alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f818e0d44f9f94428b456b/lima-lukisan-belanda-yang-hilang-ditemukan-di-ukraina
Lima Lukisan Belanda yang Hilang Ditemukan di Ukraina
Quote:Lima Lukisan Belanda yang Hilang Ditemukan di Ukraina

Jakarta - Horn, sebuah kota di Belanda, menyambut dengan sukacita kembalinya lima karya yang sempat dicuri dari museum kota pada 2005. Lima karya seni itu diduga dicuri oleh kelompok kriminal asal Ukraina.

"Setelah 4.320 hari, ya kami menghitung hari, mereka kembali!" tutur direktur museum Ad Geerdink kepada ratusan warga yang berkumpul di Museum Westfries seperti dikutip dari AFP, Sabtu (8/10/2016).

"Warisan budaya kita kembali ke museum dan kembali ke kota di mana mereka berada," ujar Geerdink.

Ada lima lukisan yang termasuk di antara 24 karya di zaman keemasan Belanda dan 70 pernik peralatan perak yang dicuri dari museum yang berada di barat laut kota Hoorn itu. Benda-benda itu dicuri pada 9 Januari 2005. Saat 24 lukisan itu hilang nilai kerugian mencapai total 10 juta euro ($11 juta).

Salah satu karya yang diperbaiki adalah milik Isaak Ouwater 1784 yang berjudul 'Nieuwstraat in Hoorn' yang dihargai sekitar € 30.000. Lukisan ini dikembalikan oleh pembeli seni asal Ukraina pada Mei.

Empat lukisan lainnya juga ditemukan di Ukraina yaitu 'a Peasant Wedding' oleh Hendrick Boogaert, 'Kitchen Scene' oleh Floris van Schooten, 'Return of Jephta' dam 'Lady World' oleh Jacob Waben.

Kondisi yang buruk

Museum itu kini mengadakan pengumpulan dana untuk merestorasi lima karya tersebut. Juru bicara Christa van Hees mengatakan karya tersebut sudah banyak menderita dalam beberapa dekade dan berada dalam kondisi yang buruk.

Tampak jelas lipatan ketika dua lukisan itu dipasang pada pigura. Sementara lukisan lainnya masih tergulung tanda-tanda cat yang retak dan lepas.

"Saya tidak bisa menyebut berapa lama pengerjaan ini selasai. Tapi tujuan akhirnya adalah seluruh lukisan tergantung di museum selama setengah tahun," tandasnya.

Dua orang pria yang mengaku mewakili kelompok pro-Kiev menemukan lima lukisan itu di sebuah villa yang dilanda perang di timur Ukraina. Di mana pasukan Kiev bertempur dengan separatis Rusia.

Tidak jelas langkah selanjutnya yang akan diambil. Yang pasti April lalu, Ukraina mengumumkan telah mengembalikan kembali empat lukisan.

"Yang paling penting setidaknya beberapa diantara lukisan yang hilang telah kembali," kata manager tiket museum Karin Van Hoorn.
(ams/Hbb)

http://news.detik.com/berita/d-33160...254.1474491145


sayang sekali keadaannya sekarang meprihatinkan.. emoticon-Mewek