alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57bfa05f54c07aea728b4568/ungkap-salah-satu-penyebab-kaki-sakit-akibat-berjalan-lama
Ungkap Salah Satu Penyebab Kaki Sakit Akibat Berjalan Lama
Quote:
Spoiler for Tumit:

Tumit Kering dan Pecah-pecah
Quote: Agan, Sista dan Sahabat Cantik, pernahkah kamu merasa sakit saat menggunakan sepatu yang ber-hak atau heels? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kulit tumit yang kering dan pecah-pecah. Tumit pecah-pecah merupakan masalah umum yang bisa merusak kepercayaan diri kamu untuk menggunakan heels atau jenis sepatu yang kamu inginkan. Masalah ini sebenarnya tidak hanya terjadi terhadap wanita saja loh, Sahabat Cantik, dari berbagai faktor penyebabnya, kaum pria juga bisa merasakan hal yang sama jika tidak tepat merawat kesehatan kulit tumit.
Secara medis, tumit pecah-pecah juga dikenal sebagai celah pada tumit akibat kapalan. Kapalan terjadi karena tekanan berat tubuh yang meluas ke samping, menjadikan tumit kering dan pecah-pecah, juga mempengaruhi permukaan kulit dan menyebabkan rasa sakit. Tumit kering dan retak-retak juga bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin, mineral (seng dan zat besi), dan asam lemak omega 3 .

Quote: Kulit kering atau xerosis juga merupakan salah satu penyebab paling umum dari tumit pecah-pecah. Sebagian besar kondisi ini timbul karena kurangnya perawatan kaki, dan sebenarnya bisa diatasi atau dihindari. Walaupun umumnya tak membahayakan, namun retakan yang dalam bisa menyebabkan kulit berdarah dan rasa sakit di tumit. Nah, ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan tumit Sahabat Cantik menjadi kering dan pecah-pecah. Melakukan perawatan kaki adalah tindakan awal ketika mulai merasakan beberapa gejalanya, sehingga Sahabat Cantik dapat melakukan pencegahan agar masalah tumit ini tidak menjadi semakin parah. Berikut tanda gejala awal masalah ini:

Quote:
Kulit Merah dan bersisik
Kulit merah dan bersisik menjadi salah satu gejala awal tumit kering dan pecah-pecah, jika diabaikan, kondisi tumit Sahabat Cantik bisa semakin memburuk, loh, karena kulit kering akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi, dan harus segera kamu diatasi, ya.

Quote:
Kulit mengelupas
Pengelupasan kulit adalah gejala umum yang mengikuti gejala pertama. Kulit yang mengelupas dan mulai pecah-pecah adalah sinyal buat kamu agar segera melakukan langkah perbaikan kulit tumit. jangan coba-coba untuk menarik kulit-kulit yang pecah ini, ya, Sahabat Cantik, karena akan merusak kulit yang masih melekat juga sebagai akibatnya.

Quote:
Kulit gatal
Kulit yang terasa gatal disebabkan karena menyusutnya lapisan kulit bagian atas yang kering. Penyusutan yang berlebihan ini akan menyebabkan peregangan pada kulit bagian bawah dan sekitar daerah yang terkena, sehingga menyebabkan gatal pada kulit tumit Sahabat Cantik. Kamu harus tahu cara membuang lapisan atas kulit yang mati secara tepat sebelum melakukan pengobatan untuk tumit kering dan pecah-pecah.

Quote:
Pendarahan
Pendarahan atau keluarnya cairan dari retakan pada tumit adalah masalah tumit yang sangat serius, karena hal ini menunjukkan bahwa keretakan sudah menembus lapisan bawah jaringan kulit Sahabat Cantik. Celah-celah pada tumit ini akan meningkatkan resiko terjadinya infeksi kulit tumit. Sahabat Cantik yang sering memakai sepatu yang tertutup tanpa kaus kaki karena tumit kering dan pecah-pecah lebih baik mengubah kebiasaan tersebut mulai sekarang, karena sepatu yang tertutup akan memberikan ruang yang baik bagi pertumbuhan jamur dan infeksi.

Quote: Gimana sih caranya mengatasi kulit tumut pecah-pecah? Akucantik.id akan memberikan tips- tips untuk untuk Sahabat Cantik. Berikut beberapa cara untuk menyembuhkan dan merawat kulit tumit yang pecah-pecah dan kering:

1. Shortening dan Minyak Sayur
Quote:
Spoiler for Shortening dan Minyak Sayur:

Shortening dan minyak sayur triasilgliserol adalah senyawa pembentuk minyak nabati dan hewani atau yang dikenal juga sebagai asam lemak yang memiliki fungsi melembabkan bagian permukaan kulit yang kering dan pecah-pecah, serta dapat melembutkan dan mengembalikan elastisitas kulit. Shortening merupakan lemak padat yang memiliki bentuk seperti mentega putih sedangkan minyak sayur berbentuk cair. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan shortening atau minyak sayur terhidrogenasi, tentunya setelah mencuci bersih tumit yang kering dan pecah-pecah. Setelah itu, pakailah kaus kaki yang tebal. Melakukan ini setiap malamselama beberapa hari akan memberikan hasil yang positif untuk kelembapan tumit kamu!


2. Bubur Pisang Matang ditambah Alpukat dan Kelapa
Quote:
Spoiler for Bubur Pisang+Alpukat+Kelapa:

Buah-buah di atas tentunya tidak terlalu sulit untuk didapatkan ya, Sahabat Cantik. Pisang, alpukat dan kelapa dapat memberikan minyak dan vitamin, seperti Kalium, vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit kamu. Ini merupakan cara mudah untuk mengatasi permasalahan kulit tumit yang pecah-pecah. Caranya, oleskan bubur pisang matang pada daerah kaki atau tumit yang kering atau pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air sampai bersih. Sahabat Cantik juga bisa menambahkan setengah daging alpukat kelapa yang sebelumnya di blender bersamaan dengan pisang. Alpukat dan kelapa banyak mengandung minyak esensial dan vitamin yang larut dalam lemak. Campuran bahan ini akan membantu untuk memberikan vitamin dan minyak yang dibutuhkan kulit tumit agar tetap lembut dan lembab.


3. Vaselin dan Jus Lemon
Quote:
Spoiler for Vaselin + Jus Lemon:

Vaselin atau yang juga dikenal sebagai petroleum jelly merupakan salep yang dimurnikan dari hidrokarbon setengah padat yang diperoleh dari minyak bumi. Sedangkan lemon banyak mengandung vitamin C, magnesium, kalium, dan kalsium. Rendaman vaselin dan jus lemon bisa membantu mengangkat kulit mati dan kering dengan mudah. Bagaimana cara membuatnya? Ambil satu sendok teh vaselin dan jus lemon (sudah diblender). Gosokkan campuran ini kepada tumit retak dan daerah lain pada kaki Sahabat Cantik sesuai kebutuhan sampai benar-benar terserap. Hal ini bisa dilakukan setiap hari agar hasilnya cepat terlihat.


4. Krim Pelembab kulit dari Minyak Zaitun Ditambah Minyak Lemon atau Lavender
Quote:
Spoiler for Krim Pelembab kulit dari Minyak Zaitun Ditambah Minyak Lemon atau Lavender:

Krim dari Minyak Zaitun, minyak lemon atau lavender berfungsi sebagai pelembab alami bagi kulit. Minyak Zaitun dan Lemon banyak mengandung vitamin C dan E, sedangkan minyak lavender mengandung linalool yang memiliki sifat antiseptik kuat, sehingga dapat membunuh bakteri . Sahabat Cantik bisa membuat sendiri krim pelembab tumit retak dengan satu sendok minyak zaitun dengan beberapa tetes minyak lemon atau minyak lavender. Tuang campuran ini ke dalam botol kecil, lalu tambahkan air dengan jumlah yang sama. Kocok botol agar semua minyak dan air membentuk larutan yang rata dan kental. Gunakan obat buatan sendiri tumit kering dan retak ini bila diperlukan. Pastikan kamu mengocoknya terlebih dahulu sebelum digunakan ya, Sahabat Cantik.


5. Scrub Alami (Madu, Cuka sari Apel dan Tepung Beras)
Quote:
Spoiler for Madu, Cuka Sari Apel dan Tepung Beras:

Sahabat Cantik, menghilangkan kulit kering pada tumit harus diatasi dengan pengelupasan secara teratur dan alami. Hindarilah produk scrub dengan proses pengelupasan yang keras, sebagai gantinya, kamu bisa membuat scrub alami sendiri dengan bahan madu, cuka sari apel, dan tepung beras. Madu mengandung banyak vitamin dan zat seperti thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K. Sari cuka apel mengandung asam amino, sedangkan tepung beras mengandung kalsium dan zat besi. Caranya, giling segenggam beras sampai menjadi tepung yang kasar. Setelah itu tambahkan beberapa sendok madu, lalu campur dengan cuka sari apel secukupnya untuk mendapatkan pasta tebal. Jika retakan kulit tumit sangat dalam, Sahabat Cantik bisa menambahkan satu sendok minyak zaitun atau minyak almond manis. Rendam kaki kamu selama 20 menit, kemudian pijat-pijat dengan lembut dengan campuran bahan ini.


Quote:
Selain mengatasi permasalahan dari luar, Sahabat Cantik juga butuh perawatan dari dalam dengan makan makanan yang banyak mengandung mineral dan vitamin yang baik bagi kesehatan kulitmu. Tumit pecah-pecah bisa disebabkan karena kekurangan zat besi, vitamin, seng, dan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 tidak bisa diproduksi sendiri secara alami oleh tubuh, oleh karena itu harus diperoleh melalui makanan sehat atau suplemen. Berikut beberapa tips sumber makanan yang dapat memenuhi nutrisi Sahabat Cantik dan memberikan manfaat positif bagi kulit kamu.


1. Makanan Kaya Sumber Vitamin E
Quote:
Spoiler for Makanan:

Kita biasanya sering mendengar bahwa antioksidan yang ditemui pada vitamin E bisa membuat kulit lebih sehat atau bisa mengatasi berbagai kondisi yang berkaitan dengan kulit. Vitamin E memiliki beberapa manfaat seperti manfaat anti-aging, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan bisa menyembuhkan kondisi eksim kulit (kulit merah dan gatal). Minyak sayur, sayuran hijau, sereal, gandum, produk gandum dan kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan vitamin E.


2. Makanan Kaya Mineral
Quote:
Spoiler for Makanan:

Berikut beberapa contoh makanan yang mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh:

  • Makanan kaya Kalsium
Susu, keju, yogurt, susu kambing, susu kedelai yang diperkaya, air mineral, es krim, ikan kaleng, jus, sereal dan brokoli. Produk susu seperti susu dan yogurt juga salah satu sumber kalsium yang baik.

  • Makanan kaya zat besi
Daging, ayam, dan ikan, sereal, telur, sayuran hijau (bayam), dan kacang-kacangan. Namun zat besi dari hewani tidak mudah diserap oleh tubuh.

  • Makanan kaya Zinc
Oysters (tiram), ayam, kepiting, kacang merah, yoghurt, beras merah.

  • Makanan kaya Omega 3
Ikan air berlemak, kacang-kacangan, biji-bijian seperti rami, dan minyak biji rami.


Quote: Nah Gan dan Sis, kesehatan merupakan hal yang penting dalam menjalani aktivitas kamu sehari-hari. Selalu rawat kesehatan kulit kamu dengan cara mudah untuk menjaga kesehatan kulit pecah-pecah kamu. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kamu yang sedang mengalami masalah kulit kering dan pecah-pecah, Sahabat Cantik.

Quote: Terimakasih gan sudah menyimak, semoga dapat bermanfaat buat agan ataupun doi ya emoticon-Wowcantik
Jangan lupa ya di rate, share dan bagi cendooll
Jangan lupa juga buat kunjungi sumbernya ya gan emoticon-thumbsup

emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star
Sumber


Hati ane pecah" ditinggal doi
biasa orang tua yg telapak kakinya pecah2 gitu bree... untuk saat ini telapak kaki ane msih mulus semulus paha jkt48
Kalo Kaki sakit habis berjalan lama, bs karena jarang olahraga. Kalo kulitnya yg pecah2 atau gatal, bs jd karena kurang menjaga kebersihan kaki. emoticon-Big Grin
coba liat kaki TS nya,
pecah pecah ga ...? emoticon-Embarrassment
lumayan lah ilbu bermanfaat.. banyak-banyakin bikin trit kayak gini deh... emoticon-Jempol
Kaki ane mulus jon
Pekiwan dulu ya
Kaki sakit wajar gan, kalo gigi sakit kebanyakan gigit batu, itu yg bahaya
Aku cantik . Id emoticon-Betty
kaki ane kekar gan ,abis joging tiap hari
kurang minum aer putih juga bikin kulit kering kaki pecah-pecah bray emoticon-Cool
ikot mejeng pejwan


wajarlah, kan judul na "Ungkap Salah Satu Penyebab Kaki Sakit Akibat Berjalan Lama"


kalo bangun tidur kaki sakit, berarti kena samurat emoticon-Cool
Kaki ane mulus gan gak perlu perawatan emoticon-Ngakak
pake pelembab kalo gitu ya
Aku tampan .id
emoticon-Cool
Diurut juga gan emoticon-Ngakak
gitu ya penyebabnya emoticon-Traveller
kaki ane kekar emoticon-Cool
dompet ane pecah-pecah bray kalo tanggal mulai menua emoticon-Leh Uga
kaki ane masih mulus bre

GEMBOKEDemoticon-Cool