Kaskus

Games

11587455Avatar border
TS
11587455
Membuat game Visual novel dengan Renpy - Part 2 Cooding#1
Bagi yang langsung masuk ke thread ini coba baca dulu thread yang pertama Klik disiniagar tidak bingung

Di thread pertama ada list materi dan lain - lain


Pertanyaan silahkan reply ajah sesuai Topik yang di bahas yah

Thread tidak REPOST dan jika di pencarian kaskus menuliskan Renpy yang akan muncul thread ane , jadi kalo agan ketinggalan thread atau tutorial nya tinggal cari ajah di search form dengan keyword Renpy

Spoiler for hasil pencarian kaskus 10/02/2016 keyword Renpy:


Ok PART 2 langsung ane bahas ajah hari ini, agar tidak penasaran dengan penulisan script game engine renpy, dan bagi agan2 yang baru liat thread nya bisa langusgun belajar emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Lanjut, oh yah pada judul ane bikin Cooding#1 karena gak langsung semua nya di bahas ane bahas dasar nya saja dulu agar agan2 bisa bayangngin gimana logika nya dari cooding ini.

ok untuk Cooding#1 kita akan membahas Script.rpy, ok agan2 siapin dulu kopi, cemilan atau lain - lain biar gak bete emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk

Ok sebelum nya kita akan konfigurasi dulu notepad ++ kita agar memberi warna pada script dengan extension .rpy di show ajah spoiler di bawah.

Spoiler for konfigurasi notepad untuk .rpy:


Jika agan udah setting notepad ++ nya silahkan buka Script.rpy nya di notepad ++

tampilan nya akan seperti ini

Spoiler for gambar script.rpy:


ok ane jelasin yah

tanda "#" digunakan untuk comment, maksud nya jika kita menuliskan kata setelah tanda "#" itu tidak akan tampil dalam game, karena hanya untuk comment, bisa dibilang kalo agan ingin membuat tanda seperti bagian cooding ini untuk memanggil data atau membuat variabel, jadi jika agan ingin mengedit kembali tapi gak tau cooding mana yang untuk merubah variabel, agan liat ajah comment yang agan buat sebagai petunjuk kalo cooding itu adalah untuk merubah variabel.

trus ada lagi " define e = Character('Eileen')"

"define e" adalah pembuatan variabel, "Define " adalah untuk membuat sebuah fungsi dan "e" adalah nama variabel, kalo disini kita sebut saja alias dan "Character('Eileen')" adalah sebuah parameter atau nilai dari si "e" tapi disini "Character('Eileen')" menunjukan bahwa si "e" bernama Eileen, nanti nama ini akan muncul pada textbox name pada game.

trus ada lagi cooding ini

Spoiler for cooding labelstart:


cooding ini dimana game mulai berjalan

label start : = maksud nya game dimulai

scene bg room = menampilkan background dengan nama variabel room

show eileen happy = menampilkan gambar character dengan variabel eileen happy

"Hello, world." = menampilkan text Hello world pada textbox, ini biasa nya digunakan untuk menulis narator nya, kayak gini di pagi hari aku terbangun dan melihat ada seeokar kucing di atas ku nah ini dibilang narator dan di tulis nya di cooding seperti ini "di pagi hari aku terbangun dan melihat ada seeokar kucing di atas ku" pakai tanda kutip 2 di depan dan di akhir kata.

e "You've created a new Ren'Py game." = menampilkan nama si variabel "e" dan textbox dengan kata "You've created a new Ren'Py game."
jadi maksud nya ketika kita menjalankan game nya nanti si "e" akan menjadi nama si karakter sesuai yang kita isikan jika kita nulis di deklarasi fungsi nya seperti ini

define e = Character('Eilleen')maka nanti di box nama akan muncul tulisan Eileen.

sudah mengerti agan semua ? emoticon-Jempol

Ok kalo tidak mengerti coba kita jalankan dlu game project kita, buka launch renpy nya lalu klik nama project kita dan launch project nanti akan seperti ini :

Spoiler for gamabar launch project:


lalu klik start maka akan seperti ini

Spoiler for game mulai:


ok anda lihat ada Tulisan "Hello World" nah kata Hello World ini muncul tanpa nama karena kita menulis nya langsung teksnya saja

dan juga anda lihat bg room, eileen happy kenapa kok tulisan yang muncul bukan gambar ? emoticon-Bingung

itu dikarenakan bg room dan eileen happy tidak mempunyai isi dari code pemanggilang bg room dan eileen happy.

Oh gitu terus gimana kalo kita coba mengisi nya ? emoticon-Bingung

ok ane kasih sebuah contoh cara mengisi nya, kita akan mengisi room dengan gambar yang kita inginkan .

1. Pertama kita buka directory game kita masuk ke images lalu masukan gambar yang ingin kita jadikan background game kita
2. kita lakukan initialize di cooding nya seperti ini.

Spoiler for initialize gambar background:


code diatas adalah memasukan gambar ke script nya, "init:" yaitu initizalize nya, "image" adalah fungsi "bg room" adalah variabel nya, dan kode ini "images/room1.jpg" adalah mengambil gambar room1.jpg (nama gambar nya) dari folder images. kalo misalkan kalian mau memisahkan antara folder background dan character, tinggal buat ajah folder di dalam folder images, misalkan gambar yang saya ingin jadikan background saya mau pisah denan gambar character, ane buat folder bg dalam folder images lalu memasukan gambar ane yang di ingin di jadikan background kedalam folder bg tadi, nanti pemanggilan nya seperti ini "images/bg/room1.jpg" yang di maksud kode ini adalah dimana script akan mengambil gambar room1.jpg yang berada di folder images trus lanjut ke folder bg dan menemukan room1.jpg.

dan ini hasil yang ane bikin dari cooding tersebut :

Spoiler for hasil memasukan image ke script:


Dari gambar diatas agan lihat gambar yang di folder ane muncul menjadi background pada game.

sekarang kita coba menampilkan karakter nya dengan gambar karakter, buat contoh agan bisa ambil di sini http://tokudaya.netwebsite jepang ini menyediakan gambar karakter yang kalo ane bilang sangat cocok buat visual novel emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

dengan script seperti ini

Spoiler for script karakter image:


gak usah di jelasin lagi yah maksud kode nya karena ane dah jelasin di atas, dan ini tampilan nya saat di start game nya :

Spoiler for karakter saat di game:


Seperti itu jadi nya.

Kok gambar karakter nya kecil sih ?emoticon-Bingung

Nah ini karena ukuran gambar nya gan, bukan engin nya.

Kalo agan ingin agar pas tapi resolusi kecil agan ganti pemanggilan image atau gambar nya menjadi kode ini gan

image eileen happy = im.Scale("images/eileen_happy.png", 320, 755)

ane jelasin yah maksud kode nya, im.Scale ini arti nya skala gambar, dan kode ini adalah bawaan dari renpy nya jadi jika agan ingin resize gambar nya gunakan im.Scale harus sama yah tulisan nya gak boleh beda, terus angka 320 dan 755, 320 adalah panjang gambar nya hitungan nya pixel yah, dan 755 adalah tinggi dari gambar nya, 320, 755 ini kita menyuruh agar panjang gambar 320pixel dan tinggi gambar 755pixel, di sesuaikan ajah dengan resolusi nya, gak harus ikutin ini, jadi kalo kurang pas coba agan ubah angka nya trus jalanin game nya kalo kebesaran ubah lagi terus jalanin lagi game nya, karena Renpy tidak ada mode preview jadi kita perlu compile atau jalanin game nya biar tau hasil nya.

dari hasil resize yang ane lakukan jadilah seperti ini

Spoiler for e "You've created a new Ren'Py game.":


Gimana pas kan dengan resolusi nya ehehehe emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

ok kita akhiri dulu tutorial nya ane lanjut lagi dengan title " Membuat Game Visual Novel sendiri dengan Renpy - PART 2.1 Cooding#2"

terimakasih agan agan yang sudah ngikutin tutorial ane semoga bermanfaat bagi agan - agan yang mau jadi developer game Visual Novel.
0
531
-1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan