MAAF THREAD ERROR TADI KAYAKNYA ADA YANG KEHAPUS, NANTI DIBETULIN DULU. APA ADANYA DULU YA, TSNYA MASIH DI KERETA
Hai bro! Gue tiba-tiba kedapatan ide nih buat Kombat Go kali ini! Praktis aja sih dan aplikatif, dan gue juga lebih menekankan ke tujuannya. Gue juga ingin memaksimalkan fitur yang sebenernya udah ada di Waze tapi cuma yang sering pake aja yang tau. Tentunya ada tambahan biar kagak bosen dah.
TUJUAN GAME
Spoiler for :
1. Ente pada kagak bosen di jalan kalo lagi macet. Terutama pengemudi nih yang mati gaya karena mau ngegame susah.
2. Game yang bisa ditinggal asalkan selalu on GPS dan on data. Jadi mau ditinggal whatsapp an juga gak masalah.
3. Game yang bisa dimainin sambil cari petunjuk arah.
4. Pengaturan lalu lintas secara terselubung, sehingga admin game ini bisa dari Kepolisian.
INTI GAME
Spoiler for :
Seperti Temple Run, tapi ini diwujudkan dalam jalan raya. Menariknya, gue mengembangkan game ini seperti Waze, pake 2D interface untuk mengurangi konsumsi data, mempercepat loading, dan enak dilihat sambil nyetir (bisa helicopter view).
ATURAN MAIN
Spoiler for :
Gue mau buat "walkthrough" tapi gk jadi karena data screenshotnya ilang
1. Pemain nyari koin (pastinya di aplikasi laah) di jalan biasa. Setiap kali GPS, data, dan pastinya aplikasi diaktifkan, itu tanda game berjalan.
2. Koin dan powerups akan terambil otomatis demi keamanan pengguna, karena gue menargetkan yang suka bawa mobil sendiri di tol. Koin itu kalo di gambar "mockup" yang putih tanda panah, nanti koinnya di user interface ga mungkin gitu
3. Ada SHOP seperti di DOTA untuk menghabiskan duit buat beli senjata, upgrade, ganti mobil dll. Untuk alasan keamanan, digeneralisasi bahwa ketika jalan > 10 km/jam masuk DRIVING mode, yang akan menonaktifkan SHOP dan SETTINGS, jadi pengemudi hanya bisa keluar.
4. Akan ada monster yang menghadang di jalan. Ada tipe yang bisa dan gak bisa dihindari. Pemberitahuan adanya monster mematikan 1 km dari keluar tol terdekat, 200 m dari persimpangan jalan biasa yang tertutup. Kalau di jalan model model jalan lintas Sumatera, diperingatkan 2 km dari persimpangan terakhir sebelum titik musuh.
5. Ketika monster yang dihadapi bisa dilawan pakai senjata (DEFEATABLE) selama stok senjata lo aman gak ada pemberitahuan suruh keluar tol. Kalo senjata habis langsung warning pengisian terdekat (STATION) yang di rest area, masjid, pasar, lapangan, atau tempat umum lain. STATION jadi penting kalo nggak bisa nemu senjatanya di jalan dan koin kurang buat beli senjata.
6. Ketika disuruh keluar tol buat menghindari monster, belum tentu musuhnya udah deket! Bisa aja masih 10 km lagi. Apalagi di tol yang jaraknya jauh jauh kayak Cipali, Cipularang. Nah hal kayak gini bisa memaksa pengemudi menghindari macet kalo pak polisi yang jadi admin (berhak taro monster)
7. Ketika ingin menghindar terutama pada monster yang gak mempan senjata (UNDEFEATABLE), ada pilihan AVOID, ketika AVOID ditekan sistem akan menunjukkan WHERE SHOULD YOU GO ON NEXT TURN?
8. Nah kalau kadung di dalam jalan sementara ente gak bisa ke mana-mana (ini rawan terjadi di jalan tanpa belokan yang panjang model-model Cipali dan tol Trans Sumatera nanti), ente akan diberitahukan posisi terdekat SHIELD atau malah diarahkan ke SHOP terdekat. Kalau diabaikan habislah permainan ente.
9. Ketika di depan ada kemacetan lalu lintas, sistem memberikan peringatan TRAFFIC, membelokkan ke yang gak macet sampe berhenti > 20 menit.
Supaya gampang jelasinnya, ini gue kasih peta dan contoh.
QUICK WALKTHROUGH
Spoiler for :
Gue dari arah Tanjung Barat, sebelum Stasiun Lenteng, HP gue getar kasih warning suruh belok karena ada musuh di sekitar Stasiun Universitas Pancasila. Muncul menu AVOID, gue pencet. Muncul WHERE SHOULD YOU GO ON NEXT TURN? yang pilihannya arah putaran ke Lenteng Agung/Moh. Kahfi II , arah UI, dan selain ke situ/OTHERWISE (contoh ente cuma mau ke SMA 38). Gue tekan dan sistem akan mengarahkan otomatis menghindarkan gue dari monster itu, dan karena gak bisa muter di ujung jalan, akhirnya gue harus muter sampe ke UI (anak sana tahu pasti)
Masih kurang? Gue kasih contoh lagi. Yang suka main daerah Mampang dan Blok S ngeh nih.
Gue dari arah Pancoran, sebelum belokan ke Tendean HP gue geter ada monster yang gak bisa dibunuh di sekitar Trans TV. Gue tekan AVOID. Muncul WHERE SHOULD YOU GO ON NEXT TURN? Muncullah opsi ke Mampang Prapatan, Blok S/Senopati/CSW, Kuningan/Mampang Prapatan Utara, dan Jalan Abdul Rochim ke belakang Jamsostek.
Gue pencet arah ke CSW. Gue diputer puterin sistem menghindari ke arah situ dengan disuruh lurus ke prapatan Rasuna Said, masuk SCBD, nongol deh di CSW. Buat yang jarang ke sana, prapatan CSW itu yang deket SMA 70/PLN Pusat sebelum Blok M.
Masih kurang?
Kalo kasus jarak jauh, ambil contoh di tol Balaraja-Ciujung. Ente udah bablas nih masuk tol arah Serang, keluar masih 20 km lagi. Nah tiba tiba di jembatan sama jalan raya serang (yang ada patok jalan nasional 1) GETAR hp ente, info ada monster di km 41.
MENGAKHIRI PERMAINAN
Spoiler for :
1. Nonaktifkan GPS atau error “No GPS” membuat permainan error dan auto-game over.
2. HPnya mati
3. Gamenya mati (kena pembersih RAM dan sejenisnya)
4. Kena monster yang gak bisa dibunuh, kalo ente abaikan warning AVOID ya kena.
5. Ngerem mendadak. Perubahan kecepatan yang drastis otomatis membuat game over. Sebenarnya dibuat begitu supaya auto off saat kecelakaan lalu lintas.
6. Berhenti stagnan di tempat sama lebih dari 20 menit. Jadi kalo macet normal masih bisa dimainin.
MISCELLANEOUS
Spoiler for :
1. Ketika mobil temen yang lagi main lewat, HP ente bergetar pasti (--- is playing 200 m behind/forward). Kalo mau sapa temen bisa langsung respon dengan kirim voicenote 5 detik (ini alasan keamanan juga kalau typing gaboleh)
2. Akan ditambahkan fitur fictional map dan story mode untuk mengusir bosan pemain.
POWERUP
Spoiler for :
1. Double coins
2. Double score (di Temple Run ini kurang lebih kayak Boost, tapi gak mungkin kan mobil secara ajaib gerak sendiri, jadi gue pake ini)
3. Shield (untuk berlindung dari musuh)
4. Weapon (untuk menyerang monster). Ketika ketemu musuh, weapon akan otomatis aktif dan melakukan auto-shoot seperti di DOTA, untuk keamanan pengemudi biar gak pegang hape terus.
5. Offline, untuk keluar dari game tanpa game over. Di interface ada tombol OFFLINE dan EXIT. Kepencet EXIT pasti game over, pencet OFFLINE istilahnya hanya pause game aja. Tapi nggak bisa sering sering bray, tergantung stok token OFFLINE terkumpul, dan gue taro barangnya jarang.
TAKTIK PROMOSI
Spoiler for :
1. Pada username terpilih (random dengan memperhatikan itu akun klonengan/akun musiman apa bukan), koin bisa diuangkan. 1 koin = Rp 1. Koin diletakkan tiap 1 meter. Bayangkan kalau setiap hari jalan rumah-kantor 26 km aja udah dapat 25 ribu sehari (gap 1 km untuk menaruh powerup dll). Tiap bulan dapat 2,5 juta bray
Tapi itu hanya buat 100 username/bulan, dan pastinya namanya berganti tiap bulan, biar kagak tekor
2. Game bisa dijalankan sambil naik kereta dan bus, juga dikasih promosi supaya orang kagak bikin macet jalan. Pengguna kereta yang nyalain game ini selama minimal 15 km dapat bonus
Udah sekian trit gue yang panjang dan agak susah dipahami mungkin. Selamat malam dan selamat berjuang!