alexa-tracking

5 Tarian Mistis Di Dunia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b8061dd44f9ff91d8b4569/5-tarian-mistis-di-dunia
5 Tarian Mistis Di Dunia
Quote:MukadimahSesuatu yang mistis, misterius atau mistik sulit dipisahkan dari kehidupan sosial manusia. Banyak hal-hal di dunia ini yang mungkin kita sebagai manusia belum bisa menjelaskan keberadaannya atau menemukan alasannya mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi. Salah satu bagian dari dunia yang terkenal dengan kemistisannya, tentu adalah dunia seni dimana kebanyakan berhubungan dengan seni tari. Berikut ini adalah 5 tarian mistis yang berasal dari negara-negara di luar Indonesia. emoticon-Takut

Quote:Bhoota Kola
5 Tarian Mistis Di Dunia
Dari Negara India. Ritual Bhoota Kola atau Daiva Nema yang kebanyakan dilakukan di daerah pesisir Karnataka ini tentu saja melibatkan musik, tarian dan kostum yang rumit. Tradisi ini merupakan prosesi berhala yang menggambarkan “Bhoothas” atau roh. Prosesi yang diawali dengan pemukulan drum dan juga peledakkan petasan ini dilakukan oleh orang-orang Karnakata Selatan, untuk menenangkan roh ular. Penarinya dikenal dengan nama Vaidya yang akan berpakaian (yang dikenal oleh budaya mereka) sebagai Nagakannika, akan menari sepanjang malam disekitar angka warna-warni yang sangat besar yang digambarkan di atas tanah (yang menurut mereka) suci. Pada akhir prosesinya, sebuah berhala akan ditempatkan ditengah-tengah menggunakan sebuah alas. Kemudian seorang penari yang personifying Bhoota akan menari disekitar nya dengan membawa sebuah pedang serta lonceng. Ritme tarian akan bertambah cepat menandakan bahwa penari telah trans ke dunia lain, dan ketika mendekati akhir dari prosesi, penari akan melambat menandakan bahwa mereka sudah menjadi suci. Tarian ini umumnya dilakukan antara bulan Desember dan April.


Quote:Sarpam Thullal
5 Tarian Mistis Di Dunia
Sarpam Thullal, satu lagi tarian dari negara Mahabarata. Sarpam Thullal atau tarian ular ini adalah sebuah ritual yang diadakan untuk menenangkan dewa ular. Dipercaya oleh banyak keluarga di India, terutama di Kerala, sebagai dewa pembawa kesejahteraan dan kesuburan. Oleh karena itu kebanyakan yang melakukan ritual ini di Kerala adalah pasangan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan anak.

Untuk melakukan ritual ini, dibuat terlebih dahulu gambar bunga-bunga yang berwarna-warni yang digabung dengan wujud naga yangse dan juga naga ular (dikenal dengan Nagakalam) di depan rumah atau tempat biasa ritual ini diadakan. Dua orang gadis atau wanita yang nantinya akan menjadi media dari para dewa ular tersebut akan dipilih oleh keluarga yang akan melakukan ritual tersebut. Umumnya pada jaman modern ini kedua gadis atau wanita yang akan duduk di Kalam tersebut berumur dibawah 10 tahun dimana belum menginjak masa puber atau diatas 60 tahun. Kebanyakan akan memilih gadis untuk menjadi bagian dari ritual itu, terutama gadis yang belum pernah melihat atau menjadi bagian dari ritual itu sebelumnya, hingga memastikan bahwa ritual itu benar-benar terjadi dan tidak ada akting canggih sehingga penonton percaya.

Kedua gadis atau wanita yang pada awalnya hanya duduk diatas kalam kemudian akan ternhanyut dalam iringan irama dan mulai melakukan gerakan-gerakan seperti ular. Tarian kemudian akan diakhiri dengan gadis-gadis tersebut menghapus gambar degan bunga-bunga tersebut.


Quote:Tarian Mbira dari Zimbabwe
5 Tarian Mistis Di Dunia
Tarian Mbira ini terkenal diantara orang Shona yang mendudukin 76% dari populasi Zimbabwe. Tarian ini merupakan tarian yang paling sakral dan religius dari suku Shona. Tarian ini dianggap spiritual dikarenakan tarian ini digunakan untuk memanggil roh para leluhur, roh tersebut kemudian akan menempel pada medium atau anggota keluarga yang memanggil dan akan mampu diajak berkomunikasi. Biasanya tarian ini dilakukan diiringi oleh musik yang memiliki nama yang sama dengan tariannya yaitu Mbira. Semua orang dapat melakukan tarian Mbira ini, dari yang mulai berumur 5 tahun bahkan sampai berumur 95 tahun pada umumnya, dan hanya boleh dilakukan pada acara tertentu saja.


Quote:Tari Pengusiran Setan dari Sri Lanka
5 Tarian Mistis Di Dunia
Ritual atau tarian yang dikenal dengan nama Sanni Yakuma ini merupakan tarian yang menggunakan 18 topeng dimana masing-masing topeng menggambarkan penyakit yang mempengaruhi manusia dan merupakan salah satu bentuk tarian utama di Sri Lanka. Tarian ini akan memanggil roh-roh jahat yang diduga mempengaruhi pasien yang kemudian akan dibuang melalui ritual ini.

Asal muasal tarian ini dipercaya oleh penduduk Sri Lanka berawal dari salah satu seorang raja mereka. Konon sang ratu yang pada saat itu sedang hamil menginginkan buah mangga dan salah seorang pelayan mereka ingin mencicipi mangga tersebut. Namun sang ratu menolak, sehingga sang pelayan mengatakan pada sang raja bahwa anak yang dikandung sang ratu bukanlah anaknya. Sang raja yang marah, kemudian membelah istrinya dan lahirlah sang bayi yang kemudian memakan tubuh ibunya. Konon dipercaya bahwa kelahiran bayi ini diikuti dengan kelahiran 18 setan yang kemudian menyebarkan penyakit kepada penduduknya dan tarian ini tercipta untuk mengusir setan-setan tersebut. Serem juga ajah.


Quote:Tari Nyau
5 Tarian Mistis Di Dunia
Nyau sebenernya merupakan kelompok etnis Bantu dari Afrika Selatan dan Tengah yang terdiri dari anggota orang-orang Chewa dan Nyanja. Nyau terkenal dengan tarian topeng yang bernama tarian Nyau. Pada hari libur dan pemakaman kelompok Nyau melakukan tarian topeng yang dikenal dengan Gule Wamkulu yang artinya “Great Dance” dalam bahasa lokal Chichewa. Pada saat ritual inilah kelompok yang dikenal dengan Nyau ini dianggap kerasukan oleh roh dari topeng yang dinamakan Nyama dan roh dari orang-orang yang telah meninggal, juga roh para leluhur yang dinamakan Mizimu. Kelompok Nyau yang juga dikenal sebagai sebuah “secret society”, memisahkan inisiasi antara laki-laki dan perempuan dimana keduanya memiliki pengetahuan dan peran ritual yang berbeda, tergantung gender dan senirotas di dalam “secret society” tersebut.

Pada saat tarian Nyau hanyalah laki-laki anggota kelompok itulah yang menggunakan topeng, sedangkan wanita dan anak-anak akan masuk kedalam rumah, dikarenakan telah dikenal bahwa para lelaki itu telah kerasukan oleh roh dan memungkinkan untuk menyerang karena telah dikenal bahwa ritual ini pernah memakan korban. Mistis!


Itulah 5 tarian mistis di dunia. Apakah cukup mistis bagi agan? Bisa nambahin tarian mistis lainnya? Komeng aja gan! emoticon-Takut

Quote:“The dance can reveal everything mysterious that is hidden in music, and it has the additional merit of being human and palpable. Dancing is poetry with arms and legs.” — Charles Baudelaire



SUMUR
Mistis juga ya emoticon-Takut (S)
dikatakan mistis karena beda ritual aja. pada dasarnya itu semua merupakan perbedaan keyakinan
emoticon-Angkat Beer
TARI poko'e joget juga mistis emoticon-Malu
tarian leak bali nggak ada bray?

kayaknya mistis juga tuh
di indonesia bnyak vroh emoticon-afro
Tarian nya bikin merinding
goyang itik ga ada bre emoticon-Leh Uga
Tarian Sufi mana gan? emoticon-Big Grin
aman.... yg penting jangan sampe tanggalin semua pakaian...


Bawah ane mukanya yg mistis
Ane demenya Tarian Erotis bree emoticon-Leh Uga
widih tari ronggeng juga mistis jon emoticon-Takut (S)
wew serem juga ya tapi keren emoticon-Traveller
poco poco gk ada ya gan emoticon-Bingung
edew serem amir
Quote:Original Posted By semprot.crooot
tarian leak bali nggak ada bray?

kayaknya mistis juga tuh


kaga ada yang namanya tarian leak bali, sendratari calonarang baru ada emoticon-Smilie
tari singgobanggosir si kabayan breemoticon-Hammer2
bentuknya aja udah serem gan, emoticon-Takut (S)
D bali semua tarian mistis gan emoticon-Cool