

TS
sucirahmadh
Internet Marketing Jalan Keluar Usaha Mandek

Memulai usaha terutama usaha kecil menengah jalannya memang gak segampang membalikan telapak tangan. Memang, banyak halangan yang muncul dan keadaan yang menuntut kekuatan mental yang kuat. Misalnya saat usaha mandek, kalau mental gak kuat pasti kita sudah uring-uringan. Nah untuk itu bagaimana cara meningkatkan penjualan saat usaha sedang goyah? Berikut adalah langkah yang sangat efisien.
Meningkatkan pendapatan sangat sulit
Masih ingat pelajaran ekonomi saat sekolah dulu? Dalam meningkatkan pendapatan ada tiga jenis cara Intensifikasi, ekstensifikasi dan difersifikasi. Mari kita bahas satu persatu.
Intensifikasi selalu mencapai titik jenuh
Melakukan intensifikasi, yaitu meningkatkan segala spesifikasi dan kapasitas internal di dalam usaha. Misalkan saja, meningkatkan jumlah produksi, mengkatkan kualitas, memperbanyak cetak iklan untuk pemasaran, dll. Memang benar ada peningkatan pendapatan, tapi, apakah pengeluaran untuk intensifikasi ini akan setimpal dengan pendapatannya? Belum tentu.
Suatu saat ada suatu titik jenuh dimana produk anda sudah dicoba hampir seluruh penduduk di wilayah itu. Sekalipun anda menambah kembali dana untuk intensifikasi, peningkatan pendapatan yang anda dapatkan tidak terlihat nyata.
Ekstensifikasi? Malah lebih buruk lagi
Selanjutnya adalah ekstensifikasi, yaitu memperluas usaha menjadi lebih besar. Kalau bahasa yang lebih mudah dimengerti adalah: buka cabang. Membuka cabang baru di tempat lain yang belum dijangkau oleh produk anda. Ekstensifikasi memang akan meningkatkan pendapatan bisnis anda. Apalagi jika produk anda sudah diintensifikasi sebelumnya, sehingga kualitas produk sangat disukai oleh konsumen. Namun semudah itukah melakukan ekstensifikasi? Tentu saja tidak.
Membuka cabang baru berarti anda harus mempersiapkan dananya. Semua biaya operasioal hampir menyamai cabang yang lama. Itu sebabnya, banyak bisnis yang mempertimbangkan masak-masak sebelum membuka cabang baru. Karena selain biayanya besar, keputusan buka cabang baru belum tentu memberikan pendapatan yang besar.
Awalnya diversifikasi terlihat inovatif
Diversifikasi adalah memperbanyak sumber pendapatan. Contohnya dengan membuat produk baru, atau bahkan perusahaan baru. Hal ini sering disebut dengan inovasi radikal, dan sangat di’dewa’kan oleh banyak entrepreneur saat ini. Namun tidak mesti tiap melakukan diversifikasi itu adalah penyelamat pendapatan suatu usaha. Peluncuran produk/ jasa baru belum tentu diterima oleh pasar. Banyak trial and error yang menyedot biaya besar untuk mendapatkan produk sukses.
Internet marketing untuk akselerasi usaha anda
Cara menanggulangi masalah pada ketiga proses diatas adalah dengan Internet marketing. Pemasaran digital tidak mempunyai batasan jarak dan waktu. Sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran tanpa harus membuka cabang. Anda tetap akan mendapatkan peningkatan pendapatan karena calon konsumen anda sangat banyak. Bahkan bila anda membuat produk baru, anda tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk mengetes pasar, karena semuanya diproses secara digital.
Tentu saja melakukan internet marketing juga tidak mudah. Para pelaku usaha dituntut untuk belajar dan memahami seluk beluk pemasaran digital. Karena memasarkan produk di dunia maya jauh berbeda dengan pemasaran tradisional. Namun, sekali terjun ke dunia internet marketing, maka anda akan lebih mudah menjalaninya.






0
1K
3


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan