Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mulaisinauAvatar border
TS
mulaisinau
Garuda Indonesia - a democratic success story (kisah sukses demokrasi)
Garuda Indonesia - a democratic success story (kisah sukses demokrasi)

Pada bulan September, operator milik pemerintah Garuda Indonesia mengumumkan akan memperluas ke pasar AS dengan penerbangan perdana dimulai pada 2017.

Menurut juru bicara Benny S. Butarbutar, ini adalah bagian dari rencana strategis penerbangan "untuk memperkuat posisi Garuda Indonesia sebagai pemain penerbangan global."

Untuk mencapai tujuan ini, sejak itu ditandatangani perjanjian code-share dengan maskapai nasional Meksiko Aeromexico dimana penumpang dapat terbang dari Bali ke berbagai tujuan seperti Acapulco, Monterrey dan Cancun.

Memang, maskapai ini merupakan pemain besar di seluruh Asia-Pasifik dan semakin membesar di seluruh dunia.

Tahun ini, Garuda Indonesia dinyatakan sebagai maskapai 'yang paling digemari' di dunia, dengan rating kepuasan tertinggi di antara lebih dari 420 operator di seluruh dunia. Pada 2015, menerima penghargaan Five Star Airline oleh Skytrax, bergabung dengan enam maskapai lainnya yang memperoleh kehormatan ini. Tahun ini, ia juga dianggap memiliki "World’s Best Airline Cabin Crew" untuk tahun ketiga secara berturut-turut.

Garuda Indonesia - a democratic success story (kisah sukses demokrasi)

Memang, itu tidak selalu seperti ini.

Pengumuman ekspansi Garuda Indonesia ke pasar AS datang sesaat setelah otoritas penerbangan sipil Amerika pada bulan Agustus mencabut larangan pada penerbangan Indonesia untuk terbang ke sana. Maskapai penerbangan Indonesia yang masih belum pulih dari dekade yang terkenal secara internasional sebagai sangat tidak aman. Di bawah mantan diktator Suharto, Garuda dianggap sebagai salah satu maskapai terburuk di dunia.

Standar keamanan yang sangat buruk, terlalu sering kecelakaan dan bahkan kasus pilot berusaha mendarat di bandara yang salah. Warisan ini butuh waktu bertahun-tahun untuk diberantas.

Garuda Indonesia - a democratic success story (kisah sukses demokrasi)

Bahkan baru-baru ini pada tahun 2007, penerbangan Garuda Indonesia mendarat di Yogyakarta melampaui landasan pacu dan terbakar, menewaskan 21 penumpang dan anggota awak. Akibatnya, ke-51 maskapai Indonesia dilarang terbang di Uni Eropa. Larangan Garuda Indonesia kemudian dicabut pada 2009 dan kembali terbang ke Eropa.

Sementara negara-negara barat antusias menjual bendera angkutan mereka, yang menyebabkan penurunan kualitas pelayanan dan keselamatan standar, beberapa maskapai penerbangan nasional milik negara Asia Tenggara seperti di Thailand, Singapura dan Vietnam tetap di antara yang terbaik di dunia. Garuda Indonesia tidak terkecuali.

Yang penting, transformasi Garuda dari berbahaya, maskapai yang tidak dapat diandalkan menjadi 'yang paling digemari' di dunia datang selama era demokrasi sejak tahun 1998.

Maskapai penerbangan nasional Indonesia sejak awal telah terikat dengan identitas bangsa muda dan sejarah politik.

Bahkan, pesawat pertama adalah salah satu yang disita dari penjajah Belanda selama revolusi 1945. Pada tahun 1949, sebuah pesawat komersial merek "Garuda Indonesian Airways" menerbangkan presiden pertama bangsa dan pahlawan revolusioner, Sukarno, dari Jakarta ke Yogyakarta.

Garuda Indonesia - a democratic success story (kisah sukses demokrasi)

Memang, Bung Karno sendiri yang memberi nama maskapai dari puisi kontemporer oleh Noto Soeroto, "Saya Garuda, burung Wisnu yang membentangkan sayap tinggi di atas kepulauan Anda."

Garuda adalah burung suci dalam mitologi Hindu dan Buddha. Fakta bahwa ini dipilih sebagai simbol dari maskapai nasional untuk negara Muslim terbesar di dunia tidak signifikan. Ini merupakan pengakuan yang kuat dari sejarah Indonesia yang kaya dan mantra demokratis dari 'kesatuan dalam keragaman' seperti yang termaktub di bawah ideologi resmi negara Pancasila.

Era Suharto, rejim militer yang brutal diantar oleh kudeta yang gagal dan pembunuhan retributif dari sekitar 500.000 simpatisan komunis, ditandai dengan kekuasaan negara hiper-terkonsentrasi, korporatisme dan sistem patronase didorong oleh korupsi yang merajalela. Posisi resmi tingkat tinggi dan peluang bisnis dimonopoli oleh teman-teman dan keluarga Soeharto. Dengan birokrasi nepotis dan administrasi yang buruk, maskapai nasional Indonesia menderita.

Garuda Indonesia - a democratic success story (kisah sukses demokrasi)

Setelah krisis ekonomi Asia pada tahun 1997, Soeharto jatuh dari kekuasaan setelah periode ketidakstabilan dan dorongan untuk demokrasi dari organisasi mahasiswa dan masyarakat sipil. Indonesia kemudian memulai (sampai saat ini sangat sukses) transisi demokrasi. Kebebasan politik dan ekonomi telah membuat Indonesia secara signifikan lebih sejahtera.

Garuda Indonesia, bersama dengan perusahaan lain milik negara Indonesia, kini memiliki tata kelola perusahaan yang lebih efektif daripada banyak pelaku di sektor swasta. Ini telah diuntungkan besar dari kepemimpinan yang kuat berdasarkan prestasi bukan janji nepotis seperti di bawah rezim Orde Baru. Sementara semakin diprivatisasi, pemerintah Indonesia tetap mempertahankan kepemilikan mayoritas maskapai. Tahun lalu, Garuda Indonesia mengangkut 23,5 juta orang, lebih dari seluruh penduduk Australia. Setelah bertahun-tahun rugi, pada tahun 2015 memperoleh keuntungan dan terus merestrukturisasi untuk memotong biaya dan meningkatkan pendapatan sambil ekspansi ke Eropa dan Amerika Utara.

Presiden saat ini, Joko Widodo, telah mendorong investasi besar-besaran di infrastruktur negara - terutama di wilayah regional yang sejak lama diabaikan. Bulan ini, Jokowi telah meresmikan dua bandara baru di daerah terpencil di Sulawesi Barat dan Riau. Mengingat bahwa Garuda menyumbang hampir setengah dari semua penerbangan domestik di Indonesia selama tahun 2015, secara alami berdiri untuk manfaat.

Garuda Indonesia - a democratic success story (kisah sukses demokrasi)

Meskipun ada beberapa kendala awal, Terminal 3 di bandara international Soekarno-Hatta yang baru diresmikan adalah pusat mengesankan visi infrastruktur Jokowi ini. Selain mengkilap, kuil modern nasionalisme Indonesia - dengan seni kontemporer berselera serta menampilkan pahlawan nasional, yakni potret Bung Karno dan Mohammad Hatta yang juga nama bandara.

Garuda Indonesia saat ini memiliki hak eksklusif atas terminal untuk penerbangan domestik. Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa "terminal ini dibangun untuk mengubah citra ibukota Jakarta." Mengingat kemegahan dan rasa nasionalis, ini mungkin benar untuk seluruh bangsa.

Pengusaha Indonesia John Riady pernah berkata bahwa meskipun populasinya sangat besar, ekonomi dan pengaruh regional, Indonesia adalah "mungkin negara yang paling tak terlihat di dunia".

Naiknya Garuda Indonesia ke kancah global, bagaimanapun, tidak diragukan lagi akan membantu untuk mengubah ini.



Ditulis oleh Max Walden https://mobile.twitter.com/maxwalden_
Diterbitkan di Asian Correspondent https://asiancorrespondent.com/2016/...success-story/
Diterjemahkan menggunakan Google Translate dengan beberapa penyesuaian.




Komen ts: semoga BUMN yang lain segera menyusul Garuda Indonesia menjadi perusahaan top dunia dibidangnya masing2.

INKA, PAL & PTDI dibidang manufaktur transportasi
Krakatau Steel & Timah dibidang pertambangan
BRI, BNI & Mandiri dibidang perbankan dll
Diubah oleh mulaisinau 22-10-2016 03:00
0
3K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan