alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ecc253e05227df258b4569/lapan-berharap-indonesia-bisa-luncurkan-roket-sendiri
Lapan Berharap Indonesia Bisa Luncurkan Roket sendiri
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berharap suatu saat Indonesia dapat meluncurkan roket buatannya sendiri. Roket merupakan wahana untuk menempatkan satelit ke orbit bumi.

Selama ini, Indonesia masih menggunakan roket dari luar negeri untuk menempatkan satelit. "Kita belum mampu membuat roket besar karena biayanya mahal dan membutuhkan banyak ahli," kata Kepala Lapan Thomas Djamaludin di acara Republika Fun Science, Sabtu (17/9).

Hingga kini, jumlah ahli dan anggaran di Indonesia untuk membuat roket sendiri masih kurang. Meski begitu, Indonesia sudah memiliki satelit sendiri, yakni Satelit Lapan A1, A2, dan A3. Ketiganya pun sudah diluncurkan tapi menggunakan roket dari India. "Mudah-mudahan suatu saat bisa menggunakan roket dari bumi Indonesia untuk meluncurkan satelit milik Indonesia," kata Thomas.

Nama roket berasal dari bahasa Italia, rocchetta yang artinya sekering kecil, sebutan untuk petasan kecil yang diciptakan Ludovico Antonio Muratori, seorang ilmuwan Italia, pada tahun 1379. Asal mula roket berawal pada abad ke-9, ketika para ahli kimia Cina menemukan bubuk hitam (mesiu) ketika sedang berusaha menemukan obat awet muda (elixir of immortality).

Penemuan yang terjadi secara kebetulan itu kemudian mengarah pada percobaan dalam bentuk senjata seperti bom, meriam, dan panah api pembakar, yang menggunakan bubuk hitam tersebut sebagai daya picunya. Penggunaan roket pertama terjadi pada tahun 1232, ketika Cina bertempur melawan Mongol.

Pada waktu itu, pasukan Cina menggunakan panci besi berukuran besar yang ditembakkan menggunakan mesiu, dan panci itu mampu melaju hingga 25 kilometer (15 mil), serta dapat meledakkan zona sasaran hingga radius 600 meter akibat pecahannya. Selain itu, pasukan Cina juga menggunakan panah-panah api yang juga menggunakan mesiu sebagai alat pendorongnya.

Teknologi roket pertama kali dikenal di Eropa ketika pasukan Mongol di bawah pimpinan Jenghis Khan menaklukkan sebagian dari Rusia, Eropa Timur, dan Eropa Tengah. Pada waktu itu, pasukan Mongol telah mengenal teknologi roket setelah mengalahkan Cina bagian utara, dan merekrut para pekerja roket di sana sebagai tentara bayaran.

http://www.republika.co.id/berita/pe...-roket-sendiri

Indonesia bikin roket ke MARS
. emoticon-Big Grin
ini beritanya mengenai LAPAN mo luncurin satelit pake roket sendiri pa sejarah roket itu sendiri sih ? emoticon-Hammer
beritanya 70:30 ma kilasan sejarah emoticon-Amazed

btw, dulu LAPAN mo ngeluncurin SLV tahun 2014 trus mundur lagi 2024 emoticon-Embarrassment
LAPAPAN ikut tax amnestikahemoticon-Bingung (S)
hmmmmmm sudah kuduga
lapan ketinggalan berita, roketnya sudah meluncur september tahun lalu, sekarang lagi mengorbit ni namek emoticon-Malu (S)
lah kemaren kata mr kowi meroket ? emoticon-Traveller
Bukannya sudah meluncur roketnya emoticon-Cape d... kata pakde
sekedar mengingatkan aja
negara lain udah bikin space station dari kapan
Udah meluncur setahun lalu roket nya
sampe diterjang banjir nih sekarang gara2 puing roket nya jatoh emoticon-Ngacir
Klo denger kalimat "Roket" napa gw jadi inget sama para NASTAK yg sensi baca segala sesuatu soal Roket ya? emoticon-Wakaka
semoga bisa meluncurkan roket sendiri

September kemarin roketnya gagal terbang
kirain udah meroket emoticon-Big Grin
Roket, September,,,
emoticon-Malu (S)
Ga bakalan selama masih banyak orang bego yang ribut sama hal ga penting emoticon-Ngakak
Berharap mulu emoticon-Busa
Lomba muatan roket Indonesia tiap tahun itu buat apaan emoticon-Busa
Berita yg aneh judul berita ga nyambung ama muatan utama berita
jok.. gimana roketmu? emoticon-Wkwkwk