CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ac2e8ede2cf2da338b456c/cat-lovers-kaskus-read-page-1-first---part-5

Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!)

Thread ini adalah thread lanjutan dari Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!)
karena adanya maintenance halaman pertama dan pergantian TS.

★★★ Terima kasih ★★★


Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5


Cat Lovers Kaskus adalah komunitas pecinta kucing Kaskus, adalah thread pelopor yang mengulas tuntas tentang kucing dan tempat berkumpul para pecinta kucing di Kaskus.

Tujuan thread ini dibuat adalah untuk mengakrabkan diri antar para pecinta kucing di Kaskus dan untuk saling berbagi informasi mengenai cara bagaimana merawat kucing yang baik.
Thread ini tidak dibuat atau dikhususkan hanya untuk pemilik kucing ras, pemilik kucing jenis apapun akan diterima dengan baik disini. Bahkan thread ini selalu terbuka walaupun anda tidak memiliki kucing sekalipun, asalkan anda adalah cat lovers.
Itulah kenapa thread ini berjudul Cat Lovers Kaskus, karena kami disini adalah pecinta kucing dan tidak membeda - bedakan jenis kucing.


Quote:


NB:
  • Jangan menjadikan alasan newbie untuk kemalasan anda membaca page one.
  • Rules breaker akan mendapatkan BRP/bata, delete post, hingga request banned.
  • Dengan ini saya menganggap yang posting disini sudah mengetahui rules dan konsekuensinya.


Cat Lovers Guardians :
  1. ab4008cf
  2. Cucul
  3. DazzlingRei
  4. holocaust
  5. mas.mik
  6. tazzlovers
  7. vindoety


Announcement:
  1. Biasakan melihat page 1 (rules dan index)
  2. Biasakan membaca paling tidak 10 halaman sebelumnya
  3. Perkenalkan diri anda dan bertanyalah dengan sopan, anda sopan kami segan
  4. Disini tidak berlaku istilah newbie dan senior/sesepuh
  5. Rules, index, dan segala macam yang berhubungan dengan thread ini akan terus kami update
  6. You give a dumb question, you'll get a stupid answer


Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 196

Autolock Thread by Hansip

Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5
Tentang Kucing
Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5


Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5


Kucing, Felis silvestris-catus, adalah sejenis karnivora. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing raksasa" seperti singa, harimau, macan dan sebagainya.

Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 3.500 tahun yang lalu, ketika orang Mesir kuno menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari hasil panen. Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing ras atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia. Sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Kucing peliharaan atau kucing rumah adalah salah satu predator terhebat di dunia. Kucing ini dapat membunuh atau memakan beberapa ribu spesies— kucing besar biasanya kurang dari 100. Tetapi karena ukurannya yang kecil, kucing tidak berbahaya bagi manusia— satu-satunya bahaya yang dapat timbul adalah kemungkinan terjadinya infeksi rabies akibat gigitan kucing. Kucing dapat berakibat fatal bagi suatu ekosistem yang bukan tempat tinggal alaminya. Pada beberapa kasus, kucing berperan atau menyebabkan kepunahan. Kucing menyergap dan melumpuhkan mangsa dengan cara yang mirip dengan singa dan harimau — menggigit leher mangsa dengan gigi taring yang tajam sehingga melukai saraf tulang belakang atau menyebabkan mangsa kehabisan napas dengan merusak tenggorokan.

Spoiler for Kucing:


Kucing dianggap sebagai "karnivora yang sempurna" dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi premolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging. Meskipun ciri ini juga terdapat pada famili Canidae atau anjing, tapi ciri ini berkembang lebih baik pada kucing. Tidak seperti karnivora lain, kucing hampir tidak makan apapun yang mengandung tumbuhan. Beruang dan anjing kadang memakan buah, akar, atau madu sebagai suplemen jika ada sementara kucing hanya memakan daging, biasanya buruan segar. Dalam penangkaran, kucing tidak dapat diadaptasikan dengan diet vegetarian karena mereka tidak dapat mensintesis semua asam-asam amino yang mereka butuhkan hanya dengan memakan tumbuhan; berbeda dengan anjing peliharaan, yang sering diberi makan produk campuran daging dan sayuran dan kadang dapat beradaptasi dengan diet vegetarian secara total.

Meskipun memiliki reputasi sebagai hewan penyendiri, kucing biasanya dapat membentuk koloni liar tetapi tidak menyerang dalam kelompok seperti singa. Setiap kucing memiliki daerahnya sendiri (jantan yang aktif secara seksual memiliki daerah terbesar, sedang jantan steril memiliki daerah paling kecil) dan selalu terdapat daerah "netral" dimana para kucing dapat saling mengawasi atau bertemu tanpa adanya konflik teritorial atau agresi. Di luar daerah netral ini, penguasa daerah biasa akan mengejar kucing asing, diawali dengan menatap, mendesis, hingga menggeram, dan bila kucing asing itu tetap tinggal, biasanya akan terjadi perkelahian singkat. Kucing yang sedang berkelahi menegakkan rambut tubuh dan melengkungkan punggung agar mereka tampak lebih besar. Serangan biasanya terdiri dari tamparan di bagian wajah dan tubuh dengan kaki depan yang kadang disertai gigitan. Luka serius pada kucing akibat perkelahian jarang terjadi karena pihak yang kalah biasanya akan lari setelah mengalami beberapa luka di wajah. Jantan yang aktif biasanya sering terlibat banyak perkelahian sepanjang hidupnya. Hal ini tampak pada berbagai luka di bagian wajah, seperti hidung atau telinga. Kucing betina kadang juga terlibat perkelahian untuk melindungi anak-anaknya bahkan kucing steril pun akan mempertahankan daerah kecilnya dengan gigih.

Spoiler for Kucing:


Melihat dari perilaku kucing yang ada saat ini, kucing liar yang merupakan nenek moyang kucing peliharaan diperkiraan berevolusi pada iklim gurun. Kucing senang dengan suasana hangat dan sering tidur di bawah hangatnya sinar matahari. Kotorannya biasanya kering dan kucing lebih suka menguburnya di tempat berpasir. Kucing dapat mematung, tidak bergerak cukup lama terutama ketika sedang mengintai mangsa atau bersiap untuk "pounce". Di Afrika Utara masih ditemukan kucing liar yang mungkin berkerabat dekat dengan nenek moyang kucing peliharaan saat ini.

Karena memiliki kekerabatan yang dekat dengan binatang gurun, ketahanan kucing terhadap panas dan dinginnya iklim daerah subtropis agak terbatas. Kucing tidak tahan terhadap kabut, hujan, dan salju, meskipun ada beberapa jenis seperti Norwegian Forest Cat dan Maine Coon yang mampu bertahan; dan berusaha mempertahankan suhu tubuh normalnya, yaitu 39°C, dalam keadaan basah. Kebanyakan kucing tidak suka berendam dalam air, kecuali jenis Turkish Van.

Spoiler for Kucing:


Masa kehamilan atau gestasi pada kucing berkisar 63 hari. Anak kucing terlahir buta dan tuli. Mata mereka baru terbuka pada usia 8-10 hari. Anak kucing akan disapih oleh induknya pada usia 6-7 minggu dan kematangan seksual dicapai pada umur 10-15 bulan. Kucing dapat mengandung 4 janin sekaligus karena rahimnya memiliki bentuk yang khusus dengan 4 bagian yang berbeda.

Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kilogram dan jarang melebihi 10 kg. Bila diberi makan berlebihan, kucing dapat mencapai berat badan 23 kg. Tapi kondisi ini amat tidak sehat bagi kucing dan harus dihindari. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, kucing tertua diketahui berusia 36 tahun. Kucing peliharaan yang tidak diperbolehkan keluar rumah dan disterilkan dapat hidup lebih lama (mengurangi resiko perkelahian dan kecelakaan). Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.

Spoiler for Kucing:


Kucing peliharaan yang tinggal di dalam rumah harus diberi kotak kotoran yang berisi pasir atau bahan khusus yang dijual di toko hewan peliharaan. Perlu juga disediakan tempat khusus bagi kucing untuk mencakar. Hal ini penting karena kucing memerlukan kegiatan mencakar ini untuk menanggalkan lapisan lama pada kukunya agar kukunya dapat tetap tajam dan terjaga kesehatannya. Tidak adanya tempat khusus ini akan menyebabkan kucing banyak merusak perabotan.

Sering kali kucing menunjukkan perilaku memilih makanan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki organ pembau khusus di langit-langit mulutnya yang disebut sebagai organ vomeronasal atau organ Jacobson. Ketika organ ini terstimulasi oleh suatu jenis makanan tertentu, kucing akan menolak makanan selain makanan itu.

Spoiler for Kucing:


Kucing dapat melihat dalam cahaya yang amat terang. Mereka memiliki selaput pelangi atau iris membentuk celah pada mata yang akan menyempit. Meskipun demikian, penyempitan ini juga mengurangi bidang pandang kucing. Suatu organ yang disebut tapetum lucidum digunakan dalam lingkungan dengan sedikit cahaya. Organ inilah yang menyebabkan warna-warni mata kucing ketika difoto dengan menggunakan blitz. Seperti kebanyakan predator, kedua mata kucing menghadap ke depan, menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang. Mata kucing memiliki persepsi trikomatik yang lemah.

Ketika cahaya yang ada terlalu sedikit untuk melihat, kucing akan menggunakan "kumis" atau misainya (vibrissae) untuk membantunya menentukan arah dan menjadi alat indera tambahan. Misai dapat mendeteksi perubahan angin yang amat kecil, membuat kucing dapat mengetahui adanya benda-benda di sekitarnya tanpa melihat.

Kucing memiliki kelopak mata ketiga yang disebut membrana niktitans. Kelopak ketiga ini terdiri dari suatu lapisan tipis yang dapat menutupi mata dan nampak ketika mata kucing terbuka. Membran ini menutup sebagian ketika kucing sedang sakit. Kadang kucing yang amat mengantuk atau gembira juga memperlihatkan membran ini.

Spoiler for Kucing:


Suara kucing sering ditulis "meong" dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing ditulis "meow". Di negara Inggris sendiri, penulisannya adalah "miaow", "miaow" dalam bahasa Perancis, "miau" dalam bahasa Jerman, "nya" dalam bahasa Jepang dan berbagai penulisan lain dalam berbagai bahasa. Suara "meong" kucing memiliki berbagai arti tergantung pengucapannya oleh si kucing. Kucing juga dapat mengeluarkan suara seperti dengkuran panjang yang sering disukai manusia. Karena suara ini bukan merupakan suara vokal, maka kucing dapat mengeluarkan suara dengkuran dan mengeong pada saat yang sama.

Umumnya semua daun telinga kucing tegak. Tidak seperti pada anjing, kucing dengan telinga terlipat amat jarang ditemukan. Jenis Scottish Fold adalah salah satu jenis kucing dengan mutasi genetik yang langka ini. Ketika marah atau takut, daun telinga kucing jenis ini akan tertekuk ke belakang sementara si kucing mengeluarkan suara menggeram atau mendesis. Ketika mendengarkan suatu suara, daun telinga kucing akan bergerak ke arah sumber suara; daun telinga kucing dapat mengarah ke depan, ke samping, bahkan seolah menoleh ke belakang.

Kucing termasuk hewan yang bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat, tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadang kala kucing memuntahkan hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perut mereka.

Kucing menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12-16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13-14 jam. Tetapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.
Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5
Social Group Cat Lovers Kaskus
Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5

Quote:


Syarat untuk bisa di invite kedalam Social Group Cat Lovers Kaskus


  1. Perkenalkan diri anda dan isi data dengan format dibawah ini
    • ID:
    • Nama:
    • Regional:
    • YM/Facebook/Twitter/other:
    • Foto Kucing: *spoiler*

  2. Post minimal 30 di thread ini
  3. Tidak pernah melanggar rules


Kami dengan terbuka akan menyambut anda di SG kami tercinta.

Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5
Another Thread
Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5

  1. Help Center
    Thread untuk membantu anda bagaimana cara posting yang baik dan benar.
    Quote:

  2. Daftar Pet Shop Di Indonesia
    Thread yang berisi daftar-daftar petshop di seluruh Indonesia, lengkap dengan nama, alamat, dll.
    Quote:

  3. Daftar Dokter Hewan Di Indonesia
    Thread yang berisi daftar-daftar nama dokter hewan/praktek dokter hewan/klinik hewan yang berada di seluruh Indonesia.
    Quote:

  4. Cat Lovers Regional Yogyakarta
    Thread komunitas pecinta kucing Kaskus dari Regional Yogyakarta.
    Quote:

  5. Pecinta Kucing Hutan
    Thread komunitas pecinta kucing hutan.
    Quote:

  6. Maine Coon Lovers
    Thread komunitas pecinta kucing Maine Coon.
    Quote:

  7. Norwegian Forest Cat Lovers
    Thread komunitas pecinta kucing Norwegian Forest Cat.
    Quote:

  8. Persian Cat Lovers
    Thread komunitas pecinta kucing Persian Cat.
    Quote:

  9. Raw Food Area
    Thread yang membahas tentang makanan mentah (raw food) untuk kucing.
    Quote:

  10. Biro Jodoh Kucing
    Thread dimana anda bisa terbantu jika anda ingin mengawinkan kucing.
    Quote:

  11. All About Cat Food (Dry Food/Kibble - Wet Food/Canned)
    Thread dimana anda bisa berdiskusi, sharing, dan membahas soal dryfood/kibble dan wetfood/canned.
    Quote:

  12. Pecinta Kucing Domestik/Lokal
    Thread komunitas pecinta kucing Domestik/Lokal.
    Quote:

  13. Buku Tamu Mamalia
    Thread untuk memperkenalkan diri anda di Forum Mamalia.
    Quote:

  14. Hibah, Adopsi dan Kehilangan
    Thread untuk mencari hibah hewan kesayangan dan pemberitahuan untuk yang kehilangan.
    Quote:

  15. Konsultasi Masalah Kesehatan dan Penyakit
    Thread yang juga bisa digunakan (selain disini) untuk konsultasi masalah kesehatan kucing anda.
    Quote:

  16. Lounge Mamalia
    Thread untuk kita ngobrol ngalor ngidul.
    Quote:

Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5


Quote:
Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5


Sebelum Anda Memutuskan Mengadopsi Kucing… READ THIS!
THAT'S FACT!!
MENGENALI BAHASA TUBUH KUCING
CAT LOVER'S BOOK oleh drh. Yudhi Prayogo. Ilustrasi: @terapikomik >>> LINK

Quote:


Quote:


Quote:
사랑 평화
Al heb ik een uitgesproken westerse opvoeding gehad, toch ben en blijf ik in de allereerste plaats javaan.

Reserved


Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5
사랑 평화
Al heb ik een uitgesproken westerse opvoeding gehad, toch ben en blijf ik in de allereerste plaats javaan.

Reserved


Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5
Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5
Papan Informasi & Agenda Kegiatan
Cat Lovers Kaskus (Read Page 1 First!) - Part 5


Quote:

Quote:


Terima kasih kak Zenk.
Oh iya thread lawas nyantol, enggak bisa buka last page.
Jadi informasi yang mengarah ke thread ini enggak ada yang bisa baca emoticon-Frown
alhamdulillah akhirnya ganti thread juga.. numpang ninggalin jejak yah gan..emoticon-Peluk

Spoiler for meet Oxy Percy:


sekarang mpus dipelihara sama bini di Semarang..

DOB = 8 September 2013..

kata dokter sih ini Persia Himalayan..

udah divaksin sih..
Numpang ninggalin Jejak dulu yaa....emoticon-Pawemoticon-Pawemoticon-Paw

Ini dia kesayangan yang super duper iseng gak bisa diem...Abg Kinyis-kinyis

Spoiler for gembul:


Adopted waktu lagi istirahat pas lari pagi di BKT, tiba-tiba diselokan kecil ada
makhluk imut-imut..
sekarang udah Abg.. emoticon-Kiss

gan ane btuh bantuan. kcg ane betina ppis trs emoticon-Frown udah 3 hri ini. knpa ya itu gan ? obatnya apa yah. mksih sblumnya
Quote:


Salam kenal ya emoticon-Smilie
Hai Meet Oxy Percy emoticon-Kiss (S)

Quote:


Boleeehhh emoticon-Smilie

Quote:


Kalau boleh tau usia berapakah kucingnya?
Apakah mengurangi nafsu makan?
Jikalau nafsu makan berkurang dan suhu tubuh turun segera bawa ke vet.
Quote:

usianya 10 bln gan..dia ceria gan makan baik mnum jga baik..cma ke tempat pup trs emoticon-Frown pup normal. ppisnya suka ngeden gan
mau nanya gan..
kucing ane lagi dalam masa birahi, tapi masih dalam penyembuhan jamur..
nah gmn yaa gan??
apa ane diemin aja sampe jamurnya benar" tuntas hilang dan baru kimpoiin??
atau kimpoiin aja terus perawatan jamurnya sambil berjalan??
soalnya kasian ngeliatnya ngeong mlu minta keluar gan..

kalo boleh tau sekalian dong kasih tips biar ngilangin jamurnya cepet..
padahal ane udah ke dokter loh sebelumnya terus jamurnya tuntas, tapi ane tenggang mandi 2 minggu eh nongol lagi jamurnya..emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
iboyyy memberi reputasi
Quote:


Untuk penanganan coba dibanyakin minum, kasih makan basah.
Segera cek aja ke vet emoticon-Smilie

Quote:


Tunggu aja sampai jamur sembuh dan tuntas.
Memang tega ya jamurnya menular ke pasangannya?
Kalau jamur biasanya ada salep oles dan obat oral.
Salep dioles dari lingkar luar ke arah dalam.

Oh ya santai aja kalau kucing ngeang-ngeong birahi emoticon-Smilie
Quote:

oke gan hehe. tapi buat smntara agan tau ga obat buat infeksi saluran kencing? kira2 smbuh brpa hri yah gan emoticon-Frown
Quote:


iyaa tadinya ane juga berfikir takut nular gtu gan..
obat yang ampuh kaya obat oral itu apa ya gan??
terus kira" klo jangka waktu penyembuhannya paling lama berapa bulan atau hari ya gan??
Quote:


namanya Oxy Percy aja gan..emoticon-Malu (S)..

Female ini... pengen nyariin pejantan buat dia.. enaknya dikimpoiin sama ras apa yah gan??

Quote:


sejarahnya kucing bisa kena jamur tuh gimana sih gan???

maap nubie tanya2..

soalnya kucing ane seminggu 2x dimandiin pake air anget.. abis dimandiin dikeringin sambil disisir.. dikeringinnya pake hairdryer sih.. ga pernah keluar rumah.. ditaro didalem rumah.. kandang kucingnya malah ane taro diruang keluarga...
Halaman 1 dari 196


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di