alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5801d2b3d89b0973458b4567/ini-dia-reaktor-nuklir-milik-indonesia-gan
icon-hot-thread
Ini Dia Reaktor Nuklir Milik Indonesia gan !
Ini Dia Reaktor Nuklir Milik Indonesia gan !
Quote:Quote: Halo gan/sis!emoticon-Hai
Apa kabar? Semoga senantiasa diberi kesehatan dan rezeki yang berlimpah aamiin Izinkan ane untuk share tentang Reaktor Nuklir yang dimiliki Indonesia saat ini gan sis ! Ane yakin pasti diantara agan dan sista semua ada yang masih mengira kalo Indonesia itu sama sekali belum pernah memliki reaktor nuklir sendiri.
Disini ane mencoba untuk memberikan pengetahuan kalau sebenernya bangsa kita tercinta ini sudah memiliki reaktor nuklir sendiri lohh !!

Quote:Cek Repost disini gan/sis emoticon-Cool

Langsung saja ya gan/sis !! CEKIBROT !! emoticon-I Love Indonesia


Apa itu Reaktor Nuklir?
Quote:Quote:Reaktor nuklir adalah suatu tempat atau perangkat yang digunakan untuk membuat, mengatur, dan menjaga kesinambungan reaksi nuklir berantai pada laju yang tetap. Berbeda dengan bom nuklir, yang reaksi berantainya terjadi pada orde pecahan detik dan tidak terkontrol.

Reaktor nuklir digunakan untuk banyak tujuan. Saat ini, reaktor nuklir paling banyak digunakan untuk membangkitkan listrik. Reaktor penelitian digunakan untuk pembuatan radioisotop (isotop radioaktif) dan untuk penelitian. Awalnya, reaktor nuklir pertama digunakan untuk memproduksi plutonium sebagai bahan senjata nuklir.

Quote:mulustrasi
Quote:Ini Dia Reaktor Nuklir Milik Indonesia gan !
Sumur



Sejarah Nuklir di Indonesia
Quote:
Quote:
Ini Dia Reaktor Nuklir Milik Indonesia gan !
Quote:Indonesia sebenarnya sudah merencanakan pembangunan reaktor nuklir era presiden Soekarno sekitar tahun 1958, Saat itu presiden Soekarno membentuk panitia negara untuk penyelidikan Radioaktivitet tahun 1954. Panitia Negara tersebut mempunyai tugas melakukan penyelidikan terhadap kemungkinan adanya jatuhan radioaktif dari uji coba senjata nuklir di lautan Pasifik. Bahkan jika presiden Soekarno tidak lengser kala itu, mungkin saja saat ini Indonesia sudah memiliki beberapa bom nuklir gan emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)


Sumur


Reakor Nuklir di Indonesia
Quote:
Quote:
Ini Dia Reaktor Nuklir Milik Indonesia gan !

Quote:Reaktor Triga Bandung
Reaktor Triga Bandung adalah Reaktor pertama Indonesia yang diresmikan pada bulan Desember tahun 1965. Reaktor ini telah mengalami beberapa kali proses upgrade kapasitas daya reaktor yaitu pada tahun 1981 diupgrade dari 250 kW menjadi 1000 kW, dan terakhir diupgrade pada tahun 1996 menjadi 2000 kW.

Sejak dioperasikan, Reaktor Triga udah dimanfaatkan untuk meneliti dan mengembangkan penguasaan teknologi isotop pada radiosotop. Radiosotof adalah unsur radioaktif yang dapat digunakan pada bidang medis untuk memeriksa anatomi dan morfologi organ tubuh.

Sumur


Quote:
Ini Dia Reaktor Nuklir Milik Indonesia gan !
Quote:Reaktor Kartini Yogyakarta
Reaktor Nuklir Kartini adalah sebuah reaktor nuklir kecil berkapasitas 250 kW yang berlokasi di Depok, Sleman, Yogyakarta. Reaktor ini adalah reaktor nuklir kedua milik indonesia setelah reaktor dibandung. Reaktor jenis Triga Mark II ini diresmikan pada tahun 1979 dan sampai saat ini masih berstatus operasi. Semua reaktor nuklir di Indonesia dioperasikan oleh BATAN

Sumur



Quote:
Ini Dia Reaktor Nuklir Milik Indonesia gan !
Quote:Reaktor Nuklir Serpong
Salah satu fasilitas nuklir Batan yang dibangun untuk melaksanakan kegiatan Litbangyasa iptek nuklir adalah Kawasan Nuklir Serpong. Kawasan Nuklir Serpong merupakan kawasan pusat Litbangyasa iptek nuklir yang dibangun dengan tujuan untuk mendukung usaha pengembangan industri nuklir dan persiapan pembangunan serta pengoperasian PLTN di Indonesia. Pembangunan instalasi dan laboratorium Kawasan Nuklir Serpong dilaksanakan melalui 3 (tiga) fase yang dimulai sejak tahun 1983 dan selesai secara keseluruhan pada tahun 1992. Luas kawasan mencapai sekitar 25 hektare dan terletak di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong.

Di kawasan ini, terdapat Pusat Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN), Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG), Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN), Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR), Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN), Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR), Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM), Pusat Standardisasi dan Mutu Nuklir (PSMN), dan Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN).

Fasilitas utama yang terdapat di kawasan ini adalah Reaktor Serba Guna GA. Siwabessy (RSG-GAS) engan daya 30 MW, Instalasi Produksi Elemen Bakar Reaktor Riset, Instalasi Radioisotop dan Radiofarmaka, Instalasi Elemen Bakar Eksperimental, Instalasi Pengolahan Limbah Radioaktif, Instalasi Radiometalurgi, Instalasi Keselamatan dan Keteknikan Reaktor, Fasilitas Penembangan Informatika, Instalasi Mekano Elektronik Nuklir, Instalasi Spektrometri Neutron serta Instalasi Penyimpanan Elemen Bakar Bekas dan Bahan Terkontaminasi.

Sumur




Ada beberapa lokasi lagi yang sedang dipelajari kelayakannya oleh peneliti gan emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) diantaranya Muria, Jawa Tengah dan Bangka, Bangka Belitung emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Terlepas dari perdebatan masalah nuklir di Indonesia, Sudah saatnya Indonesia sekarang untuk menggembangkan energi nuklir untuk energi listrik melihat semakin berkurangnya sumber daya dari fosil gan emoticon-Takut (S) bayangkan saja, perbandingan energi yang dihasilkan dari nuklir dengan batubara adalah 1 Kg uranium setara dengan 1000 ton batubara gan emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)

Mungkin agan akan berpendapat untuk menggunakan tenaga surya atau angin saja, yang memiliki resiko lebih kecil daripada menggunakan nuklir. Tetapi, biaya yang akan dikeluarkan akan lebih besar jika kita menggunakan nuklir gan. Uranium sebagai sumber dari energi panas hanya perlu diganti 5-10 tahun sekali bahkan lebih gan. emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) Indonesia memiliki banyak sekali pulau, untuk mengantisipasi bocornya nuklir, pembangunan reaktor haruslah dibangun di pulau yang minim atau tidak berpenduduk sama sekali gan.

Mengutip dari Pernyataan Presiden pertama kita ir. Soekarno :

Quote: "Untuk Menjadi Bangsa Besar, Indonesia Kedepan Harus Menguasai Nuklir dan Antariksa" (Soekarno, 1958)

ANE GA MENOLAK CENDOLNYA GAN emoticon-Toast

REKOMEN HT BILA BERKENAN GAN emoticon-Shakehand2
REKOMEN HT DISINI

canggih juga ya emoticon-Matabelo
indo punya juga emoticon-Wow
mantap bray emoticon-Toast
Wow indonesia emoticon-Matabelo
widih mantap juga nih emoticon-Matabelo
Dah tau emoticon-Traveller mending bikin bomb nuklir
indonesia memang top emoticon-I Love Indonesia
waduh mantep tuh kalo efeknya bisa bikin hirosima nagasaki part 2 emoticon-Leh Uga
Tinggal bikin yang versi bom emoticon-I Love Indonesia
wah baru tau ternyata punya ya, ane selama ini taunya cuma kantor Pusat Teknologi Keselamatan & Metrologi Nuklir nya aja yg di jalan lebak bulus pasar jumat situ gan emoticon-Belo
ngeri om klo maen2 nuklir..

mending maen mercon aja lbh aman om emoticon-Malu (S)
Gua jadi inget anaknya almarhum dono warkop, yg jadi insinyur nuklir..
emoticon-2 Jempol
punya juga ternyata Ini Dia Reaktor Nuklir Milik Indonesia gan !
Quote:Original Posted By cokelut
waduh mantep tuh kalo efeknya bisa bikin hirosima nagasaki part 2 emoticon-Leh Uga


Hirosima nagasaki itu sih bomb nuklir bray..
emoticon-Cape d...
Yg reaktor nuklirnya bocor di fukushima
mantep tuh bree emoticon-Matabelo
kembangin aja bre. hadapi resikonya emoticon-Cool
o itu emoticon-Cool
baru tau emoticon-Cool
emoticon-I Love Indonesia
ati² kalo sampe bocor repot bos
jayalah Indonesia ku emoticon-I Love Indonesia