- Beranda
- Komunitas
- News
- Bisnis
[THREAD SERU NIH] Bahas yuk! 10juta/hari ? mungkinkah Dengan modal hampir FREE?
TS
bhineksa
[THREAD SERU NIH] Bahas yuk! 10juta/hari ? mungkinkah Dengan modal hampir FREE?
Quote:
Permisi agan - agan di Forbis, izinkan ane membuat thread bahasan yang dari judul thread nya aja kayanya jawabannya "Kaga mungkin lagi - lagi thread angan - angan.". Ya buat yang berpikir kaya begitu terserah lah, tapi ane tetep kekeuh mau sampaikan opini ane perihal 10jt/hari itu. terlepas dari pendapat agan - agan disini, ane kekeuh berpendapat "BISA" , mau tau gimana cara dari hasil riset dan praktek kecil - kecilan ane? yaudah jangan males baca ya.:welcome
Pembahasan di thread ini disadur dari beberapa sumber, beberapa dari blog ane, beberapa dari sumber lain. Sekarang pertanyaannya "Gimana Caranya bisnis yang low risk tapi berpotensi dapet profit 10jt/hari atau lebih? bisnis ini adalah praktik dari tulisannya Chris Anderson di Wired Magazine: Free! Why $0.00 Is the Future of Business
Tapi di thread ini ane gak mau bahas isi tulisannya, bagi yang mau baca silahkan baca di link yang udah ane share di atas. di thread ini ane mau bahas pengaplikasiannya. "yuk kita bahas ah, basa basi mulu nih TS nya"
Berikut ini tulisan ane yang ane ambil dari blog ane sendiri tentang cara bisnis yang sangat berkaitan dengan pembahasan di thread ini:
Quote:
Bisnis periklanan online | bisnis menjanjikan (Bagian 1)
Kali ini saya ingin membahas bagaimana anda bisa memulai bisnis periklanan tanpa embel - embel promosi, karena yang saya bahas ini adalah cara memulai bisnis periklanan murah namun unik dan spesial.
Sebelum membahas lebih mendalam, ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu "mengapa bisnis periklanan online itu menjanjikan?"
Mindset Bisnis Online
Buang Jauh - jauh mindset anda apabila anda masih ragu dengan bisnis online di Indonesia, karena pembahasan sederhana berikut ini akan merubah mindset anda. tentang bisnis online di Indonesia.
Belum lama ini, Markplus Insight merilis sebuah data pengguna internet di Indonesia tahun 2013.
"Pengguna internet di Indonesia pada tahun tersebut naik 22% dibanding tahun sebelumnya, dan jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2013 mencapai 74,57 juta," ujar Chief Executive Marketeers Waizly Darwin dalam Marketeers Dinner Seminar Indonesia Netizen Survey 2013: What Every Marketeer Should Know About Indonesian Internet User di Hotel For Seasons pada Senin (28/10) 2013.
Dengan angka tersebut, Itu artinya pengguna internet di Indonesia mencapai persentase 30,1% dari total populasi penduduk Indonesia yang diperkirakan mencapai 245 juta jiwa pada tahun itu. Dari angka tersebut pengguna Internet didominasi oleh penduduk di daerah perkotaan, angka nya mencapai 69,1 juta.
Pada tahun 2016 -2017, Waizly memperkirakan dengan angka penetrasi tersebut pengguna internet di Indonesia akan mencapai 50% dari total jumlah penduduk, dan dapat dipastikan dengan signifikan bahwa populasi penduduk setiap tahunnya akan bertambah.
Tidak usah pusing, karena dengan data di atas itu artinya bisnis online memang sangat - sangat menjanjikan. Bayangkan saja bila anda mendapatkan pelanggan tetap itu 1% saja dari 50% penduduk Indonesia, penghasilan anda bisa lebih dari cukup.
Bisnis online ada banyak, ada startup, online shop, online retail, marketplace, ecommerce, jasa, dsb. Mungkin dari beberapa bisnis di atas akan ada pembahasan masing - masing, Sekarang kita bahas salah satunya yaitu menjalankan bisnis kategori jasa di bidang jasa periklanan online.
Mengapa Bisnis Periklanan Online?
Bisnis periklanan online selain potensial, juga penuh tantangan untuk konsisten dan sabar dalam membangun wadah. Coba perhatikan, Kalau di dunia offline mungkin yang menyajikan jasa periklanan itu adalah stasiun televisi, koran, majalah, percetakan brosur bahkan ada cara baru yaitu menggunakan tissue dan kertas struk belanja.
Namun jika di dunia online, siapa yang menjalankan bisnis itu? kenapa mereka mau? okay jawabannya adalah yang menyajikan jasa periklanan adalah Perusahaan sebesar Google dengan Adwords-nya, Facebook dengan Facebook ads, Yahoo dengan search yahoo, instagram, youtube, twitter, dll.
Mengapa perusahaan sebesar itu mau? pertanyaan itu sebaliknya dirubah, mengapa jika perusahaan besar saja mau melirik itu, anda malah tidak mau? atau mungkin anda mau dengan catatan ada 'tapi' nya.
"tapi kan susah?"
"tapi kan harus A?"
"tapi kan harus B?"
Stop beralasan! karena di blog ini saya akan membahas tuntas dan membuat artikel pembahasan ini menjadi beberapa bagian.
***
SUMBER
Dan ini part 2 nya
Quote:
Bisnis Periklanan Online | Persiapan (Bagian 2)
Okay, kita sampai ke bagian ke-dua dari pembahasan bisnis periklanan online. Kali ini saya akan membahas persiapan untuk memulai bisnis periklanan online. Apa saja yang harus dipersiapkan? Ayo kita bahas!
Media & Konten
Apabila di dunia offline ada media stasiun televisi yang mempunyai beragam acara untuk menjadi konten mereka, ada media koran dan majalah yang memiliki artikel untuk menjadi konten-nya, kita juga bisa menyediakan media itu di dunia online tetapi dalam bentuk lain. Kita bisa membuat Blog, Portal berita, atau bisa juga memanfaakan media sosial seperti membuat fanpage facebook, instagram, twitter, line@ dan sebagainya untuk menjadi media yang akan kita isikan konten nantinya.
Berbagai macam jenis konten yang bisa kita buat seperti pembahasan politik, berita terbaru, review, fan base, info musik, dll. Konten - konten yang kita sajikan itulah yang akan menarik masa untuk menjadi senjata kita dalam membuka jasa iklan.
Apabila media kita telah memiliki banyak masa, pengikut, pembaca dan pengguna kita bisa memulai untuk membuka jasa periklanan online. Jika sebuah acara televisi banyak orang yang menyaksikan, iklannya juga banyak. Begitupun jika media yang kita buat memiliki banyak masa, produk yang ingin beriklan akan melihat banyaknya masa dan reputasi media kita sebagai penyedia konten hingga mereka tidak ragu beriklan di media yang kita miliki.
Media Promosi
Setelah kita memiliki media dan banyak konten, Belum tentu masa yang kita miliki juga banyak. Untuk memperbanyak masa kita harus mempubilkasikan media kita lewat promosi. Contohnya begini. Kita telah memiliki media berupa fanpage facebook yang di dalamnyaa ada konten video - video lucu, untuk mempromosikannya agar mendapatkan banyak masa kita bisa menggunakan cara yang free maupun berbayar.
Cara yang free adalah mempromosikan media kita dengan mengajak kerabat, keluarga, teman dan saudara untuk mengikuti konten kita. Mintalah mereka untu mempromosikannya juga melalui share dari mereka agar teman - teman mereka melihat sehingga berpotensi menambah masa di media kita.
Nah kalau cara yang berbayar, kita bisa menggunakan facebook ads ataupun fanpage lain yang sudah memiliki banyak masa untuk mempromosikan fanpage kita melalui posting di fanpage yang sudah memiliki masa yang banyak. Apabila masa kita sudah banyak, pihak lain yang ingin beriklan akan mempertimbangkan fanpage kita untuk menjadi media promosi berbayar mereka.
Konsistensi & Kesabaran
Terjun di bisnis periklanan online memang harus memiliki konsistensi dan kesabaran yang lebih. Jika hal itu bisa kita miliki, kita akan menerima hasil dari konsistensi dan kesabaran itu berupa masa yang banyak. Itulah yang dimiliki facebook dan google, mereka menggratiskan penggunaan google dan facebook bukan semata - mata tanpa tujuan. Tetapi untuk mengumpulkan pengguna sebanyak - banyaknya. Pengguna banyak itulah yang menjadi senjata mereka untuk mulai memonetisasi media mereka lewat membuka jasa periklanan.
Kitapun juga harus begitu jika ingin menggeluti bisnis periklanan, konsistensi dan kesabaran membangun media lewat konten bukan hanya untuk sebulan - dua bulan. Tapi bisa jadi memakan waktu tahunan. Jika ingin tidak mengeluhkan lamanya waktu untuk bersikap konsisten dan sabar buatlah media di platform yang sering anda buka, Facebook misalnya. Lalu buatlah jenis konten yang anda memang tertarik dibidang itu untuk membahas dan menulisnya. Jadi bisa disesuaikan dengan diri anda dan memperkecil keluhan anda membangun sebuah media yang memiliki masa.
***
SUMBER
CONTOH MEREKA YANG SUDAH MENJALANKAN
Quote:
INSTAGRAM DAGELAN
menurut sumber iniharga 1 kali post iklan di instagram dagelan adalah IDR 6.500.000
*****
TWITTER POCONGGG
Kalo harga iklan disini ane dapet infonya udah lama sekitar tahun 2012, nanya ke CP nya langsung. 3X post iklan 10 juta kalo gak salah
Line@ Amazing Video
kalo yang ini info terakhir ane dapet sebelum bulan ramadhan harga 1x post iklan 1 juta lebih
Fanpage Fb Jonru
walaupun postingannya dinilai kontroversial, tapi gak jarang jonru posting iklan di FB nya, waktu itu saya pernah minta infonya, kalo gak salah harga pasang iklan di situ 2-3 jutaan
*****
sebenarnya banyak yang bikin beginian ada yang sekali post 50.000, 100.000 , cuma ane bahas yang biayanya udah juta - jutaan aja. ok bagi agan - agan yang udah baca, silahkan berdiskusi mungkinkah dengan bisnis yang udah dibahas panjang lebar di atas berpotensi mendapatkan profit 10jt atau lebih/hari nya?
0
2.2K
Kutip
7
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan