alexa-tracking

3 Hal Penting yang Harus Jadi Kebiasaan Saat Makan dan Minum

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ecdf7e98e31bad7a8b456b/3-hal-penting-yang-harus-jadi-kebiasaan-saat-makan-dan-minum
3 Hal Penting yang Harus Jadi Kebiasaan Saat Makan dan Minum
3 Hal Penting yang Harus Jadi Kebiasaan Saat Makan dan Minum
Makan memang menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pada saat makan, terkadang kita ya langsung aje makan. Makan ya makan, udah. Titik. emoticon-Malu. Tanpa kita sadari seharusnya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Sehingga hal itu menjadi sebuah kebiasaan yang akan kita lakukan setiap harinya. Bahkan ini bisa dibiasakan pada anak2 kite gan. Nah kali ini ane akan membagi 3 Hal yang perlu diperhatikan ketika kita makan dan minum. Langsung aja gan, cekedotttttt:
1. Makan sambil duduk
3 Hal Penting yang Harus Jadi Kebiasaan Saat Makan dan Minum
pembiasaan anak makan dengan duduk memang bagus
Kebanyakan dari kite beranggapan biasa saja makan sambil berdiri. Tetapi bagi mereka yang terbiasa makan sambil duduk dimanapun mereka berada (kecuali sangat terpaksa) merasa tidak nyaman bahkan sampai malu. Kebiasaan ini seharusnya kita lakukan. Bahkan setelah kita sudah bisa melakukannya bisa juga ditularkan ke anak kite, ke anak didik kite (bagi guru), bahkan kepada lingkungan sekitar kite. Itung2 jadi agen makan dan minum sambil duduk emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio
”Adab makan dalam Islam ternyata memiliki hikmah tersendiri,”kata Spesialis Saraf RS PKU Muhammadiyah Bantul dr Ana Budi Rahayu, SpS.
Bila seseorang makan sambil berdiri, akan terjadi reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi. Hal ini dikarenakan pH asam lambung yang sangat asam (pHnya 1-2,5), Hal ini ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada heartburn.
”Bila kita tetap membiasakan makan minum sambil berdiri dalam jangka waktu panjang iritasi sel-sel kerongkongan ini akan berakumulasi menyebabkan kanker saluran esofagus,” tuturnya.
Dalam hadis, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata,
“Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)
Hadis lainnya menyebutkan yang artinya,
“Jangan kalian minum sambil berdiri, Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan.” (HR. Muslim).
Nah tu gan, mulai sekarang yuk kita biasakan makan dan minum sambil duduk. hehehe emoticon-Baby Boy 1emoticon-Baby Boy 1
2. Makan Memakai Tangan Kanan
3 Hal Penting yang Harus Jadi Kebiasaan Saat Makan dan Minum
Menggunakan tangan kanan saat makan adalah cara yang baik dan sopan. Bagi mereka yang selalu memakai tangan kanan (tidak dalam keadaan terpaksa) akan sangat canggung ketika tiba2 harus menggunakan tangan kirinya untuk makan. Tapi terkadang kita juga sering lupa menggunakan tangan kiri untuk makan. Contoj nih ya gan, waktu makan tangan kanan nyuapin sendok yang isinya nasi dan tangan kiri pegang krupuk langsung kraaaaaaukkkk. hehehe. Kalau bisa minimalisir penggunaan tangan kiri untuk mengantar makanan ke mulut.
“Sesungguhnya Rasululloh SAW. bersabda, ‘Jika salah satu di antara kalian makan maka makanlah dengan tangan kanan, dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanan. Maka, Sesungguhnya setan itu makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim) .
3 Hal Penting yang Harus Jadi Kebiasaan Saat Makan dan Minum
Alasan logis mengapa Rasululloh melarang kita makan dengan menggunakan tangan kiri sejatinya bukan sekadar berkenaan dengan nilai-nilai etika. Lebih dari itu, tangan kiri yang sering kali kita gunakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas jorok, seperti bercebok, atau mengupil, menurut sains sangat rentan terhadap kuman dibandingkan dengan tangan kanan. Oleh karena itu, ada baiknya kita tidak menggunakan tangan kiri kita saat makan dan minum ya gan.
3. Berdoa Sebelum Makan dan Sesudah makan
3 Hal Penting yang Harus Jadi Kebiasaan Saat Makan dan Minum
Berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan wujud dari rasa syukur kite. Dalam islam sendir banyak sekali hadist yang isinya anjuran untuk berdoa sebelum dan sesudah makan. Intinya doa itu dapat diartikan mengingat yang memberi rejeki, wujud rasa syukur dan pengharapan yang baik. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih)
Penelitian seorang ilmuwan Jepang Dr Masaru Emoto dalam bukunya berjudul "The Hidden Messages in Water " menyimpulkan bahwa air yang dibacakan do'a mengalami perubahan formasi molekul air.
dalam garis besarnya menyimpulkan bahwa molekul air bisa dipengaruhi oleh fikiran, kata-kata dan perasaan manusia
oleh karena itu tidak heran banyak penyembuhan penyakit hanya melalui media air putih yang dibacakan doa
dan dengan harapan masuknya "air yang baik" akan menjadikan "manusia yang baik" juga.
Yuk biasakan berdoa sebelum dan sesudah makan. emoticon-Jempol
Cukup sekian dari ane. Sampai ketemu pada thread selanjutnya gan. terimakasih emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-Jempol
3 Hal Penting yang Harus Jadi Kebiasaan Saat Makan dan Minum
image-url-apps
s7 gan
image-url-apps
Quote:

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Sundulemoticon-Recommended Seller

KASKUS Ads
Ya ketiga nya memang penting gan. Contoh yng bagus buat si kecil
image-url-apps
Quote:



iya gan semoga kite jg bisa njalanin....emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
image-url-apps
Kalo kidal gmana gan
image-url-apps
Quote:



gmana ya gan ya... hehehe ya diusahakan tangan kanan..emang sulit tp bisa kok. buang air besar jg gt.. dilatih tangan kiri aja pas wawik hehehe... emng sulit tp pasti bisa hehehehe... pahalanya dobel hehehe
Buku ada jendela dunia, semakin banyak membaca kita belajar dari mentor2 yang sudah sukses. Skarang membaca lebih mudah dengan kindle e-reader,bisa dibawa kemana aja dan bisa menyimpan ribuan buku

http://fjb.kaskus.co.id/product/577d...r--slip-case/1
image-url-apps
cuci tangan juga gan emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Yang pertama itu memang betul, minum juga harus duduk, biar airnya diproduksi oleh ginjal
image-url-apps
nice info gan. bener2 bermanfaat emoticon-Wow
image-url-apps
jangan lupa baca do'a dan pake tangan kanan gan.
itu!
emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Yang paling penting makan harus ada makanan emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
teman ane ada yg mkn pake tgn kidal brayyy emoticon-Traveller
yg ketiga paling utama gan

emoticon-Shakehand2

tapi paling sering dilupain juga

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
image-url-apps
semua juga uda tau bray ..

emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Quote:



iya gan hehe.. kadang kite udah tau bhkan tau semuanya tp kdang jg yg kite tau tidak kite lakukan. hehe...
image-url-apps
Quote:


iye gan... ane pun kdang jg gt....
image-url-apps
Quote:



wah... udah kidal dari kecil kyknya...
Gemboked

emoticon-Cool

3 Hal Penting yang Harus Jadi Kebiasaan Saat Makan dan Minum
×