charlies280590
TS
charlies280590
Inikah alasan WNI melepaskan Kewarganegaraan Indonesia-nya?
Quote:

PERINGATAN/WARNING
Ane di sini hanya murni mengajak agan/wati untuk berdiskusi mengenai topik ini, ane tidak, baik secara langsung atau tidak langsung, mengajak agan/wati untuk berganti kewarganegaraan negara manapun...!

Quote:

Quote:

Quote:

Berita terkait:
Quote:


Dari sumber berita yang ane tampilkan di atas, ternyata faktor ekonomi selalu pertama kali disebut sebagai faktor pendorong seorang warga negara Indonesia untuk berganti kewarganegaraan. Indonesia, sebagai sebuah negara, memang bisa dibilang sebagai negara dengan produk domestik bruto yang cukup tinggi di dunia,seperti yang dibahas di sini gan.

Tapi, apabila dilihat dari 'per kapita', ternyata pendapatan per kapita Indonesia tidak seberapa dibandingkan dengan pendapatan per kapita negara lain di dunia:

Dan inilah negara2 dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia gan:

Kalau kita melupakan faktor lainnya, ada kecenderungan WNI memilih negara-negara dengan rerata pendapatan per kapita tertinggi di dunia untuk menjadi 'negara tujuan' mereka. Singapura, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Kanada, Australia, adalah contoh negara2 yang 'laris manis' sebagai tujuan WNI meniti pendidikan dan (setelah itu) karir yang memadai.

Menurut ane pribadi nih, nilai tukar Rupiahyang sampai hari ini masih termasuk dalam daftar 'mata uang dengan nilai tukar terendah di dunia' juga menyebabkan kenapa banyak orang Indonesia yang ingin mengadu nasib di negara lain. Ane mau ambil contoh, katakanlah gaji pegawai toko kelontong di Inggris, yang dinilai 8 poundsterling per jamnya VS gaji pegawai toko kelontong di Indonesia yang mungkin 'hanya' 50.000 Rupiah per jamnya. Dengan kurs yang sekarang ini, maka kedua angka di atas adalah: 139.000 Rupiah vs 50.000 Rupiah. Ini hanya murni melihat dari faktor nilai tukar, tapi kalau kita lihat lagi dengan standar hidup negara setempat, bakalan beda ceritanya gan. Ane sambung yah penjelasannya di postingan nomor 3.
Diubah oleh charlies280590 27-08-2016 19:14
0
9K
39
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan