CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Bolehkah kary probation membatalkan PKWT
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ff2a8f98e31b696e8b4567/bolehkah-kary-probation-membatalkan-pkwt

Bolehkah kary probation membatalkan PKWT

Dear agan2 kaskuser yg mengerti hukum atau bagian HRD

Ane mau tanya, ane skrg masih dalam status probation di perush A, di PKWT ane di sebut probation 3 bulan, nah skrg sudah berjalan 1 bulan, namun ane ngerasa tidak nyaman dan tidak dapat memberikan yg terbaik bagi perusahaan.

Bos ane pun kerap neken ane utk perform padahal ane uda usaha semaksimal mungkin.

Yg mau ane tanyain

1. Apakah bisa karyawan probation yg baru 1 bulan mengajukan pengunduran diri (resign), krn pada PKWT tidak di sebutkan karyawan probation bisa mengajukan resign, hanya pegawai tetap 1 month notice

2. Kalau bisa bagaimana cara bicara yg sopan dan baik?

3. Apakah jika ane mengundurkan diri mencoreng nama baik / ke profesionalan ane? Krn menurut ane ini win2 solution bagi ke2 belah pihak, bagi ane, ane lepas dr perush yg ane kurang nyaman, bagi perushaan mereka tidak perlu gaji ane utk sesuatu yg gak bisa ane berikan ke perusahaan (gak perform)

Mohon pencerahaannya

*fyi ane kerja di dunia perbankan
prinsipnya pkwt itu kontrak dan tidak boleh dibuat masa percobaan lagi, jadi ketentuan probation itu harusnya ga sah.
tapi berhubung agan yg mau resign ya diperbolehkan saja, hanya biasanya di kontrak PKWT ada klausul denda bagi pekerja yg resign, coba agan baca seksama dulu kalopun tidak ada maka klausul denda yg ada di UUK yg tetap berlaku. kalo ada coba agan bicarakan baik2.

cara bicara yang sopan dan baik ga diatur UU tapi kalo agan dulu sekolah pasti taulah bagaimana cara bicara yg sopan emoticon-Ngakak
Coba baca perjanjiannya dulu gan, antara agan sama perushaan, ada klausul tentang resign ga ? kalo ada tinggal ikut ketentuan dalam perjanjian itu aja gan.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di