

Untuk Baca lebih jelas nya bisa kunjungi di Tips Simple Budidaya ikan Koi yang Menguntungkan
×