alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57f7eac6c2cb178a6e8b4567/yang-perlu-disiapkan-sebelum-memelihara-anjing
Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memelihara Anjing
Info dan tips penting seputar anjing dan hewan peliharaan lainnya bisa ditemukan disini emoticon-Toast

Quote: Artikel Lainnya
Lingkungan Yang Baik Untuk Anjing
Tips Tempat Tidur Anjing
Tempat Makan Dan Minum Yang Baik Untuk Anjing
Perlengkapan Untuk Memelihara Anjing
Manfaat Memelihara Anjing


Klik untuk melihat sumber

Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memelihara Anjing
Memelihara anjing merupakan suatu pengalaman yang luar biasa. Namun kita perlu mempertimbangkan apakah memelihara anjing cocok untuk kita dan keluarga.

Anak anjing yang kita rawat akan menjadi bagian keluarga kita selama 10 - 15 tahun mendatang. Mereka akan sangat bergantung kepada kita – mulai dari menyediakan makanan dan minuman hingga mengajaknya berolahraga dan ke dokter hewan. Mereka juga ingin selalu berada didekat kita. Kita akan memiliki tanggung jawab finansial dan sosial yang besar sebagai pemilik anjing. Sebelum kita dan keluarga kita memutuskan untuk merawat anak anjing, pastikan kita telah memikirkan pertanyaan-pertanyaan berikut.


Mengapa Kita Ingin Memelihara Anjing?
Ada banyak alasan mengapa kita ingin memelihara anak anjing - beberapa baik dan sebagian tidak. Perhatikan beberapa contoh berikut:

Alasan baik:
  • Persahabatan - Sebagai hewan sosial, anjing dapat menjadi bagian dari keluarga kita. Selama kita dapat mendedikasikan waktu dan sumber daya kita untuk membangun hubungan yang kuat dan penuh kasih sayang dengan sang anjing, mereka akan menjadi pelengkap yang menyenangkan di rumah kita.
  • Anak-anak – Memiliki anjing merupakan cara yang baik untuk mengajarkan mereka tanggung jawab dan kesabaran dengan menugaskan mereka untuk merawat anjing. Namun, sebagai orangtua, kita tidak boleh melupakan tugas kita sebagai perawat utama. Beberapa penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang tumbuh bersama dengan hewan peliharaan memiliki keterampilan sosial yang lebih baik, meningkatkan koordinasi dan kepercayaan diri, serta tidak mudah terserang alergi.
  • Kesehatan – Merawat anjing membuat kita menjadi lebih sehat secara fisik dan mental. Jika kita ingin mencari teman baru yang menyehatkan dan menyenangkan, kita tentu tidak akan melupakan hewan berkaki empat ini.

Alasan buruk:
  • Tanpa Perencanaan – Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah membeli anjing tanpa perencanaan yang tepat. Jangan pernah terjebak dalam hal ini dan pahamilah bahwa keputusan ini akan mengubah hidup kita. Kita harus mempertimbangkan ukuran, bentuk, temperamen, biaya, dan faktor gaya hidup sebelum membawa anjing ke rumah.
  • Model atau Gaya Hidup – Meskipun nama mereka Toy, Miniature dan Teacup, anjing bukanlah benda mati. Mereka hidup dan bernapas yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja setelah kita tidak membutuhkannya.
  • Hadiah Kejutan – Komitmen untuk merawat hewan peliharaan adalah keputusan pribadi yang tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Seekor anjing akan menjadi hadiah yang menarik jika penerima telah terlibat dari awal dan siap menerimanya sebagai anggota keluarga baru.

Pada akhirnya, kita harus memiliki komitmen yang kuat dalam merawat anjing karena kita akan berbagi hidup dengannya dan menjadi pemilik yang bertanggung jawab sepanjang hidupnya (terlepas dari berapa banyak biaya atau situasi yang akan dihadapi). Setelah diadopsi, anjing akan menjadi anggota keluarga kita dan harus diperlakukan dengan baik.
Apakah Kita Siap Untuk Hidup Bersama Anjing?
Anjing membutuhkan banyak waktu, perawatan dan kesabaran. Sebagai hewan berkelompok, mereka perlu bersosialisasi dan membutuhkan pemimpin ...itulah kita. Kita adalah orang yang akan menemaninya saat makan, olahraga, grooming, pergi ke dokter hewan, menghilangkan kutu, latihan, dan menyediakan lingkungan yang aman bagi mereka. Kita harus menyediakan waktu yang cukup untuk memenuhi kebutuhan anjing kita setiap hari. Jika kita hanya memiliki sedikit waktu, pilihlah anjing yang membutuhkan sedikit grooming dan olahraga.

Hidup bersama anjing membutuhkan banyak biaya. Anjing membutuhkan makanan, latihan, grooming, mainan, pengobatan, biaya dokter, perawatan kuku, dan penitipan saat kita berada jauh dari rumah. Di Australia, kita memerlukan $1.500 - $2.500 per tahun untuk membuat anjing kita sehat dan bahagia. Sebelum membeli anjing, kita harus menyisihkan anggaran sebesar $125 - $210 per bulan untuk biaya anjing. Kita juga harus memikirkan biaya kesehatannya. Perawatan onkologi memerlukan biaya lebih dari $5.000. Itu adalah pengeluaran yang sangat besar. Namun, kita dapat memanfaatkan asuransi hewan peliharaan yang akan membantu kita mengelola risiko ini.

Selain masalah keuangan, kita juga harus mempertimbangkan situasi kehidupan kita. Pemilik rumah kontrakan biasanya tidak memperbolehkan kita memelihara anjing sama sekali atau memberikan batasan mengenai jenis dan ukuran anjing yang diperbolehkan. Bahkan jika mereka mengizinkan kita memelihara anjing atau kita memiliki rumah sendiri, anjing memerlukan halaman rumah yang sepenuhnya berpagar untuk bermain dan menjaganya tetap di dalam sampai kita mengajaknya jalan-jalan.

Jika kita ingin memelihara anak anjing atau anjing dewasa, kita harus siap menghadapi beberapa kerusakan di sekitar rumah dan barang pribadi kita (misalnya, sepatu), terutama jika anak anjing atau anjing dewasa tersebut belum terlatih tinggal di rumah. Kita perlu meluangkan waktu untuk melatih anak anjing atau anjing dewasa tersebut dan siap menerima segala kerusakan selama tahap awal mereka di rumah.

Pada akhirnya, kita harus menentukan jenis anjing yang sesuai dengan situasi kehidupan kita. Beberapa anjing kecil membutuhkan ruang besar karena mereka sangat aktif dan beberapa anjing besar hanya memerlukan ruang seluas beranda rumah karena mereka lebih suka berbaring. Lakukanlah riset mengenai beberapa jenis anjing untuk membantu kita memutuskan jenis anjing yang sesuai dengan gaya hidup kita.
Apakah Kita Siap Menjadi Pemilik Yang Bertanggung Jawab?
Seeokor anjing akan menjadi milik kita sepanjang hidup kita dan kita tidak hanya bertanggung jawab terhadap mereka tetapi juga masyarakat di sekitar kita. Sebagai pemilik anjing yang bertanggung jawab kita harus memastikan hal-hal berikut:
  • Anjing diperiksa dan divaksinasi secara rutin oleh dokter hewan;
  • Anjing terbebas dari kutu dan cacing;
  • Anjing sudah menjalani kastrasi;
  • Kita harus mematuhi semua perizinan dan peraturan pemeliharaan hewan di wilayah kita.
  • Kita harus melatih dan bersosialisasi dengan anjing kita sehingga kita memiliki kontrol penuh terhadap setiap tindakannya.
  • Anjing harus selalu mengenakan kalung pengenal; dan
  • Kita harus memberikan banyak kasih sayang, waktu berolahraga, persahabatan, serta makanan yang sehat dan bergizi bagi anjing kita.

Menjadi pemilik anjing yang bertanggung jawab adalah tentang bagaimana memastikan anjing kita sehat dan bahagia serta memperoleh kasih sayang dan perawatan yang layak sebagai anggota keluarga.
Apakah Kita Benar-Benar Siap?
Ada banyak hal yang harus kita pikirkan sebelum memelihara anjing dan berbagi rumah dan kehidupan dengannya. Kita perlu meluangkan waktu sejenak untuk menentukan jenis anjing yang cocok bagi kita. Banyak anjing yang harus berakhir di tempat penampungan karena kita tidak sepenuhnya siap untuk memiliki anjing di kehidupan kita.

Pikirkanlah bahwa kehidupan kita akan berubah setelah kita memiliki anjing dan cobalah untuk bersikap realistis tentang harapan kita. Jika kita telah merasa siap, adopsilah anjing dari tempat penampungan setempat. Kita tidak hanya memperoleh keuntungan dari biaya adopsi yang rendah untuk seekor anjing yang sehat, tetapi kita juga telah menyelamatkan hidupnya. Tempat penampungan menawarkan banyak anjing campuran yang biasanya tidak memiliki banyak masalah kesehatan dibandingkan anjing ras sehingga kita dapat menghemat biaya dokter hewan untuk jangka panjang.

Jika kita telah membuka hati kita untuk memiliki anjing dan membiarkannya masuk dalam kehidupan kita, maka ingatlah satu pesan ini "Anjing memang bukan segalanya dalam kehidupan kita, tetapi mereka membuat hidup kita menjadi lengkap" - Roger Caras.

Bingung dengan makanan Anjing yang pas untuk calon anggota baru keluarga Anda? Temukan makanan dengan kualitas terbaik dan bergizi disini.

Anda juga dapat melihat makanan kemasan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan anjing Anda disini.
Info dan tips penting seputar anjing dan hewan peliharaan lainnya bisa ditemukan disini emoticon-Toast

Quote: Artikel Lainnya
Lingkungan Yang Baik Untuk Anjing
Tips Tempat Tidur Anjing
Tempat Makan Dan Minum Yang Baik Untuk Anjing
Perlengkapan Untuk Memelihara Anjing
Manfaat Memelihara Anjing


Klik untuk melihat sumber
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Sundul Up
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Sundul Up
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Sundul Up
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Sundul Up
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Sundul Up
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Sundul Up
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Sundul Up